7 Manfaat Tomat untuk Mata Super Ampuh

Manfaat tomat untuk mata ternyata cukup penting sebagai buah yang dapat mengatasi berbagai masalah dengan mata. Tomat merupakan salah satu jenis buah yang sering digunakan sebagai sayuran. Selain untuk sayuran, banyak juga yang menkonsumsi tomat secara langsung, ada pula yang mengkonsumsi tomat dalam bentuk jus. Seperti apapun cara mengkonsumsi tomat, tomat akan selalu memberi manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Tomat merupakan salah satu jenis buah dengan siklus hidup pendek. Biasanya tomat hanya mampu berbuah sekali, tanaman ini merupakan salah satu jenis tanaman satu kali panen. Tomat kaya akan kandungan air sehingga dapat menggantikan cairan dalam tubuh. Berbagai kandungan nutrisi lain dalam buah tomat juga sangat baik untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat.

Tomat sangat kaya akan kandungan vitamin C dan vitamin A. Dalam satu buah tomat terkandung 22 kalori, 5 gram karbohidrat (1 gram serat, 3 gram gula, dan 1 gram protein). Tomat juga kaya akan antioksidan alami yang meliputi asam alfa lipoic, likopen, kolin, asam folat, beta karoten, dan lutein. Kandungan asam alfa lipoic dalam tomat dapat membantu mengontrol kadar gula dalam darah karena asam alfa lipoic dapat membantu pemecahan glukosa dalam darah menjadi energi. Asam alfa lipoic juga dapat membantu peremajaan sel otak dan saraf sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan otak.

Salah satu jenis antioksidan alami dalam tomat adalah likopen, zat yang membuat tomat menjadi berwarna merah. Kandungan likopen dalam buah tomat mampu memenuhi 80% kebutuhan likopen bagi tubuh per harinya. Antioksidan lain yang ada dalam tomat adalah kolin. Kolin berperan untuk pertahanan struktur membran sel, serta mengurangi peradangan kronis dalam tubuh.

Manfaat Tomat untuk Kesehatan

Kandungan nutrisi dalam tomat sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Tomat juga tidak mengandung lemak sama sekali, karena itu konsumsi tomat sangat cocok bagi orang-orang yang sedang melakukan diet sehat. Tomat juga baik untuk menjaga kesehatan pencernaan karena kaya akan serat dan air. Jadi manfaat apa saja yang dapat diperoleh dengan mengkonsumsi tomat setiap hari?


1. Mencegah Kanker

Tomat kaya akan kandungan antioksidan alami dan vitamin C. Keduanya sangat penting untuk menjaga kekebalan tubuh sehingga tidak mudah diserang penyakit. Bahkan banyak penelitian yang membuktikan bahwa konsumsi tomat saat melakukan diet terkontrol dapat menurunkan resiko timbulnya kanker pada tubuh, seperti kanker prostat, kanker usus, dan kanker paru-paru. Kandungan beta karoten pada buah tomat bekerja dengan menekan perkembangan sel kanker dalam tubuh.

 

 


2. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan kalium dalam buah tomat berperan dalam mengontrol tekanan darah. Tekanan darah tinggi (hipertensi) salah satunya disebabkan oleh asupan natrium yang terlalu berlebih. Konsumsi kalium dapat menurunkan dan mengontrol tekanan darah sehingga resiko timbulnya gangguan jantung dapat dicegah. Tekanan darah tinggi juga dapat berpotensi menimbulkan penyakit stroke. Karena itu, konsumsilah buah tomat karena dapat membantu kesehatan aliran darah.

  1. Manfaat kulit manggis
  2. Manfaat susu kedelai
  3. Manfaat buah mengkudu
  4. Manfaat semut jepang
  5. Manfaat kacang mete
  6. Manfaat buah naga
  7. Manfaat oatmeal
  8. Manfaat ikan
  9. Manfaat sari kurma
  10. Manfaat teh manis
  11. Manfaat donor darah
  12. Manfaat labu siam
  13. Manfaat wortel
  14. Manfaat jalan kaki
  15. Manfaat bersepeda


3. Meningkatkan Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Kandungan antioksidan dan juga vitamin C dalam buah tomat yang sangat tinggi baik untuk menjaga kesehatan kulit. Keduanya berperan dalam proses regenerasi sel sehingga kulit-kulit yang telah rusak atau mati dapat digantikan dengan cepat. Selain itu, antioksidan dan vitamin C juga menjaga kulit dari paparan radikal bebas sehingga tetap terlihat lembab, halus, dan terawat.


4. Melancarkan Proses Pencernaan

Konsumsi banyak tomat baik untuk menjaga kelancaran sistem pencernaan. Tomat kaya akan serat sehingga mengkonsumsi banyak tomat dapat meningkatkan cairan dalam tubuh, termasuk dalam sistem pencernaan sehingga menvegah terjadinya sembelit. Kandungan serat dalam buah tomat dapat membantu proses hidrasi dan juga melancarkan buang air besar.


5. Mencegah Stres

Asam folat dalam buah tomat ternyata bermanfaat untuk mencegah kelebihan pembentukan homosistein. Senyawa homosistein tersebut mencegah darah mencapai otak, bahkan mencegah aliran nutrisi ke otak. Kelebihan senyawa homosistein dapat mengakibatkan pembentukan hormon serotonin (hormon yang membuat bahagia) menjadi berkurang. Akibatnya stres lebih cepat muncul dan menimbulkan depresi. Konsumsi banyak tomat dapat mencegah gangguan tersebut. Asam folat dalam buah tomat juga dapat menyenyakkan tidur seseorang karena memberikan rasa rileks pada diri seseorang.


6. Menjaga Kehamilan

Berbagai kandungan nutrisi dalam tomat dapat membantu perkembangan janin dalam kandungan menjadi lebih optimal. Konsumsi tomat saat hamil dapat menekan resiko bayi lahir cacat, termasuk menghindarkan resiko cacat otak pada bayi.


Itulah beberapa manfaat konsumsi tomat bagi kesehatan tubuh. Kandngan nutrisi dalam tomat sangat baik untuk keseimbangan tubuh, karena itu konsumsilah tomat minimal 1 buah setiap harinya.

Manfaat Tomat untuk Mata

Selain berbagai manfaat yang telah disebutkan di atas, tomat juga memiliki khasiat besar untuk menjaga kesehatan mata. Kandungan nutrisinya dapat mempercantik dan memberikan menjaga penglihatan tetap optimal. Lalu berdasarkan kandungan nutrisinya, apa saja manfaat tomat untuk mata?

1. Menghindari Infeksi pada Mata

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, buah tomat sangat kaya akan vitamin A. Sudah diketahui banyak kalangan bahwa vitamin A merupakan salah satu senyawa penting untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin A banyak ditemukan dalam wortel, namun bagi Anda yang tidak terlalu menyukai wortel, Anda bisa menjadikan tomat sebagai salah satu alternatif untuk menjaga kesehatan mata karena tomat juga kaya akan vitamin A. Vitamin A dapat menghambat bakteri dan virus yang masuk melalui permukaan mata, selaput lendir, dan juga kulit mata, sehingga mata terhindar dari infeksi.

2. Menjaga Mata Tetap Lembab

Mata yang terkena paparan debu akan membuat mata menjadi cepat pedih dan kering. Keadaan ini akan mengakibatkan gangguan pada mata. Vitamin A dalam buah tomat bermanfaat untuk menjaga kelembaban mata. Manfaat Vitamin A dipercaya dapat menjadi solusi untuk pengobatan sindrom mata kering.

3. Mencegah Gangguan Penglihatan

Vitamin A dalam buah tomat sangat baik untuk mencegah berbagai gangguan mata yang berakibat pada menurunnya tingkat penglihatan. Berbagai gangguan pada mata seperti mata minus, silinder, katarak, glaukoma, dan beberapa jenis penyakit mata lainnya dapat dicegah dengan mengkonsumsi banyak tomat. Vitamin A pada buah tomat juga dapat mencegah perkembangan penyakit Stargardt. Penyakit Stargardt adalah penyakit warisan pada mata yang menyebabkan kehilangan kemampuan penglihatan yang parah pada usia yang relatif masih muda.

4. Mencegah Kerusakan Jaringan Mata

Lutein dan xeaxanthin adalah dua jenis senyawa yang dibutuhkan oleh mata. Keduanya juga merupakan senyawa terdapat dalam buah tomat. Mengkonsumsi tomat secara teratur dapat memenuhi kebutuhan lutein dan xeaxanthin bagi mata. Lutein dan xeaxantin yang berada pada lensa mata akan membantu proses penyaringan cahaya, juga menghilangkan sinar cahaya biru yang berpotensi merusak jaringan mata. Konsumsi tomat sebanyak 6.000 mikrogram per hari dapat menekan resiko degenerasi makula yang berkaitan dengan usia seseorang. Degenerasi makula merupakan gangguan mata yang ditandai dengan kerusakan pada retina mata.

5. Melindungi Mata dari Kerusakan

Radikal bebas berpotensi menyebabkan timbulnya berbagai infeksi dan penyakit pada mata. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan mata. Kandungan likopen pada buah tomat dapat menetralkan radikal bebas sehingga mencegah radikal bebas tersebut menginfeksi ata dan menimbulkan kerusakan.

6. Menunjang Produksi Melanin

Warna hitam yang jernih pada mata akan menambah daya tarik seseorang. Kandungan vitamin C dan tembaga dalam buah tomat membantu produksi melanin pada mata. Melanin adalah senyawa yang menyebabkan pigmen hitam pada bagian mata.

7. Menghilangkan Mata Panda

Lingkaran hitam pada mata atau yang sering disebut dengan mata panda merupakan salah satu efek yang timbul karena mata terlalu lelah. Kondisi tersebut dapat mengganggu penampilan seseorang. Merawat mata dengan tomat dapat meghilangkan mata panda tersebut. Gunakan potongan tomat untuk ditempelkan pada mata tertutup. Lakukan hal tersebut setiap malam agar mata menjadi rileks sehingga lingkaran hitam juga akan hilang secara bertahap.

Nah ternyata manfaat tomat untuk mata juga tidak kalah kan dibandingkan dengan kesehatan ? konsumsilah secara teratur.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 27th, January 2016 / 07:46 Oleh :
Kategori : Buah Buahan