Manfaat Biji Jambu Air Untuk Kesehatan

Jambu air memiliki berbagai varian warna mulai dari yang putih sampai merah merona. Buah ini memiliki kandungan air yang sangat banyak. Paling cocok saat dimakan di siang hari untuk menghapus dahaga. Ternyata buah jambu air ini memiliki banyak kandungan dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Buah jambu air memiliki banyak kandungan seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan berbagai mineral (magnesium, kalium, kalsium, fosfor, asam sitrat, tembaga, dan seng), tinggi protein dan serat.

Tidak hanya daging buahnya saja yang memiliki manfaat, namun biji jambu air ini juga sangat bermanfaat. Biji jambu air berbentuk bulat tidak teratur, biasanya dalam satu buah terdapat 3 – 4 biji yang menyatu ditengahnya. Rasanya pahit. Biji jambu air ini bisa digunakan sebagai obat dengan cara di keringkan terlebih dahulu. Setelah dikeringkan, biji jambu air dihaluskan dan bisa dikonsumsi dengan memasukkannya pada kapsul, atau diproses kembali sedemikian rupa agar mudah dikonsumsi kembali.

Manfaat biji jambu air untuk kesehatan :

  1. Mengobati diare

Kandungan serat yang tinggi dalam biji jambu air ini mampu meningkatkan proses penyerapan air dan nutrisi dalam usus. Diare terjadi karena proses penyerapan air dalam usus terganggu akibat adanya bakteri. Air dalam usus juga menjadi banyak akibat proses infasi dari bakteri di usus. Hal itu yang menyebabkan feses menjadi lebih cair. Biji jambu air yang juga mengandung anti bakterial mampu membunuh bakteri penyebab diare dalam usus dan membantu proses penyerapan yang baik dalam usus. Sehingga orang yang sedang diare, jika mengkonsumsi biji jambu air ini akan segera pulih.

Lihat juga :

  1. Mengobati asma

Asma dikenal sebagai penyakit dengan kesulitan bernafas. Biasa terjadi di malam hari karena pemicu dingin dan sebagainya. Asma terjadi karena penyempitan saluran pernafasan akibat alergen atau respon tubuh yang berlebihan. Biji jambu air mampu mencegah penyempitan dan mengobati asma.

Lihat juga :


  1. Menurunkan demam

Biji jambu air mengandung anti inflamasi atau anti peradangan. Demam adalah suatu respon tubuh terhadap adanya infasi bakteri dalam tubuh. Sistem kekebalan tubuh berusaha mempertahankan diri dengan menimbulkan peradangan yang menyebabkan demam. Efek anti inflamasi pada biji jambu air ini mampu meredakan peradangan dan menurunkan demam.

Lihat juga :

Saat ini sudah tersedia obat- obat alternatif dalam bentuk kapsul yang dijual dipasaran, termasuk obat dengan kandungan atau isi dari biji jambu air. Ini akan mempermudah Anda untuk mencarinya dikala dibutuhkan. Biji jambu air dapat menjadi alternatif pilihan Anda dalam mengatasi penyakit – penyakit diatas.

Baca juga :

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 27th, October 2016 / 05:09 Oleh :
Kategori : Buah Buahan