Manfaat Timun Untuk Diet Sehat

Siapa yang tidak kenal dengan mentimun atau timun, sayur yang berbentuk panjang dan lonjong dan kulit berwarna hijau ini kerap kali anda temukan sebagai penghias dan lalapan makanan atau saat anda minum jus mentimun. Rasanya yang enak dan segar ini memang cocok dijadikan sebagai lalapan supaya mulut terasa lebih segar dan enak. Namun bukan hanya rasanya saja yang enak, ternyata mentimun juga sangat baik untuk kesehatan salah satunya adalah untuk membantu menurunkan berat badan.

artikel terkait:

Bagi anda yang saat ini sedang mengidam-idamkan memiliki tubuh yang langsing, ideal dan proposional mungkin sudah saatnya anda mencoba melakukan diet dengan menggunakan mentimun. Untuk mendapatkan mentimun juga sangat mudah karena di Indonesia timun ini sangat banyak ditanam dan anda bisa membelinya baik di supermarket atau di pasar tradisional sekalipun.

Manfaat timun untuk diet

Timun adalah rahasia dari diet sehat yang memberikan hasil tubuh ramping dan ideal. Hal ini disebabkan karena timun sangat rendah kalori sehingga tidak membuat lemak anda menumpuk dalam tubuh. selain itu apa saja kandungan dalam mentimun yang baik untuk diet? Simak berikut ini:

  1. Serat

Timun mengandung banyak serat yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Serat sendiri tidak bisa diproduksi oleh tubuh sama seperti vitamin sehingga pemenuhan kebutuhannya harus didapatkan dari luar. Timun mengandung serat yang akan membuat makanan dalam lambung mengental seperti jelly sehingga lebih lancar saat masuk ke dalam usus dan lebih mudah untuk diserap nutrisi makanannya oleh usus. Serat ini juga akan membuat tubuh menjadi lebih kenyang lebih lama sehingga anda tidak mudah lapar. Serat juga berfungsi untuk membasmi berbagai bibit penyakit dalam tubuh seperti racun, radikal bebas dan juga kolesterol. Jadi diet dengan menggunakan bantuan timun ini sangatlah sehat dan efektif.

artikel terkait: manfaat kangkung untuk diet

  1. Air

Kandungan air di dalam timun sebesar 95 persen. Jumlah ini sangat besar dan sangat baik untuk tubuh. komponen dalam tubuh terbesar juga adalah air sehingga kebutuhan tubuh akan air ini adalah mutlak. Tubuh yang memiliki kadar air stabil dalam artian tidak berlebihan dan juga tidak kekurangan akan menjadi tubuh yang sehat karena tidak kekurangan cairan tubuh. air ini berfungsi untuk membersihkan tubuh dan juga bisa meluruhkan lemak dalam tubuh yang membandel. Hal ini tentu sangat baik bagi anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan bukan?

artikel terkait: manfaat teh hijau kepala jenggot

  1. Kalori

Kandungan kalori dalan timun sangat sedikit yang berarti sangat baik bagi anda yang sedang diet. Pada orang yang mengonsumsi makanan yang rendah kalori akan membuat penurunan produksi lemak dan gula dalam tubuh sehingga tubuh akan lebih kurus dan tidak mudah gemuk. Namun anda jangan khawatir akan merasa cepat lapar karena dengan mengonsumsi mentimun rasa kenyang anda akan bertahan lebih lama. Timun juga secara alami akan membuat nafsu makan anda berkurang secara otomatis ya.

artikel terkait: manfaat daun sirsak untuk diet

Dengan mengonsumsi timun saat anda diet ini akan mengindarkan anda dari yang namanya diet ketat. Diet terkadang disalah artikan dengan tidak makan apapun supaya berat badan cepat turun. Padahal ini sangat bertentangan dan berbahaya pada kesehatan. Diet yang menyiksa tubuh dan membuat tubuh tidak nyaman sudah jelas bukan diet yang baik dan anda harus mengentikannya sekarang juga sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Cara diet timun yang benar

Anda bisa mengonsumsi timun dalam berbagai cara untuk diet. Selain bisa dikonsumsi dalam bentuk mentah, anda juga bisa mencoba mengolah timun menjadi beberapa variasi menu, seperti salah satunya adalah dengan teh timun. Ya, seperti namanya teh timun berarti teh yang terbuat dari timun, bagaimana cara membuatnya? Simak berikut ini:

Bahan:

Untuk membuat teh timun, bahan yang harus anda siapkan adalah:

  • Seperempat timun yang sudah diiris kecil-kecil
  • Dua buah jeruk lemon
  • Dua buah jeruk limau
  • Daun mint
  • Dua kantong teh hijau, lebih baik yang celup
  • Soda tawar 1 liter
  • Air hangat 1 liter
  • Es batu secukupnya

Cara membuat:

  • Masukan daun mint dan juga teh hijau celup ke dalam air hangat dan biarkan selama 5 hingga 10 menit.
  • Kemudian masukan perasan jeruk limau dan perasan jeruk lemon ke dalam air hangat teh tadi. Anda juga bisa menyisakan jeruk untuk dijadikan sebagai hiasan.
  • Setelah campuran mengendap, kemudian masukanlah timun ke dalam air hangat tadi.
  • Setelah beberapa menit dan sudah siap, anda bisa menyajikannya dengan soda tawar. Anda bisa menambahkan es supaya dingin atau bisa juga tetap hangat sesuai dengan selera anda masing-masing.
  • Percantik teh timun dengan irisan jeruk lemon supaya mata anda lebih rileks saat melihat teh timun yang hendak dikonsumsi.

Untuk memilih timun yang baik sebaiknya anda memilih yang sudah tua, keras dan kedua ujungnya bulat karena disitulah tersimpan banyak air. Jangan gunakan timun yang sudah keriput atau layu atau yang sudah berwarna kekuningan. Jika anda sudah membeli timun yang segar dan baik, anda bisa menyimpannya dalam lemari es dan jangan lupa sebelumnya untuk dicuci terlebih dahulu.

artikel terkait: manfaat green coffeemanfaat sereh untuk dietmanfaat daun seledri untuk diet

Selain mengonsumsi secara rutin timun dengan berbagai olahannya, ketika anda sedang diet anda juga sangat dianjurkan untuk memilah makanan yang akan anda konsumsi. Jangan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak dan yang digoreng karena bisa membuat diet anda gagal. Selain itu kurangi porsi karbohirat dan lengkapi nutrisi harian anda supaya lebih sehat bagi tubuh. perbanyak minum air putih dan juga hindarkan dari kebiasaan buruk seperti merokok dan minum-minuman keras. Rutinlah beroolahraga setiap hari, tidak perlu yang berat cukup dengan kemampuan anda masing-masing supaya program diet anda berhasil. Dan usahakan jangan mengonsumsi obat pelangsing karena dapat membuat tubuh anda ketagihan dan efeknya buruk bagi tubuh.

artikel terkait: manfaat pepaya untuk dietmanfaat melon untuk dietmanfaat yoghurt untuk diet

Demikian ulasan mengenai manfaat timun untuk diet. Semoga bisa membantu anda yang saat ini sedang berusaha untuk menurunkan berat badan. terima kasih dan semoga bermanfaat..

, , ,
Post Date: Monday 10th, October 2016 / 05:27 Oleh :
Kategori : Sayuran