6 Manfaat Minyak Atsiri untuk Kesehatan

Minyak atsiri adalah salah satu jenis minyak yang dihasilkan dari bagian batang, kulit, daun, akar, bunga dan berbagai bagian tumbuhan yang lain dengan proses destilasi. Minyak atsiri biasanya memiliki aroma khusus sesuai dengan jenis bahan tumbuhan yang digunakan. Minyak atsiri memiliki sifat mudah menguap dan konsentrasi yang tinggi.

manfaat minyak atsiriMinyak ini sangat asli dan biasanya tidak bisa dicampur dengan jenis bahan aroma lain seperti minyak wangi.
Minyak atsiri sering digunakan sebagai bahan campuran khusus dengan tujuan yang berbeda-beda. Minyak atsiri bisa memberikan manfaat yang sangat besar untuk berbagai bidang. Dalam minyak atsiri ditemukan beberapa senyawa kimia dan bersifat menenangkan, sehingga sering digunakan untuk berbagai produk.  Berikut ini adalah beberapa manfaat minyak atsiri :

1. Menyegarkan Udara

Anda bisa menemukan berbagai jenis aroma atau pewangi ruangan dengan berbagai aroma yang berbeda. Aroma yang dihasilkan dari bahan pewangi ruangan sebenarnya didapatkan dari minyak atsiri dengan berbagai sumber tanaman. Setiap tanaman biasanya memiliki sifat yang berbeda sehingga Anda bisa menemukan pewangi ruangan dengan aroma yang diinginkan.

Bahkan sekarang banyak jenis minyak atsiri tertentu yang dijual dengan campuran minyak esensial sehingga bisa menjadi aromaterapi.

2. Produk Kecantikan dan Perawatan Tubuh

Berbagai jenis produk yang digunakan untuk perawatan tubuh memiliki aroma yang sangat menyegarkan. Aroma yang dihasilkan berasal dari minyak atsiri yang digunakan sebagai komponen utama. Berbagai aroma minyak atsiri akan dicampur dengan jenis bahan tertentu sehingga bisa digunakan untuk bahan sabun, pewangi, minyak untuk mandi dan produk lain.

Beberapa sumber tanaman yang sering digunakan sebagai bahan minyak atsiri untuk produk kecantikan dan perawatan tubuh antaralain adalah: melati, mawar, adas, lada, kemangi, jahe dan berbagai jenis aroma lain.

3. Mengompres

Mengompres biasanya dilakukan untuk menurunkan demam atau panas tubuh saat sedang terkena flu atau masuk angin. Minyak atsiri digunakan sebagai salah satu bahan yang bisa menyembuhkan beberapa keluahan ini. Ada beberapa bahan minyak atsiri khusus yang digunakan untuk membuat bahan ini seperti minyak kayu putih, minyak serai, dan jenis minyak lain.

Bahkan kandungan minyak atsiri dalam produk ini bisa menyembuhkan demam, sakit kepala, sakit perut dan berbagai keluhan ringan lainnya.

4. Produk Perawatan Rambut

Minyak atsiri juga digunakan sebagai bahan untuk produksi berbagai kosmetik yang digunakan untuk perawatan rambut. Minyak atsiri yang didapatkan dari berbagai tanaman bisa membuat rambut menjadi lebih lembut, membuat otot kepala menjadi santai, membersihkan kulit kepala dan merawat kesehatan rambut.

Bahkan manfaat minyak atsiri tertentu bisa mengatasi berbagai keluhan kesehatan rambut seperti ketombe, kulit kepala kering, gatal dan rambut rontok. Beberapa jenis bahan yang sering digunakan biasanya berasal dari tanaman teh hijau, buah jeruk, orang-aring, pohon waru dan berbagai bahan lain.

5. Bahan untuk Pijat dan Terapi

Minyak atsiri dari beberapa jenis bahan seperti minyak yang dihasilkan dari tanaman kayu putih sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah keluhan badan seperti pegal, lelah , dan cedera ringan. Minyak atsiri juga bisa digunakan untuk mengatasi beberapa keluhan lain seperti sulit tidur, demam, mual, sakit kepala, membuat pikiran menjadi lebih tenang, dan mengatasi gelisah.

Karena itulah beberapa orang lanjut usia sering memakai bahan yang mengandung minyak atsiri saat sore atau malam hari.

6. Bahan Krim untuk Kulit

Semua jenis krim alami yang digunakan untuk perawatan kulit biasanya memakai bahan minyak atsiri sebagai komponen utama. Minyak atsiri memiliki sifat yang bisa menenangkan dan membuat kulit menjadi lebih santai. Produk yang menggunakan minyak atsiri biasanya tidak membuat efek khusus untuk kulit sehingga sangat aman untuk digunakan.


Pada dasarnya sangat sulit untuk menentukan karakteristik minyak atsiri. Setiap minyak yang dihasilkan dari sejumlah bagian tanaman memiliki sifat yang berbeda. Tapi jika anda mengetahui karakteristik minyak atsiri maka anda bisa memilih jenis minyak sesuai dengan manfaat yang diharapkan.

Berikut ini adalah beberapa jenis contoh minyak atsiri dan karakteristik yang dihasilkan :

  • Minyak atsiri yang dihasilkan dari pohon lavender. Minyak ini biasanya memberikan aroma yang lembut tapi juga bisa menjadi tajam. Minyak ini akan memberikan efek menenangkan dan menyegarkan terutama untuk pikiran.
  • Minyak atsiri dari bunga mawar. Minyak ini lebih sering digunakan untuk membuat aroma seperti pada produk-produk kecantikan. Minyak bisa memberikan manfaat yang menyegarkan dan memberikan pengaruh positif.

Jadi pada dasarnya karakteristik yang dihasilkan sesuai dengan bahan utama. Anda bisa menemukan beberapa karakteristik lain misalnya dari minyak atsiri yang dihasilkan dari kulit jeruk, bunga kamboja, dan berbagai bahan lain.


Indonesia memiliki berbagai jenis sumber kekayaan tumbuhan yang bisa digunakan sebagai bahan khusus untuk membuat minyak atsiri. Hampir semua jenis tanaman dengan aroma yang menyegarkan bisa ditemukan dengan mudah. Beberapa sumber yang paling sering digunakan antara lain adalah seperti tanaman kayu putih, kemangi, adas, kamboja, teh, jeruk lemon, mawar, melati dan berbagai jenis tanaman lain. Proses untuk mendapatkan minyak atsiri memang belum terlalu dikenal. Minyak ini didapatkan dengan cara penyulingan atau destilasi.

Hampir semua jenis bagian tanaman bisa diambil sebagai bahan minyak atsiri. Proses untuk mendapatkan minyak atsiri dilakukan dengan tiga macam proses destilasi yaitu destilasi dengan proses perebusan, uap air dan penyulingan langsung. Setiap tanaman memiliki sifat yang berbeda sehingga dibutuhkan proses yang berbeda.


Kelemahan Komoditas Minyak Atsiri di Indonesia

Indonesia memang memiliki sumber yang melimpah tanaman yang bisa digunakan untuk menghasilkan minyak atsiri. Namun Indonesia juga menjadi tempat yang kurang berkembang untuk memproduksi minyak atsiri. Sementara ini minyak atsiri lebih banyak dikembangkan dari luar karena kita memiliki beberapa kelemahan.

Berikut ini adalah beberapa kelemahan minyak atsiri dilihat dari berbagai faktor :

  • Proses pengolahan minyak atsiri di Indonesia belum bisa berkembang dengan baik sehingga sering menyebabkan kerusakan komponen bahan minyak atsiri.
  • Indonesia masih memiliki keterbatasan dalam mengolah sumber minyak atsiri, sehingga kualitas minyak atsiri belum bisa dipasarkan ke jangkauan yang lebih luas.
  • Indonesia belum memiliki kemampuan yang baik untuk mengembangkan proses dan mempertahankan bahan-bahan minyak atsiri termasuk dalam hal siklus persediaan bahan mentah dan produk jadi.

Indonesia memang diakui sebagai negara denga kekayaan rempah-rempah dan bahan alami yang sangat melimpah. Namun kita belum bisa melakukan proses yang baik untuk mendapatkan minyak atsiri. Sedangkan negara luar sering membutuhkan beberapa komponen minyak atsiri yang hanya bisa ditemukan di Indonesia. Sehingga proses pengembangan minyak atsiri harus terus dikembangkan, sehingga industri minyak atsiri bisa maju dan bermanfaat untuk ekonomi Indonesia.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 28th, July 2015 / 03:41 Oleh :
Kategori : Alam