15 Manfaat Tomat bagi Kecantikan Kulit

Anda tentu tahu apa itu buah tomat. Ya, buah yang berwarna merah ini kadang juga disebut sebagai salah satu sayuran. Warna merah pada buah tomat disebabkan karena kandungan Lycopene, yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Rasa buah tomat yang segar dan lezat, rupanya dapat diolah menjadi berbagai makanan. Pemanfaatan buah tomat yang beraneka ragam secara tidak langsung dapat memaksimalkan kegunaan buah tomat bagi kesehatan diberbagai lapisan masyarakat.


Asal-usul Buah Tomat

manfaat tomat bagi kecantikan kulitBuah tomat memang terdapat di seluruh dunia. Namun pernahkah terbersit pertanyaan, sebenarnya darimana asal buah tomat itu. Ada yang bilang buah tomat sudah dikenal oleh bangsa Aztec pada tahun 700 SM. Namun oleh bangsa Spanyol dibawa ke benua Eropa melalui pelayaran antar benua sekitar abad ke 16.

Rasa asam manis yang segar dari buah tomat segera menyita perhatian masyarakat dunia. Bahkan bagi orang-orang Italia, buah tomat mereka olah menjadi berbagai makanan seperti pasta tomat. Orang Italia sangat menggemari buah tomat. Dari olahan sederhana dengan menggoreng irisan tomat yang telah ditaburi garam dan lada sampai penggunaan buah tomat pada olahan pizza. Pada perkembangan selanjutnya kelezatan buah tomat berangsur-angsur dikenal di seluruh dunia.


Kandungan Nutrisi Buah Tomat

Buah tomat segar mengandung vitamin dan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan nutrisi buah tomat antara lain:

  • Lycopene

Kandungan Lycopene yang tinggi dalam buah tomat merupakan salah satu zat antioksidan yang berguna untuk mencegah radikal bebas. Selain bermanfaat untuk menjadikan anda awet muda, lycopene dipercaya mampu melindungi tubuh dari berbagai penyakit, antara lain :  penyakit diabetes, penyakit cardiovascular dan dapat mencegah penyakit kanker. Untuk kaum pria, mengkonsumsi buah tomat dapat meningkatkan kesuburan dan terhindar dari penyakit kanker prostat.

  • Vitamin C

Kandungan Vitamin C dalam buah tomat lebih tinggi dibandingkan dengan buah jeruk. Vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tubuh selalu sehat dan terhindar dari infeksi.

  • Vitamin B9

Manfaat vitamin B9 adalah untuk mempercepat regenerasi sel, merangsang tubuh untuk memproduksi enzim yang mampu mengontrol Homocysteine. Homocysteine adalah salah satu jenis protein yang terdapat dalam darah. Apabila kadar homocysteine dalam darah berlebih maka akan dapat menyumbat pembuluh arteri yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

  • Vitamin A

Buah tomat mengandung Vitamin A yang dapat membuat mata menjadi sehat dan bercahaya.

  • Zat Besi

Zat besi yang terkandung dalam buah tomat dapat menghilangkan rasa letih dan lesu pada penderita kurang darah akibat kekurangan zat besi.


Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, buah tomat dapat memelihara kecantikan kulit secara alami. manfaat buah tomat bagi kulit, yakni :

1. Membuat kulit lebih putih bercahaya

Semua wanita ingin mempunyai kulit yang sehat dan bercahaya. Barbagai perawatan dilakukan untuk memperolehnya, bahkan dengan menggunakan obat-obat kimia yang tidak jelas kandungannya. Ternyata kulit yang sehat dan bercahaya dapat diperoleh dengan sederhana jika anda rajin mengkonsumsi buah tomat. Selain alami dan tidak mengakibatkan efek samping, manfaat tomat untuk kulit yang kaya akan nutrisi ini berguna bagi kesehatan tubuh.

Kandungan vitamin dan nutrisi dalam buah tomat mengandung zat antioksidan yang dapat menambah kolagen kulit dan mencegah kulit menjadi kendur. Kulit yang kencang dan bersih membuat kulit terlihat putih bercahaya.

2. Mengatasi masalah jerawat

Jerawat di wajah bisa mempengaruhi rasa percaya diri kita. Ada cara yang mudah dan aman untuk mengatasinya. Ambillah satu buah tomat, iris menjadi beberapa irisan. Tempelkan irisan tomat pada wajah dengan ditekan sedikit, agar cairannya keluar dan dapat diserap oleh kulit wajah. Diamkan sampai terasa mengering. Sesudah itu bersihkan dan bilas wajah dengan air bersih. Lakukan perawatan ini dua kali sehari secara rutin sampai jerawat hilang.

3. Membuat kulit halus

Konsumsi buah tomat secara rutin dapat menghaluskan kulit. Selain mengkonsumsinya, kehalusan kulit dapat diperoleh dengan membuat masker dari buah tomat dan putih telur. Campurkan satu buah tomat yang sudah dihaluskan dengan satu sendok makan putih telur dan air secukupnya sehingga membentuk pasta.

Oleskan masker pada seluruh bagian wajah, biarkan mongering. Bilas wajah dengan air dingin.

4. Mendinginkan kulit

Kulit yang terpapar sinar matahari dapat didinginkan dan dinetralisir dengan mengompres wajah menggunakan irisan tomat. Tempelkan irisan buah tomat pada wajah, biarkan selama 10 menit. Setelah itu bilas dengan air dingin.

5. Membuat awet muda

Konsumsilah buah tomat secara rutin, baik buah tomat yang masih segar atau pun yang sudah diolah menjadi jus. Dengan kandungan lycopenenya, manfaat tomat bagi kecantikan kulit dapat menangkal radikal bebas dan mempercepat regenerasi sel, sehingga dapat membuat kita awet muda.

6. Menghilangkan komedo

Buatlah masker tomat dan oleskan pada wajah. Pemakaian yang rutin dapat menghilangkan komedo yang merupakan salah satu penyebab timbulnya jerawat.

7. Mengecilkan pori-pori pada wajah

Ukuran pori-pori wajah yang besar dapat memicu timbulnya jerawat. Dengan rajin memakai masker tomat dan meminum jus tomat segar, maka pori-pori wajah yang besar dapat dikecilkan.

8. Melindungi kulit dari radikal bebas

Kandungan zat antioksidan dalam buah tomat dapat melindungi kulit dari paparan radikal bebas yang dapat merusak sel dan dapat membuat kulit cepat menjadi tua.

9. Pelindung kulit dari sinar UV

Sinar UV (Ultra Violet) dapat merusak kolagen kulit. Rusaknya kolagen dapat menyebabkan keriput pada kulit wajah. Selain pencegahan luar dengan memakai tabir surya yang dioles pada wajah, konsumsi buah tomat dapat melindungi kulit kita.

Manfaat tomat bagi kecantikan kulit ini dengan cepat membantu tubuh untuk mengganti sel-sel yang rusak dengan sel baru. Dengan demikian kulit tetap kencang dan terhindar dari kerutan.

10. Menghilangkan kantung mata

Banyak hal menyebabkan timbulnya kantung mata. Kantung mata timbul akibat tekanan pada mata yang menyebabkan bagian bawah mata sedikit bengkak dan kelihatan berkantung. Adanya kantung mata membuat kita kelihatan seperti orang yang baru bangun tidur selain itu kita selalu terlihat seperti lesu dan letih.

Perawatan alami dengan buah tomat dapat menghilangkan kantung mata. Tempelkan irisan buah tomat pada mata yang lelah dan berkantung. Selain itu konsumsilah buah tomat yang segar.

11. Mengatasi permasalahan kulit berminyak

Wajah yang berminyak dapat mengakibatkan kulit menjadi kusam. Dengan menggunakan masker tomat secara rutin akan mengontrol produksi minyak pada wajah.

12. Mencegah kerusakan sel

Kerusakan sel dapat mengakibatkan timbulnya kerutan pada wajah. Dengan kandungan lycopene dalam manfaat tomat untuk kulit dapat mengatasi masalah ini.

13. Mencegah kulit mengalami kerusakan akibat eksim, kekeringan

Tomat sangat baik untuk mengatasi masalah pada kulit. Kekeringan pada kulit wajah akan menyebabkan flek-flek pada wajah bisa di hilangkan dengan kandungan tomat yang baik untuk kulit seperti kandungan zat besi, dan vitamin.

14. Menyehatkan kulit kepala

Tidak hanya baik untuk kulit tubuh kita saja. Kulit kepala kita juga akan menerima manfaat ketika kita mengkonsumsi tomat. Kulit kepala yang sehat dapat menyebabkan rambut tumbuh subur dan bercahaya.

15. Mengusir ketombe dari kulit kepala

Ketombe bisa disebabkan karena produksi minyak atau keringat pada kulit kepala. Oles pasta tomat dengan jus lemon pada kulit kepala. Diamkan selama 30 menit setelah itu bilas dengan air.

Pengembangbiakan Tomat

Peranan buah tomat baik bagi kesehatan tubuh dan kecantikan kulit, tentu saja sudah dikenal oleh hampir semua lapisan masyarakat. Cara mengembangbiakkannya juga terbilang mudah. Cukup tanam bibit pohon tomat yang diperoleh dari biji tomat yang sudah tua pada lahan pekarangan anda atau bisa juga ditanam dalam pot. Buah tomat yang dihasilkan tentu lebih segar dan alami.

Namun buah tomat segar yang dimakan pada saat perut dalam keadaan kosong atau sebelum makan, dapat memicu timbulnya asam lambung yang menjadi penyebab penyakit maag. Maka disarankan agar mengkonsumsi buah tomat segar setelah makan.

, ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan