15 Manfaat Kulit Manggis untuk Ginjal (#Anda Wajib Tahu)

Manggis merupakan salah satu jenis buah yang banyak mengandung manfaat. Selain daging buah memiliki rasa yang enak, beberapa bagian dari manggis ini juga dapat dimanfaatkan sebagai obat. Salah satu bagian dari manggis yang banyak dimanfaatkan adalah kulit buah manggis. Pada kesempatan ini kita kan membahas mengenai kulit buah manggis.

Nutrisi

Sebagai bahan herbal dan alami, kulit manggis mengandung banyak sekali nutrisi atau gizi. Beberapa nutrisi yang terkandung di dalam kulit manggis ini antara lain:

  • Xanthone. Kandungan pertama yang banya terdapat pada kulit amnggis adalah Xanthone. Xanthone merupakan zat anti oksidan alami yang mempunyai kadar tinggi dan memiliki sifat baik dan juga bermanfaat bagi tubuh. Dalam senyawa xanthone ini teridentifikasi sekitar 14 jenis senyawa turunannya. Salah satu senyawa turunannya yangbanyak terdapat dalam manggis adalah alfa- mangostin. Alfa- mangostin ini merupakan senyawa yang sangat berkhasiat untuk menekan pembentukan senyawa karsinogen pada kolon. Selain alfa- mangosten, senyawa xanthone ini juga mengandung gamma- amngostin yang banyak memberikan manfaat dalam memproteksi atau melakukan upaya pencegahan terhadap serangan penyakit tertentu.
  • Tanin. Tanin merupakan salah satu senyawa yang terkandung dalam kulit buah manggis. Tanin ini memiliki sifat anti- oksidan yang mampu menghambat enzim- enzim tertentu. Tanin ini juga disebut sebagai anti- nutrisi karena mampu membentuk kompleks kuat dengan protein sehingga menghambat penyerapan protein dalam pencernaan.
  • Antosianin. Antosianain merupakan kelompok pigmen yang terdapat di dalam tanaman, dan biasanya banyak ditemukan pada buga, sayuran, dan juga buah- buahan. Antosianin ini juga memiliki kemampuan anti oksidan yang baik dan juga memiliki peranan yang penting dalam mencegah beberapa penyakit.
  • Anti- Inflamasi (Peradangan). Kulit manggis mempunyai kekuatan anti inflamasi atau anti peradangan. Kandungan ekstrak etanol yang ada di dalam kulit buah manggis mampu meredam adanya radikal bebas secara kuat.
  • Anti- Kanker. Kulit buah manggis memiliki sifat antiproliferasi yang berfungsi menghambat pertumbuhan sel- sel kanker. Selain itu kandungan ini juga mampu menghancurkan sel kanker.
  • Anti- Mikroba Kulit buah manggis terkenal memiliki daya anti mikroba terhadap beberapa bakteri seperti Staphylococcus aureus.

Kulit manggis sudah dikenal sejak dahulu sebagai bahan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh dari buah manggis ini. Maka dari itu banyak sekali ramuan- ramuan yang dibuat dari kulit manggis ini, baik itu di ekstrak dalam bentuk bubuk, kapsul, maupun dibuat semacam cairan seperti sirup atau jus.

Manggis Untuk Ginjal

Seperti yang kita ketahui bersama bahwasannya ginjal merupakan organ yang sangat penting bagi tubuh manusia. Ginjal ini berfungsi untuk menyaring atau melakukan filtrasi pembuangan elektrolit sehingga nutrisi dapat dipilah- pilah dan diserap. Apabila ginjal mengalami kerusakan maka bahaya bagi tubuh manusia. Namun, tahukah Anda bahwa ginjal ini dapat dirawat dengan kulit manggis? Kulit manggis mempunyai berbagai manfaat untuk kesehatan ginjal.

Berbagai manfaat yang dapat di hasilkan dari kulit manggis untuk kesehatan ginjal antara lain:

  1. Membantu sistem kerja ginjal dalam filtrasi.

Salah satu manfaat kulit manggis untuk kesehatan ginjal antara lain adalah membantu filtrasi ginjal. Kulit manggis mengandung senyawa yang mampu membantu sirkulasi darah dan juga membantu proses pembuangan elektrolit di dalam tubuh.

  1. Membantu mencegah penyakit batu ginjal

Batu ginjal merupakan salah satu penyakit yang menyerang ginjal. Penyakit gatu ginjal biasanya tidak akan menyebabkan gejala sakit sebelum batu ginjal tersebut bergerak ke dalam pipa yang menghubungkan ginjal dengan kandung kemih. Jika hal tersebut terjadi, maka tubuh kita akan mengalami beberapa gejala sebagai berikut:

  • Nyeri yang parah pada bagian sisi punggung atau di bawah pinggul
  • Nyeri yang terasa menyebar ke bagian bawah tubuh dan juga pangkal paha
  • Terasa nyeri pada saat buang air kecil
  • Urin yang dikeluarkan berwarna pink, merah, ataupun coklat
  • Sering mual dan muntah
  • Frekuensi buang air kecil menjadi bertambah
  • Demam dan menggigil pada saat infeksi terjadi
  1. Mengatasi penyakit ginjal polykistik

Penyakit ginjal polykistik merupakan satu jenis penyakit ginjal yang berupa kelainan dari kelompok-kelompok kista yang berkembang di daerah ginjal. Gejala penyakit ginjal polykistik antara lain:

  • Tekanan darah tinggi
  • Sering mengalami sakit kepala
  • Sering sakit pinggang bagian belakang dan samping
  • Perut buncit
  • Seringkali buang air kecil
  • Terdapat darah pada urin
  • Terdapat infeksi pada saluran kandung kemih
  • Gagal ginjal
  • Batu ginjal

Penyakit ginjal polykistik dapat diatasi dengan menggunakan kulit manggis. Hal ini karena kulit manggis memiliki efek diuretic yang terbukti mampu mengeluarkan batu ginjal melalui urin. Selain itu kulit manggis juga berfungsi mencegah terbentuknya batu ginjal karena sifat basa yang dimiliki oleh kulit manggis tersebut.

Jika Anda mengalami gejala- gejala demikian, maka kemungkinan Anda terserang batu ginjal. Jika sudah terjadi demikian maka sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter. Atau salah satu yang dapat dilakukan adalah pencegahan dengan buah manggis. Buah manggis dapat mencegah terjadinya batu ginjal karena didasarkan pada kebiasaan seseorang yang mengonsumsi buah manggis akan sering mengalami buang air kecil. Karena seringnya buang air kecil ini maka jadi terhindar dari penyakit batu ginjal.

Itulah beberapa manfaat utama yang dihasilkan oleh kulit manggis untuk kesehatan ginjal kita. jika kita rutin mengonsumsi kulit manggis dengan cara di ekstrak atau juga di jus, maka kita akan lebih mudah mendapatkan ginjal yang sehat. Jika ginjal yang kita miliki sehat maka akan membuat penyaringan atau filtrasi menjadi lancar sehingga nutrisi- nutrisi yang kita peroleh dapat dipisah- pisah dan akan diserap tubuh dengan baik.

Manfaat Kulit Manggis Bagi Kesehatan

Kulit manggis ini jika kita telusuri dengan seksama maka akan mempunyai berbagai manfaat yang sangat banyak bagi tubuh kita. Berbagai manfaat yang akan kita peroleh dari kulit manggis ini antara lain:

  1. Mencegah dan mengobati penyakit kanker

Hasil penelitian dari kulit manggis menghasilkan bahwa ternyata kulit manggis dapat mencegah pertumbuhan sel kanker sekaligus menghancurkannya. Hal ini akan sangat berguna bagi seseorang yang sudah terinfeksi kanker untuk  terhindar dari stadium yang lebih lanjut. Kulit manggis mengandung zat xanthone dan memiliki sifat anti poliferasi danapoptosis yang menjadi pemusnah sel- sel kanker dan juga efektif untuk mencegahnya.

2. Menjaga kesehatan jantung

Kulim manggis merupakan salah satu bahan herbal yang sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan jantug kita. Meberapa manfaat kulit manggis untuk kesehatan jantung antara lain: menurunkan kolesterol jahat di dalam darah, memperkuat dan melancarkan pembuluh darah, membantu pencegahan penyakit jantung koroner atau penyakit jantung biasa, menurunkan tekanan darah tinggi.

3. Membantu menyehatkan pencernaan

Kulit manggis mengandung manfaat untuk menyahatkan pancernaan yang ada di dalam tubuh kita. Beberapa manfaat kulit manggis yang berhubungan dengan sistem pencernaan antara lain membantu mengatasi diare, mencegah terjadinya radang usus besar, menurunkan penyakit asam lambung yang terangkat di tenggorokan, mencegah sindrom kelainan pada usus besar, dan mencegah terjadinya radang usus kecil.


4. Menyehatkan kulit

Selain barmanfaat untuk menyehatkan barbagai organ dalam tubuh manusia, kulit manggis juga bermanfaat bagi kesehatan kulit. Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari kulit manggis yang berhubugan dengan kulit antara lain meremajakan kulit dan  mencegah kulit dari gejala penuaan dini.

5. Memperkuat sistem kekebalan pada tubuh

Kulit manggis juga dapat mempertebal sistem pertahanan atau sistem kekebalan pada tubuh. Hal ini karena kandungan antioksidan yang terdapat di dalam kulit manggis. Anti oksidan alami ini akan sangat ampuh untuk meningkatkan perlindungan bagi tubuh terhadap berabagai macam penyakit dan juga membuang radikal bebas yang dapat menimbulkan berbagai gejala penyakit, khususnya penyakit kanker.

6. Menurunkan kadar gula dalam darah

Kulit manggis ternayata merupakan bahan herbal yang sangat berguna bagi penderita diabetes dan juga semua manusia yang terkena resiko diabetes. Pasalnya, kulit manggis ini merupakan bahan herbal alami yang sangat berguna untuk mengurangi kadar gula dalam darah dengan membuangnya melalui air seni atau air kencing. Seperti yang kita etahui bersama bahwasannya gula darah ini sangat berbahaya bagi kesehatan dan merupakan sasar dari berbagai penyakit berbahaya seperti jantung dan stroke.

7. Membantu menjaga kesehatan wanita

Kulit manggis merupakan ramuan yang ampuh untuk menjaga kesehatan wanita. Beberapa manfaat dari kulit manggis untuk esehatan wanita antara lain membantu melancarkan pembuagan air kecil, membantu mengurangi resiko terhadap segala bentuk penyakit menstruasi, meringankan gejala menopause.

8. Mencegah penuaan dini

Kulit manggis merupakan bahan herbal yang berkhasiat untuk mecegah penuaan dini. Berbagai efek positif dari kulit manggis untuk mencegah penuaan dini antara lain meningkatkan mood, meningkatkan stamina dan juga energi, mencehar penyakit parkinson atau penyakit syaraf, mengatasi alzheimer adan dimensia, dan meredakan radang sendi.

9. Menjaga kesehatan anak- anak

Ramuan kulit manggis merupakan salah satu ramuan yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan anak- anak. Beberapa manfaat dari ramuan kulit manggis untuk kesehatan anak- anak adalah memperkuat sistem kekebalan tubuh, memperbaiki sel- sel tubuh yang rusak, meringankan penyakit wasir, memperbaiki kerusakan syaraf, dan membantu menyembuhkan luka.

Kita telah mengetahui bersama bahwa kulit manggis ini mempunyai berbagai manfaat bagi tubuh manusia. Kulit manggis sangat bermanfaat bagi kesehatan organ- organ tubuh manusia. Salah satu organ tubuh yang menuai manfaat dari kulit manggis adalah ginjal.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Sunday 24th, April 2016 / 12:28 Oleh :
Kategori : Buah Buahan