10 Manfaat Jinten Hitam untuk Asam Urat

Jinten hitam atau yang biasa dikenal sebagai Habbatussauda, merupakan rempah-rempah yang dijadikan sebagai obat herbal. Kini populer di Indonesia sebagai obat tradisional yang aman dan manjur untuk penyembuhan penyakit asam urat.

Jinten hitam mempunyai kandungan nutrisi yang tinggi diantaranya :

Minyak atsiri, asam lemak tidak jenuh (asam lemak omega 3 dan omega 6) protein nabati, timokonon, vitamin A dan C, d-limonena, saponin, nigelon dan zat anti peradangan serta anti mikroba. Memiliki kandungan 15 zat asam amino dan 9 asam amino essensial yang sangat bermanfaat bagi proses penyembuhan penyakit asam urat.

Penyebab Asam Urat

Inilah tahap tahap mengapa seseorang bisa terserang penyakit asam urat :

  • Zat purin – Tahukah jika penyakit asam urat terjadi karena seseorang mengkonsumsi makanan yang mengandung zat purin secara berlebihan dan dilakukan selama bertahun tahun. Zat purin yang telah masuk didalam tubuh akan terus mengalami penumpukan jika dibiarkan lama-kelamaan akan merubah dirinya menjadi asam urat. Jika berlebihan maka ginjal akan kehilangan kemampuannya untuk mengeluarkan zat purin yang telah mengendap tersebut menuju kandung kemih.
  • Peradangan sendi – Penggumpalan asam urat tersebut akan semakin banyak dan padat didalam dan sekitar persendian. Kondisi ini menyebabkan sendi terasa sangat sakit, meradang lalu timbul pembengkakan yang sangat sakit jika tersentuh tangan atau terbentur daun pintu. jika kadar asam urat berlebihan didalam tubuh maka akan terjadi gangguan pada metabolisme asam urat.

Manfaat jinten hitam untuk asam urat adalah :

  1. Menyembuhkan rematik dan menetralkan kadar asam urat dalam tubuh
  2. Dapat memperbaiki dan meningkatkan sistem imunitas tubuh terhadap serangan bakteri dan virus agar penderita asam urat tidak mengalami komplikasi.
  3. Dapat mengurangi produksi zat purin didalam tubuh
  4. Dapat membantu ginjal untuk mengeluarkan zat purin melaui air seni dan feses (buang air besar) secara bertahap.
  5. Dapat meredakan nyeri  serta linu pada persendian secara sistematik
  6. Menyembuhkan pembengkakan dan meredakan rasa nyeri sekitar persendian yang diakibatkan asam urat
  7. Sebagai terapi bertahap untuk proses pemyembuhan asam urat
  8. Dapat melancarkan peredaran darah sekitar persendian

Tentang kehebatan dan manfaat jinten hintam untuk asam urat seperti berikut :

  1. Kehebatan jinten hitam akan semakin kuat dan ajaib jika digabungkan dengan daun salam . Kedua bahan bermanfaat itu direbus secara bersamaan dan sarinya dapat diminum. khasiatnya dapat menurunkan kadar asam urat pada persendian secara signifikan.
  2. Kehebatan jinten hitam juga akan semakin kuat dan ajaib jika digabungkan dengan daun seledri . kedua bahan herbal alami tersebut mampu mengobatai dan mempertahankan kadar asam urat tetap stabil asalkan sipenderita amau menghindari makanan jenis jeroan dan berbagai jenis makanan yang masuk golongan makanan siap saji.
  3. Kehebatan Jinten hitam juga tetap ajaib walau tanpa campuran bahan herbal lain karena didalam jinten telah terkandung zat zat yang mampu menyehatakan tubuh secara nyata asalkan seorang penderita asam urat mau dan disiplin merubah gaya hidupnya agar lebih lebih bijak dalam mengkonsumsi makanan bernutrisi.

Bagi orang yang  sehat dan ingin tidak terserang penyakit asam urat dapat membuat ramuan sendiri dan mengkonsumsinya 3 kali dalam seminggu yaitu dengan cara :

Ambilah kira kira 3 sampai 4 gram jinten hitam lalu seduhlah kedalam segelas air panas dan diamkan selama kira kira selama 10 menit. kemudian campurkan madu dan aduklah hingga merata lalu minumlah.

Tentang khasiat jinten hitam yang tidak banyak diketahui orang

  • Penyakit asam urat dapat juga disebabkan karena faktor genetik dimana ada silsilah atau garis keturunan dari salah satu orangtua juga mempunyai penyakit asam urat. Pencegahannya yaitu kesadaran diri seseorang untuk menghindari makanan yang banyak memiliki zat purin.
  • Penyakit asam urat lebih banyak diderita oleh kaum pria daripada wanita. hal ini berhubungan dengan hormon dan kelenjar yang berbeda diantara pria dan wanita juga di dukung karena kebiasaan pria yang lebih sering mengkonsumsi makanan siap saji diluaran rumah.
  • Penyakit asam urat bisa menyerang wanita dan lebih sering pada wanita yang telah atau sedang memasuki masa menopause. hal ini diakibatkan pada masa menopause hormon wanita mengalami perubahan dan kemampuan ginjal semakin berkurang dalam menyaring benda asing  untuk segera dialirkan  kekandung kemih agar segera dibuang lewat urin,  benda asing tersebut adalah penggumpalan zat purin di dalam tubuh.
  • Ramuan herbal dari jinten hitam sangat baik jika dikonsumsi orang yang telah lanjut usia agar selain mencegah terjadinya peningkatan zat purin , dapat pula untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya yang semakin berkurang akibat perubahan hormom alami.
  • Selain jinten bermanfaat bagi penyembuhan penyakit asam urat , jinten hitam juga mampu mempercepat proses detoksifikasi tubuh atau pengeluaran racun dalam tubuh melalui urin yaitu zat purin yang berlebih yang menetap pada ginjal.
  •  Selain mampu mengobati penyakit asam urat ternyata zat yang ada di jinten hitam sangat bermanfaat bagi kecerdasan anak anak, karena dapat meningkatkan daya konsentrasi belajar dan memperbaiki sel sel otak secara sistematik.

Selama menjalani pengobatan dengan meminum ramuan dari jinten hitam seseorang penderita asam urat dilarang untuk mengkonsumsi :

  • Sayuran yang terdiri dari manfaat brokoli, manfaat kangkung, manfaat bayam, manfaat daun singkong, daun ketela, manfaat daun pepaya, kol, kembang kol
  • Menghindari semua jenis makanan jeroan seperti usus, ampela, babat, gajih, kulit ayam, paru, otak otak, hati  dan lain lain.
  • Jenis daging-dagingan yang terdiri dari manfaat daging kambing, daging babi dan daging anjing (bagi diluar muslim) dan daging kuda
  • Hasil laut terdiri dari bulu babi, teripang, ikan sarden, kepiting, cumi cumi, kerang , tiram, udang kecil atau lobster dan lain lain
  • Jenis kacang kacangan terdiri dari manfaat kedelai, manfaat kacang hijau dan kacang tanah, kacang melinjo, emping serta santan.
  • Makanan siap saji yang terdiri dari  makanan donat, cake, es krim, dan semua makanan yang mengandung minyak jenuh dan trans

Pantangan Asam Urat

  • gaya hidup yang kurang baik

Jika rutin meminum ramuan dari jinten hitam tetapi masih juga suka mengkonsumsi makana berminyak dan siap saji maka khasiat dari jinten hitam itu tidak akan bekerja dengan baik

  • Kondisi medis yang harus segera diperbaiki

Jika seseorang telah terkena penyakit diabetes dan  tekanan darah tinggi maka seseorang tersebut harus berhati hrti dengan makanan yang wajib dihindari yang berkaiatan dengan penyakit tersebut, agar ramuan jinten hitam bisa bermanfaat dengan optimal.

  • Mengkonsumsi obat obatan

Ketika sedang atau melakukan terapi dengan meminum ramuan jinten hitam maka kebiasaan minum obat obatan pereda nyeri hendaknya dihentikan agar manfaat dari jinten hitam dapat bekerja dengan baik.

Catatan Penting :

Jinten hitam dapat dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil yang mengalami penyakit asam urat, tetapi harus  sebelumnya lebih baik konsultasikan dan disesuaikan dengan anjuran dokter yang terkait. Jinten hitam dapat juga menggugurkan kandungan dan hanya aman dikonsumsi pada ibu yang usia kehamilannya telah melewati 8 bulan.

Sejumlah herbal lainnya untuk mengatasi asam urat :