10 Manfaat Oatmeal untuk Penderita Asam Urat

Oatmeal sangat baik untuk program pemenuhan kebutuhan nutrisi harian untuk anak anak dan dewasa, hanya saja karena oatmeal memiliki kandungan purin yang sedang. Sangat disarankan bagi pengidap penyakit asam urat untuk mengkonsumsinya secara wajar yaitu tidak lebih satu mangkuk ukuran sedang dalam satu harinya, agar manfaat dari oatmeal dapat dirasakan secara maksimal terhadap asam urat itu sendiri dan bukan sebaliknya.

Inilah manfaat Oatmeal untuk asam urat atau orang-orang yang mempunyai kadar purin tinggi dalam tubuh :

  1. Mengkonsumsi Oatmeal satu mangkuk ukran sedang dapat menurunkan berat badan agar terhindar dari bobot tubuh yang berlebih. kegemukan dapaat membuat jumlah asam urat dalam darah meningkat secara sistematik sedangkan pengeluarannya melalui urin justru terhambat dan tidak lancar.
  2. Mengkonsumsi oat setiap pagi dapat mempercepat pengeluaran zat asam urat berlebih melalui urin dan keringat.
  3. Oatmeal memiliki kadar purin yang tidak tinggi namun tetap berhati hati bagi penderita asam urat, mengkonsumsi hanya satu mangkuk saja perharinya, hal ini untuk menstabilkan kadar asam urat agar tidak mengalaami peningkatan.
  4. Oatmeal dapat dicampurkan dengan jus buah naga merah secukupnya aagr dapat menghilangkan rasa nyeri oada persendian akibat kadar asaam urat sedang melonjak naik. buah naga dipercaya dapaat juga menyembuhkan pembengkakan disekitar pwersendian tersebut.
  5. Oatmeal yaang dicampur dengan sedikit buah naga merah dapat menghentikan rasa ngilu pada sendi dan seperti sedang tertusuk jarum yang berlangsung berulang ulang.
  6. Asam amino yang ada pada Oatmeal dapat mengurangi peningkatan asam urat seseorang yang habius mengkonsumsi makanan yang memiliki zat logam dan purin tinggi misalnya kepiting, keong laut, cumi cumi, kerang dan sebagainya.
  7. Nurtrisi lengkap pada oatmeal jika disantap dengan ukuran yang moderat(waajar) setiap hari secara teratur dapat memperlancar penghancuran purin berlebih dalam darah dan mempercepat pengeluaran purin lewat saluran kemih yang berbentuk cairan berupa urin.
  8. Nutrisi pada oatmeal mampu memperbaiki jaringan sendi yang mengalami peradangan dan kerusakan akibat penumpukan purin yang berlebihan disekitar persendian.
  9. Oatmeal dapat membantu tubuh mempercepat proses penghancuran dan pemecahan zat purin berlebih dalam darah ketika seseorang sedang melakukan olahraga yang teratur.
  10. Oatmeal dapat mencegah terjadinya pembengkakan disekitar persendian yang menjadi pemicu seseorang sulit untuk berjalan. rasa nyeri akan semakin berkurang  ketika seseorang sedang buah air kecil karena padaa asaat itulah zat purin terbuang.

Resep Oatmeal untuk Penderita Asam Urat

Untuk penderita asam urat yang sering kambuh, sebaiknya mengkonsumsi Oatmeal dengan sedikit tambahan makanan bernutrisi lain, agar asam urat segera dapat disembuhkan dan zat purin. Mudah untuk dibuang melalui saluran kemih yang nantinya akan dikeluarkan dalam bentuk urin.

  • Oatmeal + buah ceri

Buah ceri mempunyai zat Antosianin yang ampuh menguraangi kadar asam urat yang berlebihan pada persendian daan mencegah pembengkakkn yang mengakibatkan seseorang jadi kesulitan berjalan. jika buah ceri digabungkan dengan Oatmeal maaka nutrisinya akan semakin kuat dalam bekerja untuk proses penurunan kadar asam urat yang berlebihan.

  • Oatmeal + Buah Apel +air teh hijau

Buah apel jenis apapun memiliki kandungan asam malat yang dapat mengahmbat kenaikan asam urat lalu menetralkannya agar tetap stabil. Buah apel bisa diblender terlebih dahulu kemudian campurkan pada Oatmeal dan diaduk berulangkali dengan penambahan seduhan air teh hijau.

  • Oatmeal + Cuka apel

Tambahakan oatmeal dengan 3 sendok makan cuka apel dan aduklah sambil menambahakan air mataang hangat secukupnya. adonan yang menyegarkan ini dapaat menetralkan rasa nyeri pada persendian dan menghilangkan rasa ngilunya secara berlahan lahan. dapat dikonsumsi setiap pagi setelah makan.

  • Oatmeal + pisang

Pisang selain mengaandung kalium ternyata mempunyai zat yang dapat mengurangi kadar asaam urat yang berlebihan didaalam darah sehingga dapat mencegah seseorang terserang peningkatan asam urat. pisang dapat dihancurkan bersama Oatmeal yang ditambahkan sedikit dengan air Teh hijau yang juga terkenal ampuh dalam tugasnya menurunkan kadar zat purin dalam darah.

  • Oatmeal + kacang pinto

Kacang pinto kaya dengan zat asam folat yang mampu mengurangi dan menstabilkan zat purin berlebih yang ada pada persendian . Oatmeal yang sebelumnya telah dicampur denagn air matanag yang hangaat bisa dicampur dengan kacang pinto yang telah dikukus.

Yang perlu dilakukan selama mengkonsumsi oatmeal adalah :

  1. Tidak mengkonsumsi makanan jenis jeroan misalnya usus, hati, ampela, otak, babat, jantung dan lain lain.
  2. Menghindari makanan jenis sea food misalnya tiramn, kerang, kepiting, cumi cumi dan lain lain.
  3. Tidak mengkonsumsi jenis daging yang berkaraakter daging panas seperti daging kambing, sapi, kuda dan sebagainya.
  4. Tidak mengkonsumsi daging olahan yang telah mendapatkan proses pengawetan seperti dendeng dan abon ayam atau sapi.
  5. Tidak mengkonsumsi oatmeal dalam jumlah yang berlebihan, karena oatmeal masih memiliki zat purin walaupun hanya sedikit. jika berlebihan akan meningkatkan asam urat dalam darah .
  6. Jangan membiarkan anda kurang minum. karena ketika tubuh terserang dehidrasi maka pada saat itu pula ginjak akan kehilangan kemampuanyan untuk menyaring dan membuang kelebihan asam urat lewat urin agar kadar asam urat didalan darah semakin berkurang. kondisi itu sangat sia sia jika anda mengkonsumsi oatmeal, karena manfaatnya tidak akan terasa dalam kondisi tubuh kurang cairan (dehidrasi).
  7. Seseorang bisa terserang stres berat ketika pasca operasi selesai, dalam kondisi seperti itu orang tersebut saangat membutuhkan nutrisi lengkap untuk mengembalikan kesehatannya. hal ini dapat didapat dari oatmeal yang didalamnya terdapat banyak nutrisi sehat, namun perlu dipertimbangkan karena ketika seseorang sedang stress maka cenderung kadar asam uratnya meningkat. kondisi ini sepertinya tidak memungkinkan untuk mengkonsumsi oatmeal yang didalamnya juga terdapat zat purin walaupun dalam jumlah yang sedikit.
  8. Ketika seseorang mempunyai kadar asam urat yang tinggi sebaiknya tidak  mengkonsumsi obat obatan yang berhubungan dengan pengobatan jantung dan hipertensi karena dapat memicu peningkatan asam urat dengan tiba tiba. sebaiknya berhati hatilah mengkosumsi oatmeal , hindari penggunaan yang berlebihan.
  9. Seseorang yang mempunyai kadar asam urat tinggi didalam persendiannya sebaiknya menjauhi minuman beralkohol ataupun dalam bentuk anggur putih. alkohol dapat meningkatkan kadar asam urat pada orang yang sehat dan akan mempercepat parahnya penyakit asam urat terhadap orang orang yang memiliki zat purin tinggi didalam darahnya dan  Kondisi inipun tak memungkinkan seseorang untuk mengkonsumsi oatmeal.
  10. Untuk menghindari agar kadar asam urat dalam darah tidak berlebihan maka janganlah mengkonsumsi makanan yang mempunyai kadar protein hewani tidak diatas 150 gr perharinya. selama mengkonsumsi makanan berprotein hewani sebaiknyaa konsumsilah oatmeal hanya satu mangkuk perhari. hali ini untuk menstabilkan kadar sam urat agar tidak meningkat.

Benarkah diet sembarangan dapat meningkatkan kadar asam urat dalam persendian?

  • Program diet yang sesuai dengan standar kesehatan adalah baik bagi tubuh tetapi jika dilakuan dengan sembarangan dan semataa mata dilakukan hanya untuk mendapatkan bobot yang diinginkan, maka hal itu hanya akan meningkatkan asam urat dalam tubuh.
  • jika diet ketat tanpa diimbangi asupan gizi yang memadai maka tubuh akan kekurangan gizi seimbang  dalam jangka yang cukup lama, mka kadar asam urat didalan persendian akan meningkat tajam. pada saat itulah oatmeal tidak boleh dikonsumsi karena bisa memperparah asam uratnya , hal itu disebabkan  didalam oatmeal terdapat zat purin walaupun dengan kadar yang rendah.

Lakukan diet sehat sesuai dengan rekomendasi ahli gizi atau sesuai dengan standar kesehatan yang sebanyak banyaknya dapat dicari informasinya lewat dokter atau bidan terkait agar didapat pemahaman yang benar tentang bahayanya diet sembarangan terhadap peningkatan asam urat.

, , , ,
Post Date: Tuesday 29th, March 2016 / 07:53 Oleh :
Kategori : Kesehatan