Sponsors Link

10 Manfaat Vitamin B12 Bagi Kesehatan Tubuh

Sponsors Link

Vitamin B12 merupakan satu dari jenis vitamin B kompleks yang dibutuhkan oleh tubuh. vitamin B12 termasuk dalam jenis vitamin yang mampu larut dalam air. Makanan yang mengandung vitamin B12 antara lain adalah telur, produk olahan dari susu seperti yogurt dan keju, susu, daging, ikan, kerang-kerangan dan masih banyak jenis lainnya. vitamin B12 merupakan vitamin yang terikat dengan protein dimana vitamin B12 akan dilepaskan dari protein saat berada di dalam organ pencernaan dan kemudian vitamin B12 dapat bergabung dengan zat lainnya sehingga bisa diserap dengan baik oleh tubuh.

ads

Vitamin B12 juga dikenal dengan istilah asam folat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. berikut ini adalah beberapa fungsi dari vitamin B12 dalam tubuh:

  • Vitamin B12 mampu menghasilkan sel darah merah
  • Membantu menjaga kesehatan saraf dan sel tubuh
  • Melepaskan energi dari asupan makanan yang dikonsumsi
  • Memproses zat asam folat
  • Berperan aktif dalam membantu proses sintesis DNA tubuh

Vitamin B12 ini disimpan di tubuh dalam organ hati atau liver dan bisa bertahan cukup untuk selama beberapa tahun lamanya. Oleh karena itu sangat jarang terjadi kekurangan cadanga vitamin B12 dalam tubuh. namun bisa saja kekurangan vitamin B12 terjadi terutama karena adanya kondisi kesehatan tertentu mislanya saja seperti para penderita HIV, lansia dan juga para vegetarian yang jarang mengonsumsi vitamin B12 (sebagian besar asupan makanan vitamin B12 adalah produk hewani).

artikel terkait manfaat vitamin:

Secara umum manfaat dari vitamin B12 adalah sebagai berikut ini:

  1. Membantu memproduksi energi

Manfaat vitamin B12 dalam tubuh adalah untuk mengubah karbohidrat menjadi glukosa dimana glukosa ini adalah sumber energi utama di dalam tubuh. jadi, jika anda mengalami kekurangan vitamin B12 maka sudah bisa dipastikan anda akan mengalami kelelahan yang mungkin anda tidak mengetahui penyebabnya.

  1. Mengatur sistem saraf

Manfaat lainnya dari vitamin B12 ini adalah untuk membantu mengatur sistem saraf supaya tidak tegang sehingga mampu mencegah terjadinya penyusutan otak dan juga mengurangi terjadinya depresi. Jadi jika anda saat ini sedang bad mood mungkin itu karena anda mengalami kekurangan vitamin b12.

  1. Mencegah penyakit jantung

Vitamin B12 juga sangat baik untuk kesehatan jantung karena vitamin b12 mampu mencegah terjadinya penumpukan koleserol jahat (LDL) dalam tubuh. jadi, dengan asupan vitamin B12 ini cukup maka secara tidak langsung anda juga sedang mencegah banyak jenis penyakit seperti serangan jantung, stroke, tekanan darah tinggi dan lainnya.

  1. Menjaga kesehatan kulit

Vitamin B12 juga sangat penting peranannya dalam menjaga kesehatan kulit, kuku dan rambut. Hal ini karena vitamin B12 membantu proses regenerasi sel kulit baru menjadi lebih baik sehingga kulit akan lebih sehat dan lebih terawatt.

  1. Mencegah kanker

Vitamin B12 juga mampu mencegah tumbuhnya sel-sel kanker seperti kanker payudara, kanker paru-paru, kanker usus besar dan kanker prostat. Jadi sangat penting untuk memenuhi kebutuhan asupan vitamin B12 ini ya.

Ternyata manfaat vitamin b12 ini sangatlah baik bukan? Oleh karena itu jangan sampai anda mengalami kekuranga vitamin B12 ya karena bisa membuat kesehatan anda terganggu.

artikel terkait:

Pentingkah mengonsumsi suplemen vitamin B12?

Karena keberadaan vitamin B12 ini sangat penting bagi tubuh maka adalah hal yang wajib bagi anda untuk memenuhi kebutuhannya. Mendapatkan asupan vitamin B12 dari sumber alami dari makanan dan minuman tentu saja menjadi sumber yang sangat baik. namun ada beberapa kasus bahwa juga diperlukan konsumsi suplemen vitamin B12 ini untuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin B12 anda sehari-hari.

Suplemen vitamin b12 ini biasanya digunakan oleh orang yang menderita anemia pernisiosa atau defisiensi vitamin B12. Suplemen vitamin B12 ini termasuk dalam golongan jenis obat bebas yang berarti anda tidak perlu membutuhkan resep dokter untuk membelinya namun sangat disarankan anda berkonsultasi terlebih dahulu mengenai dosis yang akan digunakan. bentuk suplemen ini beragam ada yang tablet, sirup, obat suntik, obat semprot hidung atau obat cair. Suplemen vitamin B12 dapat dikonsumsi baik oleh orang dewasa maupun anak-anak.

Dosis penggunaan suplemen vitamin B12 lebih baik dikonsultasikan dengan dokter dan tim medis karena dosis antar satu orang dengan lainnya bisa berbeda tergantung pada usia, kondisis kesehatan dan lainnya. namun secara umum dosis penggunaan vitamin B12 ini adalah sebanyak 125-2.000 mikrogram setiap harinya dan dikonsumsi pada beberapa waktu yang telah ditentukan sebelumnya. biasanya dosis akan direvisi oleh dokter sesuai dengan kondisi tubuh sehingga dosis tidak bisa stagnan pada nilai yang sama.

artikel terkait: manfaat okra merahmanfaat daun sukun untuk diabetesmanfaat daun mangga kering

Peringatan menggunakan suplemen vitamin B12

Meskipun penggunaan suplemen vitamin B12 ini aman dan masih jarang menimbulkan efek samping namun ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian bagi anda sebelum mengonsumsi suplemen vitamin B12, diantaranya adalah sebagai berikut:

ads
  • Bagi anda wanita yang sedang hamil, sedang melakukan program hami dan ibu menyusui sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi vitamin B12.
  • Pada penderita yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi, kanker, dan maslaah pencernaan, asam urat serta penderita kelainan darah juga diharapkan berhati-hati untuk mengonsumsi suplemen vitamin b12.
  • Bagi anda yang baru saja mengalami proses operasi jantung juga sangat disarankan untuk berhati-hati dalam mengonsumsi suplemen vitamin b12 karena mampu membuat pembuluh darah menyempit kembali.
  • Bagi penderita penyakit leber dan penyakit mata sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter supaya mendapatkan dosis yang tepat. hal ini sangat penting karena kesalahan dosis dapat menyebabkan saraf optic terluka dan menyebabkan kebutaan permanen.
  • Bagi orang yang memiliki alergi pada cobalamin dan cobalt juga sangat disarankan untuk konsultasi dengan dokter masalah dosis suplemen vitamin B12.
  • Jika terjadi gejala alergi segera hentikan pemakaian suplemen vitamin B12 dan segera temui dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Peringatan ini jangan diabaikan saja karena untuk mencegah hal-hal yang tidak diiinginkan. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan sebaiknya anda baca kemasan obat atau gunakan sesuai dosis dokter. Pastikan ketika anda mengonsumsi vitamin B12 terdapat jarak yang tepat dengan jarak sebelumnya. jika anda lupa meminum vitamin b12 segera minum saja ketika anda ingat, jangan didoublekan pada penggunaan selanjutnya untuk mengganti dosis yang telah lewat karena bisa menyebabkan overdosis.

artikel terkait: manfaat daun kelor untuk matamanfaat jambu biji merahmanfaat jus mengkudu

Efek samping dari penggunaan suplemen vitamin B12 ini memang tidak banyak dilaporkan terutama jika dikonsumsi dalam julam dosis dan cara yang benar. namun hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa tubuh akan mengeluarkan efek yang tidak menyenangkan karena masuknya zat asing dalam tubuh sehingga menimbulkan gejala efek samping seperti:

  • Tubuh terasa bengkak
  • Diare
  • Haus berlebihan
  • Kram otot
  • Sering buang air kecil

Jika anda mengalamihal ini lebih baik segera hubungi dokter dan langsung hentikan pemakaian suplemen vitamin B12.

Akibat kekurangan vitamin B12

Akibat dari kekurangan vitamin B12 adalah akan mengalami gangguan kesehatan yaitu difesiensi vitamin b12 atau anemia folat. Hal ini akan terjadi jika tubuh mengalami kesulitan saat menyerap vitamin B12 sehingga tubuh tidak bisa menghasilkan sel darah merah yang maksimal. gejala utama dari penyakit difesiensi vitamin b12 atau folat adalah rasa lelah dan letih sama seperti anemia pada umumnya. Oleh karena itu jika anda merasa lelah dan letih secara terus menerus maka jangan segan untuk periksa kepada dokter untuk bisa mendapatkan diagnose anemia yang tepat.

Akibat kekurangan vitamin B12 atau difesiensi vitamin B12 sangat jarang dialami oleh anak muda. Penderitanya lebih umum terjadi pada  orang yang berada usia di atas 75 tahun dan mereka yang menjalani hidup vegetarian karena jarang mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12. Kekurangan vitamin B12 ini sangatlah berbahaya karena fungsinya sebagai menjaga sistem saraf supaya tetap sehat. bagi wanita hamil, jika kekurangan vitamin b12 juga bisa mengakibatkan resiko cacat fisik dan mental pada bayi yang dikandungnya.

Anemia akibat kekurangan manfaat vitamin B12 akan menimbulkan gejala yang khusus dan mungkin anda mengiranya sebagai kelainan kesehatan lain. Untuk itu sangat penting bagi anda untuk melakukan konsultasi dengan dokter dan tim medis lainnya untuk mendapatkan diagnose yang tepat apakah benar anda menderita anemia akibat kekurangan vitamin B12 ataukah karena penyakit lainnya.

artikel terkait: manfaat oksigen murnimanfaat biosevenanemia

Gejala kekurangan vitamin B12

gejala kekurangan vitamin B12 atau anemia vitamin B12 biasanya akan memunculkan gejala yang sama dengan gejala anemia pada umumnya, seperti berikut ini:

  • Lelah
  • Sering letih
  • Mudah pingsang
  • Mengalami penurunan berat badan secara drastis
  • Dispenia atau kehabisa napas
  • Kehilangan nafsu makan
  • Sakit kepala
  • Tinnitus

Namun, lebih spesifiknya para penderita kekurangan atau defisiensi vitamin B12 akan menimbulkan gejala seperti berikut ini:

  • Lidah menjadi perih dengan warna yang merah dan juga mengalami radang
  • Warna kulit menjadi agak kekuning-kuningan hampir sama seperti gejala penyakit liver
  • Mengalami sariawan di mulut dan lidah
  • Fungsi dari indera peraba (kulit) menjadi berkurang atau kurang peka
  • Kemampuan merasakan sakit pada kulit juga menjadi berkurang
  • Penglihatan terganggu
  • Emosi tidak stabil atau mudah marah
  • Cara berjalan dan bergerak menjadi sulit
  • Depresi dan stress
  • Demensia
  • Psikosis, kelainan pada saraf yang menganggu kesehatan mental, pola pikir, perilaku dan perasaan.

Jika anda mengalami gejala seperti di atas maka sebaiknya anda segera melakukan pemeriksaan ke dokter supaya bisa mendapatkan diagnose dan pengobatan yang tepat.

artikel terkait: manfaat obat grastolanmanfaat gula merahmanfaat peterseli

Cara Mengatasi Kekurangan Vitamin B12

Penyakit kekurangan vitamin B12 atau defisiensi vitamin B12 kebanyakan dapat diobati dan disembuhkan sehingga anda yang menderitanya tidak perlu khawatir dan panic. Namun sangat disarankan anda untuk mendapatkan diagnose yang lebih awal karena jika tidak bisa jadi defisiensi vitamin B12 sudah berubah menjadi komplikasi penyakit yang lebih berbahaya. Pengobatan anemia akibat kekurangan vitamin b12 ini biasanya dilakukan dengan cara melalui suntikan vitamin b12. Namun dokter akan memberikan treatment yang berbeda antar pasien tergantung dari penybebab anemia defisiensi vitamin B12.

Anda mungkin hanya membutuhkan treatmen makan makanan yang mengandung vitamin b12 atau bila perlu anda harus mengonsumsi suplemen vitamin B12. Pengobatan ini sangat mungkin dilakukan seumur hidup sehingga anda harus waspada pada penyakit ini. dengan niat dan usaha yang maksimal, penyakit defisiensi vitamin b12 ini tentu saja dapat diobati.

artikel terkait: manfaat puasa untuk kulitmanfaat pisang barangan

Demikianlah ulasan singkat mengenai vitamin B12, suplemen vitamin b12 dan akibat dari kekurangan vitamin B12. Meskipun tidak anda sadari setiap harinya namun anda wajib memenuhi kebutuhan asupan vitamin B12 ini supaya anda tidak mengalami kekurangan vitamin b12 atau anemia vitamin B12. Selalu lakukan hidup sehat dan juga olahraga teratur supaya bisa mendapatkan hasil tubuh sehat yang maksimal.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 02nd, August 2016 / 07:54 Oleh :
Kategori : Kesehatan