5 Manfaat Tomat Untuk Kulit Dan Kecantikan Wajah

Anda tentu sudah tidak asing lagi jika mendengar kata tomat bukan? Walaupun sering dikatakan sebagai sayur namun tomat ini sebenarnya masuk dalam kategori buah-buahan. Ya buah tomat memiliki penampakan berbentuk bulat dengan warna oranye cerah kemerah-merahan ini ternyata selain enak dijadikan makanan juga sangat bermanfaat bagi tubuh lho. Lebih serunya lagi, tomat ini dapat diolah menjadi berbagai hidangan dan minuman sesuai selera.

artikel terkait:

Tomat kaya akan antioksidan alami yang disebut dengan likopen. Likopen merupakan salah satu antioksidan alami yang paling kuat untuk memerangi radikal bebas yang menyebabkan tumbuhnya sel kanker. Selain itu di dalam tomat juga mengandung zat lainnya yang bermanfaat seperti  vitamin A, vitamin C, beta karoten, gula, kalori,  alfa karoten, dan lutein. Oleh karena itu tidak mengherankan jika tomat ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Manfaat tomat bagi kecantikan

Selain sangat baik untuk kesehatan tubuh ternyata tomat ini juga dikenal sangat baik untuk kecantikan wajah. Wah, pastinya ini menjadi angin segar ya bagi anda semuanya yang ingin memiliki wajah cantik, terawat dan sehat lebih hebatnya lagi ini alami tanpa mengandung bahan kimia yang pasti sangat aman digunakan. Yuk, kenali apa saja manfaat tomat bagi kecantikan wajah berikut ini.

  1. Merawat kulit

Lapisan ozon yang makin menipis di atmosfer bumi mengakibatkan sinar matahari masuk ke dalam bumi tanpa tersaring lagi. Begitu pula dengan paparan sinar UV yang sangat berbahaya bagi kulit. Kulit yang terpapar sinar UV dalam jangka panjang tidak hanya membuat kulit kering, kusam dan berjerawat saja namun juga menimbulkan masalah kesehatan lainnya yang lebih serius seperti kanker kulit.

Kandungan likopen dalam tomat yang tinggi dipercaya mampu melindungi kulit dari paparan sinar UV sehingga membuatnya tampak lebih muda. Selain itu tomat juga mengandung vitamin C dan kolagen yang berfungsi sebagai antioksidan alami yang menjaga kulit dari radikal bebas dan senantiasa melembabkan kulit sehingga kulit tetap sehat, kenyal dan tidak kusam.

artikel terkait: manfaat tomat rebus

  1. Mengecilkan pori-pori

Pori-pori yang besar dan membuka membuat kuman dan bakteri dapat dengan mudahnya masuk ke dalam kulit apalagi dengan adanya polusi saat ini yang sangat banyak. Selain itu, pori-pori yang besar juga dapat menyebabkan keluarnya minyak berlebihan sehingga juga dapat muncul jerawat dan komedo. Untuk membantu mengecilkan pori-pori anda bisa menggunakan tomat.

Caranya cukup mudah untuk diaplikasikan sendiri di rumah yaitu dengan mengahluskan tomat yang dicampur air perasan jeruk nipis. Kemudian aplikasikan pada wajah anda yang sudah dicuci bersih sebelumnya. Oleskan di wajah secara merata terutama pada bagian yang menurut anda bermasalah seperti jerawat atau berminyak. Diamkan selama 15 menit dan setelah kering anda bisa membilasnya dengan air bersih dan keringkan dengan handuk bersih. Lakukan ini pelan-pelan tidak perlu menggosok wajah terlalu keras.

artikel terkait: manfaat buah tomat mentah


  1. Mencegah jerawat

Meskipun saat ini banyak produk masker berbahan ekstrak tomat namun tidak ada salahnya jika anda membuat masker tomat ini sendiri ya karena lebih sehat dan alami. Caranya sangat mudah, anda hanya harus membelah tomat menjadi dua bagian dan kemudian gosok pada wajah hingga cairan tomat masuk ke dalam pori-pori wajah. Setelah itu bilas dengan air dingin supaya pori-pori menutup dan tidak ada bakteri serta kuman yang masuk ke dalam kulit sehingga jerawat pun tidak bisa muncul. Wajah berjerawat kerap kali menjadi biang masalah, oleh karena itu anda sebaiknya melakukan perawatan dengan tomat ini secara rutin ya.

artikel terkait: manfaat tomat untuk wajah

  1. Pendingin wajah

Manfaat lainnya dari masker tomat adalah untuk mendinginkan wajah. Wajah yang sejuk akan terasa lebih segar dab awet muda. Anda bisa menambahkan yoghurt pada masker tomat ya supaya dapat masuk ke dalam kulit dan memberikan kelembaban. Masker tomat campur yoghurt ini juga mampu mengatasi minyak berlebih, menghilangkan bekas jerawat dan mengurangi efek negatif dari paparan sinar UV.

artikel terkait: manfaat tomat cherry

  1. Mencerahkan wajah

Buah tomat juga bermanfaat untuk mencerahkan wajah. Untuk membuat masker tomat yang mencerahkan wajah cukup mudah dan dapat anda lakukan mandiri di rumah. Caranya anda hanya harus mengiris buah tomat dan satu buah alpukat kemudian tumbuk atau blender keduanya sampai halus. Setelah itu jangan lupa untuk mencuci wajah terlebih dahulu sebelum mengoleskan masker tomat. Hal ini penting dilakukan supaya nutrisi dalam masker tomat dapat menyerap dengan baik ke dalam kulit.

Oleskan masker tomat dan alpukat ke wajah dan diamkan selama 30 menit saja atau anda bisa menambahkannya menjadi 45 menit supaya pori-pori kulit juga dapat dibersihkan dengan masker ini. Kandungan zat alami dalam tomat berfungsi sebagai antiseptik juga mampu menghidrasi kulit dengan baik sehingga tidak ada lagi masalah kulit kering. Pori-pori yang bersih dan tidak membuka ini merupakan salah satu kunci supaya tidak muncul minyak dan jerawat serta komedo. Jadi wajah anda akan lebih cerah dan sehat. Setelah selesai bilaslah dengan menggunakan air dingin atau air es supaya pori-pori mengecil dan kulit lebih segar.

artikel terkait: manfaat tomat untuk diet

Cara Mendapatkan Manfaat Tomat untuk Kulit

Untuk bisa mendapatkan manfaat dari kandungan zat likopen yang ada di dalam tomat maka efektifnya adalah dengan memakan buah tomat secara langsung apalagi jika buah tomat diolah seperti direbus terlebih dahulu maka manfaatnya akan lebih terjaga. Zat likopen ini juga lebih efektif diserap oleh tubuh jika dicampur dengan lemak nabati misalnya minyak zaitun, madu dan buah alpukat.

Lalu bagaimana cara yang bisa digunakan untuk mendapatkan manfaat dari tomat ini? Berikut adalah ulasan lengkapnya.

  1. Menggosok langsung di wajah

Cara merawat kulit dengan tomat yang paling mudah dan ampuh adalah dengan menggosokkan tomat langsung di wajah. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Potong tomat menjadi dua bagian namun pastikan tomat sudah dicuci bersih terlebih dahulu,
  • Kemudian tempelkan tomat pada wajah atau di bagian jerawat dan komedo supaya lebih efektif. Gosokkan tomat tadi, pelan-pelan saja sampai air tomat keluar.
  • Anda juga bisa melakukan pijatan lembut di area tadi setelah isi dan air tomat keluar supaya dapat lebih meresap ke dalam kulit. Lakukan hal ini selama beberapa menit.
  • Jika dirasa sudah cukup maka segera bilas wajah dengan menggunakan air dingin atau air es sampai bersih. Keringkan dengan handuk halus dan bersih.
  • Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil optimal.

artikel terkait: manfaat tomat untuk mata

  1. Membuat masker tomat

Hal yang umum dilakukan untuk merawat kulit dengan tomat adalah dengan membuatnya menjadi masker. Cara pembutannya sangat mudah.

  • Haluskan isi buah tomat, anda juga bisa menambahkan madu atau minyak zaitun atau putih telur sesuai selera.
  • Setelah itu seperti menggunakan masker biasanya selama kurang lebih 30 menit.
  • Lakukan pemakaian masker tomat ini secara rutin 3 hingga 4 kali dalam seminggu.
  • Berbagai masalah kulit seperti jerawat, kulit berminyak dan komedo akan teratasi lebih cepat.

artikel terkait: manfaat jus tomat campur kacang panjang

artikel terkait: manfaat tomat

  1. Menjadikan pasta tomat

Tidak jauh berbeda dengan masker tomat, pasta tomat dibuat dengan tekstur yang lebih keras namun tetap halus. Anda bisa memblender tomat dengan campuran lainnya sesuai selera dan oleskan pada wajah anda. Biasanya pasta tomat ini digunakan untuk mengatasi kulit radang dari adanya jerawat yang cukup parah.

Itulah ulasan singkat mengenai manfaat tomat untuk kulit dan kecantikan. Tidak ada salahnya anda mengonsumsi buah tomat secara rutin supaya kulit sehat, cantik dan awet muda serta tubuh anda sepenuhnya juga sehat. Terima kasih dan semoga bermanfaat bagi anda semua.

, ,
Oleh :
Kategori : kecantikan