13 Manfaat Kalium Bagi Tubuh

Kalium, pasti sudah banyak dari anda semua yang sudah pernah mendengar salah satu mineral alkali tanah ini. Ya, kalium merupakan salah satu jenis mineral yang banyak terkandung pada beberapa jenis manfaat buah-buahan, air mineral dan juga jenis buah buahan lainnya. Kalium sendiri merupakan unsur kimia yang memiliki lambang K dengan nomor unsur 19 pada tabel periodik kimia. Kalium sendiri juga sering dikenal dengan istilah potassium.

Kalium sendiri memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh kita. Apa saja manfaat dari kalium ini? berikut ini adalah beberapa manfaat penting dari kalium bagi kesehatan manusia :

1. Mencegah Stroke

Manfaat pertama dari asupan kalium yang optimal bagi tubuh kita adalah dapat membantu untuk mencegah terjadinya stroke. Stroke merupakan salah satu penyakit yang dapat menyebabkan banyak sekali gangguan kesehatan, seperti kelumpuhan, bahkan dapat menyebabkan kematian. Karena itu, dengan asupan kalium yang optimal, anda dapat mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung kalium.

Pencegahan stroke ini juga bisa dilakukan dengan mengkonsumsi :

2. Mencegah Gula darah Rendah

Kalium juga memiliki fungsi yang sangat baik ketika mengalami kondisi dimana gula darah anda terlalu rendah. Gula darah yang terlalu rendah dapat menyebabkan anda tidak memiliki tenaga untuk beraktivitas, karena itu dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan kalium, gula darah anda akan naik, dan anda pun bisa beraktivitas secara normal.

Untuk mengatasi gula darah rendah ini juga dapat mengkonsumsi :

3. Mencegah Gangguan otot

Manfaat kalium lainnya yang sangat baik untuk tubuh adalah dapat mencegah munculnya gangguan otot. Gangguan otot ini bisa saja berupa kram otot, ataupun otot “kejepit” dimana keda hal ini akan sangat menyakitkan. Untuk mengurangi resiko terjadinya gangguan otot ini, maka tentu saja asupan kalium anda per harinya harus tercukupi dengan baik.

pencegahan gangguan otot lainnya secara alami, juga bisa menggunakan :

4. Mencegah Kram

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, kalium juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk membantu mencegah kram. Ketika mengalami kram, tubuh akan terasa sangat kaku dan juga sulit bergerak karena terasa sakit. Karena itu, selalu penuhi asupan kalium anda agar anda terhindar dari gangguan kram.

Bagi yang sering mengalami kram, juga dapat menerapkan khasiat bahan-bahan berikut untuk mengatasinya yakni :

5. Menjaga Fungsi otak

Kalium juga sangat baik untuk membantu menjaga fungsi otak. Dengan terjaganya fungsi otak dengan baik, maka sdah pasti hal ini akan membantu meningkatkan proses berpikir dan juga proses kognitif anda, serta dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan fokus, yang akan bermanfaat bagi anda ketika melakukan aktivitas.

Selain asupan kalium, beberapa kegiatan mampu mengoptimalkan fungsi otak seperti :

6. Menormalkan Tekanan Darah

Anda mengalami gejala tekanan darah rendah atau juga darah tinggi? kalau begitu, coabalah untuk mengkonsumsi bahan makanan yang memiliki kandungan kalium. Kalium memiliki manfaat yang sangat baik untuk membantu menormalkan tekanan darah anda.

Kondisi tekanan darah normal ini juga bisa dipicu dengan konsumsi anda, seperti :

7. Mengatasi Kegelisahan dan Stres

Stress dan gelisah merupakan salah satu hal yang disebabkan oleh gejala-gejala psikologis. Namun demikian, anda dapat mengatasi gejala stress dan juga gelisah dengan cara mengkonsumsi bahan makanan yang memiliki kandungan manfaat kalium yang tinggi. Hal ini dapat membantu mengatasi dan meredakan stress dan gelisah yang muncul pada diri anda.

8. Kekuatan otot

Kalium juga memiliki manfaat yang dangat baik untuk membantu meningkatkan kekuatan otot anda. Bagi anda para atlet, atau anda yang bekerja dengan menggunakan otot, maka asupan kalium adalah salah satu hal yang paling penting, disamping asupan protein bagi tubuh anda.

Tidak hanya kalium, namun sejumlah latihan juga perlu untuk membangun kekuatan otot seperti :

9. Membantu Metabolisme

Manfaat berikutnya dari kalium adalah dapat membantu untuk meningkatkan metabolisma tubuh anda. Metabolisme tubuh dapat membantu anda, untuk membakar lemak dan juga membantu anda dalam melakukan aktivitas. Apabila metabolisme tubuh anda berkurang, maka anda dapat merasakan gejala lemas dan juga pusing.

Faktor metabolisme yang baik ini memang bergantung pada apa yang kita makanan. Untuk itu konsumsi makanan berikut ini :

10. Mencegah Gangguan Jantung dan Ginjal

Manfaat Kalium juga sangat baik untuk kesehatan ginjal dan juga kesehatan jantung. Hal ini terbukti bahwa kalium dapat mencegah munculnya gangguan pada jantung dan juga ginjal kita. Namun demikian, tetap saja pola hidup dan juga pola makan yang sehat dan juga bergizi harus diterapkan agar kesehatan ginjal dan juga jantung menjadi lebih optimal.

11. Menjaga Keseimbangan air

Kalium juga dapat membantu untuk menjaga keseimbangan dan juga kadar air di dalam tubuh kita. Ya, tubuh kita terdiri dari banyak sekali air, sehingga harus tetap terjaga keseimbangannya agar tidak mengalami dehidrasi, yang dapat berakibat buruk bagi kesehatan kita sendiri.

Untuk tetap menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, kita juga bisa mengkonsusi :

12. Sebagai Elektrolit

Kalium juga memiliki fungsi dan manfaat yang sangat baik sebagai cairan elektrolit di dalam kita, sangat kita butuhkan sehari – hari.

13. Mengoptimalkan Sistem saraf

Manfaat kalium yang lainnya adalah, dapat membantu mengoptimalkan fungsi dari sistem syaraf kita. Dengan asupan kalium yang optimal, maka sistem syaraf di dalam tubuh kita akan menjadi lebih baik dan juga menjadi lebih optimal, yang dapat meningkatkan respons kita terhadap banyak hal.

Kesehatan siste saraf ini juga bisa anda penuhi dengan :


Kekurangan Kalium

Kekurangan kalium sendiri dapat menyebabkan berbagai macam dampak bagi tubuh kita. berikut ini adalah dampak dari tubuh yang mengalami kekurangan kalium :

  • Sering sakit kepala
  • insomnia
  • Gangguan pada syaraf, yakni syaraf akan sering mengalami nyeri
  • Detak jantung sering tak terkontrol
  • Sering mengalami lemas pada otot
  • Kram pada otot
  • Tubuh menjadi terasa sangat lemas


Bahan Makanan yang Mengandung Kalium

Berikut ini adalah beberapa jenis bahan makanan yang memiliki kandungan kalium alias potasium yang tinggi dan juga bermanfaat bagi tubuh anda :

  • manfaat sukun
  • Alpukat
  • Pisang
  • Air mineral
  • Kurma
  • Markisa
  • Srikaya
  • Pear
  • Pepaya
  • Mangga Kiwi
  • Kentang
  • Rebung
  • Buncis
  • Talas
  • Ubi
  • Kacang – kacangan
  • Produk daging sapi
  • Susu
  • Telur
  • Dan berbagai macam jenis makanan lainnya


Itulah manfaat penting dari asupan kalium bagi tubuh kita. Jangan sampai tubuh kita mengalami kekurangan asupan kalium, karena efek sampingnya sangat berbahaya.

, ,
Oleh :
Kategori : Nutrisi