Manfaat Daun Seledri untuk Ginjal Lebih Sehat

Menjaga kesehatan memang penting dan hal mutlak yang harus dilakukan oleh semua orang di dunia ini. salah satunya adalah dengan menjaga kesehatan ginjal. Ginjal adalah sepasang organ dalam tubuh yang memiliki bentuk seperti kacang yang letaknya berada di belakang perut. Letak ginjal yang satu berada di kanan tulang belakang dan satunya lagi berada di bagian kiri. Fungsi organ ginjal ini sangatlah penting dan termasuk cukup berat seperti menyaring darah dan membuang kotoran dalam darah dalam bentuk urin, mengatur keseimbangan garam dan elektrolit dalam tubuh dan membantu mengendalikan keseimbangan cairan tubuh.

artikel terkait manfaat daun:

Anatomi ginjal

Kelainan atau gagal fungsi pada ginjal terkadang terjadi karena berbagai hal dan jika itu sudah terjadi maka akan sangat berbahaya karena tubuh tidak bisa dibersihkan lagi oleh ginjal. Nah, mari kita lihat lebih dalam bagaimana anatomi ginjal sehingga anda bisa menghargai organ penting yang satu ini.

  • Ukuran ginjal

Letak organ ginjal berada di belakang perut namun ketinggian ginjal satu dan lainnya tidaklah sama. Hal ini dikarenakan bentuk perut yang memang tidak simetris. Posisi ginjal bagian kanan akan lebih rendah dari ginjal sebelah kiri karena di bagian kanan juga terdapat organ hati di atasnya sehingga ginjal lebih rendah. Begitu pula dengan ukurannya, ginjal kanan lebih kecil dibandingkan dengan ukuran ginjal kiri. Ukuran ginjal pada pria dan wanita pun berbeda, secara umum ukuran ginjal pria lebih besar sekitar 125-170 gram sedangkan ukuran ginjal wanita sekitar 115-155 gram.

Ginjal paling tidak hanya sekitar segenggam tangan saja namun meskipun kecil jangan abaikan fungsi ginjal ini yak arena di dalam ginjal terdapat sekitar satu juta nefron. Dimana nefron ini adalah unit fungsional yang sangatlah kecil dan berfungsi sebagai penyaring darah.

artikel terkait: manfaat jahe untuk ginjalmanfaat kulit manggis untuk ginjal

  • Struktur utama ginjal

Terdapat dua struktur utama dalam ginjal yaitu bagian medulla renal dalam dan bagian kortkes renal luar. Pada sepanjang bagian medulla dan kortkes disitulah terbentang jutaan nefron namun nefron mulai muncul sejak pada bagian korteks.

artikel terkait: manfaat kesehatan konsumsi birmanfaat oksigen murni

  • Fungsi ginjal

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa fungsi ginjal sangatlah penting dan cukup berat. Apa sajakah fungsi dari organ ginjal ini? selengkapnya simak berikut ini:

  1. Penyaring darah

Tahukah anda bahwa semua darah dalam tubuh setiap harinya melewati ginjal sebanyak beberapa kali? Ya, hal tersebut memang benar adanya bahwa darah setiap harinya melewati ginjal untuk disaring dan kemudian adanya kotoran serta kelebihan cairan dalam tubuh akan dibuang menjadi urin. Urin dari dalam ginjal akan disalurkan melalui saluran ureter yang menghubungkan antara ginjal dan kandung kemih. Setelah dari kandung kemih kemudian urin akan keluar sebagai air seni atau kencing.

  1. Menyaring dan membuang racun

Darah merupakan material  tubuh yang sangat penting dan harus dijaga kesehatannnya serta kebersihannya. Dengan adanya organ ginjal, segala jenis kotoran dan racun dalam darah disaring dan dihilangkan dari darah sehingga darah bisa beredar lebih lancar dan darah itu merupakan darah sehat. limbah yang dibuang antara lain adalah racun atau toksin, garam berlebih dan urea (kotoran yang menumpuk dalam hati). Jika tidak ada ginjal maka kotoran dan racun akan menumpuk dalam darah.

  1. Menyeimbangkan kadar air dalam tubuh

Fungsi lainnya dari ginjal ini adalah untuk memantau dan menyeimbangkan kadar air yang ada di dalam tubuh. jika berlebihan maka akan segera dikeluarkan dalam bentuk urin dan jika masih kurang maka akan dicarikan sumber lainnya. ginjal sangatlah peka terhadap perubahan kadar air dalam tubuh.

  1. Mengatur tekanan darah

Ginjal juga memproduksi enzim rennin dimana enzim ini membantu mengatur tekanan darah. perlu anda ketahui ginjal membutuhkan tekanan darah yang stabil supaya bisa mengatur kadar air dalam tubuh.

  1. Mengatur sel darah merah

Ginjal juga membutuhkan kadar oksigen yang stabil dalam tubuh, dan jika terjadi kekurangan maka ginjal akan memproduksi hormone reythoprotein yang berfungsi untuk merangsang sumsum tulang belakang memproduksi sel darah merah lebih banyak supaya kadar oksigen dalam ginjal terpenuhi.

Itulah beberapa fungsi dari organ ginjal yang perlu anda ketahui. Fungsi ini sangatlah penting dan harus anda perhatikan. Lakukanlah hal yang membuat ginjal tetap sehat.

artikel terkait: manfaat rebusan daun alpukatmanfaat jamu kunci suruh bagi kesehatan wanitamanfaat fiforlif

Manfaat seledri untuk ginjal

Seledri merupakan sejenis tanaman yang dikenal di Indonesia. keberadannya mungkin sering anda jumpai untuk menambahkan aroma pada beberapa jenis makanan seperti bakso, sup dan masakan khas lainnya. seledri sudah lama juga dikenal sebagai jenis sayuran yang baik untuk kesehatan dan dijadikan sebagai obat herbal.

Seledri masih satu keluarga dengan daun peterseli. Khasiatnya yang baik bagi tubuh juga membuatnya menjadi beberapa campuran jus supaya khasiat jus menjadi lebih besar. Penelitian menunjukkan bahwa daun selederi juga sangat baik untuk ginjal. Seperti yang sudah diulas sebelumnya bahwa ginjal merupakan organ yang sangat penting dalam tubuh dan harus dijaga kesehatannya. Pada beberapa kasus, manfaat daun seledri untuk ginjal malah bisa dijadikan alternatif sebagai cuci darah alami bagi mereka yang mengalami gagal ginjal. Namun untuk hal ini sebaiknya anda konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu ya.

artikel terkait: manfaat kembang kolmanfaat peterseli

Kandungan daun seledri

Kandungan yang ada di dalam seledri ini antara lain adalah vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6 dan vitamin C yang tinggi. selain itu kandungan lainnya yang ada di dalam daun seledri adalah beberapa jenis mineral seperti potassium, fosfor, natrium, zat besi, magnesium, asam folat, kalsium, dan kandungan asam amino esensial lainnya.

Kandungan yang ada di dalam seledri tersebut sangatlah baik untuk kesehatan pada umumnya dan pada ginjal secara khusus. Daun seledri ini memiliki kandungan natrium tinggi yang mampu menstabilkan tekanan darah sehingga tidak jarang para penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi juga menggunakan daun selederi untuk mengendalikan tekanan darah. dengan menstabilkan tekanan darah juga secara tidak langsung dapat menstabilkan kinerja ginjal karena organ ginjal sendiri memerlukan tekanan darah yang stabil untuk dapat melakukan semua tugas yang diembannya.

Pada sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa daun seledri memiliki kandungan yang mampu mencegah penyakit kanker. Salah satu yang terkenal adalah kandungan acetylenics yang sudah terbukti mampu mencegah pertumbuhan sel tumor. Radikal bebas juga bisa dibasmi dengan ampuh oleh seledri ini sehingga anda menjadi tidak mudah sakit. Khasiat lainnya dari seledri ini adalah mampu menstabilkan kadar pH dalam tubuh sehingga tubuh tidak terlalu basa atau terlalu asam.

artikel terkait: manfaat daun srikayamanfaat kulit rambutan

Cara membuat ramuan dari seledri untuk ginjal

Cara membuat ramuan dari seledri untuk mengobati penyakit ginjal saat ini sedang banyak dicari oleh orang. hal ini dikarenakan banyak orang yang mulai tertarik pada pengobatan tradisional dibandingkan dengan menggunakan obat-obatan kimia. Hal yang paling terkenal dari manfaat daun seledri ini adalah sebagai obat herbal cuci darah pada penderita gagal ginjal. Sebenarnya jika akan menggunakan daun seledri ini untuk obat herbal sangat disarankan bagi anda untuk tetap berkonsultasi dengan dokter karena bisa jadi ada beberapa kandungan dalam seledri yang tidak cocok dengan tubuh anda.

Perlu diingat bahwa pengobatan utama tetap pada dokter sehingga penyakit anda tetap bisa dikontrol dan diperhatikan dengan betul apakah semakin parah atau membaik. Obat herbal dari seledri boleh dijadikan sebagai sampingan supaya pengobatan anda menjadi lebih cepat dan efektif pada ginjal anda. Tingkat keparahan penyakit ginjal yang berbeda dari satu orang ke orang lainnya juga membuat keefektifan manfaat daun seledri untuk ginjal ini berbeda-beda.

Namun tidak ada salahnya jika anda mencoba mengonsumsi seledri untuk mengatasi penyakit ginjal karena aman dan sehat.

  • Ramuan rebusan daun seledri

Cara pertama yang bisa anda gunakan selain mencampurkan daun seledri pada makanan adalah dengan membuat ramuan air rebusan dari daun seledri. Caranya sangat mudah yaittu anda hanya harus menyediakan daun seledri secukupnya dan kemudian cuci bersih. Setelah itu rebuslah dengan menggunakan 3 gelas air sampai mendidih dan sampai airnya menyusut menjadi 1 gelas saja. kemudian saring airnya dan tunggu beberapa saat hingga menjadi dingin dan agak hangat saja. setelah itu minumlah secara rutin minimal 1 kali dalam sehari. Jika anda tidak suka dengan rasanya maka anda bisa menambahkan gula jawa atau madu supaya rasanya lebih enak.

artikel terkait: manfaat rebusan kayu manis

  • Jus seledri

Jus seledri? Mungkin terdengar sangat asing bagi anda dan mungkin anda membayangkan rasanya yang tidak karuan. Ya memang jika seledri dibuat jus dan hanya seledri saja rasanya akan tidak enak namun anda bisa mensiasatinya dengan mencampurkannya dengan buah atau sayur lainnya seperti buah mangga, nanas, wortel, tomat dan lainnya sesuai dengan selera anda masing-masing. dengan mengonsumsi jus seledri secara rutin, gangguan pada ginjal anda akan berkurang.

artikel terkait: manfaat jus rumput gandum

Demikian ulasan mengenai manfaat seledri untuk ginjal yang perlu anda ketahui. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Monday 25th, July 2016 / 16:42 Oleh :
Kategori : Herbal