Manfaat Daun Alpukat untuk Hipertensi (Darah Tinggi)

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah keadaan dimana terjadinya peningkatan tekanan darah pada dinding arteri. Hal ini biasanya disebut sebagai pembunuh diam-diam karena gejala yang dirasakan akan sangat sedikit. Untuk mengetahui apakah tubuh mengalami tekanan darah tinggi adalah dengan melakukan tensi darah. pemeriksaan tensi darah ini sebaiknya dilakukan secara rutin paling tidak 5 tahun sekali terutama bagi orang dewasa. Hal ini penting karena tekanan darah tinggi tidak menimbulkan gejala spesifik.

Penderita penyakit tekanan darah tinggi di Indonesia sendiri sudah mencapai angka 25,8 persen dari keseluruhan jumlah penduduk Indonesia. jumlah ini adalah termasuk yang tertinggi di dunia. dari angka tersebut penderita tekanan darah tinggi lebih besar dialami oleh wanita dibandingkan pria. Ironisnya, para penderita ini tidak menyadari bahwa dirinya menderita tekanan darah tinggi. hal inilah yang membuat hipertensi menjadi penyakit yang paling banyak merenggut nyawa di Indonesia.

artikel terkait hipertensi:

Resiko Penyakit Hipertensi

Penyebab pasti mengapa terjadi penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi ini sampai saat ini masih belum bisa diketahui dengan pasti. Namun penelitian menunjukkan bahwa semakin bertambahnya usia seseorang maka resiko terkena penyakit hipertensi juga akan semakin besar. Namun ada beberapa hal yang dapat memicu terjadinya penyakit hipertensi ini, antara lain adalah sebagai berikut:

  • Orang yang berusia di atas 65 tahun
  • Orang yang mengonsumsi garam secara berlebihan
  • Mengalami obesitas atau kelebihan berat badan
  • Mengalami kekurangan asupan buah dan sayur
  • Kurang olahraga
  • Suka mengonsumsi kopi atau kafein
  • Terlalu banyak minum minuman alkohol atau minuman keras

Resiko terkena penyakit hipertensi tentu saja bisa dikurangi dengan cara mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dan usahakan untuk menghindari kebiasaan yang ada di atas. Hal ini cukup penting mengingat penyakit tekanan darah tinggi ini tidak memberikan sinyal kecuali jika keadaannya sudah kronis dan bisa menjadi serangan jantung mendadak dan fatalnya bisa menyebabkan kematian.

artikel terkait: manfaat echo jantungmanfaat olahraga untuk jantungmanfaat obat statin

Pencegahan dan pengobatan hipertensi

Jika anda mengalami gangguan pada kesehatan dan memiliki beberapa hal yang beresiko menderita hipertensi maka sebaiknya anda melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat dan sesuai. Jika anda dipastikan menderita tekanan darah tinggi maka anda harus benar-benar mengubah gaya hidup serta memperhatikan dengan benar asupan makanan. Beberapa langkah yang dapat diambil untuk mengobati penyakit hipertensi diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Konsumsilah makanan sehat yang tidak mengandung kafein, soda dan lainnya
  • Konsumsilah garam secukupnya atau jangan berlebihan
  • Bagi anda yang merokok maka saat ini juga anda harus menghentikannya
  • Olahraga rutin
  • Turunkan berat badan jika anda mengalami kelebihan berat badan
  • Mengurangi konsumsi minuman keras

Melakukan tindakan pencegahan tekanan darah akan lebih mudah dibandingkan dengan melakukan pengobatannya dan harganya pun lebih murah. Jadi, bagi anda yang tidak menderita penyakit tekanan darah tinggi ini sebaiknya anda jangan melakukan gaya hidup yang bisa menyebabkan tekanan darah tinggi karena berbahaya.

artikel terkait: manfaat daun salam untuk menurunkan berat badanmanfaat aerobik untuk menurunkan berat badanmanfaat cuka apel untuk diet

Pengobatan hipertensi dengan daun alpukat

Dalam pengobatan tekanan darah tinggi setelah anda memeriksakan ke dokter mungkin kemudian dokter akan memberikan resep obat supaya tekanan darah anda terkontrol. Namun hal itu saja tidak cukup, anda harus mengimbanginya dengan asupan makanan yang sehat serta olahraga rutin. Salah satu tanaman yang baik untuk digunakan mengatasi hipertensi adalah daun alpukat. Mungkin anda sudah pernah mendengarnya namun anda masih bingung apakah benar daun alpukat dapat mengatasi tekanan darah tinggi?

Anda mungkin lebih familiar dengan buahnya dibandingkan dengan daunnya. Namun daun alpukat ini memiliki sifat sebagai anti hipertensi. Hal ini disebanbkan karena di dalam daun alpukat terdapat kandungan flavonoid yang berfungsi mengendalikan tekanan darah. daun alpukat ini kaya akan kandungan nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. selain ampuh untuk mengobati penyakit hipertensi, daun alpukat juga ampuh dalam mengobati penyakit lainnya diantaranya adalah penyakit antihiperlipidemia. Hiperlipidemia adalah keadaan dimana terjadi penyumbatan di dalam pembuluh darah arteri karena adanya penumpukan kolesterol yang cukup banyak di dalamnya. Hal ini tentu saja tidak baik karena jika darah tersumbat dapat menyebabkan serangan jantung mendadak.

Lalu bagaimana caranya menggunakan daun alpukat untuk mengatasi hipertensi? Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menggunakan daun alpukat sebagai obat.

  • Siapkan 4 atau 5 lembar daun alpukat dan cuci bersih
  • Siapkan air bersih secukupnya
  • Gula batu
  • Prosesnya adalah dengan merebus air hingga mendidih dan kemudian masukan daun alpukat
  • Setelah itu masukan gula batu untuk membuat rasa pahit dari daun alpukat ini menghilang
  • Tunggu hingga 3 menit dan kemudian angkatlah
  • Saring ramuan yang telah direbus
  • Minumlah secara rutin sebanyak tiga kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal

Anda bisa mencari daun alpukat ini di toko herbal atau anda memiliki pohonnya sendiri karena lebih praktis. Tidak perlu susah mencarinya karena saat ini banyak yang menjual. Anda juga bisa mengonsumsi ekstrak daun alpukat yang sudah dikemas menjadi kapsul atau jamu yang lebih praktis karena hasilnya pun tidak akan jauh berbeda. Jangan lupa untuk meminumnya rutin karena untuk mendapatkan hasil yang optimal dan jangan lupa pula untuk melengkapinya dengan kegiatan olahraga rutin serta makan makanan yang bergizi.

artikel terkait manfaat alpukat:

Manfaat Daun Alpukat Untuk Kesehatan

Selain bisa mengatasi tekanan darah tinggi atau hipertensi, daun alpukat juga bermanfaat untuk mengatasi berbagai jenis masalah kesehatan lainnya. selengkapnya simak berikut ini :

  1. Menurunkan kolesterol

Kolesterol merupakan salah satu jenis penyakit yang saat ini sedang menjadi perbincangan banyak orang karena tidak menimbulkan gejala namun tahu-tahu sudah parah dan sangat berbahaya bagi tubuh. sebenarnya tubuh sendiri membutuhkan kolesterol namun jika jumlahnya terlalu banyak maka bisa mengakibatkan gangguan kesehatan. Daun alpukat bisa menjadi solusi untuk menurunkan kolesterol karena di dalam daun alpukat terdapat kandungan antioksidan yang mampu memecah kolesterol.

baca juga : manfaat buah naga untuk koleseterol

  1. Mengatasi diabetes

Tidak jauh berbeda dengan kolesterol, penyakit diabetes juga merupakan penyakit yang saat ini sedang banyak dibicarakan oleh orang. daun alpukat mampu menetralkan kadar gula yang ada di dalam tubuh sehingga tidak mengalami kenaikan yang mengakibatkan penyakit diabetes. Konsumsilah daun alpukat ini secara teratur untuk mendapatkan hasil yang optimal.

baca juga : manfaat buah naga bagi penderita diabetes

  1. Meningkatkan kesehatan jantung

Jangan sepelekan dengan penyakit yang satu ini. penyakit jantung merupakan penyakit nomor satu yang menyebabkan hilangnya nyawa di dunia dan ini pastinya akan sangat berbahaya. Peredaran darah akan menjadi lebih lancar dengan mengonsumsi obat herbal alami dari daun alpukat ini.

baca juga : manfaat kalsium bagi jantung

  1. Mencegah kanker

Manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari daun alpukat adalah dapat mencegah kanker. Ya, kandungan antioksidan dalam daun alpukat yang cukup tinggi ini memang cukup ampuh dalam menangkal radikal bebas penyebab kanker sehingga tubuh akan menjadi lebih sehat dan tidak mudah sakit. Gunakan ramuan dairi daun alpukat secara rutin setiap harinya untuk mendapatkan badan yang lebih sehat dan tidak gampang sakit.

baca juga : manfaat antioksidan

Demikian ulasan mengenai manfaat daun alpukat untuk mengatasi hipertensi atau tekanan darah tinggi. namun ternyata manfaat lainnya yang ada di dalam daun alpukat ini juga cukup banyak dan menyehatkan tubuh. bagi anda yang sedang mengalami masalah hipertensi segera konsumsi ramuan dari daun alpukat atau bisa mengonsumsi ektrak daun alpukat yang juga banyak dijual dipasaran sehingga lebih praktis dan lebih murah harganya.