11 Manfaat Pernapasan Segitiga Tenaga Dalam Bagi Kesehatan

pernafasan segitigaPernapasan segitiga merupakan salah satu dari sekian banyak teknik pernapasan yang digunakan dalam sebuah meditasi. Teknik pernapasan ini menggabungkan 3 elemen tubuh, yaitu gelombang alfa, gelombang beta dan juga pusar, sebagai titik tengah dari tubuh kita. karena menggabungkan ketiga elemen tubuh ini, maka dari itu disebut teknik pernapasan segitiga. Teknik pernapasan segitiga berasal dari tanah Jawa, dan pada saat melakukan teknik ini, anda diharpakan dapat berkonsentrasi penuh dan juga membaca beberapa mantera atau perkataan dalam bahasa Jawa.

Pernapasan segitiga memiliki banyak sekali manfaat. Berikut ini adalah beberapa manfaat penting dari pernapasan segitiga yang dapat anda peroleh, apabila anda menekuni teknik ini :

  1. Relakasasi tubuh dan juga otot

Manfaat pertama dari pernapasan segitiga adalah dapat membantu untuk merelaksasikan tubuh dan juga otot. Otot dan juga tubuh yang sudah seharian beraktivitas, bukan tidak mungkin akan mengalami kelelahan dan juga berbagai gangguan, seperti pegal dan juga nyeri. Hal ini disebabkan karena kondisi tubuh dan otot yang mungkin mengalami kelelahan.

Karena itu, pernapasan segitiga dapat membantu untuk merelaksasikan tubuh dan juga otot anda, agar dapat membantu anda untuk mempernapasan segitigaiapkan aktivitas anda selanjutnya tanpa harus menghadapi gangguan pada tubuh dan otot, seperti pegal – pegal.

  1. Dapat mencegah kelelahan dan juga keletihan

Teknik pernapasan segitiga ini juga memiliki manfaat yang sangat baik utnuk membantu mengurangi dan juga mencegah kelelahan dan juga keletihan tubuh. hal ini poastinya disebabkan karena teknik relaksasi pernapasan ini akan membantu membuat tubuh anda menjadi lebih rileks dan juga lebih nyaman, sehingga hal ini akan sangat berpengaruh kepada kondisi tubuh anda yang akan terhindar dari rasa lelah dan juga letih.

  1. Mereduksi stress dan juga depresi

Teknik pernapasan segitiga ini juga memiliki manfaat yang baik untuk membantu meredakan stress dan depresi. Gabungan dari meditasi 3 alam bawah sadar yang dilakukan dalam teknik pernapasan segitiga ini sangat baik untuk membantu mereduksi stress dan juga beban pikiran dari dalam, sehingga efektif untuk membantu mereduksi stress dan juga depresi.

  1. Dapat meredakan ketegangan otot tubuh

Manfaat lainnya dari pernapasan segitiga ini adalah mampu untuk meredakan otot tubuh yang tegang, kaku dan juga kram. Sehingga dengan menggunakan teknik meditasi pernapasan segitiga ini, anda akan merasa lebih rileks, dan otot anda yang tadinya terasa sakit dan juga nyeri karena tegang, akan segera rileks dan kemudian akan normal kembali.


Baik untuk meredakan ketegangan otot

  1. Dapat meningkatkan kekebalan pasif

Pernapasan segitiga juga dinilai memiliki manfaat yang baik untuk meningkatkan kekebalan pasif dari tubuh. kekebalan pasif disini misalnya adalah kekebalan luka dari benda – benda tumpul, sehingga dapat mereduksi rasa sakit yang akan muncul ketika tubuh diserang dengan benda tumpul. Maka dari itu, teknik dari pernapasan segitiga ini juga sering digunakan pada berbagai perguruan beladiri, yang ditujukan untuk membantu meningkatkan kekuatan tubuh dari dalam.

  1. Memperlancar aliran darah

Pernapasan segitiga juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk membantu memerlancar peredaran darah. Kondisi tubuh yang tenang dan juga bernapas secara teratur dapat membantu tubuh untuk memperbaiki dan juga memperlancar peredaran darah. Teknik ini juga diyakini dapat membantu mencegah gangguan – gangguan pada peredaran darah, seperti darah tinggi, dan juga penyumbatan pembuluh darah.

  1. Menormalkan detak jantung

Selain baik untuk kesehatan dan juga kelancaran dari pembuluh darah, pernapasan segitiga juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk membantu menormalkan detak jantung yang kita rasakan. Tidak jarang detak jantung kita berubah dan berdetak menjadi lebih cepat ketika kita sedang dihadapkan pada situasi tertentu. Meningkatnya detak jantung terkadang dapat memberikan efek buruk dimana tubuh dapat menjadi sangat letih dan juga lelah. Karena itu, teknik pernapasan segitiga ini dapat membantu untuk menormalkan detak jantung anda, sehingga detak jantung anda lebih terkontrol dan juga hal ini akan menyebabkan kondisi tubuh anda menjadi lebih tenang dan juga rileks.

  1. Menghilangkan dan juga mereduksi kecemasan

Kecemasan merupakan salah satu hal yang dapat menyebabkan tubuh mengalami gejala yang tidak biasa. Kecemasan dapat menyebabkan jantung berdetak lebih cepat, keringat dingin, hingga perilaku aneh dan tidak biasa akan muncul ketika anda mengalami kecemasan. Kecemasan ini dapat anda cegah dan anda reduksi dengan menggunakan teknik pernapasan segitiga ini. dengna menggunakan teknik pernapasan segitiga, tubuh anda akan merasakan rileks dan kecemasan yang selama ini muncul pada diri anda, perlahan – lahan akan hilang.

  1. Mengoptimalkan asupan oksigen ke seluruh tubuh, seperti otak

Pernapasan segitiga juga memilki manfaat yang sangat baik untuk membantu mengoptimalkan asupan oksigen ke seluruh tubuh, salah satunya adalah ke otak. Dengan teknik pernapasan yang benar, maka asupan oksigen akan menjadi lebih baik daripada kita hanya bernapas seperti biasa saja. Hal ini dapat membantu mengoptimalkan asupan oksigen ke seluruh tubuh, yang akan mencegah organ – organ tubuh, seperti otak mengalami kekurangan oksigen.

  1. Dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan juga focus

Selain itu, pernapasan segitiga juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk memantu meningkatkan konsentrasi dan juga focus. Hal ini berkaitan sangat erat dengan kondisi asupan oksigen ke otak, dan juga relaksasi yang dilakukan, sehingga akan membuat tubuh merasa sangat tenang dan juga nyaman, yang akan berefek pada konsentrasi dan juga focus yang meningkat.

  1. Mencegah insomnia

Manfaat terakhir dari pernapasan segitiga adalah dapat membantu anda dalam mencegah insomnia. Ya, dengan teknik pernapasan segitiga yang baik, maka detak jantung dan juga asupan oksigen ke dalam tubuh anda akan menjadi normal dan juga optimal. Hal ini akan mempengaruhi kondisi tubu anda menjadi lebih santai dan juga lebih rileks, sehingga dapat mengurangi resiko kemunculan indomnia.

Itulah 11 manfaat teknik pernapasan segitiga yang sangat penting. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda semua. Terima kasih.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Sunday 06th, September 2015 / 16:24 Oleh :
Kategori : Olahraga