4 Manfaat Kacang Hijau untuk Diet Cepat dan Aman

Saat ini banyak orang yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan. Fenomena ini semakin menjamur akibat dari pola hidup yang kurang sehat. Kurangnya olahraga dan juga kebiasaan makan yang buruk menjadi faktor utama menjamurnya fenomena ini. Namun sebenarnya sangatlah mudah untuk mengatasi obesitas yang mendera tubuh kita. Dengan rutin olahraga dan menjaga pola makan saja sudahlah cukup untuk mengatasi obesitas. Ya, dengan diet kita bisa mengatasi permasalahan berat badan yang menghantui pikiran kita. Ada banyak menu diet, namun yang akan kita ulas hari ini adalah kacang hijau. Mengapa kacang hijau? Karena ternyata kacang hijau memiliki banyak manfaat untuk program diet. Berikut akan diulas mengenai manfaat kacang hijau untuk diet.

artikel terkait diet:

Kacang hijau merupakan palawija berwarna hijau yang dapat diolah menjadi berbagai menu yang lezat. Kacang hijau dikenal luas di daerah tropis. Kacang hijau memiliki banyak manfaat dan menjadi salah satu bahan pangan penting di Indonesia. Kacang hijau memiliki kandungan protei tinggi dan dapat menjadi menu diet untuk orang yang sedang mengurangi berat badannya. Mengapa bisa kacang hijau menjadi menu diet? Dikarenakan kacang hijau memiliki banyak manfaat bagi tubuh dalam proses penurunan berat badan. Inilah beberapa manfaat kacang hijau untuk diet.

  1. Menurunkan berat badan

Orang yang sedang melakukan diet akan menjaga bobot dengan ketat sehingga perlu menjaga asupan yang diserap tubuh. Karena pengawasan yang ketat ini, biasanya banyak orang yang akan berusaha keras menahan nafsu makannya sehingga banyak orang yang melakukan diet akan tersiksa dan gagal karena tidak mampu untuk menahan nafsu makannya. Hal ini bisa diatasi dengan mengonsumsi kacang hijau, karena kacang hijau mengandung serat tinggi. Serat tinggi ini akan membantu orang menahan lapar karena serat tinggi mampu untuk membuat orang kenyang lebih lama. Hal ini tentu akan menekan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh sehingga diet bisa berjalan dengan lancar. Selain itu kacang hijau juga memiliki kadar lemak yang sehat dan mampu mengurangi kolesterol dalam darah.

artikel terkait: manfaat garcinia cambogia eztractmanfaat tidak makan nasi putihmanfaat hula hoop

  1. Membantu melancarkan pencernaan

Selain mengurangi asupan makanan, diet juga dapat dilakukan dengan membuang kelebihan cadangan makanan dalam tubuh. Oleh karena itu pencernaan menjadi bagian penting dalam permasalahan ini. Karena serat kacang hijau yang tinggi maka kacang hijau akan membantu organ pencernaan untuk mencerna makanan dengan lebih baik. Sehingga proses pembuangan sisa makanan akan lancar dan tidak menumpuk di dalam tubuh. Tentu ini akan membantu program diet dalam mencapai bobot tubuh yang ideal.

artikel terkait: manfaat permen karetmanfaat cincau hitammanfaat lemon untuk diet

  1. Membantu menjaga metabolisme energi dan membantu pembentukan sel-sel tubuh.

Saat diet biasanya orang akan melakukan olahraga untuk membakar lemak yang berlebih. Pada saat inilah tubuh akan mengalami pengurasan energi secara berlebih sehingga tubuh akan melemah. Di samping itu asupan makanan yang berkurang akan membuat tubuh semakin melemah juga. Disinilah peran kacang hijau dibutuhkan. Kacang hijau membantu pembentukan energi dalam tubuh yang dibutuhkan dalam proses olahraga dan diet. Selain itu kacang hijau juga membantu tubuh untuk membentuk sel-sel tubuh. Hal ini tentu akan menguntungkan orang yang melakukan diet karena pada saat olahraga otot akan lebih mudah terbentuk melalui bantuan kacang hijau.

artikel terkait: manfaat telur rebusmanfaat roti gandummanfaat labu kuning

  1. Membantu menyerap nutrisi

Penelitian mengungkapkan kekurangan vitamin B membuat waktu pengosongan lambung dan usus lebih lambat dua kali lipat. Hal ini akan berpengaruh dengan penyerapan nutrisi dan memungkinkan nutrisi tidak diserap dengan baik. Kecambah kacang hijau memiliki enzim-enzim yang membantu penyerapan nutrisi pada tubuh sehingga orang yang sedang diet akan tetap mendapatkan nutrisi yang cukup walau asupan makanan berkurang. Selain itu mencegah adanya penumpukan kotoran pada lambung dan usus.

artikel terkait: manfaat herbalifemanfaat WRO diet to gomanfaat jus tomat

Itulah beberapa manfaat kacang hijau bagi orang yang sedang diet. Kacang hijau memiliki banyak manfaat sepeti itu karena kandungan dalam kacang hijau yang begitu baik untuk tubuh. Inilah beberapa kandungan kacang hijau yang bermanfaat bagi tubuh.

  • Protein, kacang hijau merupakan sumber protein nabati yang tinggi. Kandungan protein yang ada pada kacang hijau berkisar 7gr per 100gr. Selain itu protein dalam kacang hijau memiliki asam amino yang lengkap.
  • Kaya serat, kandungan serat kacang hijau sebesar 7,6gr per 100gr kacang hijau. Ini menunjukkan bahwa kacang hijau telah memenuhi kebutuhan serat harian tubuh kita sebesar 30%. Serat membantu mencegah sembelit dan melancarkan pencernaan.
  • Karbohidrat rendah, karbohidrat yang terkandung pada kacang hijau terhitung rendah yaitu 19gr per 100gr. Itu merupakan angka yang cukup rendah dan baik dikonsumsi untuk program diet dan program pembentukan otot tubuh.
  • Lemak sehat, asam lemak yang terkandung pada kacang hijau ialah omega 3 (0,9gr/100gr) dan omega 6 (119mg/100gr). Asam lemak tersebut merupakan asam lemak yang berguna untuk menurunkan kolesterol dalam darah.
  • Kaya vitamin dan mineral, kacang hijau mengandung kadar asam folat dan vitamin B yang cukup tinggi yaitu sekitar 0,2gr per 100gr. Selain itu kacang hijau juga mengandung vitamin B yang lain seperti riboflavin, B6, asam pantothenat, serta niasin. Kacang hijau juga mengandung mineral yang tinggi. Ada potasium (266mg), phosphorus (99mg), manganese (48mg), kalsium (27mg), magnesium (0,3mg), besi (1,4mg), zinc (0,8mg), dan selenium (2,5µg).
  • Kaya enzim aktif, kacang hijau yang berkecambah memiliki enzi aktif yang baik bagi tubuh. Enzim seperti amilase sangat baik untuk penyerapan dan pembentukan energi. Enzim ini akan rusak pada suhu diatas 40 derajat celsius. Jadi sangat disarankan untuk tidak mengolah kacang hijau dengan suhu yang terlalu tinggi.

baca juga :

Demikianlah kandungan kacang hijau yang begitu kaya. Tidak heran jika kacang hijau memiliki banyak manfaat terutama bagi anda yang menjalani program diet. Diet boleh saja dilakukan asal perhatikan juga nutrisi yang dibutuhkan tubuh, kacang hijau bisa menjadi solusi diet anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih.

, ,
Post Date: Tuesday 10th, May 2016 / 13:10 Oleh :
Kategori : Makanan