6 Manfaat Kentang Untuk Diet Sehat

Kentang merupakan salah satu bahan makanan pokok. Bahkan di Eropa sendiri, kentang dijadikan sebagai pengganti makanan pokok. Dengan nama latin Solanum Tuberosum, umbi kentang ini termasuk ke dalam suku Solanaceae. Bagian yang dikonsumsi pada kentang yaitu pada umbi batang nya. Manfaat kentang tidak hanya bisa anda gunakan sebagai bahan makanan saja. Bahkan bagi anda yang sedang menjalani program diet, kentang dapat anda jadikan sebagai solusinya. Kentang  sudah dipercaya sebagai salah satu solusi yang efektif untuk mengurangi berat badan. Banyak sekali kandungan penting di dalam kentang yang sangat membantu program diet anda. (baca juga: Manfaat tanah Gambut , Manfaat Jeruk Nipis Untuk Diet)

Di dalam 300 gram kentang yang direbus dengan kulitnya, maka setidaknya terdapat kandungan lemak sebesar 0,3 gram, 5,6 gram protein, serta kalori sekitar 261. Namun jika anda mengupasnya terlebih dahulu sebelum merebusnya, maka kentang dapat kehilangan kadar protein 0,5 gram. Namun baik anda rebus bersama kulit atau tidak, kandungan lemak dan kalori tidak akan berubah. Kandungan gula alami dan serat di dalam kentang rebus juga tinggi sekitar 2,6 gram dan 5,4 gram. (baca juga: Manfaat Susu Campur Jahe , Manfaat Jamur Grigit )

Selain itu, kandungan kentang rebus juga memiliki beragam vitamin di dalamnya. Terdapat vitamin B kompleks yang sangat membantu dalam pembentukan sel darah merah. Vitamin B kompleks ini juga dapar bermanfaat mengurai lemak dan karbohidrat di dalam tubuh serta mengurai energi yang berasal dari protein. Setidaknya satu buah kentang rebus mampu menjadi kebutuhan vitamin B6 tubuh dalam sehari. Kentang resbu juga memiliki kadar vitamin C yang cukup tinggi. (baca juga : Manfaat Jeruk Nipis , Manfaat Vitamin B6)

Selain kaya akan vitamin, kentang juga kaya akan kandungan mineral di dalamnya seperti fosfor, magnesium, dan potasium. Ketiga jenis mineral ini sangat membantu untuk menjaga jaringan syaraf serta fungsi otot dan tulang. Konsumsi satu kentang rebus mampu mencukup sekitar 1/4 dari kebutuhan kalium tubuh dalam sehari. (Baca Juga: Manfaat Fosfor , Manfaat Kentang)

Karena banyaknya kandungan nutrisi, vitamin, dan mineral yang baik untuk tubuh, maka banyak yang menjadikannya kentang menjadi menu andalan program diet. Nah berikut ini ada beberapa manfaat kentang untuk diet.

1. Dapat Menahan Lapar

Mengkonsumsi karbohidrat sebagai menu makanan sehari hari akan membuat anda dapat menahan rasa lapar. Hal ini dikarenakan kandungan karbohidratnya yang cukup tinggi sehingga sangat efektif untuk membantu menahan rasa lapar. (baca juga: Manfaat Vitamin Rambut , Manfaat Renang bagi Wanita)

2. Menghilangkan Lemak

Manfaat kentang  lainnya dalah dapat menghilangkan kadar lemak di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan kentang dapat menyerap lemak di dalam tubuh dan mengeluarkannya dalam bentuk feses. (baca juga: Manfaat Susu Campur Mentega , Manfaat Vitamin B5 )

3. Kenyang Lebih Lama

Kandungan kalori yang ada didalam kentang cukup tinggi, sekitar 261 kalori. Selain itu, sari pati yang ada di dalam kentang juga snagat cukup untuk memenuhi perut anda sehingga membuat anda tidak berkeinginan mengambil makanan lainnya. (baca juga: Manfaat Sirih Hitam , Manfaat Tidak Makan Makanan Yang Bernyawa)

4. Memberikan Energi

Mengkonsumsi kentang dapat bermanfaat sebagai sumber energi yang akan membantu keberhasilan program diet anda. Energi tersebut dapat membantu aktivitas-aktivitas anda sehari-hari. Sehingga meskipun anda hanya mengkonsumsi kentang saja, anda tidak akan merasa lemas seharian. (baca juga: Manfaat Bedak WB , Manfaat Energi Matahari)

5. Memudahkan Sistem Pencernaan

Manfaat lainnya adalah, mengkonsumsi kentang dapat membantu anda untuk melancarkan sistem percernaan. Hal ini dikarenakan kandungan serat yang ada di dalam kentang dapat membantu sistem pencernaan di dalam tubuh. (Baca Juga: Manfaat Vegeta , Manfaat Mangga Gadung)


6. Menjaga Tubuh Tetap Fit

Kandungan vitaminnya yang cukup beragam seperti vitamin C dan vitamin B6 nya mampu membantu kondisi tubuh agar terus fit dan segar. (Baca juga:  Manfaat vitamin C Untuk Kulit , Manfaat Vitamin C)

Tips Diet Menggunakan Kentang

Karena banyaknya manfaat yang ada, maka kentang sangat direkomendasikan untuk dimasukkan ke dalam menu diet anda sehari hari. Nah berikut ini tips diet menggunakan kentang yang dapat anda gunakan.

  • Siapkan sekitar 3 kentang
  • Cuci bersih namun jangan kupas bagian kulitnya
  • Rebus hingga matang. Setelah itu barulah anda mengupas kulit kentang.

(Baca Juga: Manfaat Kentang Mentah  , Manfaat Kulit Kentang )

Anda bisa mengkonsumsi nya langsung ataupun mengolahnya menjadi makanan tertentu. Namun ingat, kentang harus direbus jangan digoreng. Kentang yang digoreng akan menambah kadar lemak yang ada di dalamnya. Selain direbus, anda juga bisa mengolah kentang dengan cara memanggangnya. Nah bagaimana tertarik untuk mencoba nya? Kentang dapat anda jadikan sebagai pengganti nasi. Namun batas konsumsinya juga perlu anda perhatikan. Anda bisa menjadikan kentang sebagai selingan dari nasi sehingga anda tidak harus terus menerus mengkonsumsi kentang. Bagi penderita diabetes, sebaiknya menghindari diet menggunakan kentang, karena kandungan indeks glikemik nya cukup tinggi. (baca juga: Manfaat Vitamin A ,  Manfaat Vitamin D3 )

Semoga informasi diatas dapa bermanfaat bagi anda. Pastikan untuk mengkonsumsi sesuai dengan takaran yang ada dan jangan berlebih. Selamat mencoba.

baca juga:

, , , ,
Oleh :
Kategori : Sayuran