89 Manfaat Teh Hijau Untuk Diet Super Cepat

Manfaat Teh Hijau Dalam Diet

Teh hijau merupakan salah satu minuman alami yang memiliki banyak sekali khasiat dan manfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk dapat membantu menurunkan berat badan atau diet secara sehat. Hal ini dikarenakan di dalam teh hijau terdapat berupa polifenol yang tidak hanya melindungi tubuh dari radikal bebas, tetapi juga mampu mempengaruhi penyerapan lemak dalam tubuh. Sedemikian sehingga memang layak digunakan sebagai salah satu resep apabila Anda sedang melakukan program penurunan berat badan atau diet.

Selain itu, teh hijau juga dapat membantu tubuh dalam proses pembakaran ekstra kalori. Yang mana, dalam setiap satu cangkir teh hijau dengan takaran sekitar 150 ml dapat membakar sebanyak 25-30 kalori dan setiap takaran 250 ml dapat meluruhkan setidaknya 40 kalori dalam tubuh. Memang tidak begitu signifikan, tetapi apabila diimbangi dengan olahraga lain dan dikonsumsi secara rutin setiap harinya, maka akan tampak pula hasilnya yang lebih maksimal dalam usaha Anda menurunkan berat badan.

artikel terkait teh:

Selain itu, kandungan polifenol atau polyphenois katekin dalam teh hijau juga memiliki kampuan yang relatif cepat dalam membakar lemak tubuh, di mana lemak akan terbakar dalam waktu 24 jam sebesar 4%. Hal ini dikarenakan teh hijau dapat meningkatkan tingkat oksidasi lemak tubuh. Ditambah lagi, minuman alami ini juga mampu mengatur kadar glukosa dalam darah dengan cara memperlambat gula darah sehingga meminimalkan sel-sel lemak untuk menyerap glukosa dalam tubuh.

Pola makan yang bergizi dan teratur diikuti dengan olahraga sebagaimana telah direkomendasikan sebelumnya, serta ditambah dengan mengkonsumsi teh hijau secara rutin, akan semakin membantu Anda dalam menurunkan berat badan sehingga memperoleh badan yang ideal. Di samping itu, teh hijau juga dijamin dapat menjadikan tubuh Anda lebih segar dan bugar.

Cara Penyajian dan Pengkonsumsian Teh Hijau

Supaya mendapatkan hasil yang maksimal sesuai harapan, tentunya Anda juga harus memperhatikan bagaimana cara penyajian dan pengkonsumsian teh hijau secara baik dan benar. Berikut beberapa cara yang dapat Anda aplikasikan dalam menyajikan dan mengkonsumsi teh hijau sebagai salah satu usaha untuk menurunkan berat badan atau diet, antara lain:

  1. Meminum Teh Hijau Tanpa Gula dan Perasa Tambahan Lainnya

Bahan alami seperti teh hijau biasanya memang lebih baik dikonsumsi dengan menjaga keasliannya atau originalitasnya agar kandungan yang berada di dalamnya tidak berkurang atau terkontaminasi khasiatnya. Dalam artian, teh hijau masih dalam produk asli tanpa campuran gula dan perasa tambahan lainnya yang biasanya diberikan oleh pabrik-pabrik pemroduksi teh hijau untuk semakin menarik rasa konsumen penikmat teh hijau. Oleh karena itu, supaya khasiatnya tidak berkurang dan terjaga kandungannya, seperti polifenol dan anti oksidan, maka direkomendasikan untuk tidak meminum teh hijau dengan menambahkan gula dan perasa tambahan lainnya. Kalau memang memungkinkan, usahakan untuk mendapatkan teh hijau yang belum masuk pabrik, artinya langsung dari kebun maupun tempat pembudi dayaannya.

artikel terkait: manfaat teh oolongmanfaat minum teh tanpa gula

  1. Memilih Produk Teh Hijau yang Sudah Terakui Kualitasnya

Kalaupun memang terpaksa membeli teh hijau yang sudah dikemas oleh pabrik, di mana biasanya dapat diperoleh dari berbagai toko dan supermarket, maka usahakan untuk memilih produk teh hijau yang memang sudah diakui kualitasnya. Hal ini dikarenakan memilih produk yang sudah terpercaya kualitasnya biasanya akan lebih menjamin kandungan daun teh yang masih berkualitas tinggi. Produk teh hijau yang berkualitas biasanya akan minim atau bahkan tidak mengandung sama sekali bahan-bahan tambahan yang kurang penting, seperti pemanis buatan dan lainnya. Namun biasanya memang memiliki harga yang lebih mahal, tetapi itu setimpal dengan kualitas tehnya yang masih terjaga keasliannya.

artikel terkait: manfaat teh hijaumanfaat teh hitam

  1. Meminum Teh Hijau Ketika Dalam Kondisi Panas atau Hangat

Meminum the hijau dalam segala kondisi sebenarnya boleh-boleh saja, entah dalam keadaan panas, hangat maupun dingin. Hanya saja apabila dinginnya dicampur dengan es, maka dikhawatirkan akan menurunkan khasiat yang dimilikinya.

Hal ini dikarenakan es tersebut dapat mencair dan kemudian akan bercampur dengan teh sehingga mengurangi kepekatan teh yang dapat mengindikasinya menurunnya kandungan yang ada di dalam teh tersebut. Tentu saja apabila kandungan dan khasiatnya berkurang, maka efeknya untuk menurunkan berat badan Anda juga akan tidak maksimal. Oleh karena itu, direkomendasikan untuk meminum teh hijau ketika masih dalam keadaan panas atau hangat daripada dalam keadaan dingin, terlebih apabila dinginnya tersebut disebabkan karena tambahan es.

artikel terkait: manfaat teh arabmanfaat teh manis hangat bagi tubuh

  1. Penyeduhan Teh Hijau

Perlu Anda ketahui bahwa teh hijau memiliki berbagai jenis teh, sepertinya halnya bunga yang memiliki banyak jenis, yaitu ada bunga mawar, bunga melati, dan lain sebagainya. Sedemikian sehingga beda jenis teh pada teh hijau biasanya juga akan berpengaruh pada cara penyeduhannya. Dalam artian, beda jenis teh, juga berbeda cara penyeduhannya. Namun untuk teh hijau, rata-rata penyeduhannya dengan menggunakan air bersuhu 80-90 derajat Celcius. Yang mana, proses penyeduhannya juga tidak boleh terlalu lama, yaitu hanya berkisar selama 2-3 menit per sajian.

artikel terkait: manfaat teh basi bagi kecantikanmanfaat liang teh

  1. Jangka Waktu Penyimpanan Teh Hijau

Semakin segar daun teh hijau yang disajikan, maka kandungan, khasiat, dan rasanya juga akan lebih baik dan maksimal. Oleh karena itu, segeralah mengkonsumsi teh hijau yang baru Anda beli atau dapatkan. Jangan sampai Anda masih menyimpannya terlalu lama karena akan mempengaruhi kandungan, khasiat, dan rasa dari teh hijau tersebut.

Teh hijau yang biasanya sudah dikemas dan dijual di toko atau supermarket memiliki jangka waktu maksimal selama enam bulan sejak tanggal produksi dari pabrik. Apabila lebih dari itu, maka kandungan, khasiat, dan rasanya akan berkurang, di mana dalam bahasa produksi biasanya disebut dengan kadar luarnya atau expired date.

artikel terkait: manfaat lemon dan madu untuk batukmanfaat teh

Cara Lain Penyajian dan Pengkonsumsian Teh Hijau

Selain cara di atas, ada juga cara lain yang bia diaplikasi dalam penyajian dan pengkonsumsian teh hijau agar mendapatkan khasiat serta manfaat yang maksimal, terutama dalam usaha menurunkan berat badan atau diet. Sebagaimana telah disebutkan pada cara di atas bahwa teh hijau lebih baik disedu dengan air panas, tetapi di sini juga bisa dibiarkan dahulu hingga tehnya menjadi dingin.

Kemudian untuk meminimalkan penyerapan lemak dalam tubuh, maka teh hijau ini dapat dikonsumsi atau diminum menjelang makan dengan menu yang memiliki kandungan protein tinggi, seperti telur. Selain itu, teh hijau juga baik diminum sebelum Anda melakukan olahraga agar dapat memaksimalkan pembongkaran lemak dalam tubuh ketika sedang berolahraga.

Cara penyajian dan pengkonsumsian teh hijau juga dapat Anda variasikan apabila merasa bosan dengan penyajian yang biasa-biasa saja setiap harinya. Adapun variasi penyajian teh hijau ini dapat dilakukan dengan menambahkan 2 liter susu rendah lemak yang cair yang dikombinasikan dengan 3 sendok makan daun teh hijau. Berikut caranya, yaitu:

  1. Langkah pertama, panaskanlah susu dengan suhu sekitar 75oC, artinya tidak sampai dalam keadaan mendidih 100oC atau lebih.
  2. Langkah kedua, masukkan daun the hijau dan aduklah hingga tehnya tercampur rata dengan susu.
  3. Langkah ketiga, diamkan selama 30 menit supaya campuran tersebut dingin untuk kemudian Anda minum dengan porsi satu gelas setiap 2 jam sekali.
  4. Terakhir, resep ini sebaiknya tidak dicoba bagi Anda yang mempunyai keluhan tekanan darah rendah atau alergi terhadap susu sapi. Karena justru akan tidak baik bagi kesehatan Anda sendiri.

Waktu Pengkonsumsian Teh Hijau

Adapun waktu pengkonsumsian teh hijau secara umum sebagai usaha untuk menurunkan berat badan atau diet dengan hasil yang cepat dan maksimal setiap harinya, antara lain:

  1. Pagi Hari

Waktu pertama yang direkomendasikan untuk meminum teh hijau sebagai usaha menurunkan berat badan ialah pagi hari, tepatnya setelah bangun tidur. Hal ini bertujuan untuk membantu tubuh dalam memecah lemak. Minumlah teh hijau dalam keadaan hangat. Di samping itu, mengkonsumsi teh hijau di pagi hari juga dapat mencegah radikal bebas dan mengurangi nafsu makan.

  1. Sebelum Sarapan

Waktu kedua yang direkomendasikan untuk meminum teh hijau sebagai usaha menurunkan berat badan ialah sebelum sarapan. Hal ini dikarenakan meminum teh hijau sebelum sarapan dapat membantu membakar makanan sarapan dan mengurangi rasa untuk ingin ngemil sebelum tiba makan siang.

  1. Sebelum Makan Siang

Waktu ketiga yang direkomendasikan untuk meminum teh hijau sebagai usaha menurunkan berat badan ialah sebelum makan siang. Hal ini dikarenakan meminum teh hijau sebelum makan siang akan membantu Anda untuk tidak makan terlalu banyak ketika makan siang karena perut sudah terisi cairan. Di samping itu, meminum teh hijau sebelum makan siang juga dapat membantu tubuh dalam melakukan proses pembakaran yang lebih banyak, termasuk pembakaran lemak dan kalori.

  1. Sebelum Makan Malam

Waktu keempat yang direkomendasikan untuk meminum teh hijau sebagai usaha menurunkan berat badan ialah sebelum makan malam. Hal ini dikarenakan minum teh hijau sebelum makan malam akan membantu tubuh Anda mencerna makanan dan membakar lemak saat tidur nantinya.

artikel terkait diet:

Selain itu, Anda juga dapat mengkombinasikan 4 gelas teh hijau ini dengan meminum 10 gelas air putih setiap harinya supaya usaha menurunkan berat badan atau diet dapat berjalan lebih cepat dan memperoleh hasil yang semakin maksimal. Bahkan vemale.com malah merekomendasikan untuk meminum setidaknya teh hijau sebanyak 6-7 gelas setiap harinya. Tentunya pengkonsumsian teh hijau dan air putih ini juga harus diimbangi dengan pola makan yang sehat, bergizi, dan jangan lupa untuk berolahraga.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 10th, May 2016 / 15:19 Oleh :
Kategori : Minuman