9 Manfaat Pace Untuk Kesehatan

buah pacePace atau biasa disebut sebagai buah mengkudu ini merupakan jenis buah yang berasal dari Asia tenggara. Ciri-ciri morfologi dari buah pace atau mengkudu yakni bentuk buahnya yang sedikit lonjong dengan beberapa bintik pada permukaan kulit luarnya dimana pada umumnya pace mempunyai warna hijau agak kekuning-kuning an dan ketika tua akan berwarna putih kekuning-kuningaan dengan bintik hitam. Dari 80 jenis pace ternyata hanya 20 jenis tertentu yang boleh dan aman untuk dikonsumsi oleh manusia.Sedangkan 60 jenis pace lainnya sangat tidak dianjurkan dikonsumsi karena mengandung racun yang membahayakan kesehatan tubuh manusia. (baca : manfaat buah mengkudu)

Pace merupakan jenis buah yang tidak hanya dikonsumsi sebagai campuran rujak ketika buahnya belum matang namun penelitian terkini menunjukan bahwa pace juga dapat dijadikan obat untuk beragam gangguan kesehatan.Hal ini karena kandungan didalamnya yang sangat beragam dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Pemanfaatan pace tidak terbatas pada buahnya saja namun bagian lain seperti daun, batang dan akar dari tanamannya pun mempunyai manfaatnya tersendiri. Kandungan antioksidan yang tinggi pada buah mengkudu dapat meningkatkan energi dan menjaga stamina tubuh dengan baik.

Untuk mengetahui lebih rinci mengenai manfaat dan khasiat pace, berikut penjabarannya :

1. Pace Dapat Menstabilkan Tekanan Darah Penderita Hipertensi

Bagi penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi tentunya harus menjaga kestabilan takanan darahnya secara rutin. Kandungan xeronine yang terdapat pada pace dapat mengembalikan tekanan darah anda menjadi normal.

Selain pace, ada cara lain juga yang dapat dilakukan untuk menstabilkan tekanan darah penderita hipertensi yaitu :

2. Meringankan Kinerja Jantung dalam Memompa Darah

Kandungan zat fitonutrien scopoletin yang terdapat dalam pace juga dapat melebarkan pembuluh darah sehingga kerja jantung dalam memompa darah tidak terlampau berat.

Selain pace, ada cara lain juga untuk meringankan kinerja jantung dalam memompa darah yaitu :

3. Pace Mampu Melancarkan Peredaran Darah

Sistem peredaran darah akan lancar ketika saluran pembuluh darah tidak mengalami penyempitan. Kandungan zat Scopoletin ini mampu melebarkan pembuluh darah serta melancarkan proses peredaran darah ke seluruh jaringan didalam tubuh.

Selain pace, ada cara lain yang dapat dilakukan untuk melancarkan peredaran darah yaitu :

4. Pace Sangat Baik untuk Kesehatan Kulit Tubuh

Senyawa antrakuinon yang terkandung dalam buah pace sangat baik untuk kesehatan kulit tubuh. Hal ini karena senyawa antrakuinon tersebut bersifat antibakteri, jamur dan parasit.

Selain mengkonsumsi pace, ada cara lain yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh yaitu :

5. Pace Mampu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh yang lemah akan memudahkan virus atau bakteri menyerang tubuh dan mengakibatkan tubuh rentan terkena penyakit. Seimbangnya kandungan vitamin, mineral, asam amino dan enzim yang terdapat pada buah pace mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga daya tahan tubuh dapat meningkat.

Selain pace, masih ada cara lain untuk meningkatkan daya tahan tubuh yaitu :

6. Pace Sebagai Penghilang Rasa Sakit

Zat analgesik yang terdapat pada buah pace dapat mengatasi dan menghilangkan rasa sakit pada area tubuh tertentu. Xeronine yang terdapat pada pace dapat mengembalikan protein yang terdapat pada sel-sel abnormal menjadi normal kembali.

Selain pace, masih ada cara lain sebagai penghilang rasa sakit yaitu :

7. Pace Mampu Meredakan Sakit Kepala

Gangguan kesehatan berupa sakit kepala bukan gejala sepele yang bisa disepelekan. Gangguan kesehatan ini tentu sangat mengganggu aktivitas sehari – hari. Otot saraf yang terasa sakit dan daerah persendian yang terasa nyeri juga dapat diatasi dengan penggunaan pace.

Selain pace, masih ada cara lain untuk meredakan sakit kepala yaitu :

8. Mampu Menstabilkan Mood

Mood atau suasana hati yang kurang stabil akan menyebabkan depresi ringan pada seseorang. Kandungan scopoletin yang terdapat pada buah pace dapat mengikat serotonim didalam tubuh. Serotonim itu sendiri merupakan salah satu zat yang terdapat dalam trombosit. Zat yang terdapat didalam butiran darah atau trombosit tersebut akan melapisi saluran pencernaan dan saluran otak.

Serotonim ini berfungsi sebagai neurotransmitter yang akan menghantarkan sinyal saran dan prekursor hormon melatonim. Hormon ini berperan penting dalam mengatur regulasi suhu tubuh, kestabilan mood atau suasana hati, dan siklus produksi sel telur.

Selain pace, ada cara lain juga yang mampu menstabilkan mood yaitu :

9. Mampu Menguatkan Tulang dan Mencegah Osteoporosis

Kandungan metil asetil, morindone dan asam kapril yang terdapat pada buah pace ini berkhasiat dalam menguatkan tulang. Dengan mengkonsumsi buah pace secara teratur bahkan dapat mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis.

Selain pace, masih ada cara lain untuk menguatkan tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis yaitu :

Kandungan pada buah pace

Kandungan beragam zat tertentu yang terdapat pada buah pace ini nyatanya sangat bermanfaat dan berperan penting dalam proses pengobatan secara tradisional atau alami. Pace mengandung antioksidan tinggi sehingga sistem imun atau kekebalan tubuh dapat terangsang dengan baik. Kandungan dalam pace ini bersifat melawan penyakit ganas seperti tumor dan kanker. Gangguan kesehatan yang menyerang kardiovaskular juga dapat diatasi dengan penggunaan pace yang telah matang.

Pada dasarnya, zat yang terdapat didalam buah pace sangat baik bagi tubuh manusia. Berikut kandungannya : 


1. Zat Terpenoid

Zat terpenoid ini merupakan zat yang dapat membantu proses sintesis organik pada tubuh manusia. Dimana proses ini sangat membantu dalam memulihkan sel – sel pada tubuh itu sendiri.


2. Nutrisi

Kandungan nutrisi yang terdapat pada buah pace atau mengkudu ini sangat bervariasi yakni protein, vitamin, bahkan mineral yang sangat diperlukan bagi tubuh. Selain itu terdapat juga kandungan selenium pada tiap buah pace. Seperti yang kita ketahui bahwa selenium ini adalah sejenis antioksidan yang kaya manfaat dan ampuh menangkal radikal.


3. Zat Anti Bakteri

Pada buah pace mengandung zat anti bakteri seperti Pseudomonas aeruginosa, Staphylococcus aureus, Protens morganii, Escherichia coli dan Bacillus subtilis yang mampu menjaga tubuh dari gejala infeksi yang disebabkan oleh virus atau bakteri. Zat anti bakteri yang masuk kedalam tubuh dengan mengkonsumsi pace ternyata mampu mengendalikan bakteri bernama phatogen yang merupakan sejenis bakteri mematikan dan membahayakan kesehatan tubuh.


4. Zat Anti Kanker

Zat anti kanker yang terkandung pada buah pace dapat melawan sel-sel abnormal pemicu kanker. Zat-zat aktif yang terkandung pada buah pace dapat mematikan bakteri penyebab infeksi.


5. Senyawa Aktif

Buah pace selain mengandung zat berupa nutrisi yang telah dijelaskan diatas ternyata juga mengandung senyawa aktif seperti berikut :

  • Senyawa Plants Sterois
  • Senyawa Alizarin
  • Senyawa Lycine
  • Senyawa Caprylic Acid
  • Senyawa Sosium
  • Senyawa Proxeronine
  • Senyawa Antra Quinines
  • Senyawa Trace Elemens
  • Senyawa Phenylalanine
  • Magnesium


6. Scolopetin

Kandungan pada buah pace lainnya yakni scolopetin yang merupakan senyawa yang mampu mengatasi gejala atau gangguan kesehatan seperi peradangan dan alergi yang terjadi.


7. Xeronine dan Proxeronine

Kandungan zat Xeronine dan Proxeronine pada pace yang telah diserap oleh tubuh yang nantinya mampu mengaktifkan kembali protein yang mengalami tanda – tanda non aktif. Selain itu, kedua zat tersebut juga mampu membuat struktur dan bentuk sel yang sedang aktif menjadi lebih teratur.


Karakteristik Tanaman Pace

Selain kita sudah mengetahui mengenai apa saja manfaat  buah pace beserta kandungan yang terdapat pada buah pace. Buah pace juga memiliki karakteristik tersendiri yang belum tentu dimiliki oleh buah yag lainnya. Karena buat pace memiliki banyak kandungan yang sangat penting yang dipelerlukan oleh manusia.

Berikut adalah karakteristik buah pace : 


1. Klasifikasi Buah Pace atau Mengkudu

Pace merupakan sejenis buah beraroma menyengat yang mempunyai nama ilmiah Morinda citrifolia. Penyebaran buah pace atau mengkudu ini dapat ditemukan hampir diseluruh wilayah Indonesia. Karena hal inilah buah pace atau mengkudu mempunyai beragam sebutan unik di setiap daerah.

Untuk mengetahui lebih detail mengenai buah pace ini, berikut klasifikasinya :

Divisi               :Spermatophyta
Sub divisi        :Angiospermae
Kelas               :Dicotyledone
Anak kelas      :Sympatalae
Bangsa             :Rubiales
Suku                :Rubiaceae
Marga / Genus :Morinda
Jenis / Spesies :Morinda citrifolia L.


2. Ciri – Ciri Morfologi Pohon Pace

Walaupun buah pace ini merupakan sejenis buah yang unik dan mudah dikenali melalui bentuk dan aromanya yang khas, Namun tidak ada salahnya kita mengetahui apa saja ciri-ciri morfologi dari pohon pace itu sendiri. Supaya lebih bisa membedakannya dengan pohon lain yang kemungkinan mempunyai bentuk mirip berikut ciri-cirinya :

  1. Ukuran dari pohon pace tidak terlalu besar dan menjulang tinggi. Pada umumnya pohon pace akan tumbuh dari 4-6 meter dalam periode tertentu.
  2. Pohon pace mempunyai dahan yang kaku dan terasa kasar apabila disentuh
  3. Pohon pace mempunayai akar tunggang dan batang yang berwarna coklat atau keabu-abuan.
  4. Pohon pace mempunyai daun yang cukup tebal dan lebar dengan letak atau posisinya yang berhadapan antara satu sama lainnya. ciri lain dari daun pace selain tebal dan lebar, tepi daun pace juga rata
  5. Pohon pace mempunyai bunga majemuk dimana bunga tersebut berbentuk bulat dan tangkai yang panjangnya mencapai 4 cm. Pada umumnya bunga pace mempunyai mahkota berwarna putih dan menyerupai corong dengan panjang 1,5 cm.


Pada artikel ini telah dijelaskan mengenai manfaat pace bagi kesehatan tubuh manusia. pace merupakan tanaman yang tidak hanya buahnya saja yang dapat dimanfaatkan, akan tetapi manfaat daun mengkudu dan bagian lain juga mengandung zat yang baik bagi tubuh. Namun penggunaan pace tetap harus menyesuaikan aturan penggunaan dan jumlah yang dikonsumsi. Walaupun pace itu sendiri merupakan obat alami namun jika penggunaannya dilakukan secara berlebihan pastinya akan menimbulkan efek yang merugikan kesehatan tubuh anda. Semoga penjelasan ini bisa bermanfaat.

, ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan