8 Manfaat Daun Manggis Untuk Kesehatan

Buah manggis mungkin sudah tidak asing lagi di telinga anda bukan? Apalagi semenjak ditemukannya manfaat dari kulit manggis yang sangat fenomenal sehingga membuat kepopuleran buah manggis meningkat drastis. Buah manggis memiliki nama lain di masyarakat yaitu sebagai ratunya buah. Hal ini dikarenakan di atas buah manggis terdapat kelopak yang menyerupai mahkota. Warna dari buah manggis pun sangat cantik yaitu ungu dan isinya putih bersih. Oleh karena itulah buah manggis disebut sebagai ratu buah.

artikel terkait:

Namun tahukah anda bahwa dalam manggis bukan hanya buah dan kulitnya saja yang bisa dimanfaatkan oleh manusia untuk kesehatan namun juga bagian lainnya yaitu daun manggis. Ya memang mungkin masih banyak dari anda yang tidak mengetahui manfaat dari daun manggis ini karena memang tidak banyak digunakan. namun saat ini setelah pengobatan herbal digandrgungi, orang yang mencari tahu manfaat dari daun manggis ini pun semakin banyak.

Manfaat daun manggis

Tanaman manggis merupakan tanaman yang termasuk dalam tanaman batang dan bisa dikatakan sebagai tanaman tua. Tanaman manggis tidak bisa berbuah setiap saat alias musiman. Oleh karena itu untuk mendapatkan buah manggis tidak bisa setiap saat melainkan tunggu hingga saat musim panen manggis. Tanaman manggis biasanya akan berbuah setelah 5 tahun ditanam. Untuk mendapatkan buah manggis anda bisa menemukannya dengan mudah di toko buah terdekat.

Namun untuk daun manggis anda tidak perlu menunggu sampai saat musim panen manggis tiba karena bisa dipetik kapan saja. hanya saja tanaman manggis ini tidak banyak yang menanam seperti orang menanam pohon mangga atau rambutan sehingga untuk mendapatkannya pun harus ekstra karena biasanya ada di perkebunan manggis.

Lalu apa sajakah manfaat dari daun manggis ini? simak selengkapnya berikut ini:

  1. Mencegah kanker

Manfaat yang sangat terkenal dari daun manggis ini adalah mampu membantu mencegah pertumbuhan sel-sel kanker. Ada berbagai jenis penyakit kanker yang dapat dicegah oleh daun manggis ini, diantaranya adalah penyakit kanker usus, kanker hati dan kanker paru-paru. Penyakit kanker merupakan jenis penyakit yang sangat serius dan tidak boleh dibiarkan karena bisa menyebabkan kematian. Pemicu kanker bermacam-macam bisa karena faktor internal seperti kelainan gen atau bisa juga karena faktor eksternal misalnya saja karena makanan dan kondisi lingkungan yang tidak sehat.

Selain menghindari segala pemicu tumbuhnya penyakit kanker, anda juga bisa mengonsumsi daun manggis sebagai pelengkap preventif penyakit kanker secara herbal yang aman dan sehat. anda bisa menyediakannya untuk anda dan juga keluarga.

artikel terkait: manfaat rebusan kulit manggis

  1. Menurunkan berat badan

Nah bagi anda yang saat ini sedang dalam program menurunkan berat badan atau diet, inilah saatnya anda mencoba menggunakan jasa dari daun manggis. Di dalam daun manggis terdapat zat yang mampu mengurangi lemak dengan cepat sehingga berat badan pun bisa menurun dengan cepat pula. Selain itu daun sirsak juga akan memberikan tenaga ekstra bagi anda sehingga anda tidak akan mudah merasa lelah dan lapar dan meminimalisir porsi makan anda tiap harinya.

Pola makan yang tepat merupakan kunci utama dari program diet supaya berhasil. Jadi anda tidak perlu khawatir saat hendak menurunkan berat badan bukan jika ada solusi herbal yang aman dan ampuh dalam menurunkan berat badan.

artikel terkait: manfaat xamthone

  1. Mengurangi rasa sakit

Manfaat lainnya dari daun manggis yang perlu anda ketahui adalah mampu dijadikan sebagai obat penghilang atau pengurang rasa sakit. Rasa sakit ini bisa bermacam-macam dari berbagai jenis penyakit misalnya saja rasa nyeri, sakit pinggang, sakit dada dan lainnya. manfaat dari daun manggis yang ini tentu saja sangat bermanfaat bagi kesehatan anda bukan? Atau jika anda sedang merasakan sakitnya sakit gigi juga bisa diredakan dengan menggunakan daun manggis ini.

artikel terkait: manfaat garcia

  1. Meningkatkan sistem daya tahan tubuh

Di dalam daun manggis terdapat senyawa catechins yang merupakan zat antioksidan alami bagi tubuh dan fungsinya untuk menangkal radikal bebas. Diklaim bahwa zat ini lebih ampuh menangkal radikal bebas dibandingkan dengan vitamin C dan vitamin E. jadi dengan mengonsumsi daun manggis ini, kesehatan tubuh anda akan lebih meningkat dan anda menjadi tidak mudah sakit. Terlebih lagi saat ini radikal bebas sudah merajalela dikarenakan berbagai polusi yang ada saat ini.

artikel terkait: 42 manfaat kulit manggis bagi kesehatan

  1. Mengatasi tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi merupakan kondisi dimana terjadi penyumbatan di pembuluh darah jantung yang mengakibatkan aliran darah tidak lancar dan membuat jantung berdetak lebih kencang dari biasanya. Jika detak jantung ini tidak bisa dikendalikan maka otot jantung akan melemah dan akhirnya jantung tidak bisa memompa lagi. Oleh karena itulah para ahli mengatakan bahwa penyakit tekanan darah tinggi ini merupakan penyakit yang membunuh perlahan dan  biasanya tidak disadari oleh para penderitanya.

Dalam daun manggi terdapat senyawa yang mampu melunakan lemak di dalam pembuluh darah sehingg aliran darah menjadi lancar. Tekanan darah tinggi biasanya dikarenakan lemak yang menyumbat pembuluh darah. oleh karena itulah orang yang memiliki berat badan berlebih sangat tidak baik bagi kesehatan.

artikel terkait: manfaat buah manggis

  1. Mengatasi diare

Manfaat lainnya dari daun manggis ini adalah untuk mengatasi diare. Resep ini sudah dilakukan oleh orang sejak zaman dahulu. Jika anda sekarang ini sedang mengalami bolak-balik ke kamar mandi maka anda patut mencoba ramuan dari daun manggis untuk mengatasinya. Jangan lupa untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal anda juga harus meminum oralit, istirahat cukup dan cukup asupan air putih. Mungkin memang terlihat sepele namun hal tersebut sangatlah membantu proses penyembuhan anda dari diare.

artikel terkait: manfaat manggis

  1. Mengatasi kolesterol

Kolesterol menjadi momok banyak orang dewasa ini. penyakit yang tergolong baru diketahui ini cukup berbahaya apalagi tidak ada gejala yang signfikan sehingga sebagian besar penderitanya hanya mengetahui saat gejala sudah cukup parah. Penumpukan kolesterol yang terlalu banyak di dalam pembuluh darah dapat disebabkan oleh banyak hal baik karena mekanisme tubuh yang tidak maksimal atau karena pola makan yang tidak sehat.

Daun manggis memiliki kemampuan untuk meluruhkan lemak di dalam darah sehingga kolesterol pun ikut terurai. Hal ini tentunya menjadi kabar baik bagi anda bukan? Anda bisa berkonsultasi dengan dokter anda terlebih dahulu ketika akan mengonsumsi daun manggis sebagai pendamping pengobatan medis penyakit kolesterol yang anda derita.

artikel terkait: manfaat mentimun untuk hipertensi

  1. Mengatasi lemak mata

Lemak yang menumpuk di mata dapat menjadi penyebab berbagai jenis penyakit mata, salah satunya adalah mata minus atau rabun jauh. Kelainan mata minus akan sangat menyusahkan penderitanya karena tidak bisa melihat objek yang cukup jauh dan harus menggunakan bantuan dengan menggunakan kacamata. Namun penggunaan kacamata disinyalir dianggap justru bisa menambah jumlah minus mata. Oleh karena itu solusi terbaiknya adalah dengan melakukan pengobatan yang bisa mencegah terjadinya penyebab mata minus.

Salah satu tindakan preventif yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan bantuan dari daun manggis. Ini sudah banyak dibuktikan oleh para penderita mata minus. Anda bisa mengonsumsi ekstrak daun manggis yang kini juga banyak dijual di pasaran. Jika anda ingin mengonsumsinya anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter mata anda apakah aman atau tidak.

artikel terkait: manfaat daun kelor untuk ginjal

Itulah delapan manfaat dari daun manggis yang sangat berkhasiat untuk kesehatan tubuh manusia. Anda bisa mendapatkan manfaat seutuhnya dengan mengonsumsi ramuan dari daun manggis ini dengan rutin.

Cara Mengolah Daun Manggis

Setelah anda mengetahui apa saja manfaat dari daun manggis mungkin anda penasaran bagaimana caranya anda bisa mengonsumsi daun manggis sebagai obat herbal. Saat ini ketenaran daun manggis memang belum bisa menandingi kulit manggis sehingga produk yang ada di pasaran pun masih terbatas namun sudah ada saat ini.

  • Air rebusan daun manggis

Anda juga bisa membuat ramuan dari daun manggis ini yaitu dengan membuat air rebusan daun manggis. Caranya sangatlah mudah, anda hanya harus menyiapkan daun manggis sebanyak tiga lembar dan kemudian rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih. Setelah matang kemudian saring dan minum selagi masih hangat. Jika anda kurang suka dengan rasanya anda bisa menambahkan gula jawa, madu, daun salam dan sereh supaya bisa menghasilkan rasa yang enak dan aroma yang harum. Konsumsilah secara rutin supaya hasilnya bisa maksimal.

  • Ekstrak daun manggis

Selain anda bisa mendapatkannya di pasaran, anda juga bisa membuatnya sendiri. Cara yang digunakan tidak susah. Anda hanya harus menjemur daun manggis hingga benar-benar kering kemudian tumbuk sampai halus dan benar-benar halus dengan menggunakan tumbukan tradisional atau bantuan dari blender. Ekstrak daun manggis ini bisa anda minum dengan dibungkus kapsul atau dengan menyeduhnya menjadi minuman herbal seperti halnya teh atau kopi. Cara ini dirasa lebih praktis dan enak.

artikel terkait: manfaat gandum hitam

Demikian itulah ulasan mengenai manfaat daun manggis yang perlu anda ketahui, semoga bisa bermanfaat bagi anda yang saat ini sedang dalam gangguan penyakit.

, ,
Oleh :
Kategori : Herbal