Manfaat Obat Gastrolan – Dosis, Indikasi dan Efek Samping

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai review dari obat grastolan. Grastolan merupakan nama generic yang diproduksi oleh pabrik Gracia Pharmindo. Obat ini termasuk dalam golongan obat yang harus menggunakan resep dari dokter untuk penggunaanya karena termasuk dalam jenis obat keras. Saat ini obat grastolan sudah dipasarkan luas dan bisa anda temukan dengan mudah di toko obat atau apotek terdekat namun ingat harus sesuai dengan resep dokter ya.

artikel terkait manfaat obat:

Grastolan yang dipasarkan memiliki kemasan dus dengan jumlah obat 2 x 10 kapsul dengan berat 30 mg dalam kemasannya. Grastolan terbuat dari kandungan lapsoprazole 30 mg per kapsulnya. Lansoprazole merupakan jenis obat yang memiliki fungsi sebagai penghambat pompa proton inhibitor (PPI). Lansoprazole digunakan untuk meredakan dan mengatasi penyakit-penyakit yang disebabkan oleh naiknya asam lambung yang tidak normal. Cara kerja dari obat ini adalah dengan menekan sekresi asam lambung dengan menekannya secara langsung dan spesifik pada sistem pompa asam dalam mukosa lambung.

Indikasi

Obat grastolan atau obat yang terbuat dari lansoprazole memiliki kegunaan untuk mengatasi dan mengobati kondisi-kondisi sebagai berikut ini:

  • Grastolan digunakan sebagai pengobatan gastroesophageal reflux disease (GERD). Penyakit ini adalah penyakit yang berhubungan dengan produksi asam lambung yang tidak normal sehingga membuat penderitanya merasakan sensasi terbakar pada area dada hingga kerongkongan akibat dari adanya iritasi.
  • Grastolan juga digunakan untuk mengobati penyakit yang berhubungan dengan tukak lambung dan tukak usus dua belas jari karena adanya iritasi bakteri helicobacter pylori dan juga bisa disebabkan oleh pemakaian obat golongan NSAID dalam jangka panjang. pada pengobatan penyakit ini biasanya juga akan dikombinasikan dengan obat lain misalnya amoxilin dan clarythromicyn.
  • Kondisi peradangan pada kerongkongan (esophagus) atau juga disebut sebagai erosive asophagitis dalam istilah medis. Kondisi ini biasanya disebabkan karena adanya iritasi asam lambung, adanya infeksi jamur atay virus, dan juga karena penggunaan alkohol atau obat-obatan tertentu.
  • Grastolan juga bisa digunakan dalam pengobatan penyakit zollinger Ellison syndrome, penyakit ini memang salah satu jenis penyakit langka yang terjadi karena disebabkan oleh tumor pancreas atau usus dua belas jari yang menyebabkan terjadinya pelepasan hormone tertentu yang membuat kenaikan asam lambung tidak normal.

artikel terkait: manfaat africa black antmanfaat K muricatamanfaat acnol

Kontra indikasi

Kontra indikasi dari obat grastolan ini sebaiknya anda tidak memberikan kepada orang yang menderita hipersensitivitas terutama pada lansoprazole. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya jangan memberikan obat ini tanpa resep dari dokter.

artikel terkait: manfaat obat lutenylmanfaat xenical orlisatmanfaat tramadol

Efek samping

Obat grastolan ini sebenarnya termasuk dalam obat yang aman dikonsumsi dan bisa ditolenrasi dengan baik oleh tubuh selama dengan dosis yang benar. Namun ada beberapa kemungkinan efek samping yang disebabkan dari obat ini karena adanya penyesuaian alami dari tubuh karena ada benda asing masuk ke dalam tubuh, berikut ini adalah efek samping yang mungkin terjadi:

  • Efek samping yang terjadi pada organ pencernaan, misalnya aja diare, nyeri perut, mual, muntah dan sembelit.
  • Efek samping yang terjadi pada organ hati yaitu terjadinya peningkatan serum gamma glutamyltransferase (GGT). Namun kelainan lainnya seperti hepatitis, gagal hati, ensefalopati hati dan gangguan fungsi hati parah sangat jarang terjadi.
  • Efek samping pada organ ginjal sebenarnya relatif jarang terjadi namun jika pemakaian obat ini dilakukan dalam jangka panjang dan dalam dosis yang sangat besar bisa membuat peningkatan pada keratin serum yang bisa menyebabkan resiko kerusakan ginjal dan gagal ginjal akut.
  • Pada beberapa orang yang sensitive bisa menyebabkan pusing serta sakit kepala.
  • Saat ini telah ada laporan efek samping penggunaan obat grastolan dalam jangka panjang seperto trombositopenia, agranulositosis, anemia hemolitik dan leukositosis.
  • Telah ada laporan mengenai hubungan penggunaan obat grastolan dengan terjadinya patah tulang yang disebabkan oleh osteoporosis. Hal ini terutama terjadi pada pinggul, tulang belakang dan tangan. Resiko ini akan semakin meningkat jika obat grastolan digunakan dalam jangka panjang dan dosis yang berlebihan.
  • FDA (organisasi pengawas obat di amerika) sudah memberikan himbauan pada penggunaan obat-obatan jenis penghambat PPI termasuk lasoprazole di dalamnya karena dapat menyebabkan penurunan magnesium secara signifikan jika obat digunakan dalam jangka panjang. para penderita kekurangan magnesium (hypomagnesemia) akan mengalami kejang, pusing, kram, nyeri otot, perubahan detak jantung terutama jika obat ini digunakan dalam jangka waktu lebih dari 1 tahun.

artikel terkait: manfaat daun sirih merah – manfaat ketela pohon – manfaat obat zoralin

Meskipun efek samping yang disebabkan oleh obat ini termasuk langka dan jarang terjadi namun jika anda mengalami beberapa reaksi alergi dan efek samping di atas maka anda harus segera hentikan penggunaan obat dan harus langsung mendapatkan pertolongan medis supaya kondisi anda bisa lebih baik.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 22nd, June 2016 / 08:24 Oleh :
Kategori : Obat-Obatan