9 Manfaat Kayang Bagi Kesehatan Tubuh

Kayang atau melenting merupakan salah satu olahraga sederhana yang bisa dilakukan di rumah atau di tempat manapun karena tidak membutuhkan peralatan atau arena khusus. Paling banter, kayang membutuhkan matras atau alas yang tidak kasar sebagai alas tangan dan kaki untuk menjamin kenyamanan. Meski tampak sederhana, olahraga sederhana ini menawarkan banyak manfaat yang tidak bisa diabaikan begitu saja Beberapa di antara manfaat olahraga yang dilakukan dengan membentuk badan layaknya bujur sangkar dengan kaki dan tangan bertumpu pada bidang datar ini adalah sebagai berikut;

Manfaat Kayang

  1. Menambah kelenturan bahu, perut dan ruas-ruas tulang belakang
  2. Menambah kekuatan lengan dan bahu
  3. Meningkatkan kekuatan otot-otot di wilayah paha, perut dan punggung
  4. Sebagai terapi terhadap gangguan-gangguan di sekitar pinggang semisal nyeri pinggang, pegal linu dan lain
  5. Membantu membentuk tubuh dan menjadikannya proporsional, termasuk dalam hal berat badan.
  6. Menjaga dan meningkatkan kualitas fisik secara keseluruhan
  7. Ikut membantu dan menjaga pertumbuhan otot
  8. Menjaga kebugaran jasmani secara umum, utamanya kesehatan jantung
  9. Melatih kelincahan tubuh

Agar dapat memaksimalkan semua manfaat dari olahraga kayang, pastikan Anda melakukan kayang dengan prosedur yang tepat dan benar. Ini tidak hanya berkait erat dengan tujuan mengambil sebanyak mungkin manfaat kayang, akan tetapi juga mengenai masalah kesehatan, kebugaran tubuh serta keamanan. Hal paling dasar yang perlu diketahui adalah bahwa kayang dapat dilakukan dari posisi awal berdiri serta terlentang.

Pada posisi berdiri, berikut langkah yang dapat Anda lakukan.

  • Berdiri tegak dengan kedua tangan bertumpu pada pinggul
  • Menekuk kedua kaki kemudian siku dan membusurkan kepala ke arah belakang
  • Memutar kedua tangan ke arah belakang hingga menyentuh bidang datar atau matras.
  • Kembali pada posisi awal berdiri tegak

kayangMelakukan kayang dari posisi awal berdiri ini umumnya dianggap lebih sulit dilakukan, karena itu Anda bisa ‘mengakali’nya dengan beberapa cara. Satu di antranya adalah meminta teman Anda untuk menopang punggung atau bahu Anda. Teman tersebut akan berdiri di samping Anda dan membantu proses pengangkatan, penopangan hingga penurunan badan. Cara yang demikian umumnya dilakukan mereka yang baru mempelajari teknik melakukan kayang atau melakukan percobaan-percobaan pertama. Kehadiran seorang ahli dalam teori maupun praktik kayang akan sangat membantu dalam tahap-tahap ini.

Atau jika tidak, Anda dapat mensiasatinya dengan cara tetap memegang lutut belakang Anda dengan tangan kiri sedang tangan kanan terlebih dahulu mencari posisi matras dan menciptakan keseimbangan. Setelah seimbang, dua tangan diletakkan bersama-sama—atau bergiliran—ke atas matras. Dalam olahraga kayang, keseimbangan merupakan faktor yang harus Anda kuasai agar dapat melakukannya dengan baik, tepat dan aman.
Selain itu, sebagai sebuah ragam dari senam lantai, ada beberapa prasyarat lain yang harus Anda miliki agar dapat melakukan olahraga kayang yang baik dan tepat.

Prasyarat dimaksud adalah kecepatan, kekuatan, keseimbangan, kelenturan, kordinasi dan kelincahan. Dengan demikian, faktor-faktor tersebut perlu Anda perhatikan dalam berlatih dan melakukan kayang agar olahraga Anda tepat sasaran dan benar secara prosedural. Untuk hasil lebih baik, Anda bisa berkonsultasi dengan praktisi olahraga, guru olahraga, atlet hingga dokter.

Sementara itu dari posisi tidur terlentang, berikut langkah-langkah melakukan kayang.

  • Tidur terlentang
  • Menekuk dua lutut
  • Merapatkan tumit pada bagian pantat atau pinggul
  • Menelungkupkan dua tangan di samping kepala dengan jempol di samping telinga
  • Mengangkat badan, dimulai dari pinggul, perlahan dan meluruskan posisi tangan dan kaki yang semakin berdekatan
  • Kembali ke posisi awal tidur terlentang

Selain mengetahui teknik melakukan kayang yang tepat dan benar, satu hal lain yang harus Anda pastikan adalah mengenai beberapa kesalahan umum yang biasa terjadi dalam melakukan olahraga kayang. Dengan mengetahui kesalahan-kesalahan tersebut, Anda bisa menghindarinya dan secara tidak langsung mengetahui bagaimana melakukan kayang yang tepat dan benar. Beberapa di antara kesalahan umum dalam melakukan kayang adalah sebagai berikut;

  1. Jauhnya jarak kaki dan tangan
  2. Tidak lurusnya posisi siku karena karena otot yang kaku
  3. Kurang melenting/membusur ke belakangnya badan karena kurangnya kelenturan tubuh
  4. Kurangnya keseimbangan
  5. Posisi kepala yang terlalu menengadah ke atas

Beberapa point di atas sedikit banyak dapat menggambarkan bagaimana posisi kayang yang seharunya, yakni dekatnya jarak kaki dan tangan, siku yang lurus, posisi badan yang melengkung sempurna serta keseimbangan yang dapat menopang seluruh tubuh ketika proses kayang dilakukan. Selain itu, posisi kepala dan pandangan mata juga harus diarahkan lurus ke belakang dan tidak justru menengadah ke atas karena posisi kepala dan pandangan mata berpengaruh pada sikap dan posisi tubuh.

Nah, setelah mengetahui manfaat, teknik serta kesalahan umum yang biasa terjadi dalam melakukan kayang, Anda bisa segera berlatih mencobanya dan merasakanya manfaatnya.

Description: Kayang merupakan salah satu ragam senam lantai yang kaya manfaat dan terbilang mudah dilakukan. Namun demikian, ia mensyaratkan beberapa keahlian yang bisa diasah melalui latihan seperti keseimbangan, kelenturan dan lain sebagainya.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

Post Date: Saturday 12th, December 2015 / 06:08 Oleh :
Kategori : Olahraga