38 Manfaat Kulit Jeruk Bagi Kesehatan

Pada umumnya kita mengkonsumsi berbagai jenis buah-buahan pada bagian daging buahnya saja, termasuk jeruk, namun siapa sangka manfaat kulit jeruk ternyata memiliki khasiat yang hebat yang belum banyak disadari.

kulit jerukJeruk sendiri memiliki nilai yang baik untuk kebutuhan gizi manusia sebagai sumber vitamin C, manfaat buah jeruk tersebut mampu memberikan asupan vitamin C yang cukup untuk kebutuhan harian tubuh. Buah jeruk memang tidak usah diragukan lagi manfaatnya, namun bagian kulitnya menyimpan manfaat yang tidak terduga. Berikut adalah daftar manfaat kulit jeruk yang mungkin belum anda sadari dan sangat mengejutkan.

 

Kandungan Manfaat Kulit Jeruk Per 1 tbsp (6g)

Informasi Kalori

  • Kalori 5,8 (24,3 kj)
  • dari karbohidrat 5,4 (22,6 kj)
  • dari lemak 0,1 (0,4 kj)
  • dari protein 0,3 (1,3 kj)

Protein dan Asam Amino

  • Protein 0,1 g (0%)

Vitamin

  • Vitamin A 25.2 IU (1%)
  • Vitamin C 8.2 mg (14%)
  • Vitamin E (Alpha Tocopherol) 0.0 mg (0%)
  • Thiamin 0.0 mg (0%)
  • Riboflavin 0.0 mg (0%)
  • Niasin 0,1 mg (0%)
  • Vitamin B6 0.0 mg (1%)
  • Folat 1.8 mcg (0%)

Mineral

  • Kalsium 9.7 mg (1%)
  • Besi 0.0 mg (0%)
  • Magnesium 1.3 mg (0%)
  • Fosfo 1.3 mg (0%)
  • Kalium 12.7 mg (0%)
  • Sodium 0,2 mg (0%)
  • Seleneium 0,1 mcg (0%)

Kandungan Kimia dan Manfaat dalam Kulit Jeruk

  • Kulit jeruk menghasilkan minyak atsiri yang sering digunakan sebagai aromatik dengan komposisi senyawanya adalah limonene, sitronelal, geraniol, linalol, α-pinen, mirsen, β-pinen, sabinen, geranil asetat, nonanal, geranial, βkariofilen, dan α-terpineol.
Kulit jeruk mengandung pektin dalam konsentrasi tinggi berkisar antara 15-25 % dari berat kering dan terdapat senyawa limonene 94% dalam kulit jeruk. Pektin merupakan polimer dari asam D-galakturonat yang dihubungkan oleh ikatan β-1,4 glikosidik. Kandungan pektinn bermanfaat sebagai :
  • Kesehatan tubuh karena dapat membantu menurunkan kolesterol dan gula darah
  • Menurunkan kolesterol darah karena mempunyai kemampuan mengikat asam empedu
  • Kulit jeruk mengandung vitamin C yang lebih banyak dibandingkan didalam buahnya.
  • Inositol banyak terdapat pada kulit buah, 70-83 % kulit buah
    mengandung air.
Kandungan nutrisi, vitamin dan mineral seperti vitamin C, protein, amino nitrogen, kalcium, magnesium, kalium, belerang paling tinggi justru di bagian kulit jeruk dibandingkan pada dagingnya atau sari buah jeruk. Sedangkan, kandungan lemak dan gula lebih rendah pada kulit jeruk.

1. Anti kolesterol

Hampir semua senyawa anti kolesterol dalam jeruk ditemukan di bagian kulit. Senyawa ini membantu memerangi LDL atau kolesterol “buruk” dalam tubuh kita yang membentuk bekuan plak yang berpuncak pada pembuluh darah ke jantung yang tersumbat. Oleh karena itu, diet kulit jeruk termasuk dapat menurunkan kadar kolesterol total dalam tubuh .

2. Mengatasi Perut Mulas

Anda menderita sakit maag kronis? dengan bantuan kulit jeruk alami, dapat menyingkirkan mulas dengan seketika. Penelitian menunjukkan bahwa bahan kimia aktif dalam kulit jeruk membantu meringankan mulas. Ketika digunakan selama 20 hari, penderita bisa mendapatkan bantuan tambahan untuk meringankan penyakit maag.

3. Menyehatkan pencernaan pencernaan

Kulit jeruk mengandung serat makanan yang tinggi, sekitar 100 gram kulit jeruk mengandung setidaknya 10,6 gram serat. Serat pangan bermanfaat untuk mencegah sindrom iritasi usus, termasuk sembelit dan kembung. Manfaat teh yang dikombinasikan dengan ekstrak kulit jeruk akan menenangkan sistem pencernaan anda.

4. Memperbaiki kondisi pernapasan

Perasan jeruk penuh dengan vitamin C, merupakan pendorong peningkatan kekebalan sistem imunitas tubuh. Antioksidan dalam jeruk khususnya vitamin C dapat membantu mencegah berbagai masalah pernapasan seperti gejala penyakit bronkitis, pilek, flu, gejala penyakit asma dan paru-paru.

5. Mengatasi gangguan masalah pencernaan

Sejak dahulu, orang-orang telah menghargai kulit jeruk karena sifat penyembuhan alami mereka. Bahan-bahan yang diekstrak dari kulit jeruk digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai gangguan fungsi pencernaan. Serat makanan yang kaya. akan membantu mengatur gerakan usus, sehingga sistem pencernaan bekerja lebih mudah.

6. Mencegah Kanker (Kulit dan Paru-paru)

Percaya atau tidak percaya kulit jeruk memiliki berbagai efek yang dapat mencegah berbagai jenis kanker yang mengancam kita. Flavonoid dalam kulit jeruk membantu vitamin C agar dapat bekerja secara efisien serta memperlambat pertumbuhan sel kanker. Satu studi menunjukkan bagaimana kulit jeruk dapat mengurangi jumlah karsinoma sel skuamosa, yang merupakan penyebab fatal kanker kulit. Orang yang mengkonsumsi kulit jeruk secara teratur memiliki lebih sedikit risiko menderita kanker kulit dan kanker paru-paru dibandingkan mereka yang hanya makan jeruk di dalamnya.

Untuk Kanker :

7. Menurunkan Berat Badan

Kulit jeruk telah dipercaya banyak pakar kesehatan karena kemampuannya yang dapat secara efektif meningkatkan metabolisme dalam tubuh sehingga membakar kalori lebih banyak dan membantu menurunkan berat badan. Dalam proses diet Anda, ganti kopi atau soda yang sering Anda konsumsi dengan teh kulit jeruk. Keringkan beberapa kulit jeruk organik, di tempat sejuk dan kering. Masukan 1 sendok makan kulit kering dalam 1 cangkir air panas. Tutup gelas dan biarkan selama 10 menit. Buang kulitnya lalu tambahkan beberapa sendok madu. Minum 2 cangkir teh per hari secara rutin.

8. Menyembuhkan infeksi, flu, dan demam

Kulit jeruk merupakan sumber terbaik yang mengandung vitamin C dan A, keduanya merupakan sumber antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan dan mencegah terjadinya flu, demam, dan berbagai infeksi dalam tubuh.

9. Meringankan Bronkitis

Penyakit bronkitis adalah salah satu penyakit yang sangat menyakitkan dan sulit untuk ditangani. Dengan meminum kulit jeruk dengan rutin maka ia dapat membantu menyembuhkan infeksi serta memiliki efek yang menenangkan.

10. Mengatasi Tanda-Tanda Penuaan

Kulit jeruk kaya akan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dan mengatasi keriput. Kulit jeruk juga bermanfaat sebagai toner wajah yang sangat bagus. Cara membuatnya, campurkan 1 sendok makan bubuk kulit jeruk, madu dan oatmeal secukupnya. Aduk hingga rata lalu oleskan secara merata pada wajah Anda. Biarkan selama 30 menit lalu bilas dengan air dingin.

11. Memutihkan Gigi

Kulit jeruk mengandung senyawa yang disebut d-limonene, yang dapat membantu mengurangi warna kuning pada gigi yang disebabkan oleh berbagai hal. Gosok bagian dalam kulit jeruk pada gigi Anda selama 2-3 menit, lalu bilas. Lakukan hal ini dengan rutin dua kali sehari, maka gigi Anda akan kembali memutih.

12. Menghalau  Nyamuk dan Serangga

Nyamuk, kecoa, dan semut api, tidak suka dengan aroma jeruk yang menyengat. Oleh karena itu, letakkan beberapa lembar kulit jeruk pada mangkuk di sudut rumah untuk menghalau berbagai serangga dari rumah.

13. Meredakan Setres

Biarkan kulit jeruk kering dalam suhu ruangan. Lalu, hancurkan dengan blender sampai menjadi bubuk. Selanjutnya, tebarkan di dalam bak mandi dan nikmati kesegaran aroma jeruk yang menenangkan sembari berendam.

14. Menyembuhkan Flu

Kulit jeruk memiliki kandungan antialergi. Kulit jeruk ini akan membantu membersihkan flek paru, meningkatkan imunitas, dan meredakan flu.

Kandungan Kulit Jeruk

Bagian kulit luar jeruk mengandung minyak esensial, pigmen karotenoid dan senyawa steroid, tetapi bagian ini tidak dikonsumsi langsung karena rasanya pahit. Bagian dalam kulit jeruk kaya akan serat jenis selulosa, hemiselulosa dan lignin, juga mengandung senyawa kimia lainnya seperti pektat dan fenolik serta jenis flavonoid dan limonin

Tips Konsumsi Kulit Jeruk

Jika anda ingin mengkonsumsi kulit jeruk ada baiknya membaca dan menyimak tips di bawah ini.

  1. Cuci kulit jeruk tersebut sampai bersih.
  2. Potong menjadi potongan kecil

Setelah kedua hal ini, anda dapat memanfaatkannya menjadi berbagai olahan, seperti manisan, atau dimakan langsung. Jika anda ingin memanfaatkannya menjadi manisan, anda dapat mengeringkannya dengan cara dijemur atau ditambahkan gula sesuai dengan selera.

, , ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan
Doctors Talks

Gigi berlubang bagian atas bisa menyebabkan Penyakit meningitis, Gigi berlubang bagian bawah bisa menyebabkan penyakit yang menyebabkan kematian mendadak, apa itu ? Simak penjelasan Drg. Albertus Andika berikut ini.