20 Manfaat Teh Ashitaba Untuk Kesehatan

Teh ashibata atau lebih dikenal dengan seledri Jepang mulai menarik minat pecinta minuman herbal. Banyak yang mengatakan teh ashibata memiliki manfaat yang lebih besar dibandingkan dengan mengkonsumsi minuman teh hijau. Angelica keiskei Koidzumi merupakan nama ilmiah dari ashibata. Tanaman ini dapat tumbuh hingga tingginya 50 – 120 cm. Tanaman ini merupakan tumbuhan endemik di daerah Hachijō-jima, Jepang namun dibudidayakan juga pada daerah tertentu.

Baca juga:

Tanaman ashibata mudah untuk dibudidayakan dan merupakan tumbuhan yang memiliki kecepatan tumbuh yang tinggi. Tidak heran banyak yang menanam tanaman ini di pot atau halaman belakangnya. Meskipun demikian, tidak semua tempat dapat membudidayakannya. Penduduk Jepang banyak menggunakan daun, bunga atau akarnya untuk campuran makanan seperti soba, tempura, atau dibuat olahan minuman seperti es krim dan teh.

Baca juga:

Kandungan dan Manfaat

Ashibata memiliki kandungan sitotoksik, antidiabetik, antioksidan, anti peradangan, anti-hipersensitif, dan antbakteri. Ashibata juga memiliki potensi menjadi obat saraf dan dapat digunakan untuk mengobati kanker, menopause dan kondisi lainnya. Beberapa bahan herbal lain yang mengandung anti bakteri dan anti peradangan dapat dibaca dalam

artikel terkait : manfaat batang gaharu –manfaat tomat hijau – manfaat teh chamomile – manfaat daun sirih untuk wajah – manfaat biang kunyit


Ada 20 manfaat teh ashibata yang berguna bagi tubuh, yaitu:

  1. meningkatkan sistem imun tubuh. Teh ashibata memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Oleh karena itu, teh ashibata dapat dikonsumsi setiap hari untuk meningkatkan daya tahan tubuh. (Baca juga : manfaat vitamin C – manfaat buah naga)
  2. Chalcone atau getah ashibata memiliki peran sebagai agen detoksifikasi racun yang ada di darah
  3. Teh ashibata dapat menjaga tekanan darah dengan 2 mekanisme yaitu chalcone sebagai antideuretik untuk menurunkan tekanan darah dan kandungan kalium yang dapat meningkatkan tekanan darah
  4. Teh ashibata memiliki kandungan saponin yang dapat mengontrol kadar gula darah, sehingga secara tidak langsung dapat mencegah penyakit diabetes. Bahan herbal lain yang dapat mencegah penyakit diabetes. (baca juga : manfaat gula aren untuk diabetes – manfaat sirsak untuk diabetes)
  5. menjaga keseimbangan pH tubuh
  6. Sebagai agen antibakterial
  7. membantu mencegah kanker dengan, kandungan antioksidan dengan xanthoangelol yang dapat memerangi radikal bebas, penyebab utama kanker. Bahan lain yang banyak mengandung antioksidan.
  8. Kandungan chalcone dapat meningkatkan metabolisme tubuh, dengan demikian banyak membantu membakar kandungan lemak di tubuh.
  9. Kandungan teh ashibata dapat digunakan untuk menjaga berat badan, berat badan berlebih dapat diturunkan karena pembakaran energi lebih cepat terjadi. Sekaligus menjaga terjadinya weight loss 
  10. berperan sebagai agen anti peradangan
  11. membantu meredakan nyeri haid
  12. meredakan nyeri otot dan nyeri sendi
  13. membantu meredakan sakit perut
  14. meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kolesterol buruk
  15. mencegah anemia
  16. membantu meredakan sembelit
  17. Kandungan teh ashibata dapat meningkatkan produksi sel saraf sehingga dapat membantu meningkatkan daya ingat. Ini juga dapat digunakan untuk mencegah penyakit yang berhubungan dengan daya ingat seperti Alzheimer, demensia dan parkinson.
  18. Kandungan teh ashibata dapat meningkatkan konsentrasi sehingga sangat baik dikonsumsi saat pagi hari
  19. Memiliki banyak kandungan antioksidan yang dapat mencegah terjadinya penuaan dini
  20. Teh ashibata juga mempercepat penyembuhan luka

, ,
Oleh :
Kategori : Minuman