10 Manfaat Acroyoga Bagi Kesehatan Tubuh

Seiring dengan perkembangan zaman olahraga dilakukan bukan hanya untuk memperoleh manfaat untuk menyehatkan tubuh dan kebugaran tubuh tetapi olahraga juga dilakukan karena telah menjadi tren gaya hidup. Apalagi bagi orang yang hidup di perkotaan maka oleharaga menjadi tren gaya hidup yang sering dilakukan. Dari berbagai macam olahraga yang digemari salah satunya yaitu olahraga acroyoga.

Apa itu Olahraga Acroyoga?

Olahraga acroyoga yaitu olahraga yag dilakukan dengan gerakan yang mengandung unsur acrobatic serta yoga. Sekarang olahraga ini sudah mulai tren sejak dua tahun terahir ini, bukan hanya para yoga yang melakukan olahraga ini tetap para artis pun melakukan olahraga ini. Beberapa artis yang melakukan olahraga acroyoga yaitu seperti Andien, Luna Maya serta Raisa.

Acroyoga merupakan olahraga yang berasal dari negara India. Acroyoga memang merupakan salah satu jenis dari olahraga yoga. Olahraga yoga merupakan olahraga yan dapat dilakukan didalam ruangan serta dengan waktu yang relatif lebih singkat dibanding olahraga lainnya. Olahraga ini dilakukan dengan cara berpasangan dengan beberapa gerakan yang memadukan gerakan akrobatik dan yoga tetapi menyenangkan.

Tiga Gerakan Acroyoga

Dalam olahraga ini ada 3 posisi atau peran yaitu base, flyer serta spotter.

  • Base merupakan orang yang berperan sebagai penyanggga atau menyangga tubuh partner yang sedang melakukan gerakan. Tubuh base ini hampir semua menyentuh lantai.
  • Flyer yaitu orang yang disangga oleh base atau orang yang melakukan gerakan acroyoga dan tubuh flyer ini tidak menyentuh tanah atau lantai.
  • Spotter yaitu orang yang siap membantu base atau flyer ketika terjadi kesalahan gerakan serta menjaga gerakan keduanya tetap seimbang.

Acroyoga selain sudah menjadi olahraga yang tren dua tahun terakhir ini, olahraga ini juga mempunyai banyak manfaat kesehatan untuk tubuh seperti olahraga lainnya. Beberapa manfaat acroyoga yaitu sebagai berikut:

  1. Melatih kekuatan otot

Manfaat utama dari olahraga acroyoga yaitu melatih kekuatan otot. Beberapa yang otot yang akan terlatih kekuatannya yaitu otot besar. Gerakan acroyoga mungkin jika bagi orang yang belum pernah melakukannya akan menganggap sedikit ekstrim. Gerakan melayang atau terbang diatas kaki hal ini akan mengaktifkan otot-otot perut serta otot kemaluan. Untuk melakukan gerakan acroyoga maka perlu melakukan gerakan pemanasan terlebih dahulu yaitu yoga agar tidak terjadi cidera. Apalagi bagi orang yang jarang atau bahkan tidak pernah melakukan olahraga maka otot-otot didalam tubuh menjadi pasif sehingga perlu sekali melakukan pemanasan sebelum melakukan olahraga acroyoga.

  1. Melatih keberanian

Banyak orang yang beranggapan bahwa acroyoga adalah olahraga yang sulit dilakukan serta menakutkan. Memang olahraga ini butuh keberanian dalam melakukannya sehingga dapat melatih keberanian dalam diri seseorang. Olahraga ini selain memberi manfaat fisik ternyata juga memberi manfaat mental yaitu tentang keberanian. Saat anda tidak berani mencoba maka anda harus melawan mental dalam diri anda bahwa diri anda sendiri bisa melakukannya asal yakin bahwa anda sendiri bisa melakukan. Saat hal ini terjadi maka kita sebenarnya sedang melawan mental dalam diri kita. Menurut para pelatih olahraga ini jika anda ingin mencoba dan ada keyakinan bahwa anda bisa maka gerakan yang sulitpun akan bisa ditaklukkan.

Kegiatan yang melatih keberanian lainnya :

  1. Pembentukan tulang

Gerakan acroyoga seperti kayang diatas kaki dapat menegakkan tulang punggung yang bungkuk. Hal ini bisa menjadi alternatif untuk menegakkan tulang belakang serta dapat mengurangi rasa sakit pada pinggang. Orang yang terbiasa melakukan gerakan ini akan mempunyai manfaat tubuh menjadi lebih enak dan ringan.

  1. Mengharmoniskan hubungan

Olahraga ini dilakukan dengan berpasangan dengan melibatkan gerakan tubuh serta komunikasi diantara keduanya sehingga olahraga ini dapat mengharmoniskan suatu hubungan. Hubungan bukan hanya suami istri tetapi juga hubungan kekeluargaan bahkan juga hubungan oorang asing yang belum saling kenal bisa saling kenal sehingga bisa lebih cepat akrab. Dalam gerakan acroyoga terjalin komunikasi antara base dan flyer sehingga terjadi instan koneksi. Olahraga ini akan melatih saling kepercayaan, chemistry serta komunikasi yang terjalin dengan baik.

  1. Mengencangkan alat vital

Untuk kaum wanita olahraga acroyoga memiliki manfaat lebih yaitu mengencangkan alat vital. Beberapa gerakan yoga hingga melibatkan paha dalam sehingga berpengaruh pada alat vital. Alat vital menjadi lebih kencang sehingga hubungan anda dengan suami akan lebih harmonis dan intim bagi yang sudah menikah.

  1. Melatih kesabaran

Acroyoga merupakan olahraga perpaduan akrobatic dan yoga sehingga unsur yoga masih sangat kuat dalam olahraga ini. Saat melakukan gerakan-gerakan yang membutuhkan konsentrasi tinggi maka diperlukan juga kesabaran, maka hal ini akan bisa membantu melatih kesabaran anda. Gerakan seperti berdiri dengan satu kaki dengan mengangkat tangan keatas sering membuat orang yang melakukan gerakan ini gemetar serta jika gagal melakukannya bisa menimbulkan emosi.

Pada saat gerakan ini maka instruktur akan memberikan motivasi serta arahan agar kita bisa lebih sabar serta bisa mengendalikan emosi. Banyak orang yang merasakan lebih menahan emosi dan tidak mudah marah serta merasakan bahwa dirinya lebih baik ketika telah rutin melakukan olahraga ini.

Solusi untuk melatih kesabaran :

  1. Meningkatkan fokus dan memori

Saat melakukan olahraga acroyoga dibutuhkan konsentrasi serta pikiran yang fokus sehingga gerakan akan berhasil dilakukan. Dengan pikiran fokus maka akan mendapatkan ekstra manfaat dari olahraga ini yaitu menghilangkan stress serta lebih menenangkan pikiran serta jiwa.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Olahraga ini juga bisa bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit. Fisik yang terbiasa dengan gerakan acroyoga akan mengeluarkan keringat serta racun-racun didalam tubuh serta meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh.

Solusi untuk imunitas tubuh lainnya :

  1. Menguatkan kaki serta menghilangkan ketegangan tubuh

Gerakan olahraga ini dapat menguatkan otot kaki sehingga kaki lebih kuat. Gerakan in juga bisa menghilangkan ketegangan tubuh setelah anda bisa melakukannya dengan rileks, maka tubuh anda akan menjadi lebih lentur serta pikiran menjadi lebih fresh.

  1. Membantu menyembuhkan kondisi kesehatan kronis

Olahraga ini juga bisa menyembuhkan beberapa penyakit yang kronis seperti depresi, insomnia, kecemasan, peradangan, pencernaan serta sirkulasi darah. Dengan jenis gerakannya yang dapat menenangkan serta menfokuskan pikiran sehingga depresi dapat teratasi. Insomnia juga bisa teratasi karena saat telah selesai melakukan gerakan tubuh akan lebih enak dan nyaman serta pikiran akan lebih tenang sehingga bisa tidur dengan cepat dan tenang. Insomnia sering terjadi ketika orang kebanyakan pikiran, sehingga olahraga ini bisa merilekskan pikiran.