17 Manfaat Gula Merah Untuk Kesehatan – Burung – Diabetes

Terdapat dua jenis pemanis makanan dan minuman atau yang kita sebut sebagai gula yang dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. kedua jenis gula tersebut adalah gula putih dan gula merah atau yang juga kerap kali disebut sebagai gula aren. Gula putih memiliki tekstur halus berbentuk butiran seperti pasir, oleh karena itulah gula putih juga kerap kali disebut sebagai gula pasir. Gula putih atau gula pasir ini terbuat dari ekstrak tebu. Sedangkan gula aren atau gula jawa memiliki tekstur yang padat dengan warna merah kecokelatan, gula merah terbuat dari nira arena yang diolah secara tradisional. Gula merah ini memang kalah tenar dibandingkan dengan gula putih atau gula pasir. Namun manfaat dari gula merah ini tidak kalah baik untuk kesehatan.

Gula merah sering digunakan sebagai pemanis makanan dan minuman yang sehat. gula merah mengandung kalori lebih sedikit dibandingkan dengan gula pasir. Hal ini tentunya sangat baik dan bisa menjadi kabar bahagia bagi anda yang suka dengan makanan manis dan tidak takut lagi akan mengalami obesitas. Gula merah atau gula jawa merupakan gula khas dari Indonesia dan hanya ada di Indonesia yang dibuat dari pengolahan nira. Nira yang digunakan berbeda-beda bisa dari nira kelapa, aren dan siwalan. Nira sendiri adalah cairan yang keluar dari pohon berjenis palma.

artikel terkait manfaat gula:

Kandungan Nutrisi Gula Merah

Gula merah sudah dibuat sejak dahulu bahkan sebelum adanya gula pasir. Gula merah dibuat dengan mengolah nira dengan dimasak selama beberapa jam lamanya dan banyak dibuat oleh orang di pulau jawa sehingga gula merah juga disebut sebagai gula jawa. Setelah ada perkebunan tebu dan diperkenalkan oleh para penjajah kemudian barulah muncul gula pasir yang lebih disukai oleh masyarakat karena rasanya lebih manis.

Gula merah ini kerap kali digunakan sebagai alternatif dari gula pasir karena dianggap lebih baik untuk kesehatan. Kandungan kalori yang ada di dalam gula merah lebih kecil dibandingkan denga gula pasir dan juga mengandung lemak tak jenuh sehingga sangat baik bagi anda. Selain itu dalam 100 gram gula merah mengandung 90 mg kalsium, vitamin A, beta karoten, zat besi dan laktoflavin. Selain kandungan tersebut, ada juga kandungan nutrisi lainnya seperti vitamin B12, vitamin C, vitamin E, asam folat, thiamin, niacin, riboflavin, ascorbatic acid, garam mineral, protein dan vitamin A. selain itu keuntungan lainnya dari mengonsumsi gula merah ini adalah gula merah tidak mengandung kolesterol dan sudah pasti ini sangat baik untuk tubuh.

artike terkait: manfaat vitamin Kmanfaat vitamin A untuk kulit

Manfaat gula merah

Karena kandungan nutrisinya yang ada di dalam gula merah ini sangat banyak dan baik untuk tubuh maka khasiat dari gula merah ini untuk kesehatan juga pastinya banyak. Selain untuk kesehatan, gula merah juga baik untuk kecantikan. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari gula merah untuk kesehatan dan kecantikan yang perlu anda ketahui:

  1. Menghambat penuaan dini

Manfaat pertama dari gula merah ini adalah untuk membantu mencegah terjadinya penuaan dini. Dalam gula merah ini terdapat kandungan nutrisi yang dapat melancarkan peredaran darah, menambah darah, menghangatkan lambung, meredakan nyeri dan memperkuat limpa. Bagi anda yang sudah berusia lanjut juga disarankan untuk mengonsumsi gula merah karena membantu tubuh menyerap nutrisi dan vitamin lebih banyak. Seperti yang diketahui bahwa saat usia lanjut penyerapan nutrisi dan gizi dalam tubuh akan berkurang.

Dari penelitian yang dilakukan di jepang mendapatkan hasil bahwa gula merah ini mengandung molasses dimana fungsi utama dari zat ini adalah untuk menjadi antioksidan alami bagi tubuh yang mampu menangkal segala radikal bebas yang mampu menghambat terjadi penuaan dini pada kulit sehingga akan terlihat lebih awet muda dan tampak cerah serta bersinar.

artikel terkait: sumber antioksidan

  1. Perawatan kulit

Gula merah juga bisa digunakan sebagai bahan perawatan kulit yang aman dan sehat. dalam gula merah terdapat kandungan zat yang berbentuk buliran yang jika digunakan untuk facial dapat membantu mengangkat sel-sel mati di wajah. Anda bisa menggunaka masker alami dari gula merah ini dengan mudah dan dengan bantuan dari bahan-bahan herbal alami lainnya.

Cara membuat masker dari gula merah ini adalah dengan menumbuk gula merah sampai halus dan kemudian campurkan dengan minyak zaitun serta scrub yang biasa anda gunakan. Setelah anda mencampurkannya dengan rata dan halus kemudian aplikasikan pada wajah anda dan diamkan selama kurang lebih 5 menit dan gosok perlahan seperti facial biasanya pada wajah anda. Setelah cukup anda bisa membilasnya sampai bersih dengan menggunakan air hangat. Lakukanlah perawatan ini sebanyak 2 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. lalu lihatlah perubahan wajah anda yang lebih halus dan bercahaya.

artikel terkait: manfaat antioksidan

  1. Sumber antioksidan

Gula merah bisa menjadi sumber antioksidan yang sangat baik untuk tubuh sehingga bisa menangkal radikal bebas dan menghindarkan anda dari berbagai jenis penyakit terutama kanker kulit yang bisa disebabkan oleh radikal bebas. Dengan mengonsumsi gula merah secara rutin akan membuat tubuh anda menjadi lebih sehat dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsums gula merah.

artikel terkait: manfaat gluta panacea

  1. Mencegah anemia

Kandungan zat besi yang ada di dalam gula merah cukup tinggi sehingga sangat baik bagi anda yang menderita penyakit anemia dan bisa mencegah anemia. Fungsi dari zat besi ini adalah untuk memproduksi sel-sel darah merah sehingga bisa mengatasi gejala kekurangan darah. penyakit anemia tidak bisa dibiarkan begitu saja karena bisa menjadi lebih buruk dan menyebabkan komplikasi penyakit lainnya yang lebih berbahaya. Oleh karena itu rutinlah mengonsumsi gula merah terutama bagi anda yang memiliki penyakit anemia.

artikel terkait: manfaat rebung bambu kuning

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Di dalam gula merah juga mengandung kandungan nutrisi yang berfungsi untuk melancarkan peredaran darah. ketika peredaran darah lancar maka fungsi dan kinerja organ tubuh pun akan menjadi lebih maksimal lagi. Hal ini juga setali tiga uang dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. dengan meningkatnya sistem kekebalan tubuh maka tubuh akan dapat melawan berbagai virus, bakteri dan kuman penyebab penyakit lebih kuat jadi anda tidak mudah sakit lagi.

artikel terkait: manfaat kembang kol

  1. Menstabilkan kadar kolesterol dalam darah

Gula merah tidak mengandung kolesterol sehingga aman dikonsumsi. Selain itu kandungan lainnya dalam gula merah seperti niacin yang berfungsi sebagai pengontrol kadar kolesterol dalam darah. jadi keuntungan mengonsumsi gula merah ini berlipat ganda bukan? Tidak hanya mengandung kolesterol nol namun juga bisa mengurangi jumlah kolesterol berlebihan dalam tubuh. selain itu fungsi lainnya dari niacin adalah mampu menghaluskan dan menjaga kesehatan kulit.

artikel terkait: manfaat okra untuk kolesterol

  1. Melancarkan sistem pencernaan

Kandungan niacin dalam gula merah tidak hanya berfungsi sebagai pengendali kolesterol saja namun juga membantu sistem pencernaan menjadi lebih lancar. Dengan sistem pencernaan yang lancar akan membuat tubuh terhindar dari berbagai jenis penyakit pencernaan seperti sembelit, kanker usus dan lainnya. selain itu jika pencernaan lancar maka dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat dan berat badan bisa lebih mudah dikendalikan.

artikel terkait: manfaat pohon angsana

  1. Melancarkan sirkulasi darah

Masalah sirkulasi darah yang tidak lancar merupakan salah satu jenis gangguan yang dapat menyebabkan beberapa jenis penyakit serius. Dengan adanya penyumbatan darah ini dapat membuat tubuh beresiko mengalami berbagai jenis penyakit misalnya saja tekanan darah tinggi atau hipertensi, penyakit jantung dan stroke. Dengan mengonsumsi gula merah ini dapat membantu melancarkan sirkulasi darah dan menghindarkan anda dari penyakit kardiovaskular yang sangat serius dan berbahaya.

artikel terkait: manfaat biang kunyit

  1. Membantu menurunkan berat badan

Jika anda saat ini sedang diet dan suka dengan makanan yang manis namun karena diet ini anda harus menghindarinya. Namun anda tidak perlu khawatir lagi karena anda dapat mengganti gula pasir pada makanan dan minuman manis anda dengan gula merah saja. hal ini disebabkan karena gula merah mengandung kalori rendah sehingga aman dikonsumsi meskipun anda sedang diet saat ini. jadi anda masih tetap bisa makan manis tapi tetap sehat ya.

artikel terkait: manfaat saripohtji

  1. Mengobati sariawan

Nah jika anda saat ini sedang mengalami sariawan maka salah satu obat yang terbaik yang bisa didapatkan adalah dengan menggunakan gula merah. Gula merah mengandung niacin yang sangat baik untuk meredakan sariawan. Sariawan sangat mengganggu penderitanya karena mereka jadi susah untuk makan dan bicara sehingga badan juga bisa kurus dengan sariawan ini. cara menggunakan gula merah ini untuk mengobati sariawan bisa dilakukan dengan cara menempelkan gula merah di bagian bibir yang terkena sariawan saja. lakukan secara rutin dan sariawan anda akan mereda lebih cepat.

artikel terkait: manfaat sari agegard

  1. Sebagai campuran ramuan obat

Gula aren juga bermanfaat sebagai campuran dalam ramuan obat yang fungsinya adalah sebagai pemanis terutama ini digunakan dalam ramuan herbal yang memang rasanya mungkin agak aneh dan pahit. Dengan menambahkan gula merah akan membuat ramuan obat herbal menjadi lebih enak dan manis. Selain itu gula merah juga baik untuk kesehatan.

artikel terkait: manfaat sari kunyit

  1. Menghangatkan tubuh

Pada saat musim hujan atau dingin anda juga bisa menyediakan gula merah di dapur anda. Selain digunakan dalam campuran masakan namun gula merah ini juga bisa digunakan untuk minuman dan lainnya. salah satu manfaat yang akan anda dapatkan dari pengonsumsian gula merah ini adalah mampu menghangatkan tubuh jadi saat musim  dingin anda akan terhindar dari penyakit flu dan demam.

artikel terkait: manfaat alpukat untuk kolesterol

  1. Membersihkan darah

Manfaat lainnya yang dapat anda dapatkan dari gula merah ini adalah mampu membersihkan darah dari berbagai jenis zat racun yang ada di dalamnya. darah kotor ini sangat berpotensi menyebabkan berbagai jenis gangguan kesehatan sehingga harus dibersihkan. Cara menggunakan gula merah untuk membersihkan darah sepertinya adalah pilihan yang baik  bukan dan menyenangkan bukan?

artikel terkait: manfaat kulit lemon

  1. Mencegah jerawat

Manfaat lainnya dari gula merah adalah sangat baik untuk kesehatan kulit. Mengapa demikian? Karena gula merah tidak menyebabkan iritasi dan peradangan sehingga sangat baik untuk kulit dan bisa membantu mengatasi masalah jerawat dan komedo yang membandel di wajah. Dengan gula merah yang manis ini anda akan mendapatkan kulit wajah yang indah dan halus.

artikel terkait: manfaat jamur kombucha

  1. Mencegah batuk dan demam

Gula merah ini juga bisa membantu mencegah batuk dan demam. Hal ini dikarenakan sifat gula merah yang mendinginkan sehingga mampu menekan batuk terutama untuk jenis batuk kering. Anda bisa membuat minuman teh hangat dengan menggunakan gula merah. Dengan mengonsumsi gula merah secara rutin dapat membuat batuk anda menjadi cepat reda.

artikel terkait: manfaat sari kurma sahara

  1. Mencegah asma

Gejala penyakit asma biasanya akan timbul saat udara menjadi dingin dan tubuh tidak bisa mengimbanginya. Gula merah mampu menghangatkan badan sehingga bisa membantu menstabilkan suhu tubuh dan menghindarkan anda dari kambuhnya gejala asma. Selain itu penderita asma memang dianjurkan untuk tidak mengonsumsi gula pasir dan menggantinya dengan gula merah saja.

artikel terkait: manfaat jamu kunir asem

  1. Meredakan nyeri saat menstruasi

Rasa nyeri akibat menstruasi itu sangat wajar terjadi namun memang membuat wanita menjadi tidak nyaman saat menstruasi. Salah satu yang bisa membantu meredakan nyeri saat menstruasi adalah dengan mengosumsi gula merah. Dengan mengonsumsi gula merah ini akan membuat nyeri perut mereda dan membuat anda bisa menjalani aktivitas seperti biasa saat menstruasi.

artikel terkait: manfaat melon untuk diet

Itulah 17 manfaat gula merah yang bisa anda dapatkan untuk kesehatan dan kecantikan. Dengan ini anda akan lebih mengetahui manfaat gula merah dan tidak ragu lagi untuk mengonsumsinya bukan?

Manfaat gula merah vs gula putih untuk diabetes

Manfaat dari gula merah sudah dikenal sejak lama dan dianggap lebih baik dibandingkan dengan gula putih. Hal ini terutama saat ditemukannya fakta bahwa indeks glikemik dalam gula merah lebih rendah dibandingkan dengan gula putih. Indeks glikemik gula merah diketahui sebesar 35 dimana angka tersebut sudah dianggap relatif rendah namun ada juga yang menyatakan bahwa indeks glikemik gula merah sebesar 54. Indeks glikemik (IG) sendiri merupakan angka yang menggambarkan peningkatan kadar gula darah seseorang pada makanan yang dikonsumsinya.

Indeks glikemik (IG) akan dikatakan tinggi jika angkanya berada di atas 70. Angka glikemik tinggi berarti kadar karbohidrat dalam makanan tersebut juga tinggi dan cepat melepaskankannya menjadi glukosa atau gula darah. pemanis yang mengandung indeks glikemik tinggi diantaranya adalah gula jagung dengan kandungan fruktosa di dalamnya, roti putih, beras putih, ubi dan kentang. Sementara indeks glikemik dalam makanan dikatakan rendah jika berada di bawah angka 55. Makanan dengan kadar indeks glikemik rendah antara lain adalah gandum utuh, gula merah, kacang merah, kacang polong, biji-bijian utuh dan kacang hitam serta lainnya. sedangkan untuk gula putih atau gula pasir dan sukrosa berada dalam indeks glikemik menengah dengan angka 56 – 69.

Meskipun sudah ada angka indeks glikemik di atas namun harus diperhatikan bahwa nilai ini bisa berubah-ubah tergantung pada siapa dan tempat yang mengujinya. Angka indeks glikemik ini bisa saja berbeda pada individu satu dengan lainnya, kombinasi makanan apa yang dikonsumsi dan proses pengolahan makanan itu sendiri. Sebagai contoh gula merah memiliki indeks glikemik yang rendah namun bisa menjadi tinggi bila dikonsumsi dengan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. jadi angka indeks glikemik ini tidak bersifat absolute, namun demikian anda perlu mengerti panduannya.

Dengan angka indeks glikemik (IG) yang rendah ini diklaim dapat membant meredakan penyakit diabetes dan lebih aman dikonsumsi oleh para penderita diabetes dibandingkan dengan gula putih atau gula pasir yang memiliki indeks glikemik sedikit lebih tinggi.

artikel terkait: manfaat pepaya untuk dietmanfaat kulit manggis untuk diabetes

Gula merah memang aman, namun bukan berarti sepenuhnya aman

Gula merah memiliki indeks glikemik yang rendah dan aman bagi penderita diabetes namun tetap harus memperhatikan batasannya. Meskipun angka indeks glikemik gula merah lebih rendah dibandingkan gula pasir namun itu bukan berarti bahwa gula merah bisa dikonsumsi secara bebas. Hal ini dikarenakan kandungan karbohidrat di dalam gula merah juga hampir sama dengan gula pasir yaitu dalam setiap satu sendok kira-kira terdapat 4 gram karbohidrat. Terlebih lagi gula merah yang berada di pasaran saat ini tidak bisa dijamin itu murni dari nira melainkan ada beberapa oknum yang telah terbukti mengoplos gula merah dengan gula putih dan mengakibatkan kandungan nutrisinya juga berubah. Jadi sebagai tindakan preventif jika anda menggunakan gula merah atau gula putih sebagai pemanis maka sebaiknya jangan berlebih dan tetap dijaga kadarnya.

Jika anda seorang penderita diabetes dan saat ini memang sangat ingin mengonsumsi makanan atau camilan yang manis maka anda sebaiknya mendapatkannya dari aneka jenis buah-buahan yang memiliki rasa manis seperti mangga, jeruk, dan lainnya karena gulanya alami dan sehat bagi tubuh. jika anda tetap ingin menggunakan gula sebagai pemanisnya maka sebaiknya anda memperhatikan kadar indeks glikemik dan karbohidratnya dalam kemasan gula apapun jenis gulanya. Dengan begitu anda tetap bisa makan makanan manis dengan aman dan bisa merencanakan program diet gula anda dengan benar sesuai dengan jumlah yang disarankan oleh pakar kesehatan.

artikel terkait: manfat rebusan kayu manismanfaat buah naga untuk diabetes

Manfaat gula merah untuk burung kicauan

Gula merah juga bermanfaat sebagai pakan alami bagi burung kicau selain kroto, ulat, belalang, orong-orong, jangkrik dan ikan guppy. Bagi para penggemar burung kicau mungkin sudah tidak asing lagi dengan manfaat gula merah untuk burung kicau ini. burung kicau memang membutuhkan kandungan nutrisi dan gizi yang ada di dalam gula merah seperti protein, lemak, karbohidrat dan vitamin. Untuk mendapatkan gula merah ini relatif lebih mudah dibandingkan dengan mendapatkan pakan alami lainnya karena gula merah biasanya ada di dapur sebagai salah satu bumbu masakan.

Cara memberikan gula merah ini untuk burung kicau juga sangat mudah yaitu dengan menghancurkan gula merah seidkit saja dan kemudian dicampur dengan air secukupnya. Lalu setelah jadi berikan kepada burung kicau yang sedang kehausan. Berikan air gula merah ini secara rutin sebanyak dua kali seminggu saja atau setidaknya sekali dalam seminggu.

Manfaat gula merah untuk burung kicau adalah sebagai berikut:

  • Gula merah dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh burung kicau dan dapat memperkuat antipatogenik perlindungan tubuhnya sehingga lebih tahan dari segala jenis penyakit. Hal ini cukup penting mengingat terkadang burung kicau tinggal di beberapa jenis tempat tinggal yang berbeda-beda dan kondisinya pun bisa jadi tidak aman bagi burung kicau.
  • Manfaat lainnya dari gula merah ini untuk burung kicau adalah mampu menangkal penyakit dan virus dari luar yang sangat berbahaya bagi tubuh. seperti yang diketahui bahwa burung kicau ini jika sudah terkena penyakit maka dia tidak mau lagi berkicau seperti biasanya dan ini akan membuat anda repot sendiri nantinya apalagi jika mendekati masa perlombaan burung kicau maka tamat sudah riwayat anda. Oleh karena itu kesehatan burung kicau harus tetap dijaga.

Demikian informasi mengenai manfaat gula merah bagi kesehatan manusia dan juga kesehatan burung kicau. Semoga bermanfaat

, ,
Oleh :
Kategori : Makanan
Doctors Talks

Gigi berlubang bagian atas bisa menyebabkan Penyakit meningitis, Gigi berlubang bagian bawah bisa menyebabkan penyakit yang menyebabkan kematian mendadak, apa itu ? Simak penjelasan Drg. Albertus Andika berikut ini.