25 Manfaat Yoga Bagi Kesehatan & Kecantikan

Yoga, merupakan sebuah olahraga yang mengkombinasikan gerakan bagian tubuh dan membutuhkan konsentrasi, ketenangan, serta kondisi tubuh yang rileks atau santai pada saat melakukannya.

yoga

Yoga sendiri sebenarnya sudah diperkenalkan sangat lama sekali, kira-kira 2000 tahun sebelum masehi. Nah, pada saat ini yoga merupakan salah satu alternative olahraga yang banyak diminati, karena manfaatnya yang sangat banyak, yoga juga tidak membutuhkan kekuatan fisik prima seperti olahraga lainnya, yaitu berlari, sepakbola, tinju, dan sebagainya.

Siapa yang cocok mengikuti yoga? 

Manfaat yoga sebagai olahraga paling cocok dilakukan oleh semua umur tentu sangat penting bagi semua orang. Yoga cocok dilakukan oleh semua usia, jenis kelamin, dan segala kondisi medis (dengan petunjuk dokter)

Melakukan yoga sebagai olaraga rutin sangat penting, ia efektif membantu para menula, ibu hamil, serta berbagai keluhan kesehatan lainnya.

Sebenarnya apa saja manfaat yoga ini? Ada banyak sekali. Berikut ini ada 25 manfaat yoga bagi anda semua.


1. Sebagai Media Relaksasi

Yang pertama, gerakan-gerakan yang terdapat pada yoga merupakan bentuk gerakan-gerakan tubuh dan anggota badan secara perlahan-lahan. Gerakan badan secara perlahan lahan ini akan membuat tubuh anda menjadi rileks dan santai. Selain itu, biasanya backsound atau suara latar pada saat melakukan yoga adalah suara-suara alam, seperti aliran air atau hembusan udara yang sangat membuat diri anda menjadi sangat rileks. BIsa juga gerakan yoga diiringi dengan music-musik bertempo lambat, yang akan membuat anda menjadi tenang, santai dan rileks pada saat melakukan yoga.


2. Mencegah dan Mengurangi Stress

Ketika anda merasa rileks dan tenang saat melakukan yoga, maka ada manfaat lain yang bisa anda peroleh. Anda bisa menghilangkan beban pikiran yang menggangu. Ketika anda melakuukan yoga, seluruh pikiran anda akan dibawa ke dalam alam relaksasi, sehingga banyak pikiran dan emosi negative akan keluar dengan sendirinya, begitu pula ketika anda sedang stress. Cukup melakukan yoga selama beberapa menit, maka anda akan merasakan manfaatnya.


3. Menjadi Lebih Santai dan Tenang dalam Menjalani Permasalahan Hidup

Seperti sudah dijelaskan di awal, yoga membuat anda menjadi rileks dan tenang ketika melakukannya. Nah, efek yang anda peroleh pada saat anda melakukan yoga, akan terus terbawa setelah anda selesai ber-yoga. Hasilnya? Anda akan merasa lebih santai dan tenang dalam menghadapi berbagai macam masalah.


4. Meningkatkan Daya Tahan dan Imunitas Tubuh

Seperti manfaat-manfaat lain yang dapat anda peroleh ketika anda melakukan suatu olahraga, yoga juga dapat bermanfaat bagi daya tahan dan imunitas tubuh anda. Gerakan-gerakan yoga memiliki hasil yang sama dengan gerakan olahraga. Maka dari itu, gerakan-gerakan yoga dapat meningkatkan daya tahan dan imunitas tubuh anda, sehingga anda akan mudah terhindar dari berbagai macam penyakit yang menyerang daya tahan atau imunitas tubuh anda.


5. Menjaga Kebugaran Tubuh

Dengan melakukan yoga, secara otomatis anda akan merasa lebih sehat dan bugar. Hal ini dikarenakan, selain adanya relaksasi, gerakan-gerakan pada yoga juga menstimulus bagian tubuh anda untuk tetap bergerak secara aktif, sehingga anda akan merasa lebih bugar dari sebelumnya.


6. Menambah Stamina

Sejalan dengan meningkatnya daya tahan tubuh dan imunitas, serta terjaganya kebugaran tubuh, maka otomatis stamina tubuh anda pun akan bertambah. Gerakan pernapasan dan gerakan-gerakan tubuh yang dilakukan secara rutin pada yoga akan membuat stamina anda bertambah, manfaat ini hampir sama seperti ketika anda berlari keliling lapangan secara rutin.


7. Meningkatkan Penguasaan Emosi

Dari segi emosi, teknik-teknik relaksasi dan gerakan anggota tubuh secara perlahan yang menuntut kemampuan anda dalam mengontrol gerakan diri sendiri, akan berujung pada meningkatnya kemampuan anda dalam menguasai dan mengontrol emosi pada diri anda. Anda akan menjadi orang yang tidak cepat marah, tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan, dan lebih mudah untuk mengontrol emosi anda, baik emosi positif maupun emosi negatif.


8. Mengembangkan Emosi Positif

Ketika berhubungan dengan penguasaan emosi, emosi terbagi menjadi dua. Emosi positif dan negative. Ketika anda melakukan yoga, anda akan dengan mudah dapat mengontrol emosi negative, seperti telah disebutkan sebelumnya. Nah, ketika anda berhasil mengontrol emosi negative anda, maka akan muncul emosi positif dalam diri anda. emosi positif, seperti bahagia, tersenyum, senang dan sebagainya akan muncul dan berkembang ketika anda melakukan yoga. Hal ini dapat timbul dari proses relaksasi yang anda lakukan pada saat melakukan yoga.


9. Meningkatkan Konsentrasi dan Daya Ingat

Ya, gerakan-gerakan dalam yoga terdiri dari gerakan-gerakan kecil dari anggota tubuh anda. anda dituntut untuk berkonsentrasi penuh agar bisa melakukan gerakan-gerakan yoga tersebut dengan baik. Selain itu, ketika akan melakukan relaksasi anda juga akan terlatih untuk meningkatkan konsentrasi anda. Konsentrasi akan berbanding lurus dengan kemampuan daya ingat anda. Apabila anda sudah mampu meningkatkan konsentrasi anda, maka dapat dipastikan daya ingat anda pun akan lebih baik setelah melakukan yoga.


10. Melancarkan Peredaran Darah

Sama dengan berbagai jenis olahraga yang dapat ditekuni, yoga juga dapat bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah. Hal ini dapat membantu anda agar terhindar dari beberapa penyakit, seperti jantung dan penyumbatan pembuluh darah.

11. Meningkatkan Gairah Seksual

Bagaimana bisa yoga dapat meningkatkan gairah seksual? Ternyata hal ini dapat terjadi dikarenakan manfaat yoga yang dapat memperlancar peredaran darah. Peredaran darah yang lancer akan membuat hormone-hormon pada diri anda dapat berfungsi secara normal, sehingga yoga bisa bermanfaat dalam meningkatkan gairah seksual anda.

12. Membakar Lemak

Pada umumnya semua gerakan-gerakan pada semua olahraga akan membantu anda membakar lemak di dalam tubuh anda, begitu pula dengan yoga. Gerakan gerakan yang terdapat pada yoga akan membantu anda dalam membakar lemak di tubuh. Hal ini dapat anda lihat dari banyaknya keringat yang keluar ketika anda melakukan yoga. Keringat adalah bukti bahwa sedang terjadi pembakaran lemak yang terjadi di dalam diri anda.

13. Menurunkan Berat Badan

Ini merupakan salah satu manfaat yang paling sering dicari oleh orang-orang yang melakukan yoga. Menurunkan berat badan. Ya, sebagai bentuk olahraga yang mengkombinasikan berbagai macam gerakan, sudah pasti yoga dapat membantu anda menurunkan berat badan anda. hal ini didapat melalui terbakarnya lemak dan terbentuknya otot sebagai hasil dari melakukan yoga.

14. Mengencangkan Otot-Otot

Banyak gerakan-gerakan dalam yoga yang dapat membantu anda untuk mengencangkan otot-otot. Pada umumnya, otot perut, punggung dan dada merupakan bagian bagian yang dapat mengencang karena melakukan yoga. Dan hal ini sudah terbukti dari banyak sekali orang yang sudah melakukan yoga, hampir semua merasakan bertambah kencangnya otot-otot tubuh mereka.

15. Memperindah Bentuk Tubuh

Bagi para wanita yang ingin memperindah bentuk tubuhnya, cobalah melakukan olahraga ini. Yoga efektif dalam membentuk tubuh anda. gerakan-gerakan pada yoga akan membantu anda dalam mebentuk tubuh anda. hal ini terjadi sebagai akibat dari terbakarnya lemak dan terbentuknya otot-otot tertentu yang tentunya dapat mempercantik tubuh anda.

16. Meningkatkan Kerja Jantung

Yoga bisa dibilang termasuk ke dalam jenis olahraga cardio. Jenis olahraga cardio ini merupakan jenis olahraga yang menuntut kerja jantung, dan mengoptimalkan kerja jantung. Termasuk ke dalamnya adalah olahraga-olahraga yang dapat menambah stamina, seperti berenang, berlari, dan yoga ini. Melakukan yoga, yang merupakan jenis olahraga cardio, akan membantu anda untuk mengoptimalkan kerja jantung, dan mengatur detak jantung anda. Apabila anda dapat mengoptimalkan kerja jantung, maka anda dapat terhindar dari penyakit yang menyerang jantung anda, seperti serangan jantung dan gagal jantung.

17. Meningkatkan Fungsi Pernapasan

Selain mengoptimalkan kerja jantung, yoga juga dapat mengoptimalkan kerja paru – paru, yang berujung pada fungsi pernapasan yang akan meningkat. Teknik-teknik pernapasan dan relaksasi pada olahraga yoga akan membantu anda mengoptimalkan kerja paru-paru, dan membuat anda memiliki fungsi peranapasan yang lebih baik lagi.

18. Mengurangi Gejala Sakit Pinggang

Anda sering merasakan gejala sakit pinggang? Cobalah menjalani olahraga yoga. Beberapa gerakan yang terdapat pada yoga akan membantu anda dalam mengatasi masalah-masalah sakit pada bagian pinggang anda.

19. Meningkatkan Fleksibilitas Tubuh dan Persendian

Yoga juga dapat bermanfaat bagi keluwesan atau fleksibilitas tubuh serta persendian anda. Gerakan-gerakan pada yoga membutuhkan fleksibilitas tubuh, seperti gerakan memutar, menyilangkan kaki, ataupun gerakan kayang. Semakin sering anda melakukan gerakan-gerakan yoga, maka keluwesan dan fleksibilitas tubuh serta persendian anda akan terjaga dan semakin meningkat.

20. Mencegah Osteoporosis dan Memperkuat Tulang

Masih ada kaitannya dengan keluwesan dan fleksibilitas persendian anda, yoga dapat membantu anda menjaga kualitas persendian lewat gerakan-gerakannya. Selain itu, yoga juga dapat membantu anda menjaga kesehatan tulang anda, dan dapat mencegah anda terserang osteroporosis.

21. Sebagai Detoksifikasi dan Pengeluaran Racun di Dalam Tubuh.

Keringat yang dihasilkan dari yoga bukan hanya hasil dari terbakarnya lemak di tubuh anda. Beberapa ahli menyebutkan bahwa racun-racun di dalam tubuh dapat terdetoksifikasi dan keluar dari tubuh melalui por-pori kulit. Racun-racun di dalam tubuh ini akan keluar bersamaan dengan keluarnya keringat anda yang merupakan hasil dari pembakaran lemak saat melakukan yoga.

22. Menghaluskan dan Menyehatkan Kulit

Racun-Racun yang berada di tubuh, yang berhasil di detoksifikasi melalu kulit dapat menambah kesehatan anda, salah satunya kesehatan kulit anda. Kulit anda akan trasa lebih sehat dan halus. Selain itu, kelenturan kulit anda juga akan terjaga, selain karena otot-otot yang semakin mengencang, gerakan dari yoga juga menstimulasi kulit anda agar tetap lentur dan kencang.

23. Mengoptimalkan Fungsi Organ-Organ Tubuh

Selain mengoptimalkan fungsi jantung dan paru-paru, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, yoga juga dapat membantu anda mengoptimalkan fungsi organ-organ tubuh lainnya. Contohnya adalah fungsi hati, ginjal, bahkan fungsi otak pun akan meningkat dan menjadi optimal ketika anda melakukan yoga.

24. Menurunkan Kadar Gula Darah dan Kolestrol

Kadar gula darah dan kolestrol di dalam diri anda dapat dikurangi. Cara menguranginya adalah dengan melakukan proses detoksifikasi, seperti yang sudah pernah disebutkan sebelumnya. Pada saat terjadi proses detoksifikasi, racun-racun yang memicu naiknya kadar kolestrol dan gula darah akan ikut keluar dari dalam tubuh bersamaan dengan munculnya keringat. Maka dari itu, yoga bisa membantu anda dalam menurunkan kadar gula darah dan kolestrol di dalam diri anda.

25. Mencegah Diabetes

Menurunnya kadar gula darah dan kolestrol di dalam tubuh anda akan berdampak lansung terhadap kemungkinan anda dapat mencegah timbulnya penyakit diabetes. Diabetes dapat terjadi ketika kadar gula darah dan kolestrol di dalam tubuh anda tinggi dan tidak terkontrol. Nah, yoga ternyata bisa mencegah penyakit ini, ketika racun-racun dalam tubuh ituh berhasil terdetoks dengan sempurna.

Itulah 25 manfaat olahraga yoga. Secara umum yoga memiliki manfaat yang sangat baik terutama bagi kesehatan anda, tidak hanya kesehatan tubuh dan fisik, namun kesehatan mental dan pikiran anda pun akan terjaga. Hal ini disebabkan karena gerakan-gerakan yang ada di dalam yoga disertai dengan relaksasi, yang secara langsung dapat mempengaruhi kesehatan pikiran dan mental anda juga.

,
Oleh :
Kategori : Olahraga