8 Manfaat Daun Talok Bagi Kesehatan Tubuh

Tanaman talok atau juga bisa disebut dengan tanaman kersen, di samping buahnya yang kecil-kecil enak untuk dimakan ternyata daun talok juga banyak memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh. Jika pada artikel sebelumnya sudah dibahas mengenai beberapa manfaat buah kersen untuk kesehatan, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai apa saja manfaat daun talok untuk kesehatan tubuh. Simak penjelasannya di bawah ini ya.

1. Melawan bakteri penyebab penyakit

Di dalam daun talok banyak mengandung senyawa antioksidan seperti flavonoid, tanin dan saponin. Di mana senyawa antioksidan ini akan meningkatkan kekebalan tubuh, serta melindungi tubuh dari resiko munculnya berbagai macam penyakit terutama karena infeksi dari bakteri. Selain itu juga dengan meningkatnya kekebalan tubuh, juga akan membuat badan lebih bugar dan bersemangat untuk beraktivitas.

2. Membantu menurunkan kolesterol

Salah satu manfaat rebusan daun talok adalah untuk mengatasi kolesterol jahat atau LDL, sehingga kadar kolesterol tubuh dapat terkendali dan tidak mengalami peningkatan. Karena semakin tingginya kadar kolesterol, terjadinya resiko penyakit seperti serangan jantung atau jenis komplikasi lainnya juga akan semakin tinggi.

3. Mencegah tekanan darah tinggi

Di samping bisa menurunkan kolesterol tubuh, manfaat daun talok untuk kesehatan tubuh juga dapat membantu mencegah seseorang mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi. Di mana gangguan ini biasanya akan berpengaruh pada kesehatan organ jantung. Kandungan di dalam daun talok berperan dalam menstabilkan tekanan darah, agar tidak mengalami peningkatan yang terlalu tinggi.

4. Membantu penyembuhan diabetes

Manfaat daun kersen untuk diabetes adalah membantu mengendalikan kadar gula dalam darah, karena di dalamnya terkandung senyawa seperti saponin dan flavonoid. Kedua kandungan ini dapat berfungsi untuk mensekresi hormon insulin, sehingga kadar gula darah dapat dikontrol. Tidak hanya daunnya saja, bahkan buah talok pun juga bisa membantu penyembuhan diabetes.

5. Menjaga kesehatan organ jantung

Gangguan jantung menjadi salah satu masalah kesehatan yang perlu segera ditangani, mengingat jantung merupakan organ vital manusia. Khasiat dari daun talok dipercaya dapat memelihara organ jantung agar dapat berfungsi normal, serta membantu pencegahan gangguan jantung seperti stroke, gagal jantung dan lain sebagainya secara alami tanpa harus mahal.

6. Mencegah penyakit tumor dan kanker

Seperti halnya dengan manfaat daun sirsak, daun talok memiliki kandungan senyawa anti kanker. Anti kanker ini akan berperan dalam menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel tumor ataupun sel kanker di dalam tubuh. Di mana kedua penyakit ini bersifat sangat berbahaya dan ganas, sehingga daun talok ini bisa menjadi alternatif untuk pencegahan.

7. Menyembuhkan nyeri sendi dan tulang

Rasa nyeri pada persendian tulang bisa muncul ketika kelelahan, cedera ataupun mengalami penyakit tertentu seperti rematik ataupun osteoporosis. Untuk mengatasi nyeri atau sakit yang dirasakan, rebusan daun talok dapat dimanfaatkan karena di dalamnya memiliki kandungan anti inflamasi dan antioksidan yang sangat berkhasiat untuk mengatasi gangguan tulang persendian ini secara alami.

8. Meredakan peradangan atau inflamasi

Daun talok memiliki kandungan antioksidan sekaligus anti inflamasi, yang bisa mengurangi kejadian peradangan. Seperti halnya dengan manfaat daun cakar ayam untuk kesehatan, daun talok memiliki khasiat dalam memberikan tubuh perlidungan dan dapat memberikan efek relaksasi pada jaringan yang mengalami radang.

Demikian pembahasan tentang berbagai macam manfaat daun talok untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat.

, ,
Oleh :
Kategori : Herbal