14 Manfaat Yoga Untuk Diet dan Kesehatan Tubuh

Yoga merupakan salah satu aktivitas oleh tubuh dan juga pikiran yang fokus pada kekuatan, pernapasan dan juga fleksibilitas dengan tujuan meningkatkan kondisi fisik serta mental. Komponen utama dalam yoga adalah postur atau gerakan dan juga teknik pernapasan. Yoga sudah dilakukan sejak ribuan tahun yang lalu oleh masyarakat India dan kini sudah diadaptasi menjadi banyak variasi dan jenis. Tidak hanya membuat tubuh menjadi sehat, pikiran tenang serta pernapasan yang baik. Namun yoga juga sangat bermanfaat untuk program diet yang anda jalankan. Berikut ini, kami akan mengulas secara lengkap tentang apa saja manfaat yoga untuk diet yang bisa anda dapatkan jika dilakukan secara teratur.

Artikel terkait:

  1. Mengontrol Nafsu Makan

Yoga memiliki kegunaan untuk mengatasi berbagai masalah di pendernaan seperti perut dan usus. Selain itu, yoga juga berguna untuk melancarkan peredaran darah menuju kelenjar yang berkaitan dengan pencernaan seperti pankreas. Dengan melakukan beberapa gerakan yoga secara teratur, maka nafsu makan bisa di kontrol dengan baik.

  1. Membakar Lemak dan Kalori

Gerakan yoga yang sangat beragam sangat baik untuk membakar lemak serat kalori yang tertimbun dalam tubuh. Semua gerakan yoga sangat dinamis dan statis sehingga lemak akan di bakar dan dikeluarkan dalam bentuk keringat. Melakukan yoga selama satu jam bisa membakar kalori antara 200 sampai 400 kkal sehingga menjadi aktivitas baik untuk menurunkan berat badan.

  1. Mengencangkan Perut

Beberapa gerakan yoga melibatkan otot di sekitar area perut seperti uttanpadasana, tadasana, naukasana, bhujangasana dan beberapa jenis pose yoga yang lain. Beberapa gerakan ini akan mengencangkan otot perut sehingga secara otomatis bisa menurunkan berat badan anda.

  1. Mengatasi Masalah Perut Buncit

Memiliki perut yang rata merupakan impian dari semua wanita. Dengan perut rata, semua jenis pakaian bisa dikenakan tanpa perlu khawatir ada timbunan lemak yang terlihat. Olahraga yang paling tepat untuk mengatasi masalah perut buncit ini adalah yoga. Rata rata gerakan yoga memusatkan pada pemakaian otot perut dan juga pernapasan. Untuk anda yang masih pemula, lakukan gerakan ini secara bertahap dan teratur.

  1. Membantu Proses Detoksifikasi

Berat badan yang terlalu berlebihan menjadi tanda jika tubuh memiliki tingkat toksisitas yang tinggi dan cara mengatasinya adalah dengan detoksifikasi tubuh untuk menurunkan berat badan secara signifikan. Apabila banyak racun di dalam tubuh, maka organ detoksifikasi seperti ginjal dan hati kemungkinan tidak bekerja secara baik dan akhirnya membuat berat badan terlalu berlebihan. Melakukan gerakan yoga menjadi pilihan tepat untuk proses detoksifikasi. Gerakan dalam yoga selalu menyesuaikan dengan organ tubuh bagian dalam dan membantu organ tersebut bekerja dengan baik.

Artikel terkait:

  1. Menurunkan Stress Penyebab Badan Gemuk

Badan yang gemuk juga disebabkan karena stress berlebihan. Kesibukan yang dilakukan sehari hari dan akhirnya timbul stress, maka cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan stress tersebut adalah dengan makan dan ngemil lebih banyak. Berbagai makanan yang disantap saat stress bertujuan untuk menekan perasaan stress dan cemas yang sedang dirasakan sehingga akhirnya badan mengalami obesitas. Yoga menjadi solusi terbaik untuk menghilangkan stress dan emosi yang terjebak di dalam pikiran anda. Teknik pernapasan dan pemusatan pikiran dalam yoga sangat baik untuk menenangkan berbagai perasaan negatif yang anda rasakan dan pada akhirnya akan mengontrol berat badan anda.


  1. Meningkatkan Energi di Dalam Tubuh

Yoga juga bermanfaat untuk meningkatkan energi di dalam tubuh. Perasaan lelah dan malas hanya akan membuat lemak dan berbagai zat beracun semakin menumpuk di dalam tubuh anda. Hanya beberapa menit sehari melakukan gerakan yoga, ini sudah cukup memberikan sekaligus meningkatkan energi sehingga anda bisa lebih segar. Bertambahnya energi akan membuat berbagai aktivitas anda berjalan dengan baik dan tidak ada kesempatan bagi lemak dan kalori untuk menumpuk di badan anda.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol dan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi dan juga kolesterol bisa terjadi karena penyempitan pembuluh darah yang disebabkan sumbatan lemak pada aliran darah tersebut. Melakukan gerakan yoga secara teratur setiap hari, akan meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh dan juga mengalirkan oksigen secara baik. Hal ini berkaitan langsung dengan penurunan kadar kolesterol serta membuat tekanan darah menjadi stabil. Hilangnya penumpukan lemak jahat dalam aliran darah juga akan berdampak positif dalam menurunkan berat badan anda.

  1. Mengubah Lemak Menjadi Otot

Hampir seluruh gerakan yoga membutuhkan otot dalam penerapannya. Untuk anda yang memiliki masalah berat badan, gerakan yoga akan membantu anda untuk mengubah penumpukkan lemak menjadi otot. Perubahan lemak menjadi otot ini nantinya juga akan sangat berpengaruh terhadap penurunan berat badan anda.

  1. Menurunkan Glukosa Dalam Darah

Dari beberapa penelitian yang sudah dilakukan memberi bukti jika gerakan yoga akan menurunkan kadar glukosa di dalam darah. Dengan menurunnya glukosa dalam darah, secara otomatis juga akan menjaga berat badan anda agar selalu stabil sehingga yoga sangat baik dilakukan setiap hari.

  1. Menurunkan Kadar Natrium

Berbagai makanan olahan dan cepat saji saat ini sangat penuh akan sodium. Terlalu banyak kandungan sodium akan mengikat lemak dan air yang ada di dalam tubuh anda dan akhirnya akan membuat lemak semakin banyak menumpuk pada badan anda. Melakukan yoga secara teratur menjadi cara yang efektif untuk menurunkan kadar natrium di dalam tubuh anda. Natrium ini nantinya akan dikeluarkan tubuh lewat buang air kecil dan juga keringat.

Artikel terkait:

  1. Meningkatkan Sistem Endokrin

Sistem endokrin merupakan sistem yang mengontol berbagai kelenjar di dalam tubuh seperti kelenjar keringat, kelenjar ludah dan berbagai kelenjar lain dalam saluran gastrointestin. Dengan sistem endokrin yang semakin lancar, maka berbagai racun dan lemak akan lebih mudah dikeluarkan dari tubuh anda dan gerakan yoga menjadi cara tepat untuk meningkatkan sistem endokrin tersebut.

  1. Menyeimbangkan Kerja Otot

Salah satu kunci utama dari yoga adalah keseimbangan. Gerakan yoga yang selalu membuat otot bekerja dalam satu arah dan berlawanan akan menghasilkan keseluruhan latihan otot yang merata di tubuh anda dan akhirnya juga akan meluruhkan lemak di seluruh bagian tubuh anda.


  1. Meningkatkan Kebiasaan Makan Sehat

Yoga yang juga selalu melatih pikiran juga akan meningkatkan kebiasaan makan sehat di keseharian anda. Dengan meningkatkan kebiasaan makan sehat, maka akan berpengaruh pada pengendalian gula darah, membantu proses penurunan berat badan dan mengatasi kebiasaan buruk yakni makan tidak teratur. Sebuah penelitian sudah melakukan tes pada beberapa pasien rawat jalan yang mengalami gangguan pola makan buruk. Yoga memiliki peranan penting dalam menurunkan kebiasaan makan berlebih, meningkatkan aktifitas fisik dan juga menurunkan berat badan secara bertahap.

Artikel terkait:

Beberapa manfaat yoga untuk diet menjadi solusi terbaik yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan dan menjaga berat badan tetap stabil. Untuk anda yang masih pemula, ada baiknya memakai jasa instruktur yoga agar gerakan yang dilakukan tepat dan manfaatnya bisa langsung terasa di tubuh anda.

, ,
Oleh :
Kategori : Olahraga