20 Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan

Apakah Anda pernah melihat tanaman sirih? Tanaman sirih tumbuh merambat ke tanaman yang lebih besar atau tiang yang disediakan di dekatnya. Tanaman sirih bisa merambat hingga 1 meter atau lebih. Tanaman ini akan terlihat dengan jumlah daun yang tumbuh sepanjang batang kecil dan tumbuh menjadi beberapa batang. Daun sirih memiliki bentuk seperti hati, berwarna hijau dan dengan lapisan daun yang mengkilap. Tanaman ini bisa tumbuh subur di daerah yang lembab maupun kering.

Buah dari tanaman sirih mirip seperti buah dari tanaman paku-pakuan dengan ukuran kecil atau besar dan memanjang. Tanaman sirih lebih dikenal karena manfaat daunnya yang sering digunakan sebagai bahan kinang. Aktivitas mengunyah daun sirih sudah dikenal sejak jaman dahulu dan banyak dilakukan oleh orang tua. Namun sekarang kebiasaan ini sudah banyak ditinggalkan. Manfaat daun sirih bagi kesehatan sudah digunakan sejak jaman dahulu untuk berbagai keperluan.

Karakteristik Daun Sirih

daun sirihDaun sirih dikenal sebagai tanaman yang bisa menjadi obat dari beberapa jenis penyakit. Dalam daun sirih ditemukan berbagai macam kandungan zat yang penting untuk kesehatan seperti tiamin, riboflavin, niasin, karoten, dan vitamin C. Bahkan daun sirih juga mengandung kalsium yang cukup tinggi sehingga sering dipercaya bisa membuat gigi tidak mudah berlubang dan rapuh.

Dalam sebuah penelitian yang dirilis oleh sumber pengobatan herbal di India, setiap 100 gram daun sirih mengandung sekitar

  • 7,3 % karbohidrat,
  • 1 % lemak,
  • 2,6 % serat,
  • 3,2 % protein dan
  • 2,6 % mineral.

Jadi, daun sirih sangat memenuhi beberapa unsur nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Manfaat Daun Sirih

Daun sirih lebih dikenal sebagai bahan kinang. Pemakaian kinang biasanya dicampur dengan beberapa bahan lain seperti tembakau dan kapur yang sudah dilarutkan menjadi pasta. Kebisaan ini sekarang sudah banyak ditinggalkan karena generasi muda tidak suka dengan noda merah yang ditinggalkan pada gigi dan bibir. Meskipun begitu, ternyata daun sirih memiliki manfaat yang sangat luas bagi kesehatan. Dibawah ini adalah beberapa manfaat daun sirih yang bisa kita ketahui.

1. Daun Sirih Sebagai Obat Gangguan Tulang

Daun sirih terbukti mengandung chavicol yaitu sebuah zat khusus yang mengandung minyak esensial dengan komponen terbanyak berupa fenol. Senyawa ini ternyata bisa membantu meringankan gangguan penyakit pada tulang seperti nyeri atau terkena cedera ringan. Anda cukup menumbuk halus beberapa lembar daun sirih dan campurkan dengan air hangat. Kompres bagian tulang yang terasa sakit dengan air dari rebusan daun sirih. Senyawa yang terkandung pada air sirih akan membuat tulang terasa lebih nyaman dan mengurangi rasa sakit yang berlebihan.

2. Daun Sirih Sebagai Obat Batuk

Jika anak-anak sedang batuk, terasa tidak nyaman untuk tenggorokan dan disertai dengan gangguan pernafasan maka Anda bisa memakai daun sirih. Rendam beberapa lembar daun sirih dengan minyak kelapa yang sudah dihangatkan. Setelah itu tempelkan daun sirih pada dada dan anak-anak akan terasa nyaman. Efek dari senyawa esensial dalam daun sirih bisa membuat aroma khusus sehingga membantu mengurangi sesak nafas.

3. Daun Sirih Obat Sakit Punggung

Gangguan nyeri pinggang biasanya terjadi karena aktivitas fisik yang berlebihan, kesalahan saat olahraga, atau karena faktor usia. Daun sirih ternyata bisa menjadi obat yang sangat ampuh untuk mengusir rasa nyeri pada bagian punggung. Ambil beberapa lembar daun sirih dan hancurkan. Kemudian campur dengan minyak kelapa dan tempelkan pada bagian punggung yang terasa sakit. Efek hangat dari daun sirih akan membuat punggung terasa lebih nyaman dan mengurangi rasa sakit.

4. Daun Sirih untuk Radang Tenggorokan

Sakit tenggorokan karena gangguan flu atau masuk angin memang sangat tidak nyaman. Jika Anda mengalami gangguan tenggorokan yang masih ringan maka gunakan daun sirih sebagai obat tradisional. Tempelkan beberapa lembar daun sirih yang sudah diberi dengan minyak penghangat atau minyak yang mengandung daun mint. Lakukan pengobatan ini saat malam hari dan efek dari daun sirih akan terasa hingga bagian tenggorokan yang terasa sakit.

5. Daun Sirih untuk Penyakit Tinitus

Tinitus adalah salah satu gangguan yang berupa dengung atau suara “nging” pada telinga. Penyebab dari gangguan ini adalah udara yang terperangkap pada bagian batas dalam gendang telinga. Gangguan ini biasanya menyerang pada malam hari dengan gejala berupa suara-suara yang berada pada bagian dalam kepala. Jika sudah parah maka gangguan ini akan menyebabkan rasa tidak nyaman dan menghalangi pendengaran.

Cara untuk mengobati tinitus dengan daun sirih adalah dengan mengambil satu lembar kecil daun sirih kemudian gulung hingga seukuran lubang telinga. Tempelkan gulungan daun sirih ke lubang telinga dan ini akan membantu menghilangkan suara dengungan pada telinga.

6. Daun Sirih untuk Obat Peluruh Kencing

Penyakit kesulitan untuk buang air kecil biasanya banyak dialami oleh orang lanjut usia. Penyebabnya bisa sangat beragam, mulai dari gangguan diuretic, gangguan sistem saluran kencing hingga ginjal. Salah satu cara untuk mengobati berbagai gangguan ini adalah dengan memakai daun sirih. Ambil beberapa lembar daun sirih, cuci bersih dan campurkan dengan jus buah dan susu. Sifat senyawa khusus dalam daun sirih akan membuat saluran kencing menjadi lancar. Namun pengobatan ini sebaiknya diawasi oleh pakar medis.

7. Daun Sirih Mempercepat Penyembuhan Luka

Luka berupa lecet, goresan atau terkena pisau memang terasa tidak nyaman dan perih. Namun jika Anda memiliki luka ringan yang tidak membutuhkan tindakan medis lain seperti jahitan maka Anda bisa memakai daun sirih sebagai obat luka. Ambil beberapa lembar daun sirih, hancurkan dan oleskan pada bagian luka. Pada awalnya akan terasa perih saat senyawa dalam daun sirih mengenai bagian luka. Namun itu hanya sesaat dan kemudian akan hilang sendiri. Luka juga akan cepat kering dan membantu menghentikan pendarahan.

8. Daun Sirih untuk Mengobati Bisul

Bisul biasanya muncul karena berbagai macam sebab seperti infeksi kuman atau bakteri, alergi makanan maupun sistem hormon atau darah kotor. Daerah yang terkena bisul akan tidak nyaman karena sering disertai dengan demam, sakit pada bisul dan nyeri pada daerah sekitar bisul.

Di India pengobatan bisul banyak dilakukan dengan memakai daun sirih. Lembaran daun sirih bisa dicampur dengan minyak dari pohon jarak atau minyak kelapa. Setelah itu tempelkan lembaran daun sirih pada bisul dan ulangi setiap tiga jam. Daerah bisul yang masih meradang akan berkurang dan bisul akan memecah atau mengecil.

9. Daun Sirih untuk Mencegah Kanker Mulut

Daun sirih yang dikunyah secara terus menerus dan bercampur dengan air liur akan mengeluarkan senyawa asam askorbat. Asam askorbat adalah salah satu bentuk zat antioksidan yang berfungsi untuk mencegah serangan radikal bebas. Dalam hal ini bisa mengurangi potensi radikal bebas yang menyerang pada bagian mulut. Sehingga daun sirih bisa mencegah dari gangguan kanker mulut.

Baik untuk mencegah kanker mulut:

10. Daun Sirih untuk Menjaga Kebersihan Mulut

Dipercaya atau tidak ternyata daun sirih juga bermanfaat untuk membantu mengatasi penyakit gangguan mulut seperti bau nafas. Mengunyah daun sirih akan membuat senyawa pengusir bakteri pada mulut bekerja secara maksimal. Akibatnya maka kebersihan mulut akan lebih terjaga, tidak ada bau mulut dan gigi juga jadi lebih bersih. Namun kebiasaan mengkonsumsi daun sirih dengan beberapa bahan campuran seperti kapur dan tembakau juga tidak baik jadi lebih baik jika mengunyah daun sirih tanpa campuran.

Baik untuk kebersihan mulut:

11. Daun Sirih untuk Obat Luka Lambung

Luka lambung atau tukak lambung memang akan terasa sangat menyakitkan. Biasanya penyakit ini disebabkan karena gangguan pencernaan atau gangguan penyakit maag. Jika dibiarkan terus menerus maka bisa menyebabkan penyakit yang lebih berbahaya. Pengobatan alami untuk mempercepat penyembuhan luka adalah dengan memakai daun sirih. 10 daun sirih yang sudah dibersihkan bisa direbus dengan empat gelas air. Setelah mendidih maka sisakan hingga 1 gelas air rebusan.

Setelah itu saring dan tunggu hingga dingin. Rebusan daun sirih bisa mengandung senyawa khusus yang melindungi lambung dari luka atau maag, sehingga bisa menyembuhkan luka lambung. Lalukan pengobatan ini secara aktif hingga sembuh.

12. Daun Sirih untuk Menghilangkan Kutil

Kutil adalah sejenis benjolan kecil yang menonjol ke permukaan kulit. Kutil memang tidak akan terasa menyakitkan dan tidak menganggu. Namun kutil yang dibiarkan bisa menjadi besar dan mungkin saja menjadi ganas. Banyak orang yang tidak mau mengobati kutil karena takut dengan proses operasi yang mungkin akan terasa tidak nyaman. Namun pengobatan tradisional bisa dilakukan dengan memakai daun sirih. Caranya adalah tempelkan daun sirih secara teratur ke bagian kutil hingga kutil bisa lepas atau mengecil dan hilang.

13. Daun Siruh untuk Pengobatan Diabetes

Daun sirih juga mengandung senyawa yang bisa membantu tubuh dalam mengatur kadar gula dalam darah. Selain itu daun sirih juga mengandung senyawa perlindungan khusus yang mencegah diabetes. Cara pengobatan diabetes dengan daun sirih adalah dengan membuat air rebusan daun sirih. Minum air rebusan daun sirih selama beberapa kali sehari dan kadar gula dalam darah akan turun. Selain itu cara ini juga efektif dalam mencegah munculnya diabetes.

Baik untuk diabetes:

14. Daun Sirih untuk Mengobati Sakit Kepala

Daun sirih juga mengandung senyawa khusus yang berfungsi sebagai analgesik atau penghilang sakit kepala. Untuk pengobatan sakit kepala maka Anda cukup memakai daun sirih yang sudah dihaluskan sebagai bahan kompres di bagian dahi atau kepala. Anda juga bisa mencampurkan daun sirih yang sudah dihaluskan dengan air hangat untuk bahan kompres. Ulangi beberapa kali hingga sakit kepala hilang atau reda.

Dapat mengobati sakit kepala:

15. Daun Sirih untuk Menyembuhkan Sembelit

Sembelit biasanya disebabkan karena gangguan pencernaan atau pola makan yang kurang sehat. Jika tubuh mengalami kekurangan serat alami maka usus besar tidak akan bisa bekerja secara normal sehingga menyebabkan sembelit. Untuk mengatasi sembelit maka bisa memakai daun sirih. Ambil beberapa daun sirih dan masukkan dalam minyak dari pohon jarak yang sudah dicampur dengan cengkeh. Kemudian tempelkan pada daerah anus dan tunggu hingga senyawa dari campuran daun sirih ini memberikan reaksi.

Baik untuk sembelit:

16. Daun Sirih untuk Pengobatan Mimisan

Mimisan atau pendarahan pada hidung memang sangat umum terjadi. Gangguan ini biasanya terjadi pada anak-anak dan tidak menimbulkan bahaya. Pengobatan tradisional dengan memakai daun sirih terbukti sangat ampuh untuk menghentikan pendarahan dan tidak memiliki efek samping. Anda bisa memakai daun sirih yang masih segar atau baru saja dipetik, cuci bersih dan gulung hingga bisa masuk ke lubang hidung. Jangan menengadahkan kepala karena pendarahan akan berhenti sendiri karena senyawa dari daun sirih.

Baik untuk mimisan:

17. Daun Sirih untuk Pengobatan Malaria

Malaria adalah jenis penyakit yang sangat berbahaya. Penyakit ini disebabkan karena gigitan nyamuk yang menyebarkan virus malaria. Penderita malaria akan merasa panas dingin dan bisa menyebabkan kematian. Pengobatan tradisional dengan daun sirih adalah dengan membuat teh dari daun sirih sebagai bahan untuk air mandi. Rebus beberapa lembar daun sirih dan gunakan air rebusan untuk campuran air mandi. Lakukan langkah ini beberapa kali hingga benar-benar malaria bisa sembuh.

Baik untuk malaria:

18. Daun Sirih untuk Sakit Perut pada Bayi

Bayi biasanya sangat rentan dengan sakit perut karena sistem pencernaan mereka masih dalam tahap penyesuaian. Untuk mengatasi masalah sakit perut ini sebaiknya Anda tidak panik. Hangatkan beberapa lembar daun sirih dengan minyak kelapa, dan kemudian tempelkan pada bagian perut bayi. Ulangi langkah ini hingga bayi terasa nyaman.

19. Daun Sirih untuk Diet

Daun sirih yang telah dirubah dalam bentuk teh ternyata juga sangat ampuh untuk menurunkan berat badan. Teh dari daun sirih akan bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan, sistem metabolisme dan mengurangi kandungan lemak dalam tubuh. Konsumsi teh daun sirih akan membuat sistem tubuh kembali normal sehingga berat badan bisa turun.

Baik untuk diet :

20. Daun Sirih Sebagai Bumbu Masakan

Pemakaian daun sirih sebagai bumbu masakan sudah sangat terkenal di beberapa negara bagian Asia Tenggara seperti Thailand atau Indonesia. Di Thailand daun sirih akan digunakan sebagai bahan camilan dengan beberapa campuran seperti olahan daging, kacang atau telur. Sementara di Indonesia pemakaian daun sirih untuk bumbu masakan digunakan untuk memberikan aroma dan rasa khusus terutama masakan khas Indonesia Timur.

Efek Samping Pemakaian Daun Sirih

Daun sirih memang memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan dan juga dunia kuliner. Namun beberapa efek samping bisa terjadi jika pemakaian dilakukan dengan cara yang tidak benar. Daun sirih yang dimakan secara mentah tanpa memperhatikan kesehatan gigi dan mulut bisa menyebabkan beberapa gangguan penyakit gigi dan mulut. Jika daun sirih digunakan sebagai obat sebaiknya juga harus memperhatikan reaksi pengobatan dengan daun sirih. Jika menimbulkan alergi atau rasa tidak nyaman sebaiknya hentikan pengobatan dengan daun sirih.

Baca juga : Manfaat sirih merah