Manfaat Alpukat Untuk Menurunkan Kolesterol

Penyakit kolestrol adalah penyakit yang mana kondisi seseorang tingkat kolesterol dalam darahnya yang melampaui kadar yang normal. Arti dari kata kolesterol itu sendiri adalah senyawa lemak berlilin yang sebagian besar diproduksi di hati dan sebagian lainnya didapatkan dari makanan. Orang yang terkena kolesterol sebenarnya merupakan dampak dari pola makan nya sendiri dan aktivitas nya sendiri. Kondisi kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko terkena penyakit serius. penyakit kolestrol biasanya menyerang penyakit lainya seperti stroke dan serangan jantung.

Sudah terkena penyakit kolesterol bisa terkena penyakit yang lainnya pula. Biasanya banyak orang yang melakukan banyak cara untuk dapat menurunkan kadar kolesrol. Termasuk dengan olahraga teratur dan pola makan yang sehat. Namun cara tersebut sering kali sudah dilakukan namun hasil nya nol. Sebenarnya dengan melakukan olahraga secara teratur dan menjaga pola makan yang sehat itu hanya mencegah untuk tidak terjadi nya penyakit kolesterol yang lebih parah. Pada artikel kali ini penulis menyarankan mengkonsumsi buah alpukat.

Mengapa buah alpukat ?

Karena buah alpukat merupakan buah yang populer dan paling sering dikonsumsi dimasyarakat. buah ini berguna untuk membantu menurunkan kadar kolesterol anda. Karena dalam buah alpukat terdapat banyak kandungan didalam nya yaitu Antaralain :

  • alpha-carotene
  • beta-carotene
  • beta-cryptoxanthin
  • chrysanthemaxanthin

kandungan diatas sangat diperlukan oleh tubuh manusia, selain itu buah aplukat juga menyimpan kandungan vitamin A, B, C dan E dan sangat baik untuk tubuh. Dengan mengkonsumsi nya secara rutin mungkin akan bisa membantu menurunkan kolesterol. Dan itulah salah satu manfaat alpukat untuk kolesterol.

Artikel yang terkait tentang manfaat alpukat :

Bagaimana cara mengkonsumsinya ?

Sebenarnya untuk mengkonsumsi buah alpukat sangat banyak caranya mulai dari dijus dan juga dijadikan sop buah. Namun dengan cara itu semua tidak lah efektif dan mungkin bukannya untuk dijadikan obat penyembuhan. Malah membuat penyakit baru. Karena kita tahu bahwa sop buah yang dijual dimasyarakat tentunya akan menggunakan gula biang dan itu akan mudah membuat penyakit diabetes menghampiri kita.

Jadi cara mengkonsumsinya seperti ini :

  • Makan sebuah alpukat langsung dengan mencuci alpukatnya terlebih dahulu sampai hingga benar benar bersih.
  • Lalu kupas kulit alpukatnya terlebih dahulu agar nanti mudah untuk diolahnya.
  • Setelah itu pilih untuk mau dimakan langsung atau diolah dengan bahan bahan lainnya yang dapat menunjang kesehatan tubuh seperti madu dan juga susu rendah gula.
  • Jika ingin langsung dimakan. Segera makanlah buah alpukatnya. Karena alpukat sangat baik ketika langsung dimakan tanpa dijus atau dijadikan sop buah karena akan bercampur dengan bahan bahan yang tidak sehat.
  • Jika ingin diolah lagi. Siapkan madu atau susu yang rendah kadar kalori gulanya. Penulis menyarankan untuk menggunakan madu. artikel yang terkait Manfaat Cuka Apel dan Madu
  • Tapi ingat ya madu asli jangan madu oplosan yang sudah tercampur oleh bahan bahan yang tidak diketahui usulnya.
  • Setelah bahan telah siap. Masukan 2 – 3 alpukat sesuai kebutuhan kedalam blender. Ingat ya buang biji nya dan alpukatnya dipotong potong terlebih dahulu jangan terlalu kecil dan juga jangan terlalu besar. Karena nantinya blender akan sulit menghaluskan buah alpukat jika 2- 3 alpukat dimasukan semuanya.
  • Nyalakan blender dan tunggu hingaa alpukat benar benar menjadi halus.
  • Biarkan alpukat yang sudah menjadi halus tetap dalam blender. Masukan madu asli kedalam blender sekitar 1 – 2 sendok ingat ya sesuai kebutuhan dan porsi dari alpukat yang diblender sebelumnya.
  • Lalu nyalakan blender kembali sekitar 2- 3 menit saja, maka alpukat yang sudah halus dan madu akan bercampur menjadi satu olahan didalam blender.
  • Sehabis itu sajikan dan segeralah minum. Jika ingin nikmat pada saat meminumnya lebih baik didinginkan terlebih duhulu dalam kulkas atau bisa langsung menggunakan es batu.
  • Lakukan secara rutin dan terjadwal hingga benar benar mendapat khasiatnya.

Mudah bukan hanya dengan mengkonsumsi buah alpukat bercampur madu saja sudah bisa membantu menyingkirkan kolesterol jahat. Karena kita tahu bahwa kolesterol adalah sejenis lemak yang dibuat oleh tubuh yang penting agar tubuh berfungsi normal. Tapi jika berlebihan, biasanya didapat dari kolesterol yang berasal dari makanan, hal ini bisa memicu penyakit jantung dan stroke.

Artikel yang terkait tentang jantung dan stroke :

Kandungan dari buah alpukat :

1. Buah alpukat kaya akan vitamin, kita tahu bahwa vitamin sangat dibutuhkan oleh tubuh mulai dari vitamin A, B, dan C. Nah dalam buah alpukat semua terdapat itu semua.

Artikel tentang vitamin :

2. mineral, kandungan yang satu ini merupakan kewajiban tubuh menerimanya. Jika tidak ada asupan mineral mungkin semua manusia akan merasa kehausan dan letih yang luar biasa ketika melakukan aktivitas.

3. serat, diartikan makanan yang mempunyai kandungan energi didalamnya. Banyak makanan dan buah yang mengandung serat salah satunya adalah buah alpukat.

4. senyawa penghambat penyerapan kolesterol (pitosterol), kalau yang satu ini sudah pasti karena memang salah satu manfaat dari buah alpukat adalah menurunkan penyakit kolestrol.

5. serta antioksidan, yang dapat turut mencegah penyakit jantung (polifenol).

Penelitian yang mengatakan bahwa buah alpukat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol

Para peneliti melakukan penilitan apakah benar alpukat bisa untuk menurunkan kolestrol. Yang melakukan penilitian adalah kondisi kesehatan dari 50 pria dan wanita yang sehat, kelebihan berat badan, dan yang obesitas berusia antara 41-70 tahun. Mereka dikelompokkan berdasarkan 3 jenis diet menurunkan kolesterol yang berbeda:

  • Diet rendah lemak tanpa alpukat
  • Diet lemak sedang tanpa alpukat
  • Diet lemak sedang dengan satu buah alpukat per hari

Lalu bagaimana dengan hasilnya ? Partisipan yang berdiet lemak sedang dan makan alpukat setiap hari memiliki kadar kolesterol jahat yang lebih rendah daripada partisipan yang berdiet lemak sedang tanpa makan alpukat. Kadar LDL mereka berkurang 15.5 poin setelah berdiet dan rutin makan alpukat. Sedangkan mereka yang berdiet lemak sedang tanpa alpukat berkurang 9 poin dan yang berdiet rendah lemak tanpa alpukat berkurang 8 poin. Artikel yang terkait Manfaat Infused Water untuk Diet

Selain itu berbagai penelitian lain pun sudah menunjukkan manfaat buah alpukat untuk membantu mencegah stroke, kanker, penyakit jantung koroner, dan membantu mengendalikan diabetes. Meskipun manfaatnya banyak, tapi alpukat tetap harus dikonsumsi dalam jumlah terbatas. Sebuah alpukat rata-rata memiliki 300-400 kalori—ini jumlah kalori yang cukup besar untuk ukuran buah-buahan. Terlalu banyak makan alpukat justru bisa membuat Anda cepat gemuk. artikel yang terkait Manfaat Fitnes bagi Wanita Gemuk

Dengan mengkonsumsi buah alpukat pastinya tubuh anda akan terlindungi dari kolestrol yang berlebih. Selamat mencoba dan rasakan manfaatnya.

, ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan