8 Manfaat Olahraga Untuk Diet yang Sehat

Semua orang pasti ingin memiliki tubuh yang sehat dan ideal. Mereka merasa percaya diri ketika tubuh mereka terlihat ideal. Untuk memperoleh bentuk tubuh yang ideal mereka rela mengeluarkan banyak uang untuk melakukan perawatan atau traetment. Sebenarnya ada cara yang mudah dan praktis untuk membentuk tubuh kita menjadi ideal, cara ini sudah familiar di telinga kita, karena hampir semua orang yang memiliki masalah pada berat badan atau obesitas melakukan cara ini, ya benar cara tersebut adalah diet.

Diet adalah salah satu cara yang dilakukan untuk mengurangi berat badan, dengan cara mengatur pola makan. Namun saat ini banyak orang yang salah mengartikan, mereka menganggap kalu diet itu adalah mengurangi makan untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Salah pengertian inilah yang menyebabkan banyak orang yang sakit ketika melakukan proses diet. Di sini perlu diluruskan sebenarnya diet itu bukan mengurangi tapi hanya mengatur pola makan saja. Ada beberapa jenis diet yang berdasarkan asupan gizi yang kita konsumsi, antara lain :

  • Diet rendah kalori rendah karbohidrat

Jangan salah artikan rendah karbohidrat tidak boleh mengkonsumsi karbohidrat. Kita hanya perlu untuk mengurangi asupan karbohidrat. Untuk hal ini anda bisa mengkonsumsi manfaat beras merah atau manfaat gandum. Di sisi lain asupan protein dan lemak tetap dipertahankan dengan porsi yang cukup tidak berlebih.

  • Diet rendah kalori tinggi protein

Untuk program diet ini hanya bisa dilakukan oleh orang yang benar-benar fit, terutama tidak memiliki gangguan pada ginjal dan lever. Karena bila anda melakukan diet ini dalam keadan tidak fit maka kondisi anda akan semakin buruk. Dalam diet ini anda bisa mengkonsumsi makanan tinggi protein seperti manfaat daging, manfaat telur dan lain sebagainya.

  • Diet rendah kalori rendah lemak

Hal yang perlu diperhatikan dalam diet ini adalah kita harus pintar dan cermat dalam menghitung asupan kalori untuk tubuh kita. perlu anda ketahui bahwa 1 gram lemak sama dengan 9 kalori. Untuk diet ini semua makanan bisa dikonsumsi hanya kurangi makanan yang mengandung kalori dan lemak. Hasil dari diet ini memang tidak terlihat dan hanya sedikit mengurangi berat badan kita, kurang lebih 2 kg dalam sebulan. Namun hal ini sudah cukup jika dilakukan secara konsisten.

  • Diet rendah kalori tinggi lemak dan protein

Diet ini sangatlah simple hanya butuh kekuatan untuk mengurangi konsumsi nasi atau bahkan tidak makan nasi. Asupan karbohidrat harus dikurangi diganti dengan sayur dan lauk pauk yang mengandung protein dan lemak.

  • Food combining

Dalam program diet ini semua jenis makanan bisa dimakan dengan menggunakan teori asam, basa dan juga PH netral. Kita hanya perlu mengatur jenis makanan yang kita konsumsi. Contohnya, di pagi hari kita cukup mengkonsumsi pisang dan air putih, siang kita makan nasi 3 sendok dilengkapi dengan sayur dan lauk, pada malam hari, kita bisa mengkonsumsi buah-buahan yang penting karbohidrat di kurangi. Cara ini cukup rumit namun hasilnya bisa memuaskan yaitu mampu menurunkan berat badan 5-10 kg dalm sebulan.

Mungkin kita masih memiliki pertanyaan, apakah diet itu perlu bagi kita. anda bisa menjawabnya melalui informasi berikut ini. Kita akan membahas manfaat diet bagi tubuh kita, yaitu :

1. Diet dapat digunakan untuk menurunkan berat badan kita

Dengan diet berat badan kita akan turun dan terbentuk badan yang ideal. Karena dalam diet kita diwajibkan untuk mengatur pola kita, sehingga kita tidak akan berlebihan dalam mengkonsumsi makanan.

2. Memperlancar pencernaan

Pencernaan manusia biasanya dipengaruhi oleh kandungan glukosa dalam tubuh. Jika kandungan glukosa dalam tubuh kita berlebih otomatis pencernaan kita akan terganggu, di sini diet bertugas untuk mengatur asupan gizi yaitu mengurangi konsumsi karbohidrat secara berlebih.

3. Menyehatkan kulit

Kita tahu sendiri makanan yang sering kita konsumsi saat diet adalah sayuran dan buah-buahan, yang memiliki kandungan vitamin alami, baik digunakan untuk kesehatan kulit kita. Sayuran dan buah-buahan akan mampu membuat kulit anda semakin cerah dan sehat.

Solusi untuk kesehatan kulit lainnya yaitu :

4. Meningkatkan metabolisme dalam tubuh

Dengan diet tubuh kita akan mendapat asupan gizi yang seimbang, sehingga metabolisme dalam tubuh kita akan menjadi seimbang dan bekerja maksimal.

5. Menyeimbangkan pola makan kita sehari-hari

Dengan diet kita mendapat pedoman atau arahan dalam mengatur pola makanan harian yang baik dan menyehatkan.

6. Dapat menguatkan tulang dan sendi kita

Kita tahu sendiri dengan diet kandungan gizi yang kita konsumsi seimbang, contohnya kita mengurangi konsumsi karbohidrat memperbanyak mengkonsumsi kalsium untuk kesehatan tulang kita.

7. Dapat melindungi gigi

Dalam diet gigi kita terbiasa mengunyah padi-padian serta sayuran, jarang sekali kita menggunakan gigi kita untuk merobek, memotong dan mengunyah daging, sehingga gigi kita tetap terlindungi.

8. Mencegah berbagai penyakit

Dengan diet kita akan mengatur pola makan kita dan mengatur asupan gizi kita tiap hari dengan baik. Hal ini bagus untuk menghindari berbagai penyakit seperti diabetes, stroke, jantung dan lainnya.

Itulah alasan mengapa diet penting bagi kita yang ingin mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Pasti semua aktifitas atau kegiatan membutuhkan pendukung untuk keberhasilannya. Untuk diet pendukung yang paling tepat untuk mendapatkan hasil yang memuaskan adalah dengan olahraga. Kalau kita hanya mengandalkan diet mungkin berat badan kita turunnya lama, namun apabila kita lengkapi dengan olahraga akan menjadi cepat turunnya.

Memang olahraga sering dilakukan oleh banyak orang dalam upaya menurunkan berat badan. Biasanya orang yang melakukan diet juga melakukan olahraga untuk mendapat hasil yang maksimal. Manfaat olahraga untuk diet itu tidak bisa dipisahkan, karena pada dasarnya dua aktivitas ini memiliki tujuan yang sama yaitu untuk menjaga kesehatan dan menurunkan berat badan. Pada dasarnya olahraga adalah serangkaian gerak anggota tubuh yang teratur dan sistematis denagn tujuan menjaga kesehatan jasmani dan rohani serta merangsang pertumbuhan dan perkembangan kita. Selain itu dengan berolahraga kita bisa menjauhkan diri dari segala penyakit, mampu meningkatkan stamina dan energi tubuh kita, mampu meningkatkan memori otak kita, dan lain sebagainya.

Jenis Olahraga untuk Diet yang Sehat

Terlepas dari banyaknya manfaat olahraga bagi kesehatan kita, olahraga Selanjutnya kita akan membahas tentang manfaat dari olahraga, yang mana bisa menjadikan olahraga cocok untuk melengkapi program diet kita. Dengan olahraga kita bisa membakar kalori lebih banyak daripada kita berdiam diri. Semakin banyak kita bergerak maka semakin banyak kalori atau lemak yang kita bakar. Bila hal ini berpadu dengan pola makan yang sehat (diet), maka tubuh kita akan memiliki bentuk yang ideal dan sehat.

Selanjutnya kita akan membahas tentang jenis olahraga yang cocok untuk program diet kita, yang mampu menurunkan berat badan kita dengan cepat.

  • Aerobik

Olahraga ini menjadi favorit dalam upaya menurunkan berat badan, karena gerakannya yang dinamis dan menyenangkan. Olahraga ini biasanya cenderung dilakukan oleh kaum hawa. Gerakan aerobik melibatkan anggota tubuh seperti tangan, kaki, pinggul, perut, leher yang membuat seluruh anggota tubuh bergerak. Olahraga ini sangat efektif untuk menurunkan berat badan karena kemampuaannya yang baik untuk membakar kalori dan lemak dalam tubuh yaitu 680 kal per jam.

  • Lari

Lari adalah olahraga yang mudah bisa dilakukan semua orang baik wanita maupun laki-laki. Olahraga ini sangat efektif untuk menemani diet anda. Karena lari pagi memiliki kemampuan untuk membakar kalori hingga 784 kal per jamnya. Bayangkan bila dalam program diet, anda melakukan lari pagi secara rutin pasti hasilnya akan memuaskan. (Baca juga : manfaat lari siang harimanfaat lari soremanfaat lari pagi)

  • Berenang

Olahraga ini sangat efektif untuk program diet anda, karena berenang membutuhkan energi yang banyak dan semua anggota tubuh bergerak. Dengan manfaat berenang otomatis dengan gerakan aktif tersebut kalori dan lemak dalam tubuh akan terbakar. Dalam 1 jamnya berenang mampu membakar kalori sebanyak 720 kal per jam untuk wanita dan 840 kal per jam untuk laki-laki.

  • Lompat tali

Manfaat lompat tali selain mudah dilakukan, namun sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Perlu anda ketahui lompat tali selama 10 menit sama saja dengan anda jogging dengan waktu 8 menit per mill. Dalam olahraga ini pergerakan tubuh sangat efektif dalam pembakaran kalori, setiap jamnya bisa membakar kalori hingga 850 kal per jam.

  • Push Up, Sit Up, Back Up, Pull Up

Bebrapa olahraga ini juga efektif dalam penurunan berat badan terutama dalam membentuk perut. Olahraga ini terfokus pada perut, jadi dalam olahraga ini otot-otot di perut kita bekerja dengan keras, sehingga mampu membakar lemak dan kalori yang ada di perut anda. (Baca juga : manfaat push upmanfaat sit up)

Inilah beberapa informasi tentang manfaat olahraga untuk diet. Perlu anda ketahui bahwa olahraga dan diet tidak dapat dipisahkan diet tanpa olahraga akan percuma, begitu juga dengan olahraga tanpa diet tidak ada hasilnya. Karena 2 aktivitas ini yang memadukan pola makan dan pergerakan tubuh. Jadi kesimpulannya olahraga merupakan aktivitas yang bermanfaat bagi diet anda.