36 Manfaat Okra Merah Bagi Tubuh

Manfaat okra merah untuk kesehatan telah banyak di buktikan di dunia kedokteran untuk menyembuhkan berbagai maca penyakit. Tanaman ini merupakan tanaman yang berasal dari Asia Tenggara. Nama latin dari sayuran ini adalah Abelmoschus Esculentus. Bentuk dari buah tanaman okra merah ini meruncing dan panjang pada bagian ujungnya. Banyak yang bilang seperti jari – jari sorang wanita yang cantik karena terlihat gemulai.

Tanaman ini sangat di kenal baik pada negara Sri lanka, Jepang, Philifina dan sebagian benua Eropa. Kandungan yang terdapat pada okra merah ini kaya akan manfaat protein dan manfaat serat. Selain dari itu okra merah juga mengandung beberapa senyawa seperti :

  • Minyak biji okra 40 %
  • Lemak 2,05 %
  • Kalium 6,68 %
  • Fosfor 0.77 %
  • Glutation adalah sejenis serat yang berfungsi untuk mencegah susah buang air besar dan kanker usus besar untuk kesehatan tubuh dan sistem pencernaan.

Senyawa yang terkandung di dalam okra merah ini banyak bermanfaat di bidang kesehatan untuk mengobati penyakit ringan sampai penyakit seperti kanker.Disamping kandungan okra merah yang banyak di bidang kesehatan manfaat yang di rasakan setelah meminum okra merah dapat mencegah penyakit seperti berikut ini :

1. Diabetes

Diabetes atau yang disebut juga dengan gula darah adalah kondisi tubuh yang memiliki kelebihan gula dalam darah yang tidak baik untuk kesehatan tubuh. Diabetes banyak menimbulkan komplikasi dengan penyakit lainnya dan jika dibiarkan lama – lama bisa menyebabkan kebutaan, kelumpuhan dan yang paling fatal adalah kematian. Karena itu cobal untuk meminum air rendaman dari okra merah untuk mengobati penyakit ini. Salah satu penyebab dari diabetes adalah faktor keturunan. Jadi orang tua bisa mewariskan penyakit ini kepada anaknya jika pola hidup sehat tidak diajarkan pada anak sedari kecil.

Artikel terkait :

2. Kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi bisa jadi penyebab timbulnya masalah bagi kesehatan jantung. Jantung merupakan organ vital untuk memompa darah keseluruh tubuh. Kolesterol tinggi dapat terjadi karena banyaknya timbunan lemak di saluran peredaran darah yang dekat dengan jantung. Rajinlah meminum rendaman dari okra merah untuk mengobati dan menurunkan kadar kolesterol yang terdapat pada darah.

Artikel terkait :

3. Asam urat

Manfaat okra merah lainnya adalah untuk mengobati penyakit asam urat karena kandungan yang terdapat dalam okra merah mampu untuk mengobati penyakit asam urat.

Artikel terkait :

4. Sariawan

Okra merah juga kaya akan manfaat vitamin c yang berfungsi untuk mencegah dn mengobati sariawan pada mulut dan gusi penderita.

Artikel terkait :

5. Kanker

Kanker adalah penyakit yang mengalami stadium lanjutan dan sel – sel yang tumbuh membesar di dalam tubuh dan mengganas sehingga menimbulkan rasa sakit yang teramat bagi para penderita kanker. Untuk tahap awal kanker dapat di obatik dengan rendaman okra merah di sertai dengan kemoterapi yang biasa di jalankan oleh para penderita kanker lainnya.

Artikel terkait :

6. Penyakit ginjal

Ginjal di dalam tubuh manusia terdapat sepasang terletak di sebelah kiri dan kanan. Karena fungsinya yang berperan untuk menyaring racun yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan dan di buang bersamaan dengan air seni. Jika salah satu fungsinya tidak berjalan dengan baik dapat di tolong dengan ginjal yang satu lagi. Tapi jika keduanya tidak berfungsi maka akan menyebabkan kematian jika tidak segera di tangani dengan baik. Okra merah dipercaya dapat mengobati penyakit ginjal ini.

Artikel terkait :

7. Antioksidan

Manfaat okra lainnya adalah kaya akan antioksidan. Antioksidan bermanfaat untuk mencegah penuaan dini dalam masalah kecantikan yang berhubungan dengan wanita.

Artikel terkait :

8. Kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh juga dapat meningkat jika anda rajin meminum okra merah tersebut. Kekebalan tubuh dari serangan penyakit penting karena tubuh yang sehat merupakan anugerah yang harus di jaga untuk kesehatan masa depan. Dengan kesehatan yang di punya anda dapat melakukan berbagai macam aktivitas dan meraih impian cita – cita yang telah lama anda rencanakan.

Artikel terkait :

9. Rematik

Penyakit satu ini banyak menyerang para lansia pada saat – saaat pagi hari. Jika rematik mulai menyerang biasanya jari – jari tangan dan kaki akan mengalami kesakitan yang parah dan kejang sehingga sulit untuk digerakkan. Sebagian orang menggunakan rendaman okra merah untuk mengobati rematiknya. (Baca juga : Manfaat viostin DS)

10. Susah BAB

Buang air besar merupakan sarat sistem pencernaan yang sehat. Jika anda mengalami sudah untuk bab bisa jadi anda kekurangan serat dalam makanan yang anda konsumsi sehari – hari. Serat banyak terdapat pada buah dan sayuran. Okra merah merupaka salah satu jenis sayuran yang dapat memperlancar kondisi sulit buang air besar. (Baca juga : Manfaat vegeta)

Jadi itulah manfaat dari okra merah untuk kesehatan yang bisa anda coba untuk mengobati penyakit, rutinkan untuk meminumnya untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Manfaat Okra Lainnya Yang Luar biasa

11. Memudahkan sel untuk meregenerasi

12. Kaya kandungan mangan

13. Kaya natrium

14. Kaya magnesium

15. Pencegahan Penyakit Diabetes

16. Memberikan Kesehatan pada Organ Dalam

17. Mengurangi terjadinya Kanker Payudari

18. Mangurani resiko Jantung

19. Meningkatkan kekebalan tubuh

20. Memberikan kekuatan akar rambut

21. Baik dikonsumsi untuk pasien tifus

22. bersifat sebagai analgesik

23. Stimulasi yang baik untuk syaraf

24. Kaya Flavonoid

25. Menguatkan otot wajah

26. Kaya energi

Jenis Serat Okra Merah

Untuk serat sendiri okra merah dapat di bagi menjadi dua yaitu

  • Serat larut – Serat larut ini mudah larut di air dan mampu menahan reabsorpsi garam empedu yang terdapat pada usus sehingga garam empedu tersbut dapat di ekskresi.
  • Serat tidak larut – Serat yang meningkatkan volume dari feses yang berfungsi untuk mencairkan konsentrasi pada karsinogen sehingga mencegah resiko terjadinya kanker usus.

Jadi okra merah mengandung dua serat yang memiliki fungsinya masing – masing untuk mencegah penyakit tertentu.

Cara Pengolahan Okra

Tanaman okra merah ini dapat diolah sebelum di minum dengan cara berikut ini :

  • Sediakan tiga buah okra merah kemudian di rajang tipis dan di remdam dalam dua gelas air kemudian simpan di dalam kulkas selamat tiga jam.
  • Setelah tiga jam rendaman okra merah tadi akan memiliki lendir tapi ambil saja khusus untuk airnya.
  • Setelah airnya habis maka tambah kembali sebanyak 2 gelas tunggu tiga jam
  • Hasilnya lendir akan menjadi bertambah kental tetap ambil saja yang airnya untuk diminum.

Cara pengolahannya yang mudah di anjurkan pengulangan rendaman hanya boleh sebanyak tiga kali. Setelah itu sediakan kembali sebanyak tiga buah okra merah. Untuk waktu minum okra merah silahkan di minum setelah makan. Dan untuk melihat hasilnya dapat di lakukan pengecekkan kembali kesehatan di rumah sakit setelah satu bulan penuh mengonsumsi okra merah.

, , ,
Oleh :
Kategori : Sayuran