10 Manfaat Labu Putih Untuk Kesehatan

Labu putih merupakan sejenis sayuran yang banyak tumbuh subur pada lingkungan yang tropis. Labu ini memiliki sejumlah manfaat yang berhubungan dengan kesehatan sehingga sudah banyak yang menggunakan manfaat dari labu ini sejak zaman dahulu.

Kandungan yang terdapat pada labu putih ini antara lain adalah vitamin c, seng dan zat besi yang diperlukan oleh tubuh untuk menunjang aktifitas sehari – hari. Bagi anda yang ingin mengetahui manfaat dari labu putih ini, maka manfaat dari labu ini adalah :

1. Thypus

Penyakit thypus ini kadang di sebabkan oleh keletihan pada tubuh sehingga mudah terserang penyakit thypus. Selain itu penyakit ini membuat tubuh menjadi kurus dan berkeringat dingin. Thypus dapat di ketahui setelah melakukan kontrol ke dokter dan akan di berikan resep obat untuk pengobatan sesuai dengan prosedur dokter. Tapi jika anda ingin mencoba pengobatan secara tradisional menggunakan bahan bahan dari alam maka anda dapat memilih labu putih untuk pengobatan penyakit ini. Khusus untuk penggunaan labu putih sebagai pengobatan penyakit tipus harus dipilih labu yang masih segar dan di parut untuk di ambil airnya. (Baca juga : Manfaat buah naga untuk tifus)

2. Diet

Pernah diet ? mungkin diet identik dengan wanita dan wanita yang memiliki berat badan diatas ideal. Jadi untuk menunjang penampilan selalu tampil cantik para wanita memilih diet sebagai salah satu solusi masalah klasik ini. Sebenarnya berat badan dapat turun tidak hanya dengan menjalani diet yang konsisten tapi juga di imbangi dengan latihan fisik olahraga seperti jogging, renang dan juga senam. Selain untuk kesehatan buah labu putih ini juga bisa digunakan sebagai penurun berat badan. Ini karena manfaat labu putih mengandung banyak serat dan sedikit kalori. Buah labu putih yang rajin di konsumsi bisa di gunakan juga untuk diet. Karena itu buah labu ini mengandung banyak air yang baik untuk membuat perut terasa kenyang lebih lama.

Artikel terkait :

3. Sembelit

Labu putih kaya akan air sehingga baik untuk sistem pencernaan. Masalah yang umum menyerang sistem pencernaan adalah sembelit. Sembelit disebabkan oleh kurangnya asupan serat dan air ke dalam tubuh. Padahal serat di dapat dengan rajin mengonsumsi buah buahan dan juga sayura sayuran dalam kehidupan sehari – hari. Sembelit yang parah kadang dapat menyebabkan wasir dan juga membutuhkan pertolongan tenaga medis. Jadi untuk kesehatan sistem pencernaan cobalah untuk selalu memastikan makanan yang anda makan mengandung serat yang kaya dan tinggi.

Artikel terkait :

4. Antibiotik

Manfaat lainnya dari labu putih adalah sebagai zat antibiotik. Zat ini berfungsi untuk mematikan bakteri atau virus yang berkembang menjadi suatu penyakit. Labu putih berfungsi sebagai salah satu antibiotik alami yang aman karena merupakan buah yang berasal dari alam. Di saat sekarang banyak beredar antibiotik yang palsu di toko – toko obat. Jadi alangkah baiknya jika anda waspada dan lebih mendahulukan antibiotik yang terdapat pada buah alami di banding obat obatan kimiawi.

Artikel terkait :

5. Kesehatan mata

Mata merupakan salah satu anggota tubuh yang berfungsi untuk melihat dunia. Ya peranan mata sangatlah besar bagi kehidupan kita oleh karena itu kesehatan mata perlu untuk diperhatikan. Kesehatan mata bisa di dapat dari buah dan sayuran sayuran berwarna cerah seperti wortel, rimbang dan juga labu putih ini. Jadi labu putih juga memberikan manfaat bagi kesehatan mata. Mata yang sehat tentu menjadikan anda percaya diri dalam menyelesaikan berbagai macam aktifitas harian. Ingat mata perlu di jaga kesehatannya karena mata tetap akan berfungsi sampai anda tua selama masih hidup di dunia ini.

Artikel terkait :

6. Kekebalan tubuh

Fungsi dari labu putih berikutnya adalah sebagai peningkatan sistem kekebalan tubuh. Pada saat cuaca kurang mendukung sperti hujan yang turun hampir setiap hari disini perlu bagi anda untuk menjaga kekebala tubuh yang anda miliki. Menjaga kekebalan tubuh penting karena tubuh juga perlu di jaga agar tehindar dari bakteri dan virus yang bisa menjangkiti anda sehari – hari. Jika kekebala tubuh menurun bisa jadi anda akan mudah terserang penyakit baik ringan atapun berat.

Artikel terkait :

7. Hipertensi

Tekanan darah tinggi atau dikenal juga dengan hipertensi biasanya berkaitan erat dengan kesehatan jantung yang berfungsi untuk memompa darah keseluruh tubuh. Hipertensi bisa muncul akibat makanan yang banyak mengandung lemak dan juga minyak yang membuat tekanan darah menjadi tinggi. Tekanan darah yang tinggi bisa menyumbat pembuluh darah dan bisa memecahkannya yang berakibat stroke ataupun kematian mendadak. Labu putih bermanfaat untuk mengobati hipertensi sehingga tekanan darah di dalam tubuh kembali normal.

Artikel terkait :

8. Diabetes

Kekurangan hormon insulin di dalam tubuh bisa berakibat diabetes. Jenis diabetes yang di kenal di masyarakat umum terdapat dua macam. Diabetes dipicu oleh kadar gula dalam darah yang tinggi. Makanan yang menyebabkan kadar gula naik adalah mie instant yang di makan menggunakan nasi. Kedua makanan ini saat di pisah sudah sama sama memiliki kadar gula yang tinggi dan jika di gabung tentu sudah melebihi batas normal. Cara terbaik untuk melakukan pencegahan dari diabetes ini adalah mengonsumsi labu putih dan juga rajin untuk berolahraga. Jika anda tidak memiliki banyak waktu luang untuk olahraga. Maka anda dapat memilih jalan kaki atau lari sebentar sekitar 30 menit untuk pemanasan anda.

Artikel terkait :

9. Demam

Demam yang tinggi juga dapat diatasi dengan labu putih ini. Umumnya demam disebabkan karena cuaca dan juga minum air dingin yang terlalu sering bagi tubuh. Demam banyak terjadi pada anak- anak tapi tidak tertutup kemungkinan juga terjadi pada orang yang dewasa. Demam yang tinggi kadang disertai juga dengan flu dan rasa sakit kepala sebelah yang sangat sakit.

Demam yang tinggi pada anak juga dapat disertai dengan muntah dan diare yang berlebihan sehingga di perlukan pemberian oralit yang dapat di buat sendiri di rumah untuk menghindari dehidrasi yang terjadi pada anak. Efek samping dari dehidrasi yang bisa menyebabkan meninggal dunia jadi demam merupakan salah satu sakit yang tidak boleh disepelekan. Pastikan saat demam untuk selalu beristirahat agar segera lekas sembuh.

Artikel terkait :

10. Kolesterol

Tingkat kolesterol yang tinggi di dalam darah juga tidak baik untuk tubuh. Karena itulah keseimbangan kolesterol agar tetap normal perlu di jaga demi kesehatan. Gunakan labu putih untuk menjaga keseimbangan normal kolesterol dalam darah.

Artikel terkait :

Demikianlah manfaat labu putih yang berguna untuk kesehatan tubuh dan juga untuk mejaga penampilan dalam niatan menurunkan berat badan menjadi ideal.