9 Manfaat Lari di Tempat bagi Tubuh

Banyak dari kita yang mungkin menyepelekan lari di tempat. Ya, lari di tempat mungkin terdengar seperti sebuah kegiatan yang sangat simpel. Tetapi ternyata, lari di tempat ini merupakan salah satu bentuk olahraga yang memiliki sejuta manfaat. Tidak hanya itu, lari ditempat  juga dapat mendatangkan manfaat kesehatan yang sangat bermanfaat sehingga tubuh menjadi lebih bugar.

Salah satu kelebihan lari di tempat dibandingkan bentuk olahraga lainnya adalah, lari di tempat ini bisa dilakukan hampir dimana saja seperti di dalam ruangan, di dalam rumah, di rungan kantor. Selain itu, saat ini lari di tempat juga bisa ditunjang dengan menggunakan peralatan treadmill sehingga hasilnya bisa lebih terlihat dan lebih maksimal. Dan, hampir semua orang bisa melakukan olahraga lari di tempat ini tanpa bantuan instruktur sekalipun. Untuk lebih jelasnya, berikut akan dijelaskan berbagai manfaat dari lari di tempat.

  1. Membakar Kalori

Kalori memang dibutuhkan oleh tubuh kita. Namun kalori dalam jumlah yang berlebihan bisa mengakibatkan kita mengalami kegemukan. Jadi, solusi jitu agar kalori di dalam tubuh tidak berlebihan adalah dengan cara lari di tempat. Kalori akan terbakar dengan sangat cepat dan tubuh oun akan menjadi lebih bugar.

  1. Bentuk dan Berat Badan Lebih Ideal

Banyak orang yang menginginkan untuk memiliki bentuk tubuh yang indah sekaligus dengan berat badan yang ideal. Namun sayangnya, banyak orang yang malas untuk berolahraga, terkadang mereka hanya mengatur pola makan dan menghindari makanan – makanan tertentu seperti yang mengandung lemak tanpa mengimbanginya dengan berolahraga.

Lari di tempat bisa dijadikan sebagai olahraga yang bisa menurunkan berat badan dengan syarat dilakukan secara rutin. Untuk membentuk tubuh yang idel dapat juga menggunakan manfaat aerobik yang bagus untuk kesehatan.

  1. Olahraga yang Murah

Lari di tempat, dibandingkan bentuk-bentuk olahraga lainnya, adalah salah satu bentuk olahraga yang tidak memerlukan biaya sepeserpun. Kita tidak perlu pergi ke tempat gym jika kita ingin melakukan olahraga lari di tempat. Kia tidak perlu membeli berbagai peralatan penunjang lainnya agar kita dapat lari di tempat. Yang kita butuhkan hanya niat dan komitmen untuk menjadikan kegiatan lari di tempat sebagai olahraga rutin yang sangat menyehatkan serta murah.

  1. Menyehatkan Organ Jantung

Jantung merupakan salah satu organ vital di dalam tubuh kita. Tentu saja sangat penting bagi kita untuk menjaga kesehatan serta fungsi jantung. Salah satu caranya adalah dengan melakukan lari di tempat. Berbagai penelitian sudah membuktikan jika lari di tempat sangat berguna untuk memperkuat jantung.

Lakukan olahraga yang satu ini minimal satu minggu sekali agar jantung menjadi stabil. Lari di tempat juga bisa untuk mengurangi resiko penyakit jantung lainnya yang berkaitan dengan kurangnya berolahraga. Mengkonsumsi quaker oats dapat membuat kinerja jantung lebih baik, oleh karena itu manfaat quaker oats sangat bagus untuk kesehatan jantung.

  1. Olahraga yang Praktis

Ya, lari di tempat merupakan olahraga yang sangat praktis. Selain tidak membutuhkan biaya sepeserpun, lari di tempat juga bisa dilakukan kapan dan dimana pun. Entah di dalam maupun di luar ruangan, entah dalam kondisi hujan atau pun terik. Jadi, tertarik untuk mencoba?

  1. Menyehatkan Fungsi Paru-paru

Lari di tempat seperti sudah dijelaskan sebelumnya dapat menyehatkan jantung kita. Selain jantung, paru – paru juga ternyata bisa menjadi jauh lebih sehat apabila kita sering melakukan lari di tempat. Lari di tempat dapat meningkatkan detak jantung hingga 180 detak per menitnya. Hal tersebut akan menstimulasi peredaran darah serta menyehatkan fungsi dari organ paru – paru.

  1. Membakar Lemak

Selain berguna untuk membakar kalori, lari di tempat juga sangat ampuh untuk membakar lemak. Jadi bagi anda yang merasa kelebihan lemak di tubuh, melakukan lari di tempat secara rutin akan menghindarkan anda dari kegemukan dan kelebihan lemak.

Cara untuk membakar lemak dapat ditemukan pada manfaat:

  1. Menguatkan Otot-otot Kaki

Lari di tempat juga sangat berguna untuk menguatkan otot – otot kaki kita. Tidak hanya itu, lari di tempat juga dapat membantu menguatkan otot – otot pada perut sehingga perut akan terlihat lebih ramping dan indah dan bentuk tubuh pun akan terbentuk menjadi lebih proporsional. Menurut MayoClinic.com, menyarankan untuk melakukan olahraga lari di tempat setidaknya satu kali dalam seminggu dengan durasi minimal 30 menit.

  1. Kebugaran Tubuh Secara Keseluruhan

Lari di tempat sama dengan olahraga lainnya memiliki manfaat yang tidak jauh pentingnya bagi kita. Lari di tempat akan membuat tubuh menjadi lebih bugar setelah melakukan berbagai aktifitas yang menguras pikiran dan tenaga.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Melakukan Lari Di Tempat

Walaupun lari di tempat sebagai salah satu bentuk olahraga memiliki banyak kelebihan serta manfaat, tetap saja ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Salah satu hal yang harus anda ingat adalah jangan melakukan olahraga ini secara berlebihan. Segala sesuatu yang dilakukan secara berlebihan tentunya akan lebih banyak kerugian dibandingkan manfaatnya. Berikut ini beberapa efek negatif yang dapat anda rasakan jika terlalu sering dan terlalu berlebihan melakukan lari di tempat serta olahraga lari secara keseluruhan:

  1. Otot-otot yang Terbentuk Tidak Menyeluruh

Lari di tempat memang sangat baik untuk pembentukan otot – otot perut dan kaki, tetapi jika dilakukan berlebihan, lari di tempat bisa membuat bentuk tubuh menjadi kurang proporsional karena otot – otot tubuh bagian atas bisa jadi tidak terbentuk dan masih dalam kondisi yang kendur. Sehingga jika anda melakukan lari di tempat secara rutin, akan lebih baik jika diimbangi juga dengan latihan atau olahraga yang dapat juga menguatkan tubuh bagian atas.

  1. Kelelahan

Lari di tempat yang berlebihan tentunya juga akan menguras banyak tenaga. Tentu hal tersebut sangat tidak baik bagi tubuh jika anda terlalu berlebihan melakukan kegiatan lari di tempat. Lakukan minimal satu kali dan maksimal dua kali dalam satu minggu sudah cukup untuk menjaga tubuh tetap bugar. Dan hindari melakukan lari di tempat apabila anda sedang tidak dalam keadaan fit atau sedang mengalami gangguan kesehatan tertentu.

  1. Cedera

Lari di tempat secara berlebihan juga bisa mengakibatkan cedera. Lari meskipun dalam bentuk lari di tempat tetap memiliki resiko untuk cedera. Apalagi jika dilakukan secara berlebihan yang dapat membuat otot – otot menjadi tegang dan kondisi fisik secara keseluruhan sudah tidak memiliki tenaga dan tetap dipaksakan maka akibatnya bisa terjatuh dan cedera, atau pun cedera dalam bentuk yang lainnya.

  1. Mengakibatkan Kematian

Hati-hati jika melakukan lari di tempat. Jangan melakukan olahraga lari di tempat secara berlebihan karena dampaknya bisa fatal. Apalagi bagi mereka yang menderita diabetes atau pun penyakit jantung, lari di tempat sekalipun bisa berdampak buruk pada penyakit mereka. Usahakan untuk berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter atau ahli sebelum berolahraga.

Menurut sebuah jurnal yang ditulis oleh seorang ahli dari Denmark, menemukan jika berolahraga secara berlebihan sama buruknya dengan tidak berolahraga sama sekali. Manfaat keduanya bahkan tidak ada malah dapat lebih membahayakan bagi kesehatan. Dan, si pakar tersebut juga mengatakan jika jauh lebih baik jika anda melakukan lari di tempat dalam porsi yang ringan saja.

, ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan