Manfaat Alpukat untuk Diet Alami dan Cepat

Mendapatkan postur tubuh ideal yang ramping dan sexy sepertinya merupakan dambaan bagi banyak orang ya terutama pada kaum wanita. Ada banyak jenis program penurun berat badan atau diet yang bisa dilakukan dengan mudah saat ini sesuai dengan selera anda. Namun tidak sedkit pula yang lebih memilih menggunakan produk instan untuk menurunkan berat badan karena ya tidak ribet dan hasilnya bisa dilihat dengan cepat. Mengonsumsi produk instan sebagai alternatif penurun berat badan memang tidak dilarang namun sebaiknya anda menghindarinya. Mengapa? Karena konsumsi obat diet dalam jangka panjang bisa membuat berbagai penyakit dalam tubuh seperti kanker misalnya. Tentu anda tidak mau bukan?

artikel terkait diet:

Nah, sebagai ganti dari penggunaan obat diet sebaiknya anda menggunakan bahan alami saja karena lebih aman dan pastinya sehat. memang hasilnya mungkin akan lebih lama dibandingkan dengan menggunakan produk obat diet instan namun hasilnya akan lebih bertahan lama dengan menggunakan cara alami ini. tenang saja karena cara alami ini mudah dan enak dilakukan tidak dengan memotong porsi makan yang sangat banyak sehingga bisa menyiksa anda.

Diet alpukat

Diet menggunakan buah mungkin sudah pernah anda dengar sebelumnya namun dengan diet menggunakan buah alpukat ini masih menjadi hal baru bukan? Alpukat merupakan buah yang unik karena bentuknya seperti lonceng dengan kulit hijau tua serta rasa khas yang creamy. Untuk menemukan buah alpukat di Indonesia sendiri sangatlah mudah karena ada banyak orang yang menanam alpukat sehingga bisa ditemukan di pasar tradisional atau di swalayan terdekat anda.

Lalu mengapa buah alpukat dijadikan buah yang bisa membantu menurunkan berat badan? Hal ini dikarenakan di dalam alpukat mengandung serat, karbohidrat, lemak dan juga gula. Kandungan yang ada di dalam alpukat sangat cocok untuk kebutuhan tubuh dan bisa menjadi salah satu makanan yang menjadi menu andalan saat anda diet. Namun sayangnya banyak orang yang justru takut mengonsumsi alpukat karena dianggap bisa membuat gemuk karena ada kandungan gula dan lemaknya.

artikel terkait manfaat alpukat:

Hal tersebut tentu saja tidak benar, karena lemak dan gula yang ada di dalam buah alpukat adalah jenis lemak tak jenuh yang sangat baik untuk kesehatan karena mengandung kolesterol baik (HDL) dan jumlah gula yang ada di dalam alpukat pun kadarnya sedikit sehingga tidak akan membuat anda gemuk malah bisa mengontrol berat badan. Jika anda makan buah alpukat pasti anda akan mendapatkan rasa creamy dan tidak manis bukan?

Di dalam buah alpukat mengandung MUFA (Mono Unsatured Fatty Acid) sejenis lemak tak jenuh yang sangat baik untuk kesehatan dan kadarnya sangat tinggi. fungsi dari MUFA ini sendiri sangat baik yaitu sebagai penurun kadar kolesterol jahat (LDL) dan bisa meluruhkan kadar kolesterol jahat (LDL) yang ada di dalam pembuluh darah serta bisa memperlebar pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi lebih lancar. Lemak yang ada di dalam buah alpukat adalah asam oleat dimana asam oleat ini ada di berbagai sumber makanan seperti buah zaitun, almond, salmon dan lainnya yang mengandung omega 3.

Kandungan lainnya yang ada di dalam buah alpukat adalah serat. Seperti yang kita ketahui bahwa serat merupakan zat yang ada di dalam makanan dan paling besar di makanan nabati yang memiliki fungsi utama untuk memperlancar pencernaan. Serat di dalam lambung akan berubah menjadi gel yang kemudian membuat makanan menjadi menggumpal seperti jelly sehingga akan menimbulkan rasa kenyang yang lebih lama dan akhirnya anda tidak akan mudah lapar. Apa keuntungan dari hal tersebut? Tentu saja berat badan anda akan terkontrol dan tidak mudah gemuk karena tidak makan banyak namun tetap terasa kenyang. Selain itu serat juga menghindarkan anda dari sembelit dan gangguan pencernaan lainnya.

artikel terkait serat:

Tips mengkonsumsi buah alpukat untuk diet

Setelah melihat kandungan nutrisi yang ada di dalam buah alpukat dan manfaatnya pasti anda sudah tidak ada alasan lagi bukan untuk diet menggunakan bantuan dari buah alpukat ini? namun mungkin memang banyak orang yang kurang suka dengan buah alpukat karena rasanya yang hambar. Anda masih bisa mengonsumsinya dengan enak dengan membuatnya menjadi berbagai jenis olahan makanan dan minuman seperti jus alpukat misalnya. Saat membuat jus alpukat sangat tidak disarankan untuk menggunakan banyak gula malah sebaiknya anda tidak menambahkan gula. Penambahan gula ini justru akan membuat anda gemuk dan bisa jadi anda gagal pada diet yang sedang dilakukan.

Selain dibuat menjadi jus, anda bisa mengolahnya menjadi salad bersama dengan sayuran lainnya seperti selada, tomat, keju, strawberry dan buah lainnya yang kemudian ditaburi dengan minyak zaitun dan mayones. Rasa yang akan dihasilkan sangatlah enak dan unik sehingga bisa menjadi hidangan wajib saat anda diet. Buah alpukat juga bisa dimakan secara langsung karena rasanya juga enak. Pemilihan menu tersebut tentunya akan tergantung pada selera anda masing-masing.

artikel terkait:

Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan

Selain untuk diet, buah alpukat juga memiliki banyak manfaat lainnya diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Mengurangi resiko kanker

Buah alpukat juga bermanfaat untuk mencegah resiko penyakit kanker terutama kanker payudara. Kanker payudara biasanya terjadi pada mereka yang memiliki kadar asam folat rendah di tubuhnya. Bukan hanya untuk kanker payudara saja namun juga bisa mengurangi resiko penyakit lainnya seperti kanker prostat, kanker lambung, usus besar, dan kanker pancreas. Di dalam buah alpukat juga terdapat kandungan karotenoid yang memiliki kemampuan alami sebagai antikanker di tubuh. Karotenoid ini akan lebih mudah diserap tubuh karena di dalam alpukat juga mengandung lemak tak jenuh.

artikel terkait: manfaat daun belalai gajah

  • Cocok untuk penderita osteoarthtritis

Buah alpukat yang telah diekstrak bersama dengan minyak kedelai atau yang lebih populer disebut sebagai Avocado Soybean Unsaponifiables (ASU) juga telah dibuktikan bagi penderita oesteoarthttitis. ASU tersebut dapat mengurangi rasa sakit terutama yang terjadi pada bagian tulang panggul dan lutut.

artikel terkait: solusi kanker

  • Mencegah osteoporosis

Di dalam buah alpukat juga mengandung vitamin K tinggi, anda bisa memenuhi kebutuhan vitamin K harian anda hanya dengan mengonsumsi setengah buah alpukat saja. vitamin K ini akan membantu penyerapan kalsium dan vitamin D lebih optimal pada tulang sehingga kesehatan tulang akan lebih baik. dengan adanya vitamin K ini juga akan membuat kalsium tidak mudah larut dan keluar melalui urin.

artikel terkait: manfaat olahraga bagi tulang

  • Menurunkan kadar kolesterol

Kadar kolesterol dalam tubuh juga bisa diminalisir dengan mengonsumsi buah alpukat. Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa alpukat mengandung kadar kolesterol baik (HDL) yang baik untuk tubuh. namun anda disarankan untuk mengonsumsinya secara tidak berlebihan ya karena bisa jadi malah membuat lemak jahat muncul nantinya.

artikel terkait: manfaat alpukat bagi penderita kolesterol

  • Mencegah penyakit kardiovaskular

Alpukat juga bermanfaat untuk mengurangi resiko penyakit kardiovaskular. Kardiovaskular ini adalah penyakit yang terjadi karena adanya penyumbatan di dalam pembuluh darah jantung sehingga aliran darah menjadi tersendat dan bisa menyebabkan berbagai jenis gangguan kesehatan misalnya saja serangan jantung, jantung koroner, jantung bocor, gejala stroke dan juga tekanan darah tinggi.

  • Bagus untuk janin

Buah alpukat juga kaya akan asam folat dimana zat ini sangatlah penting untuk melindungi janin selama masih dalam kandungan dan mencegah terjadinya lahir cacat. Selain ibu hamil, para pria yang hendak melakukan hubungan badan supaya hasil spermanya bagus dan menjadikan janin yang sehat.

artikel terkait: manfaat telur bagi ibu hamil

Demikian ulasan mengenai manfaat alpukat untuk diet dan kesehatan lainnya yang perlu anda ketahui. Semoga bermanfaat.

, ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan