17 Manfaat Jus Alpukat untuk Kesehatan

Smanfaat jus alpukatiapa tak kenal buah alpukat? Alpukat merupakan salah satu dari sekian banyak buah yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh kita. Alpukat memiliki bentuk buah yang cukup unik. Warna kulitnya hijau tua dan juga daging buahnya yang memiliiki tekstur mentega dan lezat. Buah alpukat pun berhasil menjadi salah satu buah favorit untuk dikonsumsi oleh berbagai kalangan masyarakat.

Untuk mengkonsumsi alpukat sendiri, biasanya dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Ada orang yang suka mengkonsumsi alpukat begitu saja tanpa diolah terlebih dahulu, namun ada juga yang mengolah alpukat menjadi berbagai macam olahan, seperti jus alpukat dan juga es atau sop buah.

Bagaimana membuat jus alpukat?

Untuk membuat jus alpukat sendiri sangatlah mudah, anda hanya perlu menyiapkan buah alpukat dan beberapa bahan tambahan pelengkap lainnya. Berikut ini langkah-langkahnya :

  1. Siapkan satu buah alpukat, kerok daging buahnya hingga habis
  2. Masukkan alpukat ke dalam blender, lalu campur dengan air, gula dan juga es batu. Jangan lupa beri sedikit garam untuk menambah rasa pada jus alpukat.
  3. Anda juga dapat menambahkan bahan kreasi lainnya, seperti susu coklat
  4. Blender hingga halus
  5. Minum selagi masuh dingin

Jus alpukat memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Apa saja manfaatnya? Berikut ini adalah beberapa manfaat jus alpukat tersebut :

1. Memberikan energi bagi tubuh

Alpukat merupakan salah satu jenis buah yang memiliki kalori yang tinggi. Dengan mencampurkan gula pada pembuatan jus alpukat, maka anda akan memperoleh energi yang tinggi. Energi ini dapat anda manfaatkan untuk beraktivitas sehari-hari dan juga sebagai camilan yang sehat pada jam-jam tanggung.

2. Mampu menjaga kesehatan jantung

Jus alpukat sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Dengan terjaganya kesehatan jantung dengan baik, maka suplai darah ke seluruh tubuh akan menjadi lebih lancar. Kemudian anda akan terhindar dari berbagai macam gangguan yang berkaitan dengan kesehatan jantung, seperti serangan jantung dan penyakit jantung koroner.

3. Baik untuk program diet

Anda sedang mengikuti program diet? Kalau begitu manfaat jus alpukat juga efektif untuk mendukung program diet yang sedang anda lakukan. Dengan kandungan vitamin dan juga nutrisi yang tinggi, seperti serat, protein, dan berbagai mineral lainnya yang tinggi, jus alpukat sangat efektif untuk membantu program diet.

4. Dapat mengatur kadar gula darah

Jus alpukat juga sangat baik untuk anda yang mengalami diabetes. Hal ini disebabkan karena jus alpukat mampu untuk mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh

5. Memiliki lemak baik, yang dapat digunakan untuk menyeimbangkan kada kolestrol di dalam tubuh

Anda memiliki gejala penyakit kolesterol? Kalau begitu jus alpukat sangat baik untuk anda. jus alpukat memiliki kandungan lemak baik yang sangat tinggi. Hak ini dapat menjadi penyeimbang kolesterol dan lemak jahat yang ada di dalam tubuh anda.

6. Membantu menutrisi kulit dari dalam

Jus alpukat memiliki kandungan vitamin E yang tinggi. Dengan kandungan vitamin E yang tinggi ini, maka jus alpukat dapat membantu untuk menutrisi kulit dari dalam, yang bermanfaat untuk :

  • Menjaga kelembaban kulit
  • Mencerahkan kulit
  • Mengangkat sel kulit mati
  • Menjaga kehalusan dari kulit

7. Baik untuk kesehatan mata

Jus alpukat ternyata juga memiliki kandungan vitamin A yang tinggi, meskipun tidak setinggi wortel. Vitamin A ini tentu saja sangat baik utnuk kesehatan mata. Hak ini juga dapat mencegah berbagai macam gangguan atau penyakit yang menyerang kesehatan mata.

8. Mencegah kecacatan pada lahir

Buah alpukat diketahui memiliki kandungan folat. Folat sangat penting, terutama bagi para ibu hamil untuk menjaga kesehatan janin dan juga mengoptimalkan perkembangan dari janin. Selain itu, folat juga dapat membantu mencegah kecacatan pada bayi ketika lahir nanti.

9. Dapat mencegah terjadinya peradangan

Jus alpukat juga memiliki kandungan yang baik sebagai anti inflamasi dan juga anti peradangan. Dengan manfaat jus alpukat yang dikonsumsi secara rutin, maka anda akan terhindar dari peradangan pada organ-organ tubuh anda.

10. Anti bakteri dan juga anti kuman

Jus alpukat juga sangat efektif untuk mencegah berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan kuman yang masuk ke dalam tubuh. Jus alpukat dapat menangkal dan juga mencegah agar bakteri dan kuman tersebut tidak masuk ke dalam tubuh anda.

11. Menangkal radikal bebas

Manfaat lainnya adalah jus alpukat dapat menangkal radikal bebas, yang dapat menimbulkan berbagai macam gangguan kesehatan, juga dapat menimbulkan penuaan dini atau proses aging.

12. Mencegah kanker

Jus alpukat juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk mencegah kanker dan juga memperlambat pertumbuhan kanker di dalam tubuh. Ingin terhindar dari kanker? Minumlah jus alpukat secara rutin.

13. Menurunkan tekanan darah

Bagi anda yang menderita hipertensi, manfaat jus alpukat juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk menurunkan tekanan darah anda. Dengan begini, maka berbagai macam gejala hipertensi seperti pusing, sakit kepala, dan mudah lelah pun akan hilang dengan sendirinya.

14. Mengurangi resiko stroke

Jus alpukat sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Hal ini berhubungan erat dengan kelancaran dari peredaran darah dan juga meminimalisir penyumbatan pembuluh darah. Penyumbatan pembuluh darah merupakan salah satu penyebab dari munculnya stroke.

15. Protein yang tertinggi diantara buah-buahan

Buah alpukat merupakan buah yang memiliki kandngan protein yang paling tinggi di antara semua jenis buah. Dengan minum jus alpukat, itu artinya hampir sama dengan anda minum protein, yang sangat baik manfaatnya untuk tubuh, terutama dalam mengikat lemak dan juga membentuk otot tubuh.

16. Baik untuk kesehatan pencernaan

Kandungan serat pada jus alpukat juga sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Anda akan terhindar dari berbagai macam gangguan pada pencernaan, seperti :

  • Sembelit dan susah buang air besar
  • Wasir
  • Diare
  • Sulit buang air kecil

17. Baik untuk kesehatan tulang dan gigi

Manfaat jus alpukat memiliki kandungan vitamin K dan juga kalsium yang tinggi. Kedua zat ini pastinya akan sangat baik untuk kesehatan tulang anda, dan juga dapat mencegah munculnya berbagai macam gangguan kesehatan tulang, seperti osteoporosis dan juga pengapuran tulang

Itulah manfaat penting dari jus alpukat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua. Keep on good health.

,
Post Date: Thursday 18th, June 2015 / 06:49 Oleh :
Kategori : Minuman