Manfaat Okra untuk Kolesterol Tinggi

Tanaman okra yang memiliki nama latin Abelmoschus esculentus mungkin belum terlalu terkenal di indonesia. tanaman ini berasal dari benua afrika tepatnya di afrika bagian barat dan hidup di daerah yang beriklim tropis hingga sub tropis. Tanaman okra merupakan tanaman yang masih sejenis dengan durian dan kapas. Istilah okra di beberapa daerah di Indonesia dikenal dengan nama jari wanita, gombo, bamia, bhendi dan bhindi. Tinggi tanaman okra ini bisa mencapai 2 meter dengan bunganya yang berwarna putih dan kuning. Buah okra memiliki ukuran kurang lebih 17 cm dan bisa dipanen saat buahnya sudah empuk.

Jika buah okra tidak segera dipanen maka bisa membuat buahnya mengeras dan rasanya akan hambar jadi lebih baik dipanen saat masih empuk. Buah okra sudah banyak digunakan oleh orang di beberapa negara seperti india, timur tengah dan asia tenggara. Buah okra sendiri bentuknya seperti kapsul dengan panjang kurang lebih 18 cm dengan diameternya 4 hingga 8 cm. di dalam buah okra terdapat biji yang berwarna kuning atau puith. Okra yang paling umum adalah yang berwarna hijau namun ada juga yang berwarna merah namun jika dimasak akan berubah menjadi hijau juga.

artikel terkait: manfaat sayur pagodamanfaat sayur celery

Manfaat okra untuk kolesterol

Di Indonesia buah okra ini belum begitu terkenal dan masih kalah dengan jenis sayur lainnya seperti bayam dan kangkung yang menjadi primadona sayuran di Indonesia. tekstur dari sayur okra ini memang agak lengket dan berlendir namun itu disebabkan oleh adanya bahan kimia alami yang baik bagi tubuh. padahal perlu anda ketahui bahwa okra ini memiliki banyak kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan. Salah satu manfaat dari okra adalah untuk mencegah dan mengatasi kolesterol tinggi.

Kolesterol saat ini sedang menjadi perbincangan banyak orang baik itu orang awam maupun dalam dunia kesehatan. Hal ini disebabkan sekarang banyak orang yang menderita penyakit kolesterol dan mereka tidak menimbulkan gejala spesifik namun baru ketahuan setelah kadar kolesterol sudah tinggi dan berbahaya bagi tubuh. penumpukan kadar kolesterol yang tinggi ini sendiri sebenarnya lebih banyak disebabkan oleh asupan makanan yang tidak sehat. kolesterol sebenarnya juga dibutuhkan oleh tubuh namun jika jumlahnya terlalu banyak dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang lebih serius.

Berikut ini adalah kandungan nutrisi dari okra pada tiap 100 gramnya:

  • 33 kcal energi
  • 2 gram protein
  • 0,19 gram lemak
  • 3,1 gram serat
  • 7,45 gram karbohidrat
  • 1,48 gram gula
  • Mineral: tembaga, seng, kalsium, magnesium dan kalium
  • Vitamin: A, B C dan D

Sebuah penelitian yang dilakukan mendapatkan hasil yang menakjubkan dimana kandungan serat dalam okra cukup tingi yang baik untuk kesehatan. Serat merupakan zat yang tidak bisa diserap oleh tubuh namun keberadaannya ini sangat penting salah satunya adalah untuk mencegah terjadinya penimbunan kolesterol. Serat mampu meluruhkan kolesterol yang menempel di dalam pembuluh darah yang sangat berbahaya karena jika dibiarkan dapat menyebabkan penyumabatan pembuluh darah.

Serat akan meluruhkan kolesterol dan membuangnya bersama dengan sisa makanan atau urin sehingga tubuh akan lebih sehat tanpa adanya kolesterol di dalamnya. saat ini sudah tersedia ekstrak okra yang sangat dianjurkan kepada anda para penderita kolesterol tinggi. atau anda juga bisa mengolah makanan dari okra ini sebagai terapi alami peluruhan kolesterol yang aman dan alami.

artikel terkait kolesterol :

Manfaat okra untuk kesehatan

Bukan hanya untuk mencegah dan mengatasi kolesterol saja, ternyata okra juga memiliki manfaat untuk kesehatan lainnya. berikut ini adalah rinciannya.

  • Mengatasi diabetes

Saat ini sudah dilakukan pengujian pada hewan dan mendapatkan hasil bahwa okra mampu menurunkan kadar gula darah. penelitian ini menggunakan biji okra yang dipanggang dan langsung membuat perubahan pada kadar gula. Selain itu okra juga menjadi pilihan sayur yang tepat bagi anda karena mengandung indeks glikemik rendah sehingga mampu mengendalikan kadar gula darah. anda juga bisa mengambil manfaanya dengan cara meminum air okra. Caranya adalah dengan merendam biji okra dalam air putih matang selama semalaman kemudian minumlah air rendaman tersebut di pagi hari.

artikel terkait: manfaat minyak jagungmanfaat kolesterol

  • Menurunkan berat badan

Kandunga serat yang tinggi dalam okra juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Hal ini tentu saja sangat baik bagi anda yang sedang dalam program penurunan berat badan karena makanan tidak menumpuk dan menjadi lemak. Berat badan ideal akan segera anda dapatkan dengan mengonsumsi okra ini saat anda diet.

artikel terkait: manfaat daun binahong untuk kolesterolkolesterol tinggi

  • Mencegah kanker

Dalam okra juga mengandung antioksidan yang baik seperti catechin, epicatehin, procyanidin, dan quercetin. Antioksidan sangat baik untuk mencegah tumbuhnya sel kanker dan menangkal radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh.

artikel terkait : manfaat omeprosmanfaat daun sirsak untuk kolesterol

Itulah ulasan mengenai manfaat okra untuk kolesterol dan kesehatan tubuh. meskipun kurang dikenal namun manfaat okra ini sangat baik. terima kasih dan semoga bermanfaat

, ,
Oleh :
Kategori : Sayuran