Sponsors Link
     Sponsors Link

14 Manfaat Pisang Emas Bagi Kesehatan

Sponsors Link

Buah-buahan merupakan salah satu makanan yang banyak disukai oleh hampir semua kalangan, baik anak-anak, remaja, dewasa, maupun orang tua. Selain mempunyai rasa yang enak dan alami, buah-buahan juga banyak memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satu jenis buah yang disukai banyak orang adalah pisang. Pisang merupakan buah yang mempunyai rasa dasar manis. Selain itu, pisang juga merupakan jenis buah yang banyak dijadikan olahan makanan tertentu sehingga jika bosan mengonsumsi pisang secara langsung, pisang dapat dibuat sebagai masakan olahan tertentu.

Berbicara tentang buah pisang, pisang terdiri dari beberapa jenis, antara lain pisang raja, pisang kepok, pisang putri, pisang emas, dan lain sebagainya. Secara garis besar, semua jenis pisang ini sama saja, yang membedakan mungkin hanya ukuran, rasa yang sedikit berbeda, dan beberapa kriteria lainnya. Pada kesempatan ini akan dibahas lebih lanjut tentang salah satu jenis buah pisang, yaitu pisang emas.

Pisang emas merupakan salah satu jenis pisang yang seringkali kita temui keberadaannya. Pisang emas (terkadang di sebut sebagai pisang muli) merupakan jenis pisang yang mempunyai ukuran kecil dengan diameter antara 3-4 cm. Kulit pisang emas ini tipis dan mempunyai warna yang kuning terang (lebih kuning dari pisang lampung). Rasa daging dari pisang emas ini sangat manis dan memiliki aroma yang khas. Biasanya pisang emas ini banyak disajikan  sebagai pencuci mulut.

Kandungan Gizi Pisang Emas

Seperti kebanyakan buah pada umumnya, pisang emas merupakan jenis buah yang menyehatkan dan juga kaya manfaat. Hal ini disebabkan buah pisang emas banyak sekali mengandung berbagai zat gizi yang bermanfaat bagi tubuh, meliputi:

  • Karbohidrat. Pisang emas mengandung 21,0-33,6 gram per 100 gram karbohidrat. Dimana karbohidrat dalam pisang emas ini meliputi glukosa, sukrosa, dan fruktosa.
  • Mineral. Kandungan mineral yang terdapat dlam pisang emas antara lain potasium (kalium) dan zat besi. [artikel terkait: manfaat zat besi]

Pisang emas merupakan buah yang sangat bermanfaat untuk tubuh manusia. Berbagai manfaat yang dapat diperoleh dari pisang emas, antara lain:

1. Menyehatkan saluran pencernaan

Pisang emas adalah jenis buah yang banyak mengandung serat. Serat ini sangat baik untuk kesehatan pencernaan sehingga mengonsumsi pisang emas dapat membantu menyehatkan saluran pencernaan dan terhindar dari berbagai macam gangguan pencernaan.

artikel terkait: manfaat vegeta – manfaat buah pepaya untuk kesehatan dan kecantikan – manfaat belimbing

2. Meningkatkan fungsi ginjal

Kandungan potasium dalam pisang emas dapat mengontrol pengeluaran kalsium dalam urine dan kondisi yang demikian akan membantu fungsi ginjal tetap sehat dan dapat berfungsi dengan baik, serta akan mengurangi risiko terkena batu ginjal.

artikel terkait: manfaat jahe untuk ginjal – manfaat daun salam – manfaat kulit manggis untuk ginjal

3. Menurunkan tekanan darah tinggi

Kandungan kalium yang tinggi serta sodium yang rendah dalam pisang emas merupakan perpaduan yang sangat baik untuk mencegah terjadinya tekanan darah tinggi, serta dapat mengurangi risiko terkena stroke.

artikel terkait: manfaat daun alpukat – manfaat buah naga bagi penderita darah tinggi – manfaat daun sukun untuk pengobatan

4. Meningkatkan energi

Pisang emas merupakan buah yang mengandung banyak karbohidrat sehingga pengonsumsian buah ini secara rutin  akan meningkatkan energi yang ada di dalam tubuh.

artikel terkait: manfaat karbohidrat – manfaat sari kurma – manfaat ubi jalar

5. Menyehatkan penglihatan

Mengonsumsi buah pisang emas secara teratur setiap hari ternyata dapat menyehatkan indra penglihat. Gangguan penglihatan yang diatasi adalah yang berkaitan dengan usia. Manfaat ini dapat diperoleh dengan cara mengonsumsi pisang emas minimal 3 porsi buah setiap harinya.

artikel terkait: manfaat wortel mentah – manfaat seng – manfaat tomat

6. Mencegah kambuhnya penyakit maag

Bagi seseorang yang memiliki riwayat penyakit maag, dengan mengonsumsi buah pisang emas ini membantu mengurangi kambuhnya maag. Hal ini karena pisang emas ini memiliki efek antasid yang sangat berguna untuk mengatasi gejala maag.

artikel terkait: solusi maag – manfaat brokoli untuk penderita maag – manfaat kunyit untuk sakit maag

7. Menjaga keseimbangan potasium dalam tubuh

Kondisi stres dapat menguras jumlah potasium yang ada dalam tubuh. Dengan mengonsumsi buah pisang emas secara teratur, tidak perlu kuatir akan risiko kehabisan potasium dalam tubuh. Hal ini dikarenakan pisang emas mengandung banyak potasium sehingga tubuh akan selalu memperoleh asupan potasium. Kandungan potasium ini juga dapat memberikan efek menenangkan pikiran yang terkadang sedang jenuh atau suntuk.

artikel terkait: manfaat potasiummanfaat kalium

8. Memperkuat tulang

Pisang emas adalah buah yang banyak mengandung prebiotik yang disebut fructooligosaccharide yang berfungsi untuk membuat tubuh kita lebih mudah menyerap nutrisi. Hal ini secara tidak langsung akan membiarkan tubuh menyerap kalsium dengan mudah. Dengan demikian tulang kita akan lebih kuat.

artikel terkait: manfaat buah naga – manfaat nanas – manfaat okra untuk kesehatan

9. Mengatasi anemia

Pisang emas ini merupakan buah yang banyak mengandung zat besi, berbagai vitamin, serta mineral dengan kadar yang tinggi. Berbagai kandungan tersebut akan berfungsi untuk mencegah dan bahkan mengobati penyakit kurang sel darah merah atau anemia.

artikel terkait: manfaat daging kambing – manfaat daging sapi bagi tubuh – manfaat daun singkong

sponsored links

10. Sebagai pembersih wajah dan juga menyehatkan kulit

Selain daging pisang emas mempunyai banyak manfaat, kulit buah pisang emas ini ternyata juga mempunyai khasiat. Kulit pisang emas berguna untuk membersihkan kulit wajah dan mengangkat sel-sel kulit yang telah rusak dan mati. Cara yang dapat dilakukan yaitu dengan menggosokkan kulit pisang yang bagian dalam pada wajah dan diamkan selama kurang lebih 45-60 menit. Lakukan perawatan ini sehari-hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

artikel terkait: manfaat kulit pisang – manfaat daun pisang bagi kulit kesehatan dan pembungkus

11. Membantu menjaga mood

Pisang emas selain mempunyai manfaat yang nyata bagi kesehatan tubuh manusia (secara fisik), ternyata juga bermanfaat untuk menciptakan mood yang lebih baik. Pisang emas merupakan salah satu buah yang mengandung triptofan, yaitu senyawa asam amino yang dapat membantu tubuh dalam memproduksi serotonin. Keberadaan serotonin ini akan membantu seseorang memperoleh rasa nyaman, tenang, dan juga menstabilkan suasana hati atau mood secara alami.

artikel terkait: manfaat tertawa bagi kesehatan – manfaat air putih –manfaat teh

12. Mengatasi dan mengobati sembelit

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa pisang emas mengandung serat yang tinggi sehingga dapat menyehatkan saluran pencernaan. Apabila pencernaan sehat, maka akan dijauhkan dari penyakit sembelit sehingga proses defekasi pun dapat berjalan dengan lancar.

artikel terkait: manfaat yakult – manfaat daun pandan – manfaat daun sirih bagi kesehatan

13. Pelembap wajah

Pisang emas juga merupkan buah yang mengandung manfaat bagi kesehatan. Jika sebelumnya telah dikatakan bahwa kulit pisang emas bisa digunakan sebagai perawatan kulit, maka kali ini daging pisang emas dapat digunakan sebagai pelembap pada wajah. Hal ini merupakan menfaat yang adapat diperoleh untuk kecantikan kulit wajah. Caranya dengan menjadikan daging pisang emas ini sebagai masker.

artikel terkait: manfaat pelembab wajah – manfaat madu untuk kulit – manfaat air mawar

14. Menjaga kecerahan kulit wajah

Masker yang terbuat dari daging buah pisang emas selain memiliki kemampuan untuk melembabkan kulit, ternyata juga mempunyai kemampuan untuk menjadikan kulit terjaga tingkat kecerahannya.

artikel terkait: manfaat putih telur – manfaat facial wajah secara teratur – manfaat es batu untuk kulit wajah

Itulah beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari buah pisang emas, baik pada saat kita konsumsi, maupun pada saat diolah menjadi bahan tertentu yang dapat diambil manfaatnya secara langsung. Beberapa manfaat juga tidak diperoleh dari daging buahnya saja, namun juga dari kulit buah pisang emas. Hal ini menandakan bahwa pisang emas ini merupakan satu buah yang kaya manfaat.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 29th, April 2016 / 10:57 Oleh :
Kategori : Buah Buahan