Manfaat Daun Binahong Untuk Kolesterol

Daun binahong, apakah anda sudah pernah mendengar nama ini? Mungkin ada beberapa yang sudah tidak asing dengan salah satu jenis daun yang sering sekali dimanfaatkan sebagai salah satu tanaman herbal yang sangat berkhasiat.

Sekilas mengenai daun BInahong

Daun binahong sendiri merupakan daun yang berasal dari tanaman yang bernama sama. Binahong memiliki nama latin Anredera Cordifolia. Tanaman ini merupakan salah satu jenis tanaman yang tumbuh pada segala kontur, termasuk dataran tinggi maupun dataran rendah. Perawatannya pun cukup mudah, apabila anda ingin memelihara jenis tanaman ini. Anda hanya perlu menyiapkan lahan dengan tiang – tiang ataupun senda yang dapat digunakan sebagai media rambatan dari tanaman binahong ini.

Tanaman ini juga memiliki manfaat lain selain menjadi salah satu jenis tanaman herbal. Dengan bentuknya yang menarik, tanaman ini sering juga dijadikan tanaman hias yang dapat mempercantik kebun serta pekarangan rumah anda.

Manfaat dari daun binahong

Daun daritanaman binahong tidak menjadi salah satu jenis tanaman herbal yang apabila tidak memiliki khasiat dan manfaat bagi kesehatan. Faktanya, daun binahong memiliki banyak sekali manfaat dan khasiat, terutama bagi kesehatan tubuh kita. Apa saja manfaat dari daun tanaman binahong ini? Yuk kita simak beberapa manfaat dari daun tanaman binahong :

  1. Mengobati pembengkakan usus
  2. Mengobati Sesak Nafas
  3. Mengobati radang pada ginjal
  4. Sebagai obat patah tulang
  5. Mengobati sakit paru – paru
  6. Menjaga stamina dan daya tahan tubuh
  7. Menambah nafsu makan
  8. Mengobati kencing manis
  9. Melancarkan haid dan menstruasi
  10. Mengobati hidung mimisan
  11. Menghentikan pendarahan
  12. Mengobati penyakit kulit, seperti eksim dan kutu air
  13. Mengoabati disentri
  14. Mencegah anemia atau darah rendah
  15. Sebagai obat batuk
  16. Mengobati ambeyen atau wasir

itu adalah sedikit dari banyak sekali manfaat kesehatan yang dapat anda peroleh dari mengkonsumsi daun dari tanaman binahong. Meski demikian, khasiat dan manfaat dari daun tanaman binahong sendiri tidak hanya sebatas daftar di atas. Ada satu lagi manfaat dari daun tanaman binahong bagi kesehtan yang sangat penting, yaitu untuk menurunkan kadar kolestrol.

Kolestrol

daun binahongKolestrol sendiri sebenarnya memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh kita. Kolestrol atau yang sering dikenal dengan nama lipoprotein dalam istilah kedokteran ini terbawa masuk ke dalam darah oleh zat protein dari makanan yang kita konsumsi. Kolestrol sendiri sebenarnya terbagi menjadi dua, yaitu :

  1. Kolestrol Baik
  2. Kolestrol Jahat

Anda dapat melakukan control dan melakukan cek kadar kolestrol tubuh untuk mengetahui apakah anda memiliki kadar kolestrol yang tinggi atau tidak. Kandungan kolestrol yang normal berada di dalam tubuh kita adalah sekitar 160 – 200 mg. tentu saja jumlah ini bervariasi pada tiap orang, tergantung dari faktor resiko seperti gen atau keturunan. Namun secara umum, ketika kadar kolestrol di dalam tubuh kita sudah melebihi angka 240 mg atau bahkan jauh diatas 500 mg, maka anda wajib berhati – hati, karena anda sudah masuk ke dalam kategori tinggi kolestrol.

Tingginya kadar kolestrol di dalam tubuh sendiri diketahui memiliki banyak sekali efek buruk dan negative yang akan terjadi baik langsung, maupun pada masa yang akan datang. Berikut ini adalah beberapa efek buruk yang mungkin akan muncul apabila anda memiliki kadar kolestrol tinggi di dalam tubuh anda :

  1. Diabetes
  2. Jantung coroner
  3. Stroke
  4. Asam urat
  5. Minimnya suplai oksigen
  6. Penyumbatan pembuluh darah
  7. Lemak yang menumpuk

Lihat, banyak sekali bukan penyakit yang dapat muncul dan menyerang tubuh anda ketika kadar kolestrol di dalam tubuh anda tidak terkontrol dan berada pada level yang tinggi? Karena itu sejak saat ini mulailah untuk membiasakan diri menerapkan pola hidup sehat untuk menghindari kadar kolestrol yang tidak terkontrol dan mencegah berbagai macam penyakit yang dapat muncul ketika tubuh anda sudah terlanjur memiliki kadar kolestrol yang tinggi.

Daun binahong untuk kolestrol

Lalu apakah yang harus anda lakukan apabila kadar kolestrol di dalam tubuh anda sedah melewati ambang batas normal? Selain harus merubah pola makan, anda harus mencari pengobatan – pengobatan yang dapat menurunkan kadar kolestrol, salah satu pengobatan yang bisa anda lakukan adalah dengan memanfaatkan daun binahong.

Daun binahong memiliki kandungan alami yang mampu menjaga kadar kolestrol jahat yang ada di dalam tubuh anda. selain itu, daun binahong juga berkhasiat untuk menurunkan kolestrol jahat yang ada di dalam diri anda.

Untuk memperoleh manfaat yang optimal dari daun binahong sebagai salah satu obat penurun kolestrol, anda dapat membuat ramuan tradisional dari bahan dasar daun binahong dan mengkonsumsinya setiap hari secara rutin.

Berikut ini adalah langkah –langkah membuat ramuan dari daun binahong untuk mengobati kolestrol :

  1. Ambil segenggam daun binahong
  2. Ebus daun binahong dengan air hingga mendidih
  3. Tunggu airnya hingga menjadi dingin
  4. Minum air rebusan daun binahong tersebut secara rutin dan teratur setiap hari
  5. Efek penurunan kolestrol akan muncul dan terasa apabila anda mengkonsumsi rebusan daun binahong ini setiap hari secara rutin.

Itulah langkah – langkah dalam mengolah daun binahong yang sangat bermanfaat dan berkhasiat untuk menurunkan kadar kolestrol di dalam tubuh. Namun demikian, selain dengan mengkonsumsi rebusan daun binahong secara rutin, anda juga dapat melakukan beberapa tips di bawah ini untuk mengoptimalkan pengobatan kolestrol anda :

  1. Rajin berolahraga
  2. Hindari junk food
  3. Hindari makan makanan yang tinggi akan kolestrol
  4. Berhenti merokok dan minum alcohol

Itulah beberapa gambaran mengenai manfaat daun binahong untuk kolestrol. Semoga artikel ini bermanfaat.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 09th, June 2015 / 14:35 Oleh :
Kategori : Tumbuhan