6 Manfaat Air Rebusan Jagung Untuk Kesehatan Tubuh

Hampir semua orang pasti kenal yang namanya jagung. Jagung merupakan salah satu tanaman penghasil karbohidrat yang temasuk ke dalam makanan pokok selain nasi serta gandum. Jagung bisa diolah menjadi minyak pangan, tepung maizena dan ada pula yang menggunakannya sebagai makanan ternak. Jagung merupakan tanaman yang memiliki batang dengan sekat-sekat layaknya tanaman tebu dengan ketinggian mencapai 1 hingga 3 meter. Namun tidak jarang juga ada tanaman jagung yang mencapai 6 meter. Jagung memiliki akar serabut yang biasanya mencapai kedalaman 80 cm dan termasuk kedalam tumbuhan monokotil atau tumbuhan berkeping satu.

artikel terkait jagung:

Jagung merupakan tanaman yang memiliki bentuk tulang melengkung ditambah adanya bulu-bulu halus yang berada di permukaan. Kulit yang secara sengaja ataupun tidak sengaja menyentuh bulu-bulu halus tersebut bisa menjadi gatal atau bahkan kulit menjadi memerah. Di dalam biji jagung terdapat kandungan karbohidrat yang cukup tinggi, sehingga tidak heran jika tanaman ini dijadikan sebagai makanan pokok pada beberapa masyarakat tertentu. Di dalam jagung mengandung sekitar 80% karbohidrat. Perlu diketahui dalam 100 gram biji jagung, mengandung kalori sejumlah 355 kal, karbiohidrat 73,3 gram, ferrum 2,4 mg, vitamin B1 0,38 mg, kalsium sebanyak 10 mg, lemak 3,9 gram, protein 99,2 gram, fosfor 256 mg dan vitamin A sebanyak 51 S1.

artikel terkait:

Tidak hanya jagungnya saja yang memiliki banyak manfaat, namun ternyata, air bekas rebusan jagung juga tidak kalah hebat khasiatnya. Air rebusan jagung bukan hanya menyehatkan,  namun juga bisa diandalkan untuk mengatasi beragam jenis penyakit seperti halnya jenis penyakit di bawah ini:

  1. Mengatasi Batu ginjal
  • Siapkan 4 tongkol jagung yang masih muda. Lebih baik tidak dihilangkan rambutnya sebanyak 1 genggam
  • Daun keji beling yang masih segar sebanyak 8 helai
  • Rebus bahan-bahan tersebut ke dalam air sebanyak 110 ml
  • Saring air tersebut lalu minum sceraa rutin setiap hari

Jika batu ginjal telah terbentuk butiran yang mirip dengan kerikil dan berbuih keluar, anda bisa menghentikan konsumsi air rebusan jagung dan mulaiah beralih ke konsumsi daun kumis kucing dan meniran. Cara menggunakan daun kumis kucing dan meniran untuk mengobati batu ginjal yaitu dengan menyeduh daun kumis kucing serta daun meniran sebanyak 30 gram lalu seduh dengan air panas. Minum airnya saja.

penting mengenai ginjal: manfaat jagung bagi penderita asam lambungmanfaat jahe untuk ginjalmanfaat kulit manggis untuk ginjal

  1. Diabetes

Cara mengobati diabetes dengan air rebusan jagung dapat diakukan dengan merebus jagung tanpa dipisahkan terlebih dahulu dengan tangkainya. Lakukan secara rutin selama 2 hingga 3 minggu. Mengingat jagung memiliki rasa yang manis namun aman untuk penderita diabetes, kini telah banyak produk gula yang menggunakan jagung sebagai bahan pembuatan produknya. Produk ini cocok bagi anda yang menderita diabetes, namun tidak bisa menghindari pemakaian gula secara menyeluruh.

penting mengenai diabetes: manfaat olahraga untuk diabetesmanfaat mahkota dewa untuk diabetesmanfaat cabe bagi penderita diabetes

  1. Batu empedu

Penyakit batu empedu merupakan salah satu jenis penyakit yang terjadi karena adanya pengerasan cairan pada empedu.

  • Ambil 5 tongkol jagung muda
  • 5 gram daun kumis kucing
  • Rebus bahan-bahan di atas dengan 110 ml air

Saring airnya lalu minum setiap hari selama 2 minggu. Jangan lupa untuk melakukannya secara rutin.

penting mengenai batu empedu: manfaat bunga dandelionmanfaat daun seledrimanfaat empedu ular

  1. Mengatasi kebiasaan anak yang gemar mengompol

Tahukah anda jika manfaat air rebusan jagung ternyata bisa digunakan untuk mengatasi kebiasaan anak yang mengompol? Caranya cukup mudah yaitu dengan cara meminum seduhan rambut jagung satu cangkir setiap anak akan berangkat tidur. Dalam mengonsumsi, sebaiknya tidak berlebihan karena terlalu banyak meminum air seduhan rambut jagung juga bisa membuat tekanan darah turun secara drastis.

artikel terkait: manfaat tidur siang bagi anakmanfaat lacto B pada anakmanfaat olahraga untuk anak SD

  1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan jenis penyakit yang cukup berbahaya sehingga perlu ditangani secara serius dan cepat. Cara mengatasi hipertensi dapat dilakukan dengan cara:

  • Menyiapkan 5 sampai 7 tongkol jagung yang masih muda serta 1 genggam rambut jagung
  • Rebus bahan menggunakan 110 ml air
  • Saring air rebusan jagung lalu minum air rebusannya setiap hari selama 7 hari

penting mengenai tekanan darah tinggi: manfaat madu bagi penderita asam lambungmanfaat jagung bagi penderita asam lambungmanfaat buah naga bagi penderita darah tinggi

  1. Menurunkan kolesterol tinggi

Kolesterol ternyata secara alami bisa disembuhkan dengan air rebusan tongkol jagung yang masih muda. Air rebusan dari jagung tersebut memiliki banyak kandungan yang baik untuk kesehatan seperti flavonoid, senyawa fenol dan antioksidan. Senyawa antioksidan mampu membantu memperbaiki sistem metabolisme dalam tubuh sementara flavonoif digunakan untuk mencegah terjadinya penyempitan pada pembuluh darah sehingga menghindarkan seseorang dari resiko terkena jantung koroner. Berikut ini cara mengolahnya:

  • Cuci 3 tongkol jagung tanpa terlebih dahulu dikupas
  • Rebus tongkol jagung ke dalam kurang lebih 10 gelas air
  • Biarkan airnya hingga mendidih dan sisakan 8 gelas
  • Konsumsi air rebusan tersebut untuk diminum satu hari. Untuk hasil yang maksimal, minum air rebusan jagung setiap hari secara rutin

artikel terkait: manfaat kolesterolmanfaat obat statinmanfaat buah naga untuk kolesterol

Bagi anda yang gemar merebus jagung, mulai sekarang anda tidak perlu membuang air rebusan jagung mengingat air rebusan ini dapat mengatasi banyak penyakit. Mulai dari batu ginjal hingga penyakit tekanan darah tinggi, bisa disembuhkan melalui air rebusan jagung, asakan dikonsumsi secara rutin.