Manfaat Tomat untuk Diet yang Sehat

Banyak wanita mendambakan tubuh yang ideal yang ramping. Berbagai cara dilakukan oleh para wanita agar bisa mendapatkan tubuh yang ideal yaitu salah satunya dengan cara diet. Diet bisa dilakukan dengan berbagai cara, dari cara yang instan dengan menggunakan obat diet atau dengan cara yang alami yaitu dengan olahraga, menjaga pola makan serta mengkonsumsi buah dan sayur.

Kandungan Buah Tomat

Diet yang sehat dan aman yaitu ketika melakukannya dengan cara yang alami. Salah satu cara alami yang dapat dilakukan untuk diet yaitu dengan mengkonsumsi buah tomat. Buah tomat merupakan buah yang mengandung banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Selain itu, buah tomat ternyata mempunyai manfaat untuk diet. Buah tomat lebih sering digunakan untuk campuran membuat sambal, lalapan, penyedap masakan atau di jus. Buah tomat mengandung banyak kandungan gizi yang dibutuhkan tubuh seperti fosfor, kalium, besi, vitamin A, vitamin K, vitamin C,kalsium, thiamine, natrium dan protein. Menurut penelitian kandungan vitamin C dalam buah tomat lebih tinggi dibanding buah jeruk. Dari banyaknya kandungan gizi dalam buah tomat maka banyak ahli kesehatan menyatakan bahwa buah tomat sangat baik untuk diet.

Menurut para ahli kesehatan, buah tomat merupakan buah yang sangat baik digunakan untuk diet karena buah tomat mengandung likopen yang memberikan warna merah pada tomat. Jika dikonsumsi dapat memberikan rasa kenyang, serta mengkonsumsi buah tomat akan membantu menurunkan hormon ghrelin dalam tubuh yang memicu nafsu makan, dengan mengkonsumsi tomat secara rutin untuk diet dapat menurunkan berat badan. Beberapa manfaat tomat untuk diet adalah sebagai berikut :

1. Merampingkan perut dengan aman

Perut yang buncit mengurangi percaya diri anda. Karena perut buncit mengurangi keindahan penampilan. Banyak cara untuk mengatasi perut buncit, tetapi menggunakan cara yag praktis dan instan seringkali menyebabkan gangguan kesehatan lainnya. Merampingkan perut dengan menggunakan cara yang alami tanpa memberikan efek buruk bagi kesehatan yaitu dengan menggunakan buah tomat. Mengkonsumsi buah tomat justru akan memberikan manfaat baik lainnya untuk kesehatan tubuh selain merampingkan perut. Buah tomat merupakan solusi yang tepat untuk merampingkan perut secara aman. Selain mudah buah tomat juga bisa didapatkan dengan biaya yang murah. Rampingkan perut anda dengan mengkonsumsi buah tomat dengan cara dibuat jus.

2. Mengurangi kadar lemak penyebab kegendutan

Didalam tubuh terdapat lemak hasil dari mengkonsumsi berbagai makanan yang mengandung lemak. Lemak didalam tubuh akan terus terjadi penumpukan jika tidak dikurangi dengan cara olahraga atau dengan mengkonsumsi makanan yang dapat mengurangi kadar lemak didalam tubuh. Salah satu makanan yang dapat mengurangi kadar lemak dalam tubuh yaitu buah tomat. Buah tomat mengandung banyak vitamin serta zat lainnya yang dibutuhkan tubuh sehingga dapat menyeimbangkan kadar lemak dalam tubuh serta menjadikan tubuh anda tidak gendut.

3. Menurunkan berat badan

Bagi banyak orang menurunkan berat badan merupakan masalah tersendiri yang sulit dilakukan, sebaliknya menaikkan berat badan sangat mudah dilakukan. Bagi anda yang kesulitan menurunkan berat badan maka anda dapat mencoba dengan mengkonsumsi buah tomat. Buah tomat mengandung likopen sehingga dapat memberikan rasa kenyang pada perut. Hal ini akan memicu anda tidak mengkonsumsi makanan lainnya terlalu banyak sehingga berat badan tidak naik lagi bahkan akan turun karena dengan mengkonsumsi buah tomat ini akan menurunkan kadar ghrelin dalam tubuh. Ghrelin ini yang dapat memicu nafsu makan. Kadar ghrelin turun sehingga nafsu makan pun akan turun. Nafsu makan turun akan menurunkan berat badan tubuh anda.

Selain tomat, solusi diet sehat lainnya bisa diperoleh dari :

Cara Menggunakan Tomat untuk Diet

Buah tomat dengan banyak kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh akan lebih memberikan manfaat maksimal untuk diet jika dikonsumsi dalam keadaan dimasak atau dibuat juz. Buah tomat yang dimasak atau dibuat jus, mengandung jumlah likopen 5 kali lebih besar dibanding buah tomat segar dalam kondisi tidak dimasak atau dibuat juz. Cara yang lebih enak dikonsumsi yaitu dengan dibuat juz. Berikut cara membuat juz tomat untuk diet. Sebenarnya caranya hampir sama dengan membuat juz tomat dengan untuk dikonsumsi sehari-hari, tetapi yang membedakan yaitu untuk diet tidak dikasih gula atau bahan pemanis buatan lainnya.

Agar mendapatkan juz tomat untuk mendapatkan hasil diet yang maksimal maka ikuti langkah-langkah membuat juz tomat untuk diet sebagai berikut :

  • Bahan-bahan yang dibutuhkan dan persiapkanlah terlebih dahulu yaitu 4 buah tomat dengan ukuran sedang dan pilihlah yang matang, madu asli secukupnya, perasan jeruk nipis sebanyak 2 sendok makan, serta air matang secukupnya.
  • Setelah bahan siap pertama cucilah buah tomat kemudian potong-potong dengan ukuran kecil.
  • Kemudian siapkan blender, lalu masukkan potongan tomat serta tambahkan air perasan jeruk nipis secukupnya, bisa juga dengan air lemon.
  • Lalu masukkan air matang secukupnya lalu nyalakan mesin blender. Haluskan semua bahan sampai benar-benar lembut dan tercampur rata.
  • Setelah lembut, mesin matikan dan sajikan dalam gelas.
  • Jika ingin mengkonsumsi dengan khasiat yang lain yaitu untuk memperlancar perncernaan maka konsumsi langsung tanpa disaring. Tetapi jika ingin meminum sarinya hanya untuk diet maka saring terlebih dahulu hingga air sari jus tomat dan ampasnya terpisah.
  • Terakhir anda dapat menuangkan madu diatas juz tomat dan juz untuk diet dapat anda nikmati nikmat serta kesegarannya.

Buah tomat (solanum lycopersicumsyn) bersal dari Amerika tengah. Buah ini awalnya ditanam oleh keluarga Solananceae. Beberapa lama tanaman ini berkembang lalu dibudidayakan di beberapa negara seperti Amerika Selatan, Meksiko sampai Peru. Tanaman tomat semakin terkenal dan berkembang hingga ke benua Asia dan Eropa, hingga sekarang keseluruh dunia. Buah tomat sekarang memiliki banyak varian dan jenis, ada tomat sayur dan juga tomat buah, ada yang berwarna hijau serta merah. Tanaman tomat termasuk tanaman yang mempunyai umur singkat tetapi dalam satu pohon bisa berbuah banyak. Serta tanaman tomat termasuk bukan tanaman yang sulit tumbuh, sehingga dapat dengan mudah dikembangkan.

Demikian manfaat tomat untuk diet serta cara menggunakannya. Jika anda dapat mengkonsumsinya secara teratur sekali dalam sehari maka dalam waktu yang cepat anda dapt mendapatkan tubuh yang ramping, ideal, sehat, tanpa perut buncit serta menyehatkan tubuh anda.

Manfaat tomat bagi tubuh lainnya yakni :