4 Manfaat Tomat Untuk Wajah Setiap Hari

Tomat tidak hanya digunakan sebagai salah satu bahan makanan sehat melainkan juga berperan sebagai bahan untuk mempercantik diri. Tomat banyak dibudidayakan tidak hanya pada perkebunan untuk dikomersilkan melainkan juga pada rumah-rumah penduduk untuk dipakai secara pribadi. Buah tomat yang digunakan sebagai masker memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan kulit wajah karena memiliki banyak kandungan nutrisi serta zat antioksidan yang begitu diperlukan untuk kesehatan kulit.

Untuk mendapatkan hasil yang sempurna anda bisa menggunakan tomat sebagai masker dan digunakan secara rutin. Dibandingkan dengan penggunaan obat kimia, maka manfaat tomat untuk wajah ini, terbukti jauh lebih sehat. Berikut diantaranya !

1. Membuat Wajah Bercahaya dan Terasa Lebih Halus

Kulit wajah bercahaya bisa anda dapatkan dengan menggunakan tomat sebagai bahan masker atau mungkin untuk dikonsumsi sehari-hari. Untuk hasil yang baik tentu dianjurkan bagi anda untuk merawat wajah dari dalam dan dari luar. Di dalam tomat terdapat kandungan sehat berupa zat antioksidan yang dapat mencegah kulit kendur dan menambah kolagen pada kulit.

Masker dari tomat yang dicampur dengan putih telur mampu membuat kulit anda terasa lebih halus dan mulus. Cara membuatnya cukup mudah yaitu dengan mencampur satu buah tomat yang telah dibersihkan sebelumnya dengan 1 SDM putih telur lalu aduk hingga berubah menjadi pasta. Oleskan campuran tersebut hingga mengering dan bilas menggunakan  air dingin.

2. Mencegah Datangnya Jerawat dan Mengecilkan Pori-Pori

Tidak hanya mencegah kulit wajah anda berjerawat, namun tomat juga banyak digunakan untuk menghilangkan jerawat. Jerawat di wajah yang begitu banyak terlihat tekadang menjadi sumber turunnya kepercayaan diri seseorang. Bagi anda yang kurang suka cara dengan ribet yang bisa memakan waktu  lumayan lama, maka anda bisa menggunakan cara yang cukup mudah yaitu dengan menempelkan irisan tomat pada wajah anda.

Anda cukup menekan tomat hingga cairannya keluar. Hal ini dilakukan agar cairan pada tomat dapat diserap secara langsung oleh kulit lalu diamkan beberapa saat hingga cairan tersebut mengering. Perawatan bisa dilakukan hingga jerawat menghilang yaitu 2 kali dalam sehari.

Tidak hanya untuk mengatasi jerawat, namun penggunaan tomat juga dapat digunakan untuk mengatasi komedo yang menjadi sumber datangnya jerawat. Ukuran pori-pori di wajah seseorang ternyata memiliki pengaruh yang cukup besar dalam timbulnya jerawat di wajah. Semakin besar pori-pori seseorang maka timbulnya jerawat juga akan semakin besar. Mengonsumsi tomat secara rutin serta membuat masker tomat dapat memperkecil pori-pori sehingga kemungkinan timbul jerawat juga semakin kecil.

3. Terlihat Awet Muda

Di dalam tomat terdapat kandungan lycopene yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas serta mempercepat terjadinya regenerasi sel. Dalam hal ini, tomat dapat dapat membuat seseorang menjadi lebih awet muda. Membiasakan diri untuk mengonsumsi tomat sejak muda dapat menghindarkan anda dari penuaan dini.

4. Untuk Mendinginkan Kulit dan Melindunginya Dari Sinar UV

Bagi anda yang gemar beraktivitas di luar sehingga mendapat paparan secara langsung oleh sinar matahari, maka penggunaan tomat cocok bagi anda. Tomat dapat mendinginkan sekaligus menetralisir paparan sinar matahari. Caranya cukup mudah yaitu dengan menggunakan irisan tomat untuk ditempelkan pada wajah.

Di dalam tomat terkandung zat antioksidan yang dapat melindungi kulit dari paparan radikal bebas. Tidak hanya itu, namun tomat juga mengandung kolagen yang berperan sebagai penghalau atau pelindung kulit dari sinar UV. Paparan radikal bebas dapat memicu kerusakan sel serta dapat pula membuat kulit menjadi tampak lebih tua.

Selain manfaat tomat diatas, tomat juga dapat mengatasi gejala kulit yang berminyak. Ada orang yang cenderung memiliki wajah yang berminyak dan ada pula yang tidak. Untuk mengatasi kulit wajah yang mudah berminyak, anda bisa menggunakan masker tomat secara rutin untuk mengontrol produksi minyak berlebih pada wajah anda.

Sejumlah manfaat tomat lainnya :

Cara Membuat Masker Tomat

Anda bisa menggunakan tomat untuk dijadikan masker dalam merawat wajah dengan cara mencampur tomat dengan bahan-bahan sehat lainnya yang dapat meningkatkan khasiat tomat itu sendiri.

1. Tomat, lemon dan oatmeal

Cara menyiapkan masker ini cukup mudah yaitu dengan:

  • Menyiapkan tomat, oatmeal serta lemon yang sebelumnya telah dibersihkan
  • Blender tomat hingga halus lalu tambahkan perasan air lemon serta oatmeal kedalamnya.
  • Setelah bahan-bahan diblender hingga lembut, anda bisa mengoleskannya pada wajah serta leher secara merata. Biarkan selama kurang lebih 30 menit.
  • Setelah olesan kering dan meresap, bilas menggunakan air bersih dan lakukan secara rutin.

2. Tomat dan susu

Campuran kedua bahan tersebut dapat dijadikan sebagai masker yang kaya akan nutrisi, mineral serta beragam zat baik lainnya. Penggunaan tomat dan susu juga dapat digunakan untuk meremajakan kulit sehingga anda bisa tampak awet muda.

  • Siapkan tomat serta susu murni.
  • Blender tomat lalu tambahkan sedikit air.
  • Saring tomat dan gunakan airnya saja.
  • Campur menggunakan susu murni.
  • Simpan ke dalam lemari es hingga dingin.
  • Setelah campuran tersebut dingin, maka anda bisa mengoleskannya menggunakan kapas pada wajah dan leher.
  • Biarkan selama kurang lebih 10-15 menit dan bilas menggunakan air bersih.
  • Jangan lupa untuk dilakukan secara rutin.

3. Tomat dan madu

Kombinasi antara tomat dan madu menjadi kombinasi yang ampuh untuk mengatasi komedo, flek hitam serta jerawat. Selain itu, kombinasi ini juga dapat membuat kulit tampak lebih cerah.

  • Siapkan 2 buah tomat yang masih segar lalu blender layaknya membuat jus tomat.
  • Tambahkan 1 SDM madu ke dalamnya lalu aduk hingga merata.
  • Oleskan masker tesebut ke seluruh bagian wajah.
  • Tunggu kurang lebih 30 menit hingga masker mengering dan bilas menggunakan air bersih hingga sisa masker di wajah hilang.

4. Tomat dan maizena

Cara menggunakan tomat dan tepung maizena untuk merawat kesehatan wajah cukup mudah yaitu:

  • Haluskan tomat menggunakan blender. Lakukan tanpa menggunakan air di dalamnya.
  • Tambahkan 1 sendok maizena hingga membentuk pasta.
  • Gunakan secara merata di wajah lalu tunggu hingga kering dan bilas menggunakan air bersih.

Ada banyak sekali bahan-bahan yang bisa digunakan sebagai campuran masker tomat selain bahan-bahan di atas seperti jeruk nipis, gula dan lain-lain. Manfaat tomat untuk wajah yang digunakan secara rutin dapat membuat wajah anda tampak lebih cantik. Penggunaan secara teratur dapat membuat wajah anda semakin halus dan mampu menghilangkan jerawat, flek hitam dan mampu mengecilkan pori-pori.

Solusi untuk kecantikan kulit alami lainnya :