Manfaat Daun Pepaya Untuk Kolesterol Tinggi

Kolesterol meruapakan senyawa lemak berlilin yang dapat diproduksi oleh hati juga didapatkan dari makanan yang dikonsumsi. Seseorang dapat terkena resiko penyakit serius apabila kadar kolesterol dalam darah melampaui kadar normal. Penyakit yang mengintai penderita biasanya dikaitkan dengan pendendapan kolesterol yang berlebihan pada pembuluh darah, seperti stroke dan serangan jantung.

artikel terkait kolesterol:

Menurut WHO (2011), diperkirakan sekitar 35% penduduk Indonesia memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Kelebihan kolesterol dapat terjadi dikarenakan konsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi, kurang olah raga, kebiasaan merokok atau minum alcohol maupun keturunan. Diperlukan adanya gaya hidup sehat dalam menangani kondisi kolesterol tinggi.

Langkah utama yang dapat dilakukan dalam mencegah atau menurunkan kolesterol adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang. Makanan yang dikonsumsi haruslah rendah lemak. Anda pun juga dapat mengganti makanan yang mengandung lemak jenuh dengan buah, sayuran maupun biji-bijian utuh. Daun pepaya dianggap sebagai salah satu sayuran yang dapat membantu dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

artikel terkait: manfaat kolesterol

Lebih dekat mengenal daun Pepaya

Pepaya (Carica Papaya L.) merupakan tumbuhan dari Meksiko yang kini telah menyebar ke seluruh daerah tropis. Pohon pepaya dapat tumbuh hingga setinggi 5-10 m dengan batang yang umumnya tidak bercabang maupun bercabang sedikit. Hampir semua bagian dari pohon pepaya dapat dimanfaatkan, mulai dari batang, pohon, buah, biji, akar bahkan daunnya.

Daun pepaya marupakan daun tunggal yang berukuran besar, bercangap serta mempunyai bagian-bagian daun yang lengkap. Daun pepaya berbentuk bangun bulat dengan ujung meruncing dan tangkai yang panjang serta berongga. Daun pepaya termasuk daun yang bertulang menjari apabila dilihat dari susunan tulang daunnya, serta Nampak terlihat simetris apabila dilipat di bagian tengah. Daun muda pepaya terbetuk di tengah tanaman.

artikel terkait: manfaat akar pepayamanfaat daun pepaya muda

Nilai Gizi Daun Pepaya

Meskipun daun pepaya terasa pahit, namun daun pepaya memiliki kaya akan beragam gizi yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Rasa pahit pada pepaya disebabkan oleh enzim papain pada getah di daun pepaya yang juga terdapat pada batang.

Dalam setiap 100 gram daun pepaya, daun pepaya memiliki kandungan gizi yang sangat beragam yang sangat bermanfaat bagi tubuh seperti yang terlihat pada tabel di bawah ini.

Tabel 1. Kandungan Gizi Daun Pepaya

Kandungan Jumlah (per 100 gram)
Vitamin A 18250 SI
Vitamin B 0,15 mg
Vitamin C 140 mg
Kalori 79 kal
Protein 8,0 gr
Lemak 2,0 gr
Karbohidrat 11,9 gr
Kalsium 353 mg
Air 75,4 gr

Selain itu, daun pepaya juga memiliki kandungan senyawa kimia yang terdiri dari alkaloid dan sapoin. Daun pepaya juga mengandung enzim papain, alkaloi karpaim, pseudokarpin, glikosid, karposid dan saponin. Beragam gizi yang terdapat dalam daun pepaya tersebut memiliki kemampuan pula untuk menyembauhkan berbagai macam penyakit.

artikel terkait: manfaat pepaya untuk dietmanfaat jamu daun pepaya

Mengapa Daun Pepaya Bermanfaat untuk Kolesterol?

Telah disebutkan bahwasanya konsumsi makanan yang banyak mengandung lemak jenuh dapat menyebabkan seseorang mengalami kolesterol tinggi, terutama bila dikonsumsi sering. Seseorang yang mempunyai kadar kolesterol tinggi sangat disarankan untuk sering mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tak jenuh seperti buah, sayuran maupun biji-bijian utuh. Dari jenis sayuran, Anda dapat mengkonsumsi daun pepaya untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Kandungan serat pangan yang terdapat dalam daun pepaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol maupun eksresi asam empedu dalam tinja. Hal ini berguna pula untuk menurunkan kadar lemak dan kolesterol guna mencegah timbulnya penyakit jantung.

artikel terkait: manfaat sabun BDL pepayamanfaat pepaya untuk asam lambung

Demikian merupakan informasi yang dapat kami sajikan mengenai manfaat daun pepaya untuk kolesterol. Setelah Anda mengetahui manfaat ini, ada baiknya bagi Anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi untuk mengkonsumsi banyak daun pepaya. Namun ingat, silahkan Anda konsultasikan kepada dokter Anda mengenai hal ini. Tetap sehat dan semoga bermanfaat!

, , ,
Oleh :
Kategori : Herbal