25 Manfaat Buah Labu Yang Penting Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Jika disebut buah labu maka umumnya orang akan teringat kepada waluh atau labu kuning yang biasa dijadikan sayuran, dikolak, atau diolah menjadi es buah. Padahal labu merupakan nama bagi sekelompok tumbuhan atau buah yang termasuk dalam suku labu-labuan atau cucurbitaceae. Diantara jenis buah labu yang umum dikenal adalah waluh, labu air, labu siam, belonceng, beligo, dan lain sebagainya. Beberapa jenis buah labu tersebut cukup populer di masyarakat, tidak hanya karena rasanya yang lezat namun juga karena manfaat kesehatan yang dimilikinya. Pada artikel ini kita akan membahas mengenai manfaat buah labu terutama manfaat labu kuning atau waluh dan manfaat labu siam bagi kesehatan dan kecantikan.

Manfaat Labu Kuning

Sesuai namanya buah labu jenis ini memiliki warna kulit kuning hingga orange. Kulitnya keras namun daging buahnya yang sudah matang memiliki tekstur yang lembut. Labu kuning dapat diolah menjadi campuran dalam es buah, dikolak, dikukus, dan lain sebagainya. Selain lezat labu kuning juga kaya akan beragam nutrisi penting bagi tubuh seperti manfaat protein, manfaat lemak, betakaroten, tembaga, natrium, manfaat fosfor, manfaat seng, manfaat kalium, manfaat zat besi, kalsium, manfaat vitamin A, manfaat vitamin E, manfaat vitamin C, manfaat vitamin K, niasin, lutein, dan vitamin B6.

Dengan beragam kandungan nutrisi tersebut tidak heran jika konsumsi labu kuning akan mendatangkan banyak manfaat kesehatan. Berikut beberapa manfaat buah labu kuning untuk mendukung kesehatan manusia:

1. Baik untuk kesehatan mata

Dengan kandungan vitamin A yang dimilikinya konsumsi labu kuning akan mendukung kesehatan mata sehingga mata menjadi sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Jika anda biasanya mengonsumsi manfaat wortel dan manfaat tomat maka kini konsumsi labu kuning juga dapat menjadi pilihan yang tepat untuk memelihara kesehatan mata.

2. Menangkal radikal bebas

Buah labu kuning juga mengandung vitamin C yang berperan sebagai antioksidan sehingga tubuh lebih terlindungi dari serangan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh. Selain itu ada banyak pilihan bahan alami lainnya untuk menangkal radikal bebas diantaranya manfaat sayur beet, manfaat jus kedondong, dan manfaat buah kupa.

3. Mencegah penuaan dini

Konsumsi labu kuning juga berdampak positif pada kecantikan tubuh anda. Kandungan antioksidannya dapat mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan dini sehingga anda terlihat awet muda. Bahan alami lainnya yang juga baik dikonsumsi agar anda tampak awet muda diantaranya manfaat pare, manfaat buah dewa, dan manfaat talas.


4. Mengontrol tekanan darah

Manfaat buah labu kuning juga dapat dirasakan oleh penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi karena buah ini dapat membantu mengontrol tekanan darah agar tetap stabil dan normal. Selain itu perhatikan juga untuk membatasi asupan garam dan jangan lupa mengonsumsi bahan alami bermanfaat lainnya seperti manfaat buah rambusa sehingga tensi atau tekanan darah anda tetap stabil.

5. Mengatasi sembelit

Labu kuning juga baik untuk pencernaan dimana konsumsi buah ini dapat membantu mengatasi sembelit atau susah buang air besar. Dengan rajin mengonsumsi buah ini akan membuat buang air besar anda lebih lancar dan perut pun terasa nyaman. Selain itu sembelit juga dapat diatasi dengan menggunakan manfaat anggur kering atau manfaat akar kelembak.

Tidak hanya beberapa manfaat di atas, masih ada beragam manfaat buah labu kuning lainnya yang penting untuk mendukung kesehatan diantaranya:


Manfaat Labu Kuning

6. Membantu pertumbuhan tulang

7. Baik untuk kesehatan gigi

8. Mencegah penyakit kanker

9. Antiinflamasi

10. Mencegah penyakit stroke

11. Sumber Energi

12. Memelihara kekebalan tubuh

13. Baik dikonsumsi oleh penderita anemia

14. Mengobati cacingan

15. Sebagai makanan pendamping ASI untuk bayi


Manfaat Labu Siam

Kemudian ada labu siam atau yang dikenal juga dengan jipang. Dinamai labu siam karena jenis buah labu ini dahulunya didatangkan dari negara Thailand yang dulunya dikenal dengan nama Siam. Labu siam dikenal memiliki bentuk bulat dan sedikit lonjong serta kulit buah berwarna hijau dan daging buah berwarna putih. Jenis labu ini umumnya diolah menjadi lalapan atau sayur bening. Seperti labu kuning labu siam juga memiliki kandungan nutrisi yang penting bagi tubuh diantaranya manfaat protein, manfaat karbohidrat, manfaat serat, folat, niasin, manfaat vitamin C, manfaat vitamin K, manfaat vitamin E, manfaat potasium, kalsium, manfaat zat besi, manfaat magnesium, manfaat fosfor, dan lain sebagainya. Oleh karena itu tidak heran jika konsumsi labu siam dapat mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan diantaranya:

1. Menurunkan berat badan

Jika anda sedang menjalani program diet maka ada baiknya mencoba konsumsi labu siam. Buah labu yang satu ini memiliki kandungan serat yang tinggi namun rendah kalori sehingga sangat baik untuk menurunkan berat badan. Disamping itu ada banyak pilihan bahan alami lainnya yang dapat dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan diantaranya manfaat beras merah, manfaat buah naga merah, dan manfaat buah belimbing untuk diet.

2. Menurunkan kolesterol

Jika anda memiliki masalah dengan kadar kolesterol yang tinggi maka konsumsi labu siam sangat dianjurkan karena dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Hal ini didukung oleh kadar kalorinya yang sedikit dan tidak adanya kandungan lemak jenuh pada labu siam. Selain itu ada banyak pilihan bahan alami lainnya untuk mengendalikan kadar kolesterol seperti manfaat buah naga untuk kolesterol dan manfaat daun sirsak untuk kolesterol.

3. Menurunkan hipertensi

Manfaat labu siam yang tidak kalah penting adalah dapat menurunkan kadar tekanan darah agar kembali normal. Ini baik sekali dikonsumsi oleh penderita hipertensi agar tekanan darahnya tetap stabil. Selain dapat diolah menjadi makanan labu siam juga dapat diolah menjadi minuman seperti teh dan jus. Penderita hipertensi juga dapat mengonsumsi beberapa jenis bahan alami lain seperti manfaat mengkudu untuk hipertensi dan manfaat buah naga untuk darah tinggi.


4. Meningkatkan stamina

Kandungan mineral berupa potasium pada labu siam sangat baik untuk meningkatkan stamina tubuh sehingga anda dapat beraktivitas dengan baik. Diketahui dalam 100 gram labu siam terdapat kandungan potasium sebanyak 125 mg. Selain konsumsi makanan sehat stamina tubuh juga dapat ditingkatkan dengan berolahraga seperti manfaat olahraga skipping dan manfaat bersepeda.

5. Menghambat radikal bebas

Vitamin C yang terdapat pada labu siam merupakan sumber antioksidan yang penting bagi tubuh. Dengan rajin mengonsumsi buah ini akan membuat tubuh anda lebih terlindungi dari serangan radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya. Selain labu siam ada banyak pilihan bahan alami lainnya yang bermanfaat untuk menghambat perkembangan radikal bebas dalam tubuh diantaranya manfaat sayur arugula, manfaat buah dewandaru, dan manfaat buah matoa.

Selain 5 manfaat di atas masih ada banyak manfaat buah labu siam lainnya untuk kesehatan diantaranya:


Manfaat Labu Siam Lainnya

6. Mencegah penuaan dini

7. Mencegah sembelit

8. Mencegah anemia

9. Mencegah kanker

10. Mencegah bayi lahir cacat


Bagaimana? Sangat bermanfaat bukan konsumsi buah labu bagi kesehatan? Baik labu kuning, labu siam, atau berbagai jenis labu lainnya. Berbagai jenis buah labu ini dapat diolah dengan beragam olahan hingga menjadi masakan yang lezat dan tentu saja bermanfaat bagi kesehatan.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan