9 Manfaat Buah Naga untuk Penderita Kolesterol

Buah naga atau Dragon fruit merupakan salah satu buah yang banyak digemari. Termasuk jenis tanaman tropis, maka buah satu ini menjadi idola. Budidaya buah Naga kini telah merambah ke banyak daerah di Indonesia sebagai salah satu untuk ditanam sebagai salah satu produk unggulan. Selain itu, jika ingin sekedar menanam untuk kebutuhan sendiri atau sekedar memperindah halaman rumah, tanaman ini juga bisa Anda tanam sendiri.

Kini, buah naga telah dikenal hampir seluruh masyarakat Indonesia. Buah ini disukai karena rasa dari daging buahnya yang khas dan legit. Selain rasa, buah naga juga memiliki kandungan gizi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Buah naga pun dikenal dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti mengatasi masalah kolesterol, menjaga kesehatan jantung, bahkan untuk kecantikan.

Kandungan Gizi Buah Naga

Secara keseluruhan, setiap buah naga mengandung protein  yang membantu menjaga kesehatan jantung. Buah naga juga mengandung cukup banyak serat yang membantu Anda dalam mengatasi masalah pencernaan serta membantu dalam diet. Kandungan kalsiumnya pun membantu menguatkan tulang Anda sehingga tidak mudah terkena osteoporosis. Kandungan vitaminya pun terbilang cukup banyak yakni vitamin B1, B2, B3. Dan vitamin C. Berikut adalah daftar lengkap kandungan gizi buah naga yang perlu Anda ketahui:

Kandungan gizi dalam sajian 100 gram buah naga :

  • Vitamin C = 4–25 mg
  • Air = 80-90
  • Abu = 0.4-0.7  g
  • Kalsium = 6–10 mg
  • Kalori = 35-50 kcal
  • Karbohidrat = 9-14 g
  • Karoten (Vitamin A) = traces
  • Lemak tidak jenuh = 0.1-0.6 g
  • Serat = 0.3-0.9 g
  • Zat besi = 0.3-0.7mg
  • Niacin (Vitamin B3) = 0.2-0.45 mg
  • Fosfor = 16–36 mg

Manfaat Buah Naga dalam Mengatasi Masalah Kolesterol

Kadar kolesterol yang tidak terkontrol di dalam tubuh dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan. Penyakit yang ditimbulkan oleh kolesterol diantara tekanan darah tinggi (hipertensi), stroke, sampai pada penyakit jantung. Bahkan di Indonesia sendiri penyakit kolesterol berlebih merupakan salah satu yang banyak terjadi. Oleh sebab itu banyak orang yang harusnya berhati-hati terutama dalam mengkonsumsi makanan dan minuman agar kadar kolesterolnya tidak berlebih.

Kolesterol itu sendiri bukan berarti tidak ada gunanya di dalam tubuh manusia. Adapun kolesterol itu sendiri terdiri dari dua macam yakni kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Yang menyebabkan masalah pada tubuh ialah kadar kolesterol jahat atau LDL.

Adapun cara mengatasi masalah kolesterol jahat dalam tubuh, paling utama ialah dengan mengontrol sumber makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh oleh sebab kolesterol itu sendiri paling banyak bersumber pada apa yang kita konsumsi. Gaya hidup sehat dengan rajin mengkonsumsi makanan yang bersih serta rutin berolahraga dapat membantu tubuh mengatasi masalah lemak jahat ini.

Selain makanan sehat dan olahraga, ada cara alami lain juga yang dapat membantu Anda mengatasi serta mengontrol kolesterol dalam tubuh yakni dengan mengkonsumsi buah naga. Seperti yang telah disebutkan di atas, kandungan gizi buah satu ini cukup beragam yang kesemuanya sangat baik untuk kesehatan tubuh. Mengkonsumsi buah naga secara rutin ternyata dapat membantu Anda menjaga keseimbangan kolesterol dalam tubuh.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa buah naga mampu menurunkan kadar kolesterol darah dengan meningkatkan fecal bile acids losses dan chemodeoxycholic acid synthesis. Karenanya, kita bisa terhindar dari risiko terkena Dislipidemia. Kandungan lain seperti serat, plant sterol, serta phytochemical diyakini berperan penting dalam metabolisme kolesterol dalam tubuh. Selain menurunkan kolesterol jahat (LDL), ternyata buah naga sendiri mampu meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh (HDL), yakni bagian biji-biji kecil pada daging buah naga itu sendiri mengandung banyak lemak tidak jenuh yang diperlukan oleh tubuh.

Berikut adalah manfaat buah naga untuk kolesterol dalam tubuh :

1. Mengikat kolesterol

Keberadaan kolesterol jahat dalam tubuh memang banyak merugikan bagi kesehatan namun hal ini tidak bisa juga untuk kita cegah. Sebab, kita tidak selalu bisa memastikan kandungan nutrisi dari makanan yang kita konsumsi. Akibatnya, terjadi penumpukan dalam tubuh dan tidak seimbang antara lemak jahat dan lemak baik sehingga akhirnya memicu masalah kesehatan.

Buah naga memiliki kandungan yang mampu mengikat kolesterol jahat. Dengan demikian, aliran darah akan menjadi lebih lancar sebab masalah utama yang disebabkan kolesterol ialah seringnya menyumbat pembuluh darah. Dengan mengkonsumsi buah naga secara rutin, secara tidak langsung akan terjadi pembersihan pada aliran darah sehingga kita terhindar dari penyakit darah tinggi maupun gangguan metabolisme lainnya.

2. Menyehatkan jantung

Salah satu risiko terbesar adanya kolesterol jahat dalam tubuh ialah menyebabkan penyakit jantung. Namun, dengan mengkonsumsi buah naga yang mampu mengatasi masalah kolesterol, maka Anda bisa terhinda dari penyakit mematikan satu ini. Bahkan, konsumsi rutin buah naga yang mampu menyehatkan pembuluh darah, secara tidak langsung akan mengurangi beban kerja jantung karena aliran darah menjadi lebih lancar. Selain itu, buah naga sendiri memiliki kandungan lemak yang sedikit sehingga tidak masalah untuk dikonsumsi oleh orang yang memiliki penyakit jantung sekalipun.

Solusi untuk menyehatkan jantung lainnya :

3. Menyehatkan pembuluh darah

Dengan kemampuannya untuk menyerap kolesterol jahat, buah naga pun mampu membantu menjaga kesehatan pembuluh darah sehingga tidak akan ada lemak jenuh yang menempel maupun menyisakan plak yang dapat menghambat aliran darah.

4. Memperlancar aliran darah

Kandungan vitamin B3 dalam buah naga ialah yang berperan penting dalam mengatasi masalah kolesterol dalam tubuh. Dengan konsumsi rutin, kolesterol jahat yang merupakan pemicu masalah sirkulasi darah pun dapat teratasi. Aliran darah pun menjadi lebih lancar.

5. Asam empedu

Asam empedu merupakan bentuk akhir dari kolesterol jahat yang ada dalam tubuh ada. Dengan kandungan buah naga, asam empedu akan diikat dan dibuang bersamaan dengan feses sehingga tidak akan menyebabkan masalah dalam tubuh.

6. Menyeimbangkan kada gula darah

Bagi Anda yang memiliki gangguan kadar gula darah biasanya akan memicu gangguan kolesterol. Untuk mencegah hal ini, sangat baik bagi Anda untuk rutin mengkonsumsi buah naga karena mampu membantu menjaga keseimbangan kadar gula dalam darah.

Alternatif untuk mengatasi gula darah tinggi :

7. Membantu menurunkan berat badan

Berat badan berlebih menunjukkan banyaknya lemak yang mampu tersimpan oleh tubuh. Kadang, lemak ini bisa tersimpan secara banyak karena ketidakmampuan metabolisme tubuh. Sementara obesitas atau keadaan dimana berat tubuh seseorang berlebihan memiliki risiko lebih tinggi mengalami masalah kolesterol.

Dengan mengkonsumsi buah naga yang memiliki kandungan serat tinggi, tubuh akan terbantu dalam proses pencernaannya. Kandungan serat yang tinggi membantu Anda dalam mengatasi masalah berat badan serta menurunkan kadar lemak jahat dalam tubuh. Karena itulah buah naga terbilang baik untuk diet yang sehat.

8. Dapat menetralkan racun dalam tubuh

Racun di sini diartikan sebagai benda asing yang memasuki tubuh sehingga dapat menganggu keseimbangan metabolisme serta memicu masalah kesehatan. Ketika tubuh memiliki kadar kolesterol jahat yang tinggi, akan rentan untuk terkena berbagai macam penyakit termasuk yang mengganggu aliran darah. Akibatnya, racun yang masuk dalam tubuh akan menumpuk dalam aliran darah terutama bagi yang memiliki masalah kolesterol serius.

Maka dengan mengkonsumsi buahnya secara rutin, manfaat buah naga untuk kolesterol secara tidak langsung juga bisa meneteralkan racun dalam tubuh serta memperlancar proses sekresi.

9. Menjaga keseimbangan tubuh

Kolesterol jahat yang bersarang dalam tubuh dapat menyebakan terjadinya gangguan keseimbangan tubuh, yang kemudian itulah pemicu berbagai macam penyakit. Buah naga dalam perannya mengatasi masalah kolesterol, ternyata juga mampu membantu menjaga keseimbangan tubuh sekaligus meningkatkan daya imunitas. Sehingga Anda tidak mudah terkena penyakit.

Cara Memilih Buah Naga yang Baik

Tidak kalah pentingnya, memilih buah yang baik adalah hal pertama dan utama yang harus Anda lakukan untuk dapat menikmati serta mendapatkan manfaat dari buah naga. Berikut akan diberikan tips memilih buah naga yang baik untuk Anda:

  • Pastikan memilih buah naga dengan warna buah matang yang telah merata (misal: untuk buah naga merah, maka seluruh buah telah berwarna merah merata) serta warnanya cerah dan mulus.
  • Pilih buah naga yang lembut karena jika ditekan kulit buah dan keras artinya buah telah lewat matang sehingga tidak layak konsumsi.
  • Memilih buah naga yang matang dan memiliki aroma manis yang khas.
  • Perhatikan warna sisik (bagian daun penutup pada buah), yang berwatna hijau cerah berarti buah matang itu masih segar. Hindari buah dengan sisiknya yang berwarna kecokelatan karena menandakan bahwa buah telah lewat matang.
  • Jangan memilih buah naga yang ada memar karena bagian daging buahnya pasti tidak bagus lagi.
  • Bentuk buah menunjukkan warna daging buah. Jika Anda menginginkan buah naga dengan warna daging buah putih maka pilihlah buah yang bentuknya oval. Jika Anda menginginkan buah naga dengan daging buah berwarna merah, maka pilihlah buah yang bentuknya lebih bulat.
  • Ingat: sebelum mengkonsumsi buah, pastikan Anda mencuci dengan air mengalir serta menggunakan alat pemotong atau pisau yang juga bersih.