15 Manfaat Anggur Kering untuk Kesehatan dan Diet

Buah-buahan memang lebih baik dikonsumsi dalam keadaan segar. Namun karena masalah ketahanan dan untuk memberikan variasi biasanya orang-orang mengolah buah menjadi berbagai macam kreasi seperti dijadikan manisan atau dikeringkan. Seperti buah anggur yang dikeringkan atau yang dikenal juga dengan kismis. Anggur kering dapat dikonsumsi langsung layaknya camilan namun tentu saja camilan sehat atau bisa juga dijadikan toping pada roti atau makanan lain. Meskipun dari segi tampilan kurang menarik namun anggur kering memiliki cita rasa yang manis. Apalagi karena proses pengeringan dan disimpan dalam waktu lama kadar gula pada anggur kering tersimpan dan mengkristal.

Meskipun bukan makanan utama anggur kering memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Ini disebabkan kandungan nutrisinya yang sangat baik bagi kesehatan seperti asam lemak, tokoferol, katekin, vitamn B kompleks, zat besi, oleanolic acid, glukosa, fruktosa, kalsium, magnesium, kalium, polifenol, dan arginine. Diantara manfaat yang bisa didapatkan dari konsumsi anggur kering adalah:

1. Baik untuk kesehatan gigi dan gusi

Mengonsumsi anggur kering sangat baik untuk kesehatan gigi dan gusi karena senyawa oleanolic acid yang terkandung di dalamnya merupakan salah satu jenis antioksidan yang dapat membantu membasmi bakteri jahat di dalam mulut. Hal ini menjadikan gigi terlindungi dari pembusukan dan karang gigi yang dapat merusak gigi. Selain itu juga dapat melindungi gusi dari berbagai sakit dan peradangan karena serangan bakteri. (Baca juga: manfaat buah jeruk bagi kesehatan gigi – manfaat air garam untuk mulut)

2. Mengatasi sembelit

Masalah kesehatan lain yang juga bisa diatasi dengan mengonsumsi anggur kering adalah sembelit atau buang air besar yang tidak lancar. Hal ini didukung oleh kandungan serat yang tinggi pada anggur kering yang membuat feses lebih lunak dan lebih cepat bergerak sehingga lebih mudah dikeluarkan. Untuk mendapatkan manfaat ini asupan air ke dalam tubuh harus dalam jumlah cukup. (Baca juga: manfaat yakult – manfaat vegeta)

3. Mengatasi anemia

Penderita anemia atau kekurangan sel darah merah memerlukan asupan zat besi dan vitamin B komplek dalam jumlah cukup untuk mengembalikan kondisi kesehatannya. Untuk itu anggur kering sangat dianjurkan untuk perawatan penderita anemia. (Baca juga: manfaat telur untuk anemia – manfaat kurma untuk anemia)

4. Mencegah tumor dan kanker kolon

Antioksidan dikenal sebagai zat yang sangat baik untuk mencegah perkembangan radikal bebas yang dapat berkembang menjadi sel-sel kanker. Kandungan ini pula yang dimiliki oleh anggur kering yaitu senyawa katekin yang merupakan salah satu jenis antioksidan yang dapat mencegah pembentukan tumor dan kanker kolon yang menyerang sistem pencernaan. (Baca juga: manfaat ikan salmon)

5. Menambah energi

Rasa manis anggur kering menunjukkan kandungan gula yang cukup tinggi yaitu jenis glukosa dan fruktosa. Hal ini menjadikan konsumsi anggur kering dapat menjadi sumber energi yang baik bagi tubuh. Selain itu konsumsi anggur kering juga bermanfaat membantu tubuh menyerap berbagai nutrisi secara lebih efisien sehingga tubuh mendapatkan asupan nutrisi yang lebih optimal. (Baca juga: manfaat umbi talas – manfaat ubi jalar)


6. Baik untuk kesehatan tulang

Kalsium merupakan salah satu mineral penting yang dibutuhkan tubuh sejak kita lahir, tumbuh, hingga tua. Salah satunya untuk menopang kesehatan tulang dan gigi sehingga tulang dan gigi menjadi kuat dan sehat. Dengan mengonsumsi anggur kering yang mengandung kalsium kita akan mendapatkan manfaat kesehatan tulang dan gigi. (Baca juga: manfaat seledri untuk tulang – manfaat buah naga)

7. Mencegah osteoporosis

Kandungan kalsium pada anggur kering juga sangat baik untuk mencegah osteoporosis, kondisi dimana kepadatan tulang menurun sehingga tulang lebih rentan mengalami retak dan keropos. Apalagi pada orang dewasa dan wanita yang telah mengalami menopause dimana tubuh lebih cepat kehilangan kalsium dibanding ketika masih muda. (Baca juga: manfaat kacang panjang)

8. Baik untuk kesehatan mata

Anggur kering kaya akan antioksidan. Salah satunya polifenol yang dapat melindungi mata dari serangan radikal bebas. Dengan rutin mengonsumsi anggur kering akan dapat melindungi mata dari berbagai penyakit seperti katarak, kebutaan, degenerasi makula, dan lain sebagainya. (Baca juga: manfaat wortel)

9. Meningkatkan vitalitas dan libido

Anggur kering juga dapat menjadi buah pilihan pasangan suami istri untuk keharmonisan kehidupan seksualnya. Hal ini didukung oleh kandungan arginin, sejenis asam amino yang bermanfaat untuk membantu meningkatkan libido secara alami. (Baca juga: manfaat semangka)

10. Mengatasi hipertensi

Anggur kering juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Dengan kandungan kalium yang dimilikinya konsumsi anggur kering dapat membuat pembuluh darah lebih rileks dan tidak tegang sehingga dapat membantu menurunkan tekanan darah. Manfaat ini juga dibantu oleh kandungan serat pada anggur kering yang juga dapat membantu menurunkan tekanan darah. (Baca juga: manfaat daun beluntas untuk hipertensi)

11. Sebagai menu diet

Hal penting yang perlu dijaga oleh pelaku diet adalah konsumsi makanan secara tidak berlebihan. Untuk mendukung program diet anda dapat mengonsumsi anggur kering karena makanan ini mengandung serat yang dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama. Selain itu anggur kering juga membantu tubuh mengatur hormon ghrelin dan leptin. Kedua hormon ini berguna untuk memberi sinyal apakah tubuh sedang lapar atau tidak sehingga dapat mencegah anda makan secara berlebihan. Namun karena kandungan kalorinya yang cukup tinggi pelaku diet harus tetap membatasi konsumsi anggur kering. (Baca juga: manfaat apel)

12. Mencegah asidosis

Asidodis atau keracunan darah merupakan kondisi dimana darah dalam tubuh menjadi lebih asam. Hal ini tentu sangat berbahaya karena dapat menimbulkan berbagai gangguan tubuh seperti rusaknya organ-organ dalam tubuh, batu ginjal, bisul, tumor, penyakit kulit, kanker, dan lain sebagainya. Dengan mengonsumsi anggur kering yang kaya akan magnesium dan potasium bermanfaat dan sangat efektif untuk menetralkan asam dalam darah. (Baca juga: 26 manfaat daun gedi bagi kesehatan)

13. Mengatasi demam

Demam atau naiknya suhu tubuh biasanya merupakan gejala dari infeksi penyakit tertentu. Kandungan polifenol pada anggur kering dapat dimanfaatkan untuk membunuh bakteri penyebab infeksi sehingga suhu tubuh dapat kembali normal. (Baca juga: manfaat parasetamol)

14. Sebagai antiinflamasi dan antibakteri

Konsumsi anggur kering juga dapat membantu meredakan peradangan sekaligus memerangi berbagai bakteri yang menyerang. Hal ini didukung oleh kandungan polifenolnya yang berguna sebagai antiinflamasi dan antibakteri. (Baca juga: manfaat daun bakung)

15. Melancarkan peredaran darah

Manfaat anggur kering yang tidak kalah penting adalah untuk membantu melancarkan peredaran darah yang merupakan kunci kesehatan tubuh. Hal ini bias didapatkan karena kandungan zat besi pada anggur kering yang berperan penting untuk melancarkan peredaran darah. (Baca juga: manfaat buah cepokak)

Luar biasa sekali manfaat anggur kering yang selama ini kita kenal hanya sebagai camilan atau penghias roti dan kue semata. Untuk itu jangan remehkan lagi manfaat kesehatan makanan satu ini.

, ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan