7 Manfaat Tomat Hijau Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Tomat merupakan buah yang berbentuk bulat dan berwarna merah atau hijau. Buah tomat seringkali dijumpai sebagai penghias makanan atau sebagai pelengkap. Rasanya yang manis dan sedikit asam memberikan sensasi menyegarkan bagi yang mengkonsumsi. Tomat bisa langsung dikonsumsi saat mentah. Tomat terdapat dua jenis berdasarkan warnanya yaitu tomat merah dan tomat hijau. Keduanya sama memiliki banyak kandungan yang bermanfaat. Tomat hijau diketahui memiliki kandungan yang lebih banyak daripada tomat merah. Tomat hijau memiliki kandungan vitamin C dan air yang tinggi.

Baca juga :

Kandungan – kandungan dalam tomat hijau :

  1. Vitamin : vitamin A, B3, B6, C, K
  2. Mineral : potasium, mangan, asam folat, zat besi
  3. Serat, protein, karbohidrat

(baca juga : Manfaat Tomat)

Manfaat Tomat Hijau untuk Kesehatan :

  1. Menyembuhkan varises

Tomat hijau memiliki kandungan yang mirip dengan asam asetilsalisilat yang berfungsi sebagai antikoagulan. Pada orang dengan varises, tomat hijau menjadi terapi alternatif yang bisa dicoba. Irisan tomat hijau ditempelkan pada setiap pembuluh darah yang menonjol lalu diamkan. Hal ini perlu dilakukan beberapa kali untuk hasil yang maksimal. Dengan pemanfaatan tomat hijau ini, maka varises akan berangsur hilang.

(baca juga : Manfaat Memiliki Kekuatan)

  1. Penangkal radikal bebas

Tomat hijau mengandung flavonoid dan vitamin A yang dapat menangkal radikal bebas. Radikal bebas bisa dihasilkan dari sinar UV matahari maupun alat-alat elektronik yang mengandung radiasi. Konsumsi tomat hijau yang cukup, dapat membantu mempertahankan dan meminimalisir kadar radikal bebas dalam tubuh Anda.

baca juga :

  1. Mencegah kanker

Vitamin A dan C mampu memperkuat antibodi dalam tubuh untuk melawan sel-sel ganas. Kandungan vitamin K dalam tomat hijau juga mampu mencegah timbulnya sel kanker. Vitamin B6 juga berperan dalam meningkatkan imunitas tubuh sehingga mencegah masuknya bakteri jahat dalam tubuh.

baca juga :

  1. Mengontrol kolesterol

Tomat hijau tidak memiliki kandungan kolesterol, namun memiliki asam lemak jenuh 0,028 gram, asam lemak monounsaturated 0.030 gram, asam lemak tak jenuh ganda 0,081 gram. Tomat hijau memiliki cukup banyak protein yaitu 1,20 gram dari 100 gram tomat hijau. Protein berfungsi sebagai pengikat kolesterol dalam darah. Tomat hijau juga mengandung lemak 0,20 gram. Lemak membantu mengikat kolesterol dalam usus. Vitamin B3 juga berperan dalam menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

baca juga :

  1. Mempercepat penyembuhan akibat peradangan

Tomat hijau mengandung bioflavonoid yang berfungsi sebagai antibakterial dan juga antiinflamasi sehingga proses penyembuhan akibat inflamasi dapat dipercepat. Menurunnya respon inflamasi atau peradangan akan mengurangi keluhan nyeri.

(Baca juga : Manfaat Biji Jambu Air)


Manfaat Tomat Hijau untuk Kecantikan

  1. Mencegah penuaan dini

Kandungan vitamin C sebanyak 23,4 mg dalam 100 gram tomat. Vitamin C berfungsi untuk meregenerasi sel-sel kulit sehingga mencegah munculnya kerutan-kerutan dini pada wajah.

baca juga :

  1. Mengencangkan dan menyegarkan kulit wajah

Potasium, vitamin A, dan vitamin C mampu menjaga kesegaran kulit dan juga mencerahkannya.

baca juga :

  1. Baik untuk diet

Konsumsi tomat hijau sebagai bahan diet sangat bagus untuk tubuh. Tomah hijau juga memiliki kandungan karbohidrat, serat, protein, dan gula untuk memenuhi kebutuhan energi tubuh dan sekaligus mampu mengurangi lemak jahat.

baca juga :

, ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan