Manfaat Apel Merah untuk Diet Mendapatkan Berat Badan Ideal

Sebagian orang masih banyak yang salah kaprah dengan istilah diet. Diet dipandang sebagai aturan berupa pengurangan porsi makan untuk menurunkan berat badan sehinggga mendengar anjuran diet membuat orang-orang enggan atau merasa berat. Padahal sebenarnya diet merupakan pengaturan pola makan termasuk di dalamnya jenis makanan yang dikonsumsi yang tidak hanya ditujukan untuk menurunkan berat badan namun bisa juga untuk menaikkan berat badan atau berkaitan dengan pantangan makanan karena menderita penyakit tertentu.

Dengan melakukan diet maka jenis dan jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh akan diatur dan dipilih sehingga sesuai dengan kondisi dan tujuan yang ingin dicapai. Oleh karena itu diet itu tidak hanya dilakukan dalam kurun waktu tertentu saja. Misalnya dilakukan selama 3 bulan untuk menurunkan berat badan sekian kilogram. Namun sebaiknya dijadikan gaya hidup karena sangat bermanfaat bagi kesehatan. Dengan mengatur apa dan berapa makanan atau minuman yang masuk ke tubuh akan menjadikan tubuh lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Karena seperti yang diketahui kebanyakan penyakit justru berasal dari konsumsi makanan atau minuman yang sembarangan dan berlebihan.

Daripada menurunkan berat badan dengan cara-cara instan seperti mengonsumsi obat pelangsing lebih baik melakukan diet sehat dengan mengatur pola dan jenis makanan serta tentunya rajin berolahraga karena ada banyak sekali manfaat olahraga bagi kesehatan. Diantara jenis makanan yang dianjurkan bagi orang yang sedang melakukan diet untuk menurunkan berat badan adalah:

Selain bahan makanan di atas ada satu lagi jenis buah yang dapat menjadikan program diet anda terasa menyenangkan yaitu buah apel khususnya apel merah. Manfaat apel merah untuk diet sudah dikenal sejak lama. Buah yang sangat populer dan sering dijadikan sajian di meja makan ini memiliki banyak manfaat apel bagi kesehatan. Hal ini didukung oleh berbagai kandungan nutrisi di dalamnya seperti manfaat karbohidrat, manfaat protein, manfaat antikoksidan, manfaat seratmanfaat vitamin A, manfaat vitamin C, kalsium, manfaat magnesium, manfaat zat besi, kalsium, dan kalium.

Minimnya nilai kalori dan tingginya serat menjadikan manfaat apel merah untuk diet sangat signifikan. Dalam 100 gram apel merah hanya terkandung 52 kcal sehingga mengonsumsi buah ini tidak meningkatkan jumlah kalori tubuh secara drastis. Dan seperti yang diketahui jumlah kalori berperan penting dalam menentukan keberhasilan program diet. Bagaimana agar jumlah kalori yang masuk ke tubuh sama atau lebih kecil dari jumlah kalori yang dipergunakan sehingga cadangan lemak dapat dipakai sebagai sumber energi dan tumpukan lemak tubuh pun secara berangsur bisa berkurang.

Manfaat apel merah untuk diet juga ditentukan oleh tingginya kandungan manfaat serat pada buah ini. Konsumsi makanan berserat membuat perut terasa kenyang lebih lama sehingga menghindarkan pelaku diet dari konsumsi makanan secara berlebihan. Betapa banyak orang yang gagal melakukan diet karena tidak mampu menahan rasa lapar dan keinginan untuk makan. Untuk memaksimalkan manfaat apel merah untuk diet maka sebaiknya apel merah dikonsumsi sekitar 15 menit sebelum makan berat. Hal ini akan membuat anda meras kenyang lebih cepat sehingga tidak mengonsumsi makanan secara berlebihan.

Sangat mudah bukan mendapatkan manfaat apel merah untuk mendukung keberhasilan program diet? Meskipun demikian hal ini harus tetap diiringi dengan menerapakan pola hidup sehat seperti rutin berolahraga serta tidur cukup dan berkualitas sehingga tidak hanya berat badan ideal yang anda dapatkan namun juga tubuh yang sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

, , ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan