22 Manfaat Olahraga Malam Hari Sebelum Tidur

olahraga malam hariOlahraga merupakan hal yang penting untuk kita lakukan untuk menjaga daya tahan tubuh kita agar tidak mudah terserang penyakit, namun banyak orang yang meninggalkan kebiasaan olahraga dikarenakan kesibukan bekerja sehari – hari, namun yang menjadi pertanyaan adalah apakah manfaat olahraga malam hari juga baik bagi kesehatan ?

Saat ini sedang tren olahraga malam selepas jam kerja, selain tidak mengganggu jam kerja plahraga malam juga mampu membantu para pekerja menjaga daya tahan tubuhnya untuk beraktivitas dikantor. Namun jangan khawatir, manfaat olahraga malam hari sebelum tidur juga tidak kalah dengan manfaat berbagai jenis olahraga yang dilakukan pada siang atau pagi hari.

Manfaat olahraga malam hari tidak hanya untuk kesehatan, ada banyak manfaat untuk interaksi sosial dan berbagai keperluan lainnnya. Olahraga malam memiliki beberapa manfaat yang bisa memberikan kebaikan dalam tubuh kita, berikut beberapa diantaranya.

1. Efisiensi Waktu

Bagi para pekerja olahraga malam sangat cocok untuk menjaga kebugaran tubuh dikarenakan selain waktu olahraga setelah jam kantor, olahraga malam juga tidak dikejar waktu seperti olahraga pagi dimana kita harus kejar waktu untuk olahraga, terutama bagi anda yang bekerja kantoran.

2. Relaksasi Otak

Setelah beraktivitas di kantor seharian, dengan berolahraga malam kita dapat merefresh otak kita karena manfaat olahraga selain menjaga kesehatan juga dapat menghilangkan stress sehingga mungurangi tekanan yang ada dalam pikiran kita.

3. Interaksi Sosial

Olahraga malam juga membantu kita berinteraksi dengan orang – orang yang melakukan olahraga di malam hari juga, seperti berolahraga di seputaran komplek rumah ataupun dipusat kebugaran yang membuat kita berinteraksi dengan orang di sekitar kita.

4. Membentuk Otot

Bagi yang ingin membentuk otot – otot tubuh, olahraga malam sangat baik dilakukan karena membentuk atau membangun otot lebih baik dilakukan dimalam hari ketika tubuh mengeluarkan hormone yang membentuk tubuh keluar lebih banyak dari ppada di pagi ataupun siang hari.

5. Membakar kalori

Untuk membakar kalori dengan maksimal, olahraga malam bisa menjadi solusi untuk pembakaran kalori karena kalori dari makanan yang kita konsumsi dalam sehari akan dibakar tubuh ketika kita berolah raga di malam hari.

6. Mengurangi Resiko Cedera

Untuk yang sibuk tetapi menyempatkan diri berolahraga di pagi hari dengan tergesa gesa dapat menyebabkan resiko cedera terutama dipersendian tubuh karena otot belum siap untuk melakukan aktivitas yang berat, namun jika berolahraga di malam hari otot – otot tubuh sudah siap karena sudah terbiasa oleh aktivitas sebelumnya.

7. Banyaknya Fasilitas

Seperti yang kita ketahui, sangat jarang ada pusat kebugaran yang buka pada saat pagi – pagi buta. Kebanyakan pusat kebugaran  seperty fitness center atau yang lainnya buka setelah jam kantor atau jam kerja.

8. Tidur Lebih Lelap

Bagi mereka yang pekerja keras di siang hari, berolahraga di malam hari akan memberi manfaat lebih bagi tubuh. Apalagi jika kegiatan olahraga malam hari ini sudah dilakukan secara rutin, maka kualitas tidur anda akan meningkat dan membuat anda merasa jauh lebih fit di pagi hari. Hal ini sudah dibuktikan oleh National Sleep Foundation di Amerika yang melakukan sebuah studi mengenai kualitas tidur 83 orang yang melakukan olahraga di malam hari. Tentunya setelah berolahraga tubuh kita siap untuk beristirahat untuk melanjutkan aktivitas kita d esok hari. Namun perlu disarankan untuk berdiam diri selama 1 jam setelah olahraga karena suhu tubuh setelah olahraga akan meningkat.

9. Membuat Kita Terlihat Awet Muda

Salah satu manfaat olahraga yang paling umum adalah mampu membuat kita terlihat awet muda dan wajah terlihat lebih fresh, sehingga ini bisa menjadi daya tarik bagi diri kita sendiri.

10. Menghindari Kita dari Pola Hidup Tidak Sehat

Dengan olahraga malam tanpa sadar kita sudah pemikiran untuk melakukan hal – hal yang dapat merusak tubuh kita seperti menkonsumsi minman beralkohol dan melakukan hal – hal lain yang merusak tubuh kita

11. Mencegah Penyakit

Seperti yang diketahui olahraga dapat membantu kita menjaga kesehatan tubuh dan menghindar dari serangan serangan penyakit berbahaya seperti diabetes, serangan jatung, darah tinggi dan lainnya.

12. Paru – paru dalam kondisi terbaik

Menurut penelitian kondisi paru – paru yang maksimal berada pada pukul 4 sampai 5 sore, dengan ini kita tidak mudah lelah saat berolahraga dan dapat meningkatkan kapasitas paru – paru kita.

13. Memompa Jantung Dengan Baik

Olahraga dapat membantu system pemompaan darah pada jantung. Fungsi jantung dan sistem kardiovaskular bekerja lebih efektif, dan ini dapat mengurangi plak dalam pembuluh darah  yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah sehingga jantung dapat berfungsi dengan baik.

14. Membantu Diet

Bagi yang menjalankan program diet, olahraga menjadi kewajiban yang harus dilakukan karena dapat membakar lemak pada tubuh kita dan tidak perlu khawatir tentang masalah berat badan lagi.

15. Sehat Jasmani

Tentu saja ini merupakan manfaat utama dalam berolahraga baik siang maupun malam hari karena manfaat utama olahraga adalah menjaga kesehatan jasmani kita.

16. Menghilangkan Racun dan Toxin Seharian Beraktivitas

Selama beraktivitas pada siang hingga sore hari, ada banyak racun dan radikal bebas yang mungkin dapat mengganggu tubuh dan kesehatan kita. Contohnya adalah asap dan debu, makanan tidak sehat yang kita konsumsi, dan udara AC seharian. Nah malam hari setelah olahraga adalah waktu yang tepat untuk mengeluarkan semuanya hingga tidur akan menjadi pulas.

17. Membantu menanggulangi gangguan tidur

Insomnia adalah gangguan tidur yang mengakibatkan si penderitanya sulit untuk tidur di malam hari.Gangguan tidur yang dapat disebabkan oleh tingkat stress yang tinggi dapat dikurangi dengan melakukan aktivitas olahraga di malam hari.

18. Untuk kebugaran tubuh

Penelitian Youngstedt menemukan bahwa olahraga di malam hari dapat membuat seseorang menjadi lebih bugar bahkan pada satu hari berikutnya. Salah satu faktor yang menyebabkan keadaan tersebut adalah karena suhu tubuh mereka yang berolahraga di malam hari meningkat dan akan tetap bertahan seperti demikian dan hal inilah yang menjadikan tubuh menjadi lebih segar.

19. Untuk meningkatkan daya gerak otot tubuh

Olahraga pada malam hari khususnya olahraga seperti lari atau jogging, akan dapat meningkatkan daya gerak tubuh. Hal ini karena ketika seseorang berlari di malam hari, bukan indra penglihatan yang bekerja tetapi sistem sensor dalam tubuhlah yang bekerja ‘merasakan’ jalanan ataupun tempat kita berlari. Dengan meningkatnya ketajaman sensor pada tubuh, sistem refleks serta daya gerak bagian-bagian tubuh pun dapat lebih mudah terstimuli. Contohnya, ketika ada anjing atau kucing di hadapan jalur ketika berlari, maka dengan seketika tubuh akan melakukan gerakan refleks yang baik. Ketika olahraga malam hari lebih sering dilakukan, anggota tubuh pun akan lebih terlatih dan lebih peka akan gerakan.

20. Untuk membuat keadaan psikologis lebih baik

Penelitian di Universitas London seperti yang diungkapkan di the Australian.commembuktikan bahwa melakukan olahraga di malam hari, dalam hal ini lari, dapat meningkatkan perasaan bahagia. Penelitian yang dilakukan pada sebuah kelompok pelari pada jarak lebih dari sepuluh kilometer ini menemukan bahwa berolahraga lari di malam hari dirasakan lebih ringan dari pada berlari di siang hari pada jarak yang sama. Setidaknya, kelompok pelari tersebut berlari satu menit lebih cepat ketika mereka berlari pada malam hari. Hal ini mempengaruhi mereka secara psikologis, karena mereka merasa lebih senang serta puas akan pencapaiannya. Dan ini pun selanjutnya berdampak pada kinerja mereka di kantor, yakni mereka merasa lebih bersemangat untuk melakukan aktivitasnya di kantor.

21. Membantu meningkatkan mood di pagi hari

Bagi sebagian orang yang tidak begitu mengerti mengenai manfaat olahraga di malam hari mungkin akan menganggap olahraga di waktu tersebut dapat mengganggu kesehatannya, namun tahukan anda bahwa sudah banyak penelitian membuktikan bahwa olahraga yang dilakukan di malam hari justru akan membawa manfaat yang besar bagi hidup anda. Salah satunya adalah membuat mood anda meningkat.Mood adalah faktor yang cukup penting bagi baik atau tidaknya hari yang anda jalani.

22. Solusi bagi mereka yang super sibuk

Berolahraga di malam hari merupakan solusi yang cukup ampuh untuk tetap dapat mendapatkan manfaat dari olahraga itu sendiri bagi mereka yang cukup sibuk di siang hari. Dan malam hari akan membantu mereka tetap dapat mengerjakan olahraga yang sangat berguna bagi kesehatan ini sehingga kesehatan mereka akan tetap terjaga.

Dengan berbagai manfaat dari berolahraga malam para pekerja tidak perlu bingung lagi untuk menentukan waktu untuk berolahraga karena olahraga juga dapat dilakukan setelah jam kerja. Tidak perlu diragukan lagi bahwa manfaat olahraga pada pagi, siang atau malam hari tidak kalah efektifnya.

Untuk yang gemar berolahraga malam sebaiknya memperhatikan waktu berolahraga agar tidak berlebihan karena tubuh juga sudah cukup lelah dengan aktivitas seharian, jadi perlu diperhatikan kapasitas olahraga kita dan jangan terlalu dipaksakan.

Tips Olaharaga Malam Hari

  1. Untuk yang pertama kali berolahraga malam mungkin akan merasa susah tidur, maka disarankan untuk waktu berolahraga tidak berdekatan dengan waktu tidur karena setelah berolahraga suhu tubuh akan naik dan tubuh menjadi segar, hal itu dapat menyulitkan lkita untuk tidur.
  2. Mungkin yang pertama kali melakukan olahraga malam akan merasa kelelahan karena kurang terbiasa, oleh karena itu lakukan olahraga ringan terlebih dahulu agar tubuh terbiasa
  3. Lebih baik berolahraga didalam ruangan (indoor) karena selain udara malam yang tidak baik bagi tubuh, kapasitas karbondioksida pada malam hari jauh lebih tinggi dari pada siang hari.
  4. Jangan langsung mandi ketika selesai olahraga, pastikan benar-benar tubuh anda sudah dingin.
  5. Manfaat pemanasan dan pendinginan saat olahraga  pada malam hari jangan pernah disepelekan.
  6. Jangan langsung tidur, tidur usahakan 1-2 jam setelah pendinginan.
  7. Anda bisa bersepeda ke kantor, ketika pulang kerja anda juga telah ‘berolahraga’ secara tidak langsung. Manfaat bersepeda juga tidak kalah banyak loh.

Perhatikan hal-hal berikut jika anda ingin berolahraga di malam hari

Jika anda sudah mengetahui manfaat olahraga malam hari yang bisa anda dapatkan, berikut ini akan diuraikan pula mengenai hal-hal yang harus diperhatikan jika anda ingin atau anda yang sudah berolahraga di malam hari.

  • Perhatikan durasi waktu berolahraga, jangan berlebihan.
  • Kenali kapasitas tubuh terhadap jenis olahraga yang sesuai.
  • Disarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan sebelum berolahraga malam.
  • Anda dapat melakukan uji coba mengenai olahraga di waktu malam hari, sehingga anda mengetahui apakah anda termasuk orang yang cocok untuk berolahraga di malam hari atau tidak.
  • Mengacu pada poin ke empat, jika anda mengalami masalah tidur setelah olahraga di malam hari, maka sebaiknya anda mengubah waktu olahraga anda.

Jenis Olahraga Malam Hari

Ada banyak jenis olahraga pada malam hari yang dapat anda lakukan berikut adalah diantaranya.

  1. Senam aerobik
  2. Basket
  3. Bulu Tangkis
  4. Futsal
  5. Fitness
  6. Bilyard.
  7. dll

Namun pastikan bahwa apapun jenis olahraga yang anda lakukan pada malam hari, jangan terlalu di paksakan karena biasanya stamina tubuh pada malam mulai menurun seiring dengan banyaknya aktivitas di siang hari. Pada dasarnya, olahraga adalah faktor yang sangat penting untuk memelihara kesehatan.Namun, waktu terbaik untuk berolahraga ini sangat relatif pada masing-masing individu.Jika anda termasuk orang yang sangat sibuk di siang hari, olahraga di malam hari tentu dapat menjadi alternatif yang sangat bermanfaat.Namun, jangan terlalu dipaksakan, jangan lupa untuk mengenali kondisi tubuh anda.Sehingga anda pun termasuk orang yang mendapatkan 22 manfaat olahraga di malam hari yang sudah dijelaskan di atas.