26 Manfaat Olahraga Teratur Bagi Tubuh

Semua orang pasti setuju bahwa olahraga itu penting dan memang hal tersebut benar serta sudah terbukti. Ya, olahraga akan membuat orang yang melakukannya menjadi lebih sehat dan bugar serta tidak mudah terkena berbagai penyakit apalagi jika olahraga tersebut dilakukan secara rutin. Saat ini sudah terdapat berbagai jenis olahraga yang bisa dilakukan oleh orang mulai dari anak-anak hingga lansia. Jenis olahraga yang ditawarkan pun sudah beragam ada olahraga yang menggunakan alat berat seperti di tempat gym atau bisa juga olahraga yang santai dan membutuhkan konsentrasi seperti yoga, meditasi dan lainnya.

Melakukan olahraga secara teratur sangat dianjurkan oleh dokter atau ahli kesehatan lainnya. olahraga ini terutama sangat dianjurkan bagi orang yang tidak banyak melakukan aktivitas fisik sehingga fisik harus dilatih menjadi lebih lentur dan tidak mudah gampang sakit. Manfaat dari olahraga teratur ini juga sangat banyak dan baik bagi tubuh. bagi anda yang sedang mencari tahu apa saja manfaat olahraga teratur ini, selengkapnya simak berikut ini:

1. Mengendalikan Berat Badan

Bagi anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan dan sudah mengatur menu makanan sebagaimaa rupa namun tidak cukup berhasil menurunkan berat badan sebaiknya kombinasikan dengan olahraga. Ya program menurunkan berat badan atau diet kuncinya terletak pada pengaturan menu dan porsi makan serta olahraga. Olahraga mampu membakar kalori lebih banyak dalam waktu singkat saja dan hal ini tentunya akan membuat anda lebih mudah dalam mengendalikan berat badan. Olahraga yang dilakukan secara rutin juga akan membuat otot menjadi lebih kuat sehingga ketika tubuh sedang tidak melakukan aktvitas, aliran darah akan tetap lancar.

2. Membuat Jantung dan Peredaran Darah Menjadi Lebih Sehat

Olahraga mampu menghindarkan anda dari beberapa jenis penyakit mematikan salah satunya adalah penyakit kardiovaskuler seperti jantung dan stroke. Ketika orang melakukan olahraga maka darah akan mengalir lebih cepat sehingga bisa menghilangkan penyumbatan yang terjadi di dalam pembuluh darah dan kemudian bisa menjadikan tubuh lebih sehat. selain penyakit jantung dan stroke, olahraga juga bisa menurunkan resiko penyakit kolesterol dan mengurangi lemak berlebihan di dalam tubuh. nah, bagaimana lebih sehat bukan?

3. Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Jika anda sedang mengalami kesulitan tidur atau kualitas tidur anda jelek mungkin itu dikarenakan anda kurang olahraga. Dengan melakukan olahraga secara teratur akan membuat anda bisa memiliki kualitas tidur yang baik karena peredaran darah anda lancar. Bukan hanya itu saja, anda juga bisa bangun lebih pagi dibandingkan biasanya namun anda tetap memiliki tubuh yang fit dan bugar di pagi hari. Jadi, masihkah anda ragu untuk berolahraga?

4. Membantu mengurangi Stress

Salah satu yang bisa anda lakukan ketika sedang jenuh dan stress adalah dengan melakukan olahraga. Olahraga yang dilakukan secara teratur akan membuat hormon yang berkaitan dengan mood terlepas sehingga anda akan bisa merasakan lebih bahagia. Selain itu olahraga juga bisa membuat anda lebih fokus sehingga anda bisa lebih mudah jika harus memikirkan apa saja yang harus dilakukan untuk menyelesaikan masalah yang membuat anda stress.

5. Menjaga Kekebalan Tubuh (Sistem Imun)

Manfaat olahraga teratur lainnya adalah menjaga sistem imun atau kekebalan tubuh menjadi lebih kuat sehingga anda tidak akan mudah terkena berbagai virus, bakteri dan kuman. Yang bisa menyebabkan penyakit seperti tifus, influenza, batuk dan lainnya terutama penyakit yang berhubungan dengan sistem saluran pernafasan.

Solusi untuk menjaga imunitas tubuh lainnya :

6. Membuat Fisik Menjadi Kuat

Coba anda bandingkan antara orang yang biasa berolahraga dan yang tidak, pasti akan terlihat perbedaannya secara fisik bukan? Selain tubuh orang yang rutin berolahraga akan lebih berotot dan fit mereka ini juga memiliki ketahanan fisik yang lebih baik sehingga tidak mudah terkena berbagai penyakit dan tidak mudah gampang lelah dan mengantuk. Tentunya ini sangat baik apalagi bagi anda yang memiliki jadwal padat pekerjaan, jadi jangan sungkan untuk menjadwalkan olahraga ya.

7. Membuat Awet Muda

Ingin terlihat awet muda? Caranya gampang tinggal melakukan olahraga secara teratur saja. hal ini disebabkan karena ketika orang melakukan olahraga, peredaran darah akan menjadi lebih lancar selain itu juga bisa membuang racun di dalam tubuh lebih optimal sehingga kulit akan terasa lebih segar dan lebih halus serta bercahaya. Masih tidak ingin melakukan olahraga secara teratur?

8. Membuat Tulang Kuat

Bukan hanya manfaat vitamin D, vitamin C dan fosfor saja yang bisa menjadikan tulang kuat, olahraga juga diperlukan untuk membuat tulang kuat karena olahraga mampu membantu tulang lebih kuat dalam menyerap zat pembentuk tulang sehingga tulang juga tidak akan mudah kropos dan rapuh. Kalsium di dalam tulang akan dapat terserap dengan sempurna oleh tulang ketika orang tersebut melakukan olahraga secara rutin.

9. Mencegah Terjadinya Gangguan Metabolisme

Tubuh seringkali akan mengalami gangguan metabolisme yang disebabkan oleh adanya tidak seimbangnya zat di dalam tubuh antara lain seperti glukosa, asam urat, sodium, trigiserida dan kolestrol dan sebagainya. Padahal, zat-zat tersebut sangat dibutukan oleh tubuh sebagai sarana memperkuat metabolisme tubuh yang lebih baik. Namun tentunya jumlah dari zat tersebut harus normal, tidak kurang dan juga tidak lebih. Oleh karena itu olahraga secara teratur dapat meningkatkan kenormalan dari zat tersebut di dalam tubuh.

10. Meningkatkan Performa Seksual

Salah satu penyebab dari adanya disfungsi seksual adalah karena fisik dan stamina yang tidak kuat terutama untuk para kaum adam. Jadi dengan melakukan olahraga secara teratur bisa membuat tubuh semakin kuat dan membuat anda semakin berstamina dalam hal seksualitas. Memiliki tubuh yang fit dan sehat juga membuat lawan jenis lebih tertarik pada anda karena orang yang sering berolahraga lebih menggairahkan daripada yang tidak rutin berolahraga.

11. Menerapkan Pola Hidup Sehat

Selain hal yang berkaitan dengan fisik, melakukan olahraga secara tertaur juga bisa membuat orang akan memiliki kualitas jiwa dan mental yang lebih baik. Hal ini berkaitan pada peredaran darah dan oksigen yang lebih lancar menjadikan otak juga bekerja lebih optimal dan membuat pikiran lebih fokus.

12. Olahraga Membuat Senang

Olahraga bisa menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghabiskan waktu luang. Dibandingkan dengan melakukan kegiatan lain yang tidak bermanfaat lebih baik digunakan untuk berolahraga. Olahraga bisa merubah suasana hati menjadi lebih baik atau hanya untuk membuat pikiran anda lebih fokus lagi. Adanya aktivitas fisik bisa membuat hubungan anda juga dengan beberapa teman dan keluarga bisa menjadi lebih baik.

Olahraga yang bisa dilakukan bersama orang terdekat misalnya dengan menari, bermin bola, hiking, camping dan lainnya. tentu saja anda bisa menemukan jenis olahraga lainnya yang bisa digunakan oleh anda dan keluarga.

13. Mengendalikan Penyakit Diabetes

Penyakit diabetes dikarenakan adanya kelainan zat insulin yang diproduksi oleh hati dan untuk mengobatinya bisa dilakukan dengan cara mengatur pola makan yang baik dan benar sesuai dengan porsinya masing-masing. Selain mengendalikan porsi dan asupan makan juga bisa dikendalikan dengan cara melakukan olahraga secara rutin. Olahraga ini dilakukan tidak perlu yang berat-berat melainkan bisa dilakukan dengan yang ringan saja dan jangan lupa untuk melakukannya secara rutin.

Cara untuk mencegah diabetes lainnya yakni :

14. Menjauhkan dari Berbagai Penyakit

Ada banyak jenis penyakit yang bisa dihilangkan dengan melakukan olahraga secara teratur dan ini bukan hanya mitos belaka namun memang benar adanya. Menurut beberapa penelitian yang telah dilakukan menunjukkan setidaknya terdapat beberapa penyakit yang bisa diminalisirkan dengan menggunakan olahraga ini antara lain adalah sindrom metabolisme, kanker, depresi, diabetes, jantung, stroke, tekanan darah tinggi, kolestrol dan lainnya.

15. Memperbaiki Suasana Hati

Apakah anda saat ini sedang mengalami hati yang gundah dan gelisah sehingga nafsu makan pun berkurang? Apakah anda memiliki perasaan yang masih tertahankan di dalam diri dan tidak bisa mengutarakannya pada siapapun? Anda perlu mencoba melakukan olahraga secara rutin. Olahraga yang dilakukan secara rutin selama 30 menit tiap harinya ini bisa membantu anda melampiaskan berbagai hal yang ada di dalam diri yang tidak bisa anda curahkan kepada siapapun.

Hal ini dikarenakan saat olahraga enzim yang ada di dalam otak akan terlepas dan membuat anda akan lebih bahagia dala menjalani kehidupan ini. atau mungkin anda sedang merasa jenuh dan minder dengan penampilan? Olahraga bisa membantu anda menjadi lebih percaya diri.

16. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Orang yang memiliki berat badan berlebihan akan lebih cenderung memiliki tekanan darah yang tinggi karena adanya kerja jantung yang terlalu cepat akibat adanya lemak yang sangat banyak menumluk di dalam area jantung sehingga menyumbat peredaran darah di dalam jantung. Oleh karena itu sangat dianjurkan bagi orang yang memiliki kelebihan berat badan untuk melakukan olahraga secara rutin.

17. Mencegah Nyeri Punggung

Nyeri punggung sangat mengganggu aktivitas bagi para penderitanya. Nyeri punggung disebabkan karena adanya otot yang tegang dan untuk merilekskannya harus dilakukan proses pelenturan dan salah satunya adalah dengan berolahraga. Dengan melakukan olahraga teratur akan membuat otot menjadi lebih lentur dan menghindarkan anda dari adanya gejala nyeri punggung.

18. Mencegah Terjadinya Obesitas

Manfaat olahraga teratur bagi tubuh tentu sudah dapat dilihat hasilnya yaitu untuk merontokkan lemak di dalam tubuh. massa otot juga akan bertambah yang berarti akan menambah stamina ini. olahraga ini juga bisa digunakan untuk menangkal dari adanya berbagai penyakit seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

19. Mencegah Adanya Keterbatasan Fisik di Masa Tua

Melakukan berbagai hal di hari tua dan bermain bersama cucu merupakan impian semua orang. namun hal ini terkadang terkendala oleh ketahanan tulang yang sudah tidak lagi sekuat dulu di kala masih muda. Oleh karena itu untuk mencegah terjadinya hal ini sebaiknya orang untuk melakukan olahraga secara rutin.

20. Meningkatkan Energi

Dengan melakukan olahraga secara rutin dapat membuat aliran darah pembawa oksigen ke seluruh tubuh menjadi lebih lancar sehingga ini bisa membuat anda menjadi lebih berenergi dan berstamina dalam mejalani kehidupan anda sehari-hari. Ingat ya anda bisa melakukannya dengan menggunakan berbagai alat tidak harus datang ke tempat fitness atau gym. Asalkan ada niat pasti anda bisa melakukan olahraga dengan baik.

Tidak hanya olahraga, namun konsumsi makanan sumber energi juga penting, seperti :

20. Mencegah Resiko Terkena Osteoporosis

Saah satu manfaat yang akan didapatkan ketika melakukan olahraga secara rutin adalah bisa menguatkan tulang. Oleh karena itu akan lebih terhindar dari penyakit osteoporosis. Hal ini sangat penting karena seiring dengan bertambahnya usia akan membuat tulang makin rawan terkena penipisan tulang.

21. Memperbaiki Suasana Hati

Ketika suasana hati sedang tidak baik dan sedang merasakan gundah serta gelisah maka anda bisa melakukan jalan cepat selama 30 menit saja. menurut penelitian menunjukkan bahwa cara ini bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya perasaan gundah itu datang kembali. Olahraga akan membuat cairan kimia di dalam otak keluar dan membuat anda lebih rileks dan santai.

Cara memperbaiki suasana hati agar menjadi lebih senang, juga bisa dilakukan dengan :

22. Menumbuhkan Kepercayaan Diri

Anda mengalami masalah pada kurangnya rasa percaya diri? Jika iya maka sebaiknya anda melakukan olahraga secara rutin ya. Siapa sangka bahwa olahraga secara rutin mampu membuat anda merasa lebih percaya diri dan lebih bersemangat menjalani keseharian anda. Selain itu juga akan membuat anda menjadi lebih fokus dibandingkan jika anda tidak rutin berolahraga.

23. Meningkatkan Kapasitas Otak

Tahukah anda bahwa salah satu manfaat yang akan didapatkan oleh orang yang berolahraga adalah bisa meningkatkan kapasitas otak. Seperti yang sudah sempat disinggung sebelumnya, olahraga mampu memberikan daya energi di dalam tubuh dan juga mampu menambah jumlah hormone serotonin di dalam otak. Hormone serotonin di dalam otak manusia berfungsi sebagai zat untuk mengendalikan emosi serta pemahaman mengenai berbagai hal serta mengendalikan nafsu makan seseorang. Jadi, olahraga sangat baik bukan bagi kesehatan fisik dan mental?

24. Memiliki Banyak Waktu

Anda tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan olahraga? Santai saja karena mungkin anda salah persepsi dengan yang namanya olahraga. Jangan bayangkan bahwa olahraga hanya bisa dilakukan di dalam tempat fitness atau gym saja melainkan olahraga juga bisa dilakukan sendiri di dalam rumah. misalnya push up dan sit up atau sekedar lari-lari kecil. Saat anda sedang istirahat kerja juga anda bisa melakukannya sambil mendengarkan musik supaya suasana hati anda menjadi lebih baik. Jadi, tidak perlu menggunakan alat tertentu untuk melakukan olahraga ya! Gunakan saja alat yang ada di sekitar anda.

25. Mendekatkan Jalinan Komunikasi

Salah satu manfaat non fisik yang dapat anda rasakan ketika melakukan olahraga secara rutin adalah bisa sebagai salah satu cara untuk mendekatkan jalinan komunikasi. Saat anda sedang memiliki hubungan yang kurag baik dengan teman atau pasangan, anda bisa mengajaknya untuk berolahraga bersama selain akan membuat rasa kebersamaan terjalin lebih harmonis juga akan membuat anda memiliki badan yang sehat dan tentunya olahraga akan lebih terasa menyenangkan jika dilalui dengan orang yang anda cintai bukan. Saat ini juga banyak orang yang melakukan olahraga futsal, basket, tenis dan lainnya untuk mendekatkan diri satu sama lain.

26. Menunda Proses Penuaan Dini

Nah bagi anda yang merasa kurang percaya diri karena wajah terlihat tua dari usia sesungguhnya? Maka sepertinya anda kurang melakukan olahraga. Olahraga mampu melancarkan penuaan dini sehingga bisa membuat kulit menjadi lebih kencang dan tidak kendor, keriput dan lainnya. sel-sel baru di dalam kulit juga akan mudah terganti saat anda rutin melakukan olahraga.

Masalah penuaan dini pada kulit ini juga bisa diatasi dengan :

Seberapa Banyak Waktu Olahraga yang Anda Perlukan?

Jika anda saat ini tidak pernah atau jarang melakukan olahraga apapun di sepanjang hari, maka adanya peningkatan aktivitas apapun akan membuat jantung anda berdetak lebih kencang dan bisa membuat pencegahan terhadap berbagai jenis penyakit. Hal ini sudah dibuktikan dengan adanya penelitian yang hasilnya adalah berjalan kaki selama 1 hingga 2 jam dalam waktu seminggu atau 15 hingga 20 menit per harinya bisa menurunkan resiko anda terkena berbagai jenis penyakit.

Kemudian berapa lamakah waktu yang dibutuhkan untuk melakukan olahraga? Waktu yang dibutuhkan oleh setiap orang saat berolahraga sendiri sebenarnya berbeda-beda tergantung kondisi kesehatan dan usia. Pada orang dewasa yang masuk dalam usia 16 hingga 24 tahun membutuhkan dua jenis olahraga yaitu aeroik dan juga olahraga yang bisa memperkuat otot. Untuk orang dalam golongan usia tersebut membutuhkan waktu setidaknya mencapai 150 menit per minggunya. Tentu saja anda bisa membaginya dalam 7 hari selama seminggu tersebut namun sebaiknya pembagian waktu disama ratakan saja supaya lebih seimbang.

Olahraga yang berkaitan dengan aerobic berkaitan dengan aktivitas yang menggerakan tubuh dan untuk memulainya tidak harus selalu dengan senam aerobic melainkan juga bisa dilakukan dengan bersepeda, berjalan cepat atau berenang. Tanda bahwa anda sudah berhasil melakukan olahraga jenis tersebut adalah ketika detak jantung sudah berdetak lebih kencang dan anda mulai mengeluarkan keringat.

Sedangkan aktivitas biasa sehari-hari seperti memasak, menyapu, mencuci dan lainnya tidak bisa digolongkan dalam kategori olahraga karena tidak bisa membuat jantung berdetak kencang meskipun tubuh mengeluarkan keringat. Oleh karena itu bagi anda yang enggan berolahraga karena alasan ini sebaiknya untuk menelaah kembali arti dari olahraga ya supaya anda tetap bisa melakukan berbagai jenis olahraga.

Saat anda melakukan olahraga juga upayakan untuk selalu mengakaitkannya dengan berbagai gerakan yang bisa memperkuat otot perut, paha, kaki, dada dan lainnya supaya hasilnya lebih maksimal. ingat bahwa olahraga juga harus disesuaikan dengan kemampuan dan kondisi kesehatan masing-masing ya. Hal ini sangat penting dilakukan, jika anda memiliki riwayat penyakit tertentu seperti jantung anda sebaiknya melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter anda mengenai jenis olahraga apa saja yang boleh anda kerjakan yang tidak boleh. Para penderita jantung jika terlalu banyak melakukan aktivitas fisik justru bisa membuat penyakitnya kambuh. Oleh karena itu selalu waspada akan hal ini ya, dan jangan sampai dianggap remeh.

Jenis-jenis olahraga juga saat ini sudah bermacam-macam dan juga sudah diperuntukkan untuk beberapa kaum tertentu. Misalnya saja saat ini ada senam hamil yang khusus untuk para ibu yang tengah hamil jadi untuk itu tidak perlu takut dan ragu lagi bagi anda yang sedang hamil untuk melakukan olahraga. Ada lagi olahraga khusus untuk lansia yang gerakan olahraganya tidak terlalu rumit dan tidak memakan banyak tenaga atau disesuaikan dengan kondisi para lansia yang sudah kehilangan banyak tenaga.

Demikian informasi mengenai manfaat melakukan olahraga secara rutin. Semua pasti sudah setuju akan manfaat yang dihadirkan dari olahraga ini. jadi, apakah anda masih ragu untuk melakukan olahraga secara teratur? Tentu saja sudah tidak dong ya, karena manfaat olahraga ini sangat banyak dan baik bagi tubuh anda baik secara fisik maupun untuk kesehatan jiwa anda.